You are on page 1of 19

KLASIFIKASI DAN CIRI-CIRI PLANTAE

DAN ANIMALIA
Tugas Kelompok Mata Studi Biologi

Nama Kelompok:
- Christine Andriana
- Lestyanti Tri Kartika
- Yenny Anggraeni
- Yuliana Simanjuntak
Kelas

[09]
[22]
[38]
[40]

: 11 IPA 1

SMA NEGERI 89
Jl. Kayu Tinggi, Cakung – Jakarta
Timur

Tumbuhan ini sering kali ditemukan di sekitar air terjun.) Meisn Heterocentron elegans (Schlecht.) Triana Ciri-ciri : Embun Pagi merupakan tumbuhan liar yang mempunyai warna yang cukup khas dan mencolok. Paku Gunung .Embun Pagi Dissotis rotundifolia (Sm.) Kunt Nama umum Embun Pagi Indonesia: Embun pagi Inggris: Pinklady. Creeping princess flower.) Triana Sinonim Schizocentron elegans (Schltdl. Spanish shawl Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Sub Kelas: Rosidae Ordo: Myrtales Famili: Melastomataceae Genus: Dissotis Spesies: Dissotis rotundifolia (Sm.

Tumbuhan paku juga disebut sebagai tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) karena memiliki pembuluh pengangkut Aur-aur Commelina diffusa Burm. serta memiliki pembuluh pengangkut. bostoniensis (L.) Schott Nama umum Indonesia: Paku gunung Inggris: sword fern. Tumbuhan paku sering disebut juga dengan kormofita berspora karena berkaitan dengan adanya akar. Paku Sepat Ciri-ciri : Paku Gunung adalah divisi dari kingdom Plantae yang anggotanya memiliki akar. Boston fern Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Divisi: Pteridophyta (paku-pakuan) Kelas: Pteridopsida Sub Kelas: Polypoditae Ordo: Polypodiales Famili: Dryopteridaceae Genus: Nephrolepis Spesies: Nephrolepis exaltata var.Nephrolepis exaltata var. dan daun sejati. Paku Kinca. Sinonim . batang. batang.) Schott Kerabat Dekat Paku Sepat. Paku Harupat. daun sejati. serta bereproduksi aseksual dengan spora. bostoniensis (L.

Nama umum Indonesia: Aur-aur. Br. brambangan (Jawa) Inggris: Commelina.Aneilema nudiflorum R. dayflower Aur-aur Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil) Sub Kelas: Commelinidae Ordo: Commelinales Famili: Commelinaceae Genus: Commelina Spesies: Commelina diffusa Burm. gewor lalakina (Sunda). Ciri-ciri : Aur-aur adalah divisi dari kingdom Plantae yang berupa tumbuhan merambat dan tumbuh disekitar pinggiran. Commelina nudiflora L. .

berkembang biak secara generatif degan oogami.Lumut Hati Marchantia polymorpha Nama umum Indonesia: Lumut hati Inggris: Liverwort Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Divisi: Marchantiophyta Kelas: Marchantiopsida Ordo: Marchantiales Famili: Marchantiaceae Genus: Marchantia Spesies: Marchantia polymorpha Ciri-ciri : Lumut Hati tubuhnya masih berupa talus dan mempunyai rhizoid. tunas. gametofitnya membentuk anteredium dan arkegonium yg berbntk spt paying. dan scr vegetatif dgn fragmentasi. sporofit perumbuhannnya terbatas karena tidak mempunyai jaringan meristematik. dan kuncup eram habitatnya ditempat lembab .

