You are on page 1of 13

Latar Belakang

Tanaman Ubi Kayu Ubi kayu atau singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat
yang berasal dari umbi. Ubi kayu atau ketela pohon merupakan tanaman perdu. Ubi kayu
berasal dari benua Amerika, tepatnya dari Brasil. Penyebarannya hampir ke seluruh dunia,
antara lain Afrika, Madagaskar, India, dan Tiongkok. Ubi kayu berkembang di negara –
negara yang terkenal dengan wilayah pertaniannya ( Purwono, 2009 : 58 ).
Penyebaran tanaman ubi kayu di Nusantara, terjadi pada sekitar tahun 1914 – 1918,
yaitu saat terjadi kekurangan atau sulit pangan. Tanaman ubi kayu dapat tumbuh dengan baik
pada daerah yang memiliki ketinggian sampai dengan 2.500 m dari permukaan laut.
Demikian pesatnya tanaman ubi kayu berkembang di daerah tropis, sehingga ubi kayu
dijadikan sebagai bahan makanan pokok ketiga setelah padi dan jagung. Pada daerah yang
kekurangan pangan tanaman ini merupakan makanan pengganti ( subtitusi ) serta dapat pula
dijadikan sebagai sumber kabohidrat utama. Adapun sentra produksi ubi kayu di Nusantara
adalah Jawa, Lampung, dan NTT ( Sunarto, 2002 : 7 )
Jenis-jenis ubi kayu mempunyai banyak nama, yaitu ketela, keutila, ubi kayee
(Aceh), ubi parancih (Minangkabau), ubi singkung (Jakarta), batata kayu (Manado),
bistungkel ( Ambon ), huwi dangdeur (Sunda), tela pohung ( Jawa ), tela balandha
(Madura) ,sabrang sawi ( Bali ), kasubi ( Gorontalo ), lame kayu (Makassar ), lame aju
(Bugis ), kasibi ( Ternate, Tidore ) ( Purwono, 2009 : 57 ).
3.Bagian Tanaman Ubi Kayu / Singkong Bagian tubuh tanaman singkong terdiri atas
batang, daun, bunga,umbi, dan kulit umbi. a.Batang Batang tanaman singkong berkayu,
beruas – ruas, dengan ketinggian mencapai lebih dari 3 m. Warna batang bervariasi, ketika
masih muda umumnya berwarna hijau dan setelah tua menjadi keputih – putihan, kelabu, atau
hijau kelabu. Batang berlubang, berisi empulur berwarna putih, lunak, dengan struktur seperti
gabus. b.Daun Susunan daun singkong berurat, menjari dengan cangap 5 – 9 helai. Daun
singkong, terutama yang masih muda mengandung racun sianida, namun demikian dapat
dimanfaatkan sebagai sayuran dan dapat menetralisir rasa pahit sayuran lain, misalnya daun
papaya dan kenikir. c. Bunga Bunga tanaman singkong berumah satu dengan penyerbukan
silang sehingga jarang berbuah. d. Umbi Umbi yang terbentuk merupakan akar yang
menggelembung dan berfungsi sebagai tempat penampung makanan cadangan. Bentuk umbi
biasanya bulat memanjang, terdiri atas kulit luar tipis(ari) berwarna kecoklat – coklatan
(kering), kulit dalam agak ebal berwarna keputih – putihan (basah), dan daging berwarna
putih atau kuning (tergantung varietasnya) yang mengandung sianida dengan kadar yang
berbeda (Suprapti Lies, 2005 : 13).

