You are on page 1of 6

SILABUS

Mata Pelajaran

: Fisika

Satuan Pendidikan

: Sekolah Menengah Atas (SMA)

Kelas / Semester

: XI / 2

Kompetensi Inti

:

KI

1

: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI

2

: Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas

berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3
: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan
rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI
4
: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

teliti. terbuka.1 Bertambah Alat-alat keimananya dengan optik menyadari  Mata hunungan dan keteraturan dan kacamat kompleksitas alam a dan jagad raya  Kaca terhadap kebesaran pembes Tuhan yang ar (lup) menciptakanya. kritis.Kompetensi Dasar Materi Pokok 1. dan kreatif) sebagai wujud implementasi sikap dalam Pembelajaran Penilaian Mengamati Memberi stimulasi kepada siswa dengan suatu fenomena seperti kegiatan dibawah ini : Pengetahua n: Tugas Mengerjakan soalsoal yang ada pada Lembar Evaluasi Peserta Didik(LEPD) Meminta 2 siswa maju ke depan kelas :  Kondisi 1 : siswa A diminta untuk memasang benda Kinerja Melakukan percobaan dan membuat laporan kelompok tentang alat optic Aloka si Sumber Wakt Belajar u 1 x 45  Hand menit out  Lemb ar Kerja Pesert a Didik  Gianc oli. bertanggung jawab. bertanggungja wab. objektif.1 Menunjukkan p perilaku ilmiah  Teleskop (memiliki rasa ingin  Kamera tahu.11 Menunj ukkan perilaku ilmiah (jujur. 2. Fisika Jilid 1. cermat. 2001. teliti. kreatif.Do uglas. inovatif dan Indikator 1.  Mikrosko 2.kritis. hati-hati. tekun.Jaka rta :Erlan . jujur.11 Menjela skan manfaat mikroskop dalam kehidupan sehari-hari sebagai fenomena ciptaan Tuhan.

melaporkan.  Kondisi 2 : siswa B diminta untuk memasang benda dengan jarak 15cm dari lensa cembung.2Menjelaskan lensa 5cm dan cara kerja alat 10cm.11. gga. 3.11. dengan jarak 8cm dari lensa cembung. dan B 3. 3. .3Menyebutkan mengamati sifat-sifat bagaimana bayangan bayangan yang benda yang dihasilkan dari 2 dibentuk oleh kondisi diatas.peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan.11Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa.1Menyebutkan sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh alat optic mikroskop.11. Sikap Melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa pada saat kegiatan pembelajaran. optic  Meminta siswa A mikroskop. mikroskop pada saat mata berakomodasi Menanya  Dari kegiatan dan tak mikroskop dengan tujuan mengetahui pengaruh jarak benda ke lensa terhadap perbesaran bayangan yang terbentuk. kegiatan pembelajaran. dan berdiskusi.  Diketahui focus 3.

perbesaran diharapkan siswa angular dapat benda saat merumuskan mata berakomodasi masalah :”meng dan tak apa bayangan yang terbentuk berakomodasi.2 Menyaji mikroskop sesuai kan gambar dengan panduan terbentuknya pada LKPD. pengamatan berakomodasi.11Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optic dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa.11. fenomena yang 3.1 Mengol Mencoba ah data hasil  Siswa melakukan percobaan kegiatan mengenai alat percobaan optic mengenai alat-alat mikroskop.11. 4.4Menghitung diberikan. optic yaitu 4. .4.11. pada jarak benda 8cm lebih besar daripada bayangan pada jarak 15cm?’  Pertanyaan ini dapat dikembangkan dengan tanya jawab.

bayangan pada alat optic Menalar mikroskop  Siswa mengolah 4.11.  Setelah melakukan kegiatan tersebut. siswa diminta kembali memposisikan tempat duduk agar dapat fkus pada penjelasan guru selanjutnya.3Mengkomunik data yang as ikan hasil p diperoleh dalam ercobaan percobaan dan mengenai menghubungkany alat optic a dengan mikroskop informasi yang terdapat pada handout. Mengkomunikasi kan Guru memberikan kesempatan pada .

kelompok yang memegang bola untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas Guru memberikan pertanyaan sebagai bahan diskusi yang mengacu pada perbesaran bayangan pada mikroskop. .