Jamur pada lumut kerak berfungsi sebagai pelindung dan penyerap air serta mineral.2500 species yang ada. bahkan jamur dan ganggang tersebut hidup terpisah? Lumut kerak mampu hidup subur pada suhu dan kelembaban yang ekstrim seperti gurun dan kutub. . Populasinya tersebar luas di seluruh dunia dan tumbuh di Indonesia lebih dari 1000 species yang diketahui dari . Bagaimana simbiosis jamur dan alga ini hidup di tempat ekstrim yang mahluk hidup lain tidak mampu hidup. Ganggang yang hidup di antara miselium jamur berfungsi menyediakan makan melalui fotosintesis.LUMUT KERAK Klasifikasi Kingdom: Plantarum Divisi: Spermatophyta Kelas: Dicotiledoneae Ordo: Tubiflorae Famili: Sonalaceae Genus: Capsicum Spesies: Capsicum annum L Simbiosis mutualisme adalah hubungan antar organisme yang saling menguntungkan. Lumut kerak adalah organisme hasil Simbiosis Mutualisma Jamur pada lumut kerak tidak dapat hidup sendiri di alam.

Pada daerah bebatuan. Dapat dibuat obat b. Menurut bentuk pertumbuhannya. Contohnya : Umbillicaria. Manfaat lumut kerak bagi kehidupan manusia diantaranya: a. Dapat digunakan sebagai penambah rasa dan aroma c. Parmelia c. lumut kerak dapat melapukan bebatuan dan menambah kandungan zat-zat yang dimilikinyaDapat digunakan sebagai indikator pencemar . dan vegetatif dengan cara fragmentasi. lumut kerak terbagi menjadi tiga tipe yaitu: a. Fruktikos. jika talus tegak seperti semak atau menggantung seperti jumbai atau pita. jika talus berbentuk seperti daun.Ciri-ciri Lumut Kerak: merupakan simbiosis antara jamur dari golongan Ascomycotina atau Basidiomycotina (mikobion) dengan Chlorophyta atau Cyanobacteria bersel satu (fikobion). Contohnya : Physcia b. Krustos. jika talus terbentuk seperti kerak (kulit keras) dan melekat erat pada substratnya. Folios. Pigmen yang dihasilkan dapat dibuat kertas lakmus celup indikator pH d. Contohnya Usnea longissima Reproduksi generatif yaitu berdiri sendiri antara jamur dan ganggang yang bersimbiosis.

Buah cabai pun berperan bagi pecinta burung ocehan dan burung hias. Konon buah cabai dapat bermanfaat untuk membantu kerja pencernaan dalam tubuh manusia. rematik.Pohon Cabai Klasifikasi Kingdom: Plantarum Divisi: Spermatophyta Kelas: Dicotiledoneae Ordo: Tubiflorae Famili: Sonalaceae Genus: Capsicum Spesies: Capsicum annum L Varietas cabai unggul yang digemari para petani adalah Hot Beauty (457). Konon minyak ini dapat mengurangi rasa pegal. Hero (459). Hybrid TM-999. Red Beauty. yaitu capsicol. Ever Flavor (462). baik yang berhubungan dengan kegiatan masak-memasak maupun untuk keperluan yang lain seperti untuk bahan ramuan obat tradisional. Ekstraksi bubuk cabai ini pun sering dipakai dalam minuman ginger beer. Arimbi. Passion (451). cabai pun mengandung semacam minyak asiri. Amando. dan Hybrid TM-888. Minyak asiri ini dapat dimanfaatkan untuk menggantikan fungsi minyak kayu putih. Selain kegunaan tersebut. Selain mengandung capsaicin. bubuk cabai pun dapat dijadikan sebagai bahan obat . Bubuk cabai dapat dimanfaatkan sebagai bahan industri makanan dan minuman untuk menggantikan fungsi lada dan sekaligus untuk memancing selera makan konsumen. sesak napas dan gatal-gatal. Long Chili (455). Hot Chili. Manfaat Tanaman : Buah cabai dapat dimanfaatkan untuk banyak keperluan. Wonder Hot.