Akar Akar pada Tanaman Ubi Kayu merupakan akar tunggang dan termasuk tumbuhan dikotil. TINJAUAN PUSTAKA Botani Tanaman Ubi Kayu (Manihot esculenta c) Klasifikasi tanaman ubi kayu adalah sebagai berikut: kingdom: Plantae Divisi: Magnoliophyta Kelas : Dicotyledoneae Sub Kelas : Arhichlamydeae Ordo : Euphorbiales Famili : Euphorbiaceae Sub Famili : Manihotae Genus : Manihot Spesies:ManihotesculentaCrantz(SupraptiLies.Bayong2004).2 Tujuan Praktikum Adapun tujuan dari pembuatan paper ini adalah “Untuk mengetahui Efektivitas Tekanan udara terhadap pertumbuhan tanaman ubi kayu(manihot esculenta c) Kegunaan Penulisan Adapun kegunaan dari penulisan paper ini adalah sebagai salah satu syarat untuk memenuhi komponen penilaian di Laboratorium agroklimatologi Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dan sebagai bahan informasi bagi pihak yang membutuhkan. Dalam Akar inilah Tanaman Ubi Kayu menyimpan cadangan makanan. . dan juga yang akan membesar b.2005:12) a. Batang hingga membentuk umbinya Ubi Kayu(Tjasyono.

Bunga Bunga pada Tanaman Ubi Kayu merupakan bunga berumah satu (monoeseus) dengan penyerbukan silang. Daun Ubi Kayu ini berwarna hijau muda ketika masih muda dan dapat dimanfaatkan untuk sayuran serta dapat digunakan untuk menetralisir rasa pahit sayuran lainnya. c. e. Bunga betina juga .c. Sedangkan Bunga jantan pada Tanaman Ubi Kayu ini juga mempunyai tenda bunga yang berbentuk seperti lonceng. berkayu. Bentuk umbi pada Ubi Kayu bermacam-macam. Daun ubi kayu memiliki tangkai (petiolus) yang panjang dan helaian daunnya menyerupai telapak tangan. Panjang batang tanaman Ubi Kayu sekitar 2-3 cm. Bunga ini berada dalam tandan yang tidak rapat dan terkumpul pada ujung batang. Mempunyai tepi daun (margo folii) berbentuk rata (integer).(Hanum.memiliki tenda bunga.2009). namun kebanyakan . daun Ubi Kayu juga bersifat cepat luruh yang berumur paling lama hanya beberapa bulan. Umbi pada Tanaman Ubi Kayu ini terbentuk dari akar yang berubah bentuk dan fungsinya sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan.2000).Batang pada Tanaman Ubi Kayu berbentuk bulat. Bunga betina pada Tanaman Ubi Kayu ini berbentuk seperti cincin dengan tangkai putik (stylus) yang bersatu. dan tertancap disekitar penebalan dasar bunga serta berlekuk.Selain itu. Buah Buah pada Tanaman Ubi Kayu disebut sebagai Umbi. namun ketika sudah tua berwarna hijau tua (Lakitan. Daun Daun pada Tanaman Ubi Kayu termasuk daun tunggal (folium simplek) yang bertulang daun (nervatio/ veneratio) berbentuk menjari (palminervis). serta tonjolan penebalan dasar bunga (recetaculum) yang berwarna kuning mengelilingi calon buah. panjangg. serta memiliki warna batang kecoklatan dengan ada tonjolan – tonjolan kecil pada batang dan juga terdapat gabus pada bagian dalam batang.Benyamin 1994) 4 d.(Wuryanto. Bunga ini memiliki tenda bunga tunggal yang berukuran 1 cm. Sedangkan ukuran diameter pada batang tergantug varietasnya. dan setiap tangkai mempunyai daun sekitar 3-8 lembar. berbuku – buku dan tumbuh memanjang.

