UPT PUSKESMAS

BANDAR
PROGRAM KESEHATAN
LINGKUNGAN

STANDAR OPERASIONAL PR
PEMERIKSAAN KLINIK SAN
No. Dokumen
SOP-KESLING-01

No. Revisi
01

Terbit Tanggal :
……………………………….

1. Definisi
1.1

Klinik sanitasi : kegiatan pemeriksaan kesehatan lingkungan dikaitkan dengan adanya penyakit-peny

1.2

Sanitarian : petugas yang diberi tugas dan kewenangan oleh Kepala UPT Puskesmas untuk melaksan
kompetensi

2. Tujuan
Menurunkan angka penyakit berbasis lingkungan dan meningkatnya kondisi kesehatan lingkungan
3. Ruang lingkup

Prosedur pemeriksaan klinik sanitasi berlaku di lingkup wilayah kerja UPT Puskesmas Punung, den
pengobatan)

4. Penanggungjawab
4.1 Sanitarian bertanggungjawab dalam seluruh rangkaian proses pemeriksaan, pencatatan dan pelapora
4.2 Petugas surveilance bersama sanitarian bertanggungjawab dalam pengamatan kasus di lapangan

4.3 Koordinator pengobatan bertanggungjawab dalam pemberian data jumlah kasus penyakit dan tindak
5. Refferensi

5.1 Peraturan Menteri Kesehatan No. 907 /MENKES/SK/VII/2002 tentang Syarat – syarat dan pengawa

5.2 Surat Keputusan Bupati Pacitan No. 245 Tahun 2005 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Ke
6. Dokumen Terkait
6.1 SOP-BP-01 Pelayanan di Poli Umum
6.2 SOP-PPM-01 Penyelidikan Epidemiologi KLB
6.3 SOP-PPM-02 Surveilance Epidemiologi
7. Alat dan bahan

8. Diagram Alir Mulai Laporan kasus Poli /Ranap/Sub Sanitarian menentukan penyakit berbasis lingkungan Tidak Ya Merujuk pasien ke klinik sanitasi Wawancara & pencatatan FORM-PL-07.2.4 Sanitarian memeriksa kondisi rumah. 8.2 8.3.3 Petugas sanitasi menerima informasi laporan kasus penyakit dari Poli Umum / Sub pelayanan / Raw Kegiatan Dalam Gedung Puskesmas : 8.3.3.5 Sanitarian mentabulasi hasil pengumpulan data pemeriksaan klinik sanitasi 8.1 8.1 Menyiapkan kartu status kesehatan 8.1 Format Kartu Status Kesehatan Lingkungan .6 Hasil dilaporkan ke Kepala Puskesmas dan Dinkes Kabupaten.4 Sanitarian melakukan kerjasama lintas program (P2M/surveilance) & lintas sektor Kegiatan Luar gedung Puskesmas : 8. lingkungan dan dicatat dalam kartu status kesehatan li 8.2.2 Sanitarian melakukan wawancara / memberi arahan tentang penyakit yang diderita dikaitkan status kesehatan lingkungan 8.2.2.3.3.1 Sanitarian merujuk pasien dnegan penyakit berbasis lingkungan ke ruang klinik sanitasi 8.2 Sanitarian melaksanakan kerjasama lintas sektor dengan pemerintah desa 8.7 Sanitarian melakukan perencanaan tindak lanjut hasil kegiatan dengan melakukan kerjasama 9.3.3.3 Sanitarian dan petugas surveilance melakukan kunjungan ke rumah pasien 8. Uraian Prosedur 8.3 Petugas klinik sanitasi membuat janji kunjungan rumah dengan pasien 8.

FORM-PL-07.1 Format Kartu Status Sanitarian menentukan RTL Kesehatan Lingkungan . tabulasi & pelaporan hasil kunjungan rumah ke Dinkes FORM-PL-07.1 Format Kartu Status Kesehatan Lingkungan Kerjasama lintas program (P2M/surveilance) & lintas sektor Ya Kunjungan rumah : Survey kondisi rumah & linkungan Potensi KLB Pencatatan.

dan encatatan dan pelaporan n kasus di lapangan sus penyakit dan tindakan pengobatan yang dilakukan t – syarat dan pengawasan kwalitas air minum nan Minimal Bidang Kesehatan Kabupaten Pacitan. dengan melibatkan lintas program (P2M / Surveilance.PERASIONAL PROSEDUR SAAN KLINIK SANITASI Halaman 1/2 dr. FITRI JULIARTO n adanya penyakit-penyakit yang berbasis lingkungan kesmas untuk melaksanakan program penyehatan lingkungan sesuai dengan kesehatan lingkungan uskesmas Punung. .

1 Format Kartu ehatan Lingkungan SOP-BP-01 ./ Sub pelayanan / Rawat Inap / Kader Kesehatan uang klinik sanitasi yang diderita dikaitkan dengan kondisi lingkungan dan dicatat dalam kartu lintas sektor artu status kesehatan lingkungan n melakukan kerjasama lintas program (P2M / Surveilance) dak 7.