Cabai dapat ditanam dengan mudah sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar. juga dapat menyembuhkan polio. Ciri-ciri Cabai : Cabai atau cabe merah atau lombok (bahasa Jawa) adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Bahkan kandungan bioflavonoids yang ada di dalamnya. tergantung bagaimana digunakan. Tanaman cabe cocok ditanam pada tanah yang kaya humus. Bagi seni masakan Padang. bisa juga dilakukan pada bulan Oktober dan panen pada bulan Desember.6. Cabai atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Kalau panasnya cukup dalam lima hari telah kering kemudian baru diambil bijinya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kg buah cabe (300-500 gr biji) .April). Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret .penenang. walaupun ada resiko kegagalan. Sebagai bumbu. Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai. yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Buah cabe yang telah diseleksi untuk bibit dijemur hingga kering. Untuk memperoleh harga cabe yang tinggi. Tanaman cabai diperbanyak melalui biji yang ditanam dari tanaman yang sehat serta bebas dari hama dan penyakit . pH tanah yang ideal sekitar 5 . cabai bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" kesepuluh (alih-alih sembilan). selain dapat menyembuhkan radang akibat udara dingin. gembur dan sarang serta tidak tergenang air . Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu. Tanaman cabai banyak mengandung vitamin A dan C serta mengandung minyak atsiri capsaicin. buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan.

sebagian besar Greenland. Di dunia barat. yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika. Seluruhnya. pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui.Burung hantu belang Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Chordata Kelas: Aves Ordo: Strigiformes Wagler. dan beberapa pulau-pulau terpencil. hewan ini dianggap simbol kebijaksanaan. maka namanya Burung . 1830 Suku/familia Strigidae Tytonidae Burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora. tetapi di beberapa tempat di Indonesia dianggap pembawa pratanda maut.

[sunting] Kebiasaan Kebanyakan jenis burung hantu berburu di malam hari. Umumnya burung hantu berbulu burik.Hantu. tikus. begitu pun ketika tidur di siang hari di bawah lindungan daun-daun. paruh yang kuat dan tajam. hanya berdasarkan indera pendengaran dibantu oleh bulu-bulu wajahnya untuk mengarahkan suara. Apalagi leher burung ini demikian lentur sehingga wajahnya dapat berputar 180 derajat ke belakang. Ekor burung hantu umumnya pendek. merupakan modal dasar bagi kemampuan berburu dalam gelapnya malam. Rentang sayapnya mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya. meski sebagiannya berburu ketika hari remang-remang di waktu subuh dan sore (krepuskular) dan ada pula beberapa yang berburu di siang hari. nama burung ini adalah darès atau manuk darès yang tidak ada konotasinya dengan maut atau hantu. Di Jawa misalnya. Dipadukan dengan perilakunya yang kerap mematung dan tidak banyak bergerak. Bersama paruh yang bengkok tajam seperti paruh elang dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah. Ciri-ciri burung hantu : Burung hantu amat dikenal karena matanya besar dan menghadap ke depan. menjadikan burung ini tidak mudah kelihatan. Burung hantu berburu aneka binatang seperti serangga. kaki yang cekatan dan mampu mencengkeram dengan kuat. Beberapa jenis bahkan dapat memperkirakan jarak dan posisi mangsa dalam kegelapan total. kodok. sehingga memungkinkan mengukur jarak dengan tepat. . dan lainlain. kecoklatan atau abu-abu dengan bercakbercak hitam dan putih. tak seperti umumnya jenis burung lain yang matanya menghadap ke samping. Walau begitu tidak di semua tempat di Nusantara burung ini disebut sebagai burung hantu. Mata yang menghadap ke depan. namun sayapnya besar dan lebar. tampilan ‘wajah’ burung hantu ini demikian mengesankan dan terkadang menyeramkan. dan kemampuan terbang tanpa berisik.

atau di antara pelepah daun bangsa palem. Otus. Bergantung pada jenisnya.Sarang terutama dibuat di lubang-lubang pohon. dan Ninox. yakni suku burung serak atau burung-hantu gudang (Tytonidae) dan suku burung hantu sejati (Strigidae). KUDA . kebanyakan berwarna putih atau putih berbercak. Banyak dari jenis-jenis burung hantu ini yang merupakan jenis endemik (menyebar terbatas di satu pulau atau satu region saja) di Indonesia. seperti di bawah atap atau lubang-lubang yang kosong. bertelur antara satu hingga empat butir. Beberapa jenis juga kerap memanfaatkan ruang-ruang pada bangunan. [sunting] Ragam Jenis Ordo Strigiformes terdiri dari dua suku (familia). terutama dari marga Tyto.