Sinar matahari yang dibutuhkan bagi tanaman ketela pohon / singkong sekitar 10 jam /hari terutama untuk kesuburan daun dan perkembangan umbinya(Buck et all. kelembaban udara. Kondisi iklim pada suatu ruang terbatas inilah yang disebut iklim mikro. .1970). 1984). suhu/temperatur. Sedangkan daging umbi mengandung zat pati berwarna putih gelap dan tiap tanaman menghasilkan 5-10 buah(Gunawan Nawawi 2007). dan penguapan. I. tekanan udara.500 mm / tahun. menjadi kerdil karena pertumbuhan bunga yang kurang sempurna. Unsur iklim/cuaca antara lain adalah radiasi. perkembangan hama dan penyakit tanaman. dan beberapa diantaranya bercabang. dan proses pelapukan dan pembentukan tanah.berbentuk silinder dan meruncing. ( Jackson. Selain itu bentuk umbi biasanya bulat memanjang. selain ada dalam suatu wilayah yang luas. Cuaca/iklim merupakan komponen yang penting dalam ekosistem alam yang mempengaruhi kehidupan yang ada di bumi. Iklim mikro sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman. Kelembaban udara optimal untuk tanaman ketela pohon/singkong antara 60 – 65%. Bila suhunya dibawah 10 derajat C menyebabkan pertumbuhan tanaman sedikit terhambat. 5 Syarat Tumbuh Iklim Curah hujan yang sesuai untuk tanaman ketela pohon / singkong antara 1.J. juga terjadi dalam suatu lingkup ruang atau daerah yang sempit. Unsur iklim/cuaca tersebut. Suhu udara minimal bagi tumbuhnya ketela pohon/singkong sekitar 10 derajat C. angin.000 – 2.

Demikian juga air dan udara di dalam tanah berada di dalam pori-pori kecil tersebut. 2005).05 hingga 0. Dalam berat yang sama liat dapat mengembang mempunyai sekitar 10 ribu kali lupermukaan partikel debu dan debu mempunyai luas permukaan sekitar 100 kali dibandingkan dengan pasir. sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang (Syarief. Selain itu. Ukuran partikel tanah sangat penting karena : 1. 1993). Keadaan metabolisme makhluk hidup juga berpengaruh pada keadaan iklim mikro disekitarnya. Ukuran partikel tanah makin kecil (liat) maka partikel-partikel tanah tersebut akan berikatan lebih kuat dibandingkan dengan yang berukuran besar (pasir). Tekstur tanah mempengaruhi jumlah air dan udara di dalam tanah yang selanjutnya akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. Kemas Ali. hewan.Iklim mikro yang penting terutama adalah kelembaban udara. Partikel–partikel primer itu mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda–beda dan dapat digolongkan kedalam tiga fraksi tersebut. debu (ukuran 0. 6 Tanah Tekstur tanah adalah perbandingan kandungan partikel–partikel tanah primer berupa fraksi liat (ukuran < 0.( Hanafiah. seperti koloidal. G. Iklim mikro penting artinya bagi kehidupan tanaman. 2005). (Sutanto. A. 2. tetapi ada pula yang sedemikian halusnya.002 mm dan bersifat licin dan lekat). keberadaan bangunan buatan manusia dan benda-benda mati lain juga mempengaruhi iklim mikro pada suatu tempat(Kartasapoetra. Keadaan unsur mikro ini akan mempengaruhi keadaan metabolisme dalam tubuh makhluk hidup.. begitu pula sebaliknya. Ada yang berdiameter besar sehingga dengan mudah dapat dilihat dengan mata telanjang. suhu. dan manusia. Hal ini berarti tanah akan didominasi pori-pori berukuran kecil. Karena iklim yang bersifat mikro inilah yang berkontak langsung dengan makhluk hidup di sekitarnya. kecepatan angin dan penguapan. . Partikel lebih kecil mempunyai permukaan lebih luas/besar dibandingkan dengan yang besar dalam satuan berat luas yang sama.002 mm dan bersifat licin tetapi tidak lekat) dan pasir (ukuran > 2 mm dan bersifat kasar dan tidak lekat) dalam suatu massa tanah. 1989).

