You are on page 1of 7

MAKALAH

KONSEP HERBAL INDONESIA

“MINYAK AROMA TERAPI UNTUK MELEMBABKAN KULIT”

DISUSUN OLEH
MAZAYA FADHILA
1606861832

MAGISTER HERBAL
FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS INDONESIA
2016

Kulit kering juga cenderung tipis karena kekurangan air. . yogurt. Minyak Essensial untuk Kulit Kering Minyak esensial yang cocok untuk kulit kering yaitu palmarosa. Kulit kering tidak cocok untuk make up tertentu.MINYAK AROMA TERAPI UNTUK MELEMBABKAN KULIT Kulit kering Kulit kering memiliki tekstur halus tanpa pori yang terlihat. pokat dan kuning telur karena dapat menstimulasi mempertahankan air pada permukaan kulit dan melembabkan kulit. kerutan dan flek. Buat pasta dari oalmeal dan pijat halus kulit wajah. dan umumnya disebabkan karena kelenjer minyak yang kurang aktif yang tidak melubrikasi kulit dengan sempurna. terutama setelah mencuci muka. rosewood. yang memproduksi cukup minyak tapi tidak cukup mempertahan kelembapan kulit. atau tinggal pada kelembabn rendah dari paparan pendingin ruangan. menghasilkan beberapa masalah untuk kulit kering. yang terkadang juga disebabkan karena kekurangan keratin. carrot seed. Scrub alami yang lembut dapat menstimulasi produksi minyak dan mengelupas permukaan kulit kering. Kulit kering cenderung sensitive dan beresiko terhadap penuaan dini. dan beberapa hal yang menekan aktifitas kelenjer minyak. rosemary. Kulit kering terasa tegang dan kering. Masker untuk melembabkan kulit kering dapat berasal dari madu. Kulit kering lebih mdah dipengahuri oleh faktor lingkungan seperti angina. atau gunakan pembersih yang sesuai. Kekurangan produksi hormone juga dapat menyebabka kulit kering. suhu dingin musm salju. yang membantu mengenyalkannya. sering disalah artikan untuk kulit kering. dan sandalwood. Dehidrasi kulit. Berenang pada kolang renang berklorin pda musim panas. kondisi panas saat musim panas. Gunakan pembersih larut air yang tidak membuang minyak alami kulit. Gunakan srub yang lembut seperti oatmeal. Pemilihan make up atau krim wajah sebaiknya pilih yang mengandung pelembab dan mengandung sedikit gliserin yang dapat menarik air.

obat-obatan dan untuk aplikasi kosmetik. Namun. stabilitas dan keamanan minyak dan karenanya dampak negatif pada penerimaan sensorik. Penggunaan secara radisional yang hati dan gagal ginjal dan gangguan kulit. dan sabun (Lawless. carotol. dan sesquiterpene b-caryophyllene (Glisic et al. kosmetik. permintaan minyak biji berkualitas tinggi telah sangat meningkat karena terus meningkatnya populasi dan wortel adalah salah satu sayuran yang paling umum digunakan untuk nutrisi manusia. dan telah diusulkan untuk menggantikan asam lemak yang jenuh karena masalah kesehatan. energi.Carrot seed oil Saat ini. Biji wortel (Daucus carota) dikenal memiliki nilai obat besar pada masa lalu. fungisida. pengolahan metode dan penerimaan pelanggan. Informasi tentang karakteristik fisikokimia minyak biji wortel penting untuk produsen minyak biji wortel dan industri makanan karena mereka akan mempengaruhi kualitas. regenerator hepatoseluler. dan sebagai komponen aroma dalam parfum.. Asam lemak tak jenuh berkontribusi untuk sebagian besar minyak biji wortel. Hal ini umumnya karena substitusi lipid tak jenuh menimbulkan efek positif pada kardiovaskular (CVD) risiko. low-density lipoprotein (LDL) tingkat kolesterol dan risiko penyakit jantung koroner (PJK) pada wanita setengah baya dan tua dan laki-laki. 2002). yang menjadi masalah utama minyak selama pemrosesan dan penyimpanan sehingga mengalami penurunan kualitas. misalnya luka bakar dan furunkel. Minyak esensial wortel merupakan sumber dari sesquiterpenic alkohol. Ada beberapa laporan mengklaim sifat dari minyak esensial termasuk antibakteri. tonik umum dan stimulan. Dalam beberapa tahun terakhir. Minyak biji telah digunakan selama berabad-abad sebagai sumber makanan. Minyak biji wortel belum diteliti atau diproduksi ekstensif. serta menurunkan kolesterol tinggi. asam lemak tak jenuh lebih rentan terhadap oksidasi. 2007). daucol. Aplikasi dan harga minyak biji wortel juga . minyak esensial wortel telah banyak digunakan di banyak produk makanan.