1990 Suku/familia Equidae Equus caballus Seperti diduga. bahwa pada mula pertama.Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Chordata Kelas: Mamalia Ordo: Perissodactyla Soehardjono. . Suatu kawasan di Perancis bagian Selatan yang digali oleh para petugas arkeologi telah menemukan tulang-tulang dan memperkirakan adanya 100. kuda dimanfaatkan bukan sebagai hewan beban atau hewan kesenangan.000 ekor kuda yang terbenam di situ. Di beberapa bagian dunia. Kuda dapat menghasilkan susu 15 sampai 20 liter sehari. susu kuda masih dihargai dan lebih disukai daripada susu sapi. Periode selanjutnya. kuda itu diperah dan sampai saat inipun hal itu masih dilakukan di beberapa bagian dunia. Ini menimbulkan dugaan bahwa manusia primitif pada waktu dulu telah memburu dan memanfaatkan kuda sebagai sumber bahan makanan manusia.

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu. Equs caballus adalah sejenis hewan yang berasal dari species tersendiri pada zamannya (www. Ciri-ciri kuda : Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Boyce Rensberger (1980). Satu-satunya teori lain tentang asal muasal yang secara logis berkaitan dengan hukum-hukum ilmu pengetahuan. Begitupun halnya dengan kuda.id).id). seperti kendaraan beroda.id. seorang evolusionis yang memberikan sambutan.co. fenomena alam dan catatan-catatan geologis adalah konsep tentang ciptaan khusus. maka kedua hewan itu tentunya adalah dari jenis yang sama. kelemahan paling serius dari Darwinisme adalah kegagalan para ahli paleontologi menemukan filogeni atau silsilah organisme yang meyakinkan untuk menunjukkan perubahan evolusi besar (www.harunyahya. Teori ini menyatakan bahwa semua bentuk kehidupan itu diciptakan oleh Tuhan dan dirancang untuk berkembangbiak sesuai atau menurut jenisnya (www. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM.co. dalam www. Gordon R. Pada beberapa daerah. Taylor. bahwa kuda merupakan sebagai bukti fosil terpenting teori evolusi tentang asal muasal kuda.co. mengatakan bahwa skenario evolusi kuda tidak didukung oleh catatan fosil dan tidak ditemukan proses evolusi yang menjelaskan evolusi kuda secara bertahap. dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun. Seorang evolusionis yang juga penulis ilmu alam.com/horse). atau bajak. menjelaskan kenyataan yang jarang diakui ini dalam bukunya “ The Great Evolution Mystery”.harunyahya.harunyahya.yahoo. kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. dewasa ini dianggap sebagai suatu teori ilmiah yang lebih kearah unsur keyakinan dan spekulasi para ahli serta mitos belaka. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan ternak yang penting secara ekonomis. Apabila dua ekor hewan dapat kawin dan menghasilkan keturunan. bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM .Pendapat yang dikemukakan oleh Darwin (1859).

Secara sederhana. sayap). atau 'serangga bersayap sisik' (lepis. 2005 Suku/familia Equidae Equus caballus Kupu-kupu dan ngengat merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera. kupu-kupu dibedakan dari berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. ngengat alias kupu-kupu malam .KUPU-KUPU Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Arthropoda Kelas: Insecta Ordo: Lepidoptera Van Mastrigt dan Rosariyanto. sisik dan pteron.

Jenis ngengatnya sejauh ini belum pernah dibuatkan daftar lengkapnya. (van Mastrigt dan Rosariyanto. Kupukupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. sedangkan gengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal). sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti. kusam atau kelabu. . Meski demikian. Kupu-kupu dan ngengat amat banyak jenisnya. Di Jawa dan Bali saja tercatat lebih dari 600 spesies kupu-kupu. ngengat cenderung gelap. Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya. ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. 2005).. 1999). perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya. akan tetapi diduga ada ratusan jenis (Whitten dkk.Ciri-ciri kupu-kupu : Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal).