Diukur dengan menggunakan barometer. 2000). Garis pada peta yang menghubunkan tekanan udara yang sama disebut isobar. Artinya pada tempat dan waktu yang berbeda. meskipun tidak sebesar variasi yang disebabkan oleh ketinggian yang berbeda (Benyamin L. Tidak semata terjadi permukaan yang cepat dengan naiknya ketinggian. Satuannya : 1 atm = 76 cmHg. Garis yang menghubungkan tempat-tempat yang sama tekanan udaranya disebut sebagai isobar. Tekanan udara memiliki beberapa variasi. tiap naik 300 m tekanan udara akan turun 1/30 x. 1994). . Tekanan udara dibatasi oleh ruang dan waktu. Tekanan udara merupakan tenaga yang bekerja untuk menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas tertentu. 2010). Satuan tekanan udara adalah milibar (mb). karena geraknya tiap 1 cm 2 bidang mendatar dari permukaan bumi sampai batas atmosfer. Barometer aneroid sebagai alat pengukur ketinggian tempat dinamakan altimeter yang biasa digunakan untuk mengukur ketinggian pesawat terbang (Leonheart. besarnya juga berbeda (Mohr. Udara mempunyai massa/berat besarnya tekanan diukur dengan barometer. Tekanan atmosfer tidaklah seragam di semua tempat. tetapi pada suatu ketinggian tertentupun ada varian dari suatu tempat ke tempat yang lain serta dari waktu ke waktu yang lainnya. Barograf adalah alat pencatat tekanan udara. Tekanan 1 atm disebut sebagai tekanan normalTekanan udara makn berkurang dengan penambahan tnggi tempt. dapat secara vertikal atau horizontal (Wuryatno.Tekanan udara dihitung dalam milibar.EFEKTIVITAS TEKANAN UDARA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN UBI KAYU(Manihot esculenta C) Pengertian Tekanan udara Tekanan udara adalah tekanan yang diberikan oleh udara. Sebagai ketentuan. Tekanan udara mengalir dar tempat yang mempunya tekanan tinggi ke tempat yang memiliki tekanan lebh rendah.1998).

K. Bila hasilnya dibaca secara teliti. C.Tekanan udara dipengaruhi oleh suhu. maka tekanan udara menjadi tinggi. Hal ini dapat terjadi karena massa udara semakin ke atas semakin tipis. 2009). 1986).00 (sore).( Hanum. lapisan udaranya semakin tipis dan semakin renggang. 8 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tekanan Udara Tinggi Rendahnya Tempat Semakin tinggi suatu tempat.00 (pagi) dan pukul 16.( Djokroadikusumo. Alat pencatat tekanan udara dinamakan barograf. Pada barograf tekanan udara sepanjang hari tergores pada kertas yang dinamakan barogram. 2009) Temperatur Jika temperatur udaranya tinggi. sebaliknya jika temperatur udara menjadi kecil.Tekanan udara antara lokasi yang satu dengan lokasi yang lain dan pada lokasi tertentu dapat berubah secara dinamis dari waktu ke waktu. Daerah yang banyak mendapat sinar matahari mempunyai tekanan udara rendah dan daerah yang sedikit mendapat sinar matahari mempunyai tekanan udara tinggi(Karim.1962).00 (malam) dan tekanan rendah terjadi pada pukul 04. C. maka tekanan udara tertinggi terjadi pada pukul 10. akibatnya tekanan udara semakin rendah.1985). Hubungan antara tekanan udara dengan ketinggian tempat itu dimanfaatkan dalam merancang alat untuk pengukuran ketinggian tempat yang disebut altimeter.( Leonheart. . Perbedaan atau perubahan tekanan uadara ini terutama disebabkan oleh pergeseran garis edar matahari. Tekanan udara pada suatu tempat berubah sepanjang hari. sehingga tekanan udara menjadi rendah. Tekanan udara akan berkurang dengan bertambahnya ketinggian tempat (elevasi atau ketinggian).keberadaan bentang laut dan ketinggian tempat (Massodan Cloud. (Hanum.00 (pagi) dan pukul 22. kerapatan udara makin kecil dan kolom udaranya makin pendek.Tekanan udara di suatu tempat pada umumnya dipengaruhi oleh penyinaran matahari. 2010). maka volume molekul udara berkembang.