dermatitis. Rosemary oil Rosemary (Rosmarinus officinalis L. Apiaceae). nutrisi dan biokimia seperti perilaku lipid selama pengolahan. titik kristalisasi dan kadar lemak padat (SFC) mempengaruhi sifat dan fungsi minyak. Sumber minyak atsiri biji wortel (CSEO) terutama biji wortel (Daucus carota L. biasanya ditemukan di Eropa . Dalam pengobatan tradisional sifat tonik digunakan untuk gangguan pencernaan. kristalisasi perilaku. Struktur molekul trigliserida (TAG) memberikan informasi penting untuk kimia makanan dan teknologi. Dapat juga digunakan untuk mengatasi kondisi kulit prakanker dan ulkus kulit. Aroma minyak atsiri ini agak manis dengan kehadiran petunjuk bersahaja dan herba-ceous. dan elastisitas kulit. serta melembabkan kulit kering.) adalah tanaman evergreen herbal aromatik. Carota. Profil termasuk leleh titik. eksim. Aktifitas antimikroba dan antioksidan CSEO juga telah dilaporkan. Penggunaan minyak rosemary dimulai dari tahun 1500-an. dan perubahan warna kulit. Minyak ini menghalangi kerutan. Sebelum pendingin . Sifat anti inflamasi analgesik CSEO sangat efisien menyembuhkan kondisi sendi.terkait dengan karakteristik ini. ssp. Penggunaan carrot seed oil pada kosmetik Minyak wortel meingkatkan nada.

camphene. a-pinene. Rosemary membantu kulit yang kurang aktif. Selama bertahun-tahun. minyak esensial rosemary memiliki banyak efek terapi. ( Famili santalaceae) adalah kayu pohon tropis kaya akan minyak esensial. digunakan pada tipe kulit kering dan menua serta dapat juga membantu terapi seslulit dan parasite kulit. Minyak esensial rosemary termasuk konstituen dalam komposisi. Hasil panen berkisar 2.diciptakan minyak rosemary digunakan untuk tujuan pengawetan makanan serta antiseptik.8-cineole. kapur barus. dan zat tujuan medis. yang terutama melibatkan monoterpenes seperti 1. Diantaranya efek. yang paling terkenal adalah efek antioksidan.5-6% tergantung pada usia . Penggunaan rosemary oil dalam kosmetik Cara lama yang digunakan untuk perawatan rambut rontok dan berketombe. Minyak esensial cendana kaya sesquiterpenoid terakumulasi pada pohon yang berusia melampaui 15 tahun pertumbuhan. Sandalwood oil Santalum album L. wilayah pemanfaatan minyak rosemary belum banyak berubah. Setelah destilasi uap kayu yang menghasilkan minyak cendana berharga yang memiliki lebih dari 90% santalols (a dan b-santalols dan isomer sesquiterpenoid. aromatherapeutical dan aktifitas anti kanker . Karena komposisi ini.

dengan karakteristik lembut. diuretik dan stimulan ringan. jerawat kering dan kulit pecah-pecah. bronkitis. inflamasi. Minyak bewarna pucat-kuning hingga cairan kuning. hati dan gangguan kandung empedu dan penyakit lainnya. Namun. triterpenoid dan phenylpropanoids. dan sedikit pahit. Dalam sistem obat India (Ayurvedic). dalam minyak cendana a-santalol lebih berlimpah (46%) dibandingkan b-santalol (20%). minyak cendana sebagian besar digunakan sebagai penawarrasa sakit. . lokasi pengambilan sampel dalam pohon dan lingkungan pertumbuhan. Komponen utama minyak esensial yang 'santalane-backbone bantalan 'seskuiterpenoid yaitu santalenes dan santalols. rasa resin.pohon. demam. bau kayu. Minyak cendana digunakan dalam pengobatan untuk masuk angin. warna kayu batang itu. radang mulut dan faring. Dilaporkan konstituen minyak esensial cendana yaitu seskuiterpenoid. hangat. pengganti pohon individu. Penggunaan pada kosmetik Sandalwood oil cocok digunakan pada semua tipe kuit. infeksi saluran kemih. terutama pada kulit dengan ruam.

Fluid Phase Equilibria 428 (2016) 32e37. B. Aromatherapy a Complete Guide to Healing Art. Journal of Food Composition and Analysis 45 (2016) 26–33. Journal of Pharmay Research 7 (2013) 299e303. Volatile profiling from heartwood of East Indian sandalwood tree. Bittencourt Dutra de Sousa et al. Carrot seed essential oil—Source of carotol and cytotoxicity study. The Crossing Press Freedom. I.G. Safety assessment of sandalwood oil (Santalum album L. Sieniawska et al.). M. Keville et al. Food and Chemical Toxicology 46 (2008) 421–432. G. Industrial Crops and Products 92 (2016) 109–115. CA. F. fatty acid positional distribution and triglyceride composition in oil extracted from carrot seeds using supercaritical CO2. Physicochemical characteristics. Phase behavior of systems consisting of supercritical carbon dioxide and eucalyptus or rosemary essential oil. Carabin.A.DAFTAR PUSTAKA B. K. Burdock. E. Misra et al. 1995. . E. Gao et al.