7.1 Format Kartu ehatan Lingkungan SOP-PPM-01 SOP-PPM-02 rumah ke Dinkes ukan RTL Tidak Selesai .

Gizi.1 UU No 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan 5.2 Petugas surveilance bersama Sanitarian bertanggungjawab dalam pengamatan kasus di lapangan. 4.P2M/Surveilance.BP/pengobatan.4 Keputusan Bupati Pacitan No. Dokumen No. 6.1 Sanitarian bertanggungjawab dalam seluruh rangkaian proses pemeriksaan.3 Petugas Promkes bersama Sanitarian bertanggungjawab dalam sosialisasi dan pembinaan ( penyuluh 5.) dan lintas sektor (Kecamatan. Alat dan bahan . 1107 / Menkes / E / VII / 2000 tanggal 27 Juli tentang Kewenangan Kabu 5.KL 1. Penanggungjawab 4. Fungsi dan Tata Kerja Dinas Keseha 6.KIA. 7.2 Keputusan Menkes RI No.3 Surat Edaran Menkes No.1 SOP-01 Alur Pelayanan Umum. Tujuan 3. 128 / Menkes / SK / II / 2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan 5. Ruang lingkup 3.1 2. Dokumen Terkait 6. Program KESLING Arif Santoso. Evaluasi : Suatu Penilaian untuk mendapatkan suatu perubahan dalam pencapaian program Penyeh 2.UKS. Refferensi 5.2 SOP-02 Penanganan Gizi Buruk. 4. Revisi SOP-KESLING-01 00 Terbit Tanggal : Disiapkan oleh : Koord. Definisi 1.UPT Puskesmas Bandar PROGRAM KESEHATAN LINGKUNGAN STANDAR OPERASIONAL PR RENCANA PELAKSANAAN DAN EVALUAS No.2 Sanitarian : petugas yang diberi tugas dan kewenangan oleh Kepala UPT Puskesmas untuk melaksan kompetensi.1 Untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan dan mengetahui pencapaian program Kesehatan Lingkun 1. Amd.1 Prosedur Pelaksanaan dan Evaluasi Program Penyehatan Lingkungan berlaku di lingkup wilayah ke program (Promkes. 245 tahun 2005 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM Bidang Ke 5.5 Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2007 tentang Uraian Tugas. pencatatan dan pelapora 4.

2 Pengelola Program Sanitasi berusaha melaksanakan semua kegiatan yang sudah tercatat dalam buku 8.1 kegiatan program Kesehatan Lingkungan untuk lima tahun berikutnya . 8. Diagram Alir Mulai Laporan kasus Poli /Ranap/Sub Sanitarian menentukan penyakit berbasis lingkungan Tidak Ya Merujuk pasien ke klinik sanitasi Wawancara & pencatatan FORM-PL-07. 8.dan memasukkannya ke dala Sanitasi.1 Format Kartu Status Kesehatan Lingkungan Kerjasama lintas program (P2M/surveilance) & lintas sektor Ya Kunjungan rumah : Survey kondisi rumah & linkungan .3 Semua kegiatan program Sanitasi yang sudah dilaksanakan dalam satu tahun dimasukkan ke dalam 8. Uraian Prosedur Pengelola Program Kesehatan Lingkungan ( Sanitasi ) bersama-sama dengan bagian perencanaan pa 8.4 Dari hasil P2K Puskesmas yang telah dibuat dapat dilihat pencapaian program Sanitasi selama satu acuan dalam pelaksanaan program Sanitasi di tahun berikutnya.8. Form Yang di Pakai 9.3 P2K Puskesmas termasuk pencapaian program Sanitasi di dalamnya dimintakan tanda tangan Kepa Dinas Kesehatan. 9.1 FORM-PL-01 Format Status Kesehatan Lingkungan 9.

Ya Kunjungan rumah : Survey kondisi rumah & linkungan Potensi KLB Pencatatan.1 Format Kartu Status Sanitarian menentukan RTL Kesehatan Lingkungan . tabulasi & pelaporan hasil kunjungan rumah ke Dinkes FORM-PL-07.

Kader Desa).Desa.OPERASIONAL PROSEDUR AN DAN EVALUASI PROGRAM SANITASI Halaman 1/2 Diperiksa oleh : QMR Disahkan oleh : Kepala UPT Arif Santoso. dengan melibatkan lintas tas sektor (Kecamatan. n pembinaan ( penyuluhan ) kesehatan lingkungan. n kasus di lapangan.KL Djoko Setyono kesmas untuk melaksanakan program penyehatan lingkungan sesuai dengan apaian program Penyehatan Lingkungan. di lingkup wilayah kerja UPT Puskesmas Sudimoro. Amd. . am Kesehatan Lingkungan. encatatan dan pelaporan. Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat ang Kewenangan Kabupaten di Bidang Kesehatan nimal (SPM Bidang Kesehatan) ta Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan.

dimasukkan ke dalam Penilaian Penampilan Kinerja Puskesmas (P2K Pus).1 Format Kartu ehatan Lingkungan SOP-PPM-01 SOP-PPM-02 . m Sanitasi selama satu tahun sehingga dapat dievaluasi dan digunakan sebagai kan tanda tangan Kepala Puskesmas. digandakan sebagai arsip dan dikirim ke dak SOP-BP-01 7.bagian perencanaan pada tengah atau akhir tahun membuat perencanaan memasukkannya ke dalam buku POA (Plan Of Action) lima tahunan Program ah tercatat dalam buku POA Sanitasi.

SOP-PPM-01 SOP-PPM-02 rumah ke Dinkes ukan RTL Tidak Selesai .