dan tanaman peneduh agar suhu udara dan suhu tanah tidak meningkat 10 yang dapat memacu peningkatan penguapan air pada permukaan tanah(wastra.3-0. Sehingga itulah sebabnya kenapa tumbuh-tumbuhan disebut sebagai “paru-paru kota atau paru-paru Negara”. termasuk juga manusia . Penurunan cadangan lengas tanah bisa dihindari dengan memasang mulsa. J. dan Y.(Koesmaryono. maka akan membantu proses perkecambahan benih tanaman yang ditanam di atas permukaan tanah. Prose pernafasan berlaku sepanjang hari baik malam maupun siang hari. 1976).4 %) ditambah dengan CO¬2 hasil pernafasan oleh tumbuhan. 1986).menjadi lahan pertanian terlebih dahulu harus ketahui sifat dan karakteristiknya yang khas tersebut.Yonny. A. dalam proses bernafas hanya menghirup oksigen dan menghembuskan karbon dioksida sebagai “udara kotor”. Pada siang hari. Oksigen diserap melalui stomata dan dikeluarkanjuga tetap dalam bentuk karbon dioksida. 1990). Tekanan udara mempengaruhi terhadap proses penyediaan lengas tanah (cadangan air pada permukaan atas tanah) melalui proses pengembunan uap air diudara. Jika tanah mempunyai lengas tanah yang tinggi. F.) EVEKTIFITAS TEKANAN UDARA TERHADAP PERTANIAN Pengaruh tekanan udara terhadap tanaman mungkin tidak bersifat langsung. Penyerapan gas CO2 (karbon dioksida ) pada proses fotosintesis berasal dari udara (0. Jika salah kelola akan berakibat fatal dan memerlukan biaya dan waktu yang lama untuk memperbaikinya( Djokroadikusumo.( Nasir. tumbuh-tumbuhan menyerap karbondioksida dengan bantuan sinar matahari dan klorofil (zat warna dalam daun) pada proses fotosintesis. Pada makhluk hidup lain yang tidak memiliki klorofil atau zat warna daun (tumbuhtumbuhan) . Koesmaryono. Tapi kemudian oleh tumbuhtumbuhan. 2003. Jika tanah mempunyai lengas tanah . udara kotor tersebut diserap pada siang hari. Pengaruh tekanan udara terhadap tanaman mungkin tidak bersifat langsung. Tekanan udara mempengaruhi terhadap proses penyediaan lengas tanah (cadangan air pada permukaan atas tanah) melalui proses pengembunan uap air diudara. Gas CO¬2 yang diserap kemudian akan melepaskan gas oksigen sebagai hasil sampingan dari proses asimilasi (atau proses fotosintesis) (Griffiths.9 MANFAAT TEKANAN UDARA BAGI TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculanta C) Tumbuh-tumbuhan termasuk makhluk hidup yang memerlukan udara terutama oksigen dalam proses kehidupannya. A.1999).