Monyet betinanya lebih kecil. Monyet rhesus bersifat dimorfis secara seksual.7 dan 22. 2005 Suku/familia Cercopithecidae M. yang juga disebut Macaque Rhesus.MONYET Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Chordata Kelas: Mamalia Ordo: Primata Van Mastrigt dan Rosariyanto. rata-rata antara 20. adalah salah satu spesies monyet Dunia Lama yang paling terkenal.7 kg. Monyet rhesus dikenal di dunia ilmu pengetahuan karena mereka mudah dipelihara di penangkaran dan telah banyak dimanfaatkan dalam penelitian medis . Panjang ekor mereka sedang. Monyet rhesus jantan dewasa tingginya rata-rata sekitar 53 cm.3 kg.9 cm. Mullata Monyet rhesus (Macaca mulatta). tingginya rata-rata 47 cm dan beratnya 5. Dan beratnya rata-rata 7. Monyet ini banyak terdapat di Afghanistan hingga ke India utara dan Tiongkok selatan. Warnanya coklat atau kelabu dan mukanya berwarna merah jambu dan biasanya penuh dengan bulu.

sebagian dari pengetahuan kita tentang perilaku alamiah dari spesies ini berasal dari studi-studi yang dilakukan di sebuah koloni yang didirikan oleh Pusat Penelitian Primata Karibia dari Universitas Puerto Riko di pulau Cayo Santiago. ANDi membawa gen-gen asing. dan khususnya gemar “mengumpulkan” sejumlah besar marshmallow. Karl Landsteiner dan Alexander Wiener. primata transgenis pertama. yang aslinya berasal dari ubur-ubur. Makanan untuk koloni ini disediakan. Pada Januari 2001 ANDi dilahirkan. dan manusia tidak diizinkan datang ke situ kecuali sebagai bagian dari programprogram penelitian ini. Penelitian tentang genome monyet rhesus diselesaikan pada 2007. Studi [4] ini memperlihatkan bahwa manusia dan monyet ini sama-sama memiliki sekitar 93% dari urutan DNA mereka dan memiliki nenek moyang bersama kira-kira 25 juta tahun yang lalu. monyet-monyet ini seringkali menikmati Fig Newton dan aprikot. NASA mengirim rhesus ke luar angkasa pada 1950-an dan 1960-an. Saat ini telah ditemukan kurang lebih 264 spesies monyet di dunia.dan biologis. Meskipun kebanyakan studi tentang monyet rhesus dilakukan di berbagai lokasi di India utara. dan program antariksa Soviet/Rusia mengirim mereka ke luar angkasa. beberapa jenis kera seperti simpanse dan gibbon kadang-kadang disebut . Di pulau ini tidak ada predator. di lepas pantai Puerto Riko.[3] dan menjadikan monyet rhesus primata non-manusia kedua yang genomenya berhasil diurutkan. Pada Januari 2000. Ciri-ciri Monyet : Monyet adalah hewan mamalia dari jenis primata. Di tempattempat yang lebih terkontrol. Monyet rhesus juga digunakan dalam percobaan-percobaan terkenal tentang deprivasi ibu (keadaan tanpa induk) yang dilaksanakan pada 1950-an oleh psikolog perbandingan Harry Harlow. oleh penemu factor ini. monyet rhesus menjadi primata pertama yang diklon dengan lahirnya Tetra. tetapi sekitar 50% dari makanannya berasal dari alam terbuka yang harus dicari sendiri. yang terakhir pada 1997 dalam misi Bion. Namanya telah digunakan untuk Faktor rhesus. salah astu unsure dalam golongan darah manusia. Karena persamaan fisiknya dengan monyet.

. Dalam bahasa Banjar disebut warik dan dalam bahasa Makassar disebut dareq.juga sebagai monyet.