Penurunan cadangan lengas tanah bisa dihindari dengan memasang mulsa. pada bulan Desember di belahan bumi bagian selatan didominasi oleh daerah bertekanan lebih rendah daripada di belahan bumi utara karena pergerakan semu matahari pada bulan desember berada di sekitar daerah 230LS dan begitu juga sebaliknya. dan Y. R. 1977).( Nasir. Pada pengamatan Meteorologi. tekanan udara di daerah itu sangat dipengaruhi oleh suhu udara akibat peredaran semu matahari terhadap garis lintang bumi. 2003). 1994). A. and J. Semakin tinggi tekanan udara. tekanan udara di daerah itu sangat dipengaruhi oleh suhu udara akibat peredaran semu matahari terhadap garis lintang bumi. A. Misal. and J. Miller. kecepatan angin semakin tinggi.W... pada bulan Desember di belahan bumi bagian selatan didominasi oleh daerah bertekanan lebih rendah daripada di belahan bumi utara karena pergerakan semu matahari pada bulan desember berada di sekitar daerah 230LS dan begitu juga sebaliknya. Dengan demikian tekanan udara akan 11 lebih rendah pada daerah yang memiliki elevasi lebih tinggi.( Handoko. 2003). 1977).C. Begitu juga sebaliknya. Tekanan udara berbeda pada setiap tempat tergantung pada intensitas atau lama penyinaran matahari. Angin secara umum diartikan sebagai pergerakkan massa udara karena terjadinya perbedaan tekanan udara pada tempat yang berbeda. Pada daerah lintang tinggi. angin .C. Pada daerah lintang tinggi. 1990). EFEKTIVITAS TEKANAN UDARA TERHADAP JUDUL LAIN Hubungan antara tekanan udara dan angin ialah semakin rendah tekanan udara. (Donahue. Hal ini terjadi karena massa udara terpusat pada daerah yang memiliki elevasi yang rendah akibat gaya gravitasi sehingga pada daerah yang memiliki elevasi yang lebih tinggi. Shickluna. R. Misal.L. dan tanaman peneduh agar suhu udara dan suhu tanah tidak meningkat yang dapat memacu peningkatan penguapan air pada permukaan tanah (evaporasi). Shickluna. ketinggian. maka akan membantu proses perkecambahan benih tanaman yang ditanam di atas permukaan tanah (wastra. Miller. massa udara dalam satuan kolomnya lebih ringan daripada di daerah yang elevasinya rendah. R. semakin rendah kecepatan angin (wastra.L. Koesmaryono. R. Semakin tinggi elevasi suatu tempat semakin rendah tekanan udara di tempat itu.( Donahue.yang tinggi.W. dan letak lintang suatu tempat.

Satuan kecepatan angin yang umum digunakan dalam observasi meteorologi adalah knots (Northicalmiles) dan satuan arah angin dinyatakan dalam derajat. Penguapan dipengaruhi oleh penyinaran matahari. KESIMPULAN Dari percobaan yang telah dilakukan.J. 3) Tekanan udara merupakan tenaga yang bekerja untuk menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas tertentu. 1994).diamati dalam unsur kecepatannya dan arah datangnya angin. tekanan dan keadaan angin. (Benyamin. 2) Semakin tinggi suatu tempat dari atas permukaan laut maka suhunya semakin rendah dan semakin rendah pula kecepatan angin yang ditimbulkan.( Jackson. Pada observasi meteorlogi synoptik penguapan diukur dengan evaporimeter dalam satuan millimeter. I. Penguapan atau evaporasi adalah peristiwa berubahnya air menjadi uap air. karena tekanan udara disetiap tempat berbeda-beda yang hingga di pengaruhi oleh penyinaran matahari maka menyebabkan pula suhu berubah. 1984). dapat diambil kesimpulan diantaranya sebagai berikut : 1) Semakin tinggi tekanan udara disuatu tempat maka semakin kencang kecepatan anginnya. suhu. Lakitan. .

Griffiths. Pustaka Jaya. R. Prentice Hall. Miller. 1976... Henry D. Applied Climatology An Introduction. Jakarta. dapat secara vertikal atau horizontal 5) Alat yang di gunakan untuk mengukur tekanan udara adalah Barometer. 1991. and J. 1970. New jersey. Prentice Hall Inc. P.C. F. al. Erlangga. Lakitan. Jakarta. R. Foth. Jakarta Gonzales et all 1986. E. Shickluna. Texas. Suhu.W. 1977. 1994. Effect of Shade on the Growth and Mineral Nutrition of C4 Perennial Grass Under Field Conditions. Soils An Introduction to Soils and Plant Growth Fourth Edition. . J. Dasar-Dasar Ilmu Tanah Edisi ke-6.L. Plant and Soil 188:227-237. 1994. Raja Grafindo Persada. DAFTAR PUSTAKA Benyamin. New Jersey. Eagle wood cliffs. PT. Donahue. Black. Buck et. Oxford University Press.4) Tekanan udara mengalir dar tempat yang mempunya tekanan tinggi ke tempat yang memiliki tekanan lebh rendah. Dasar-Dasar Klimatologi. Watershed Hydrologi.

Purwono. Universitas Sumatera Utara. 2009. Suprapti Lies. G. IPB. Ir.. Dasar-Dasar Hidrologi. Sunarto. and Agriculture inTropical. 1990. Radja Grifindo Persada. Mohr. Bandung. Jakarta. Pustaka Jaya. Djokroadikusumo. Pengantar Klimatologi Pertanian Dinas Pendidikan. Pradnya Paramita. Masson. Program Studi Agronomi. B. 1994. Water. Marthen. J. Pustaka Jaya. 1984. A. Hanafiah. Jakarta. Rajagrafindo Persada. 2010.2009:58 Pengantar pertanian ubi kayu. Penuntun Praktikum Agroklimatologi. Fakultas Pertanian. PT. Pengantar Ilmu Iklim Untuk Pertanian. PT. Koesmaryono. 15 Mei 2011 Nasir. Hanum. 1998. K.Gunawan Nawawi. Universitas Syiah Kuala. London. 2005. Kapita Selekta Agroklimatologi. Medan. Koesmaryono. Fisika Dasar. http://taufikanugrah. 1985. Dasar-dasar Klimatologi. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Bogor. 1999.org/culture/newsletter/cult172and3. landasan pemahaman fisika atmosfer dan unsur-unsur iklim. A. 1993. Bumi Aksara. Grafindo. 1993. 2005 Pengantar Ilmu Iklim Untuk Pertanian.jakarta Setyaningsih1995. 2007. Jackson. unsur-unsur-cuaca-dan-iklim. 15 Mei 2011. 1986 Memodifikasi Iklim Mikro. New York. Bogor. Yonny. Gadjah Mada Unniversity Press. Jakarta. Klimatologi Dasar. Diktat Kuliah Dasar-Dasar Klimatologi. I.PT. Erlangga : Jakarta. 1994. Cambridge. The Cultural Turn in American Sociology—A Report from the Field. Klimatologi Pengaruh Iklim Terhadap Tanah dan Tanaman. 14 Lakitan. Kemas Ali. John Willey and Sons.J. & Cloud. PT. Jakarta. Jogjakarta. Pustaka Jaya. http://www.2002:7 meteorologi pertanian.pdf Diakses pada hari Minggu. Handoko.jakarta . Benyamin.Pustaka Ilmu.. A. MS. Hidrologi untuk Pengairan. Banda Aceh. Jakarta. Leonheart. Climate. 1962. Kartasapoetra. dan Y. Dunia Pustaka Jaya. Jakarta. Bogor.ibiblio. PT. Karim.html Diakses pada Hari Minggu. 2002. Rain And Rain Making. Sjostrom. C.

G.R. Gadjah Mada University Press. Chris B. Syarief.Pustaka Ilmu. Bayang. 2005. Geografi. 2004. dan L. Wuryatno. and Patrick D. Utami. Horn. Bandung. 2010. Penerjemah Sri Andani. Villegasa. wastra. Ghalia Indonesia. ITB... J. 2004.Z. Pengantar Iklim. 2000. T.Pertumbuhan ubi kayu. Jakarta .Sutanto. Tjasyono. Jakarta.. Wahyuningsih.Bandung Trewartha.C. Bandung.1989.Klimatologi. 2003. H. David D. 1995. . Tanah Gambut dan Solusinya. Tangerang. Klimatologi. Klimatologi. Pabelan.B. Asas Meteorologi pertanian. Seasonally Pulsed Heterogeneity in Microclimate: Phenology and Cover Effects along Deciduous Grassland–Forest Continuum. Vadose Zone Journal 9 (3) : 537-547. Yogyakarta. ITB Press.