You are on page 1of 9

Bahasa Jepang Gaul

Bahasa Jepang pada saat ini banyak dipelajari di Indonesia dan negara-negara lainnya.
Sekitar awal tahun 2000- an hampir disetiap sekolah menengah bahasa ini sudah mulai
diperkenalkan dan menjadi salahsatu mata pelajaran yang harus diikuti.
Bahasa Jepang memiliki 3 jenis tulisan :
Hiragana ( ひらがな )
Katakana ( カタカナ )
Kanji ( 漢字 )
Hiragana yaitu tulisan aseli/dasar di Jepang, biasa juga digunakan untuk mengawali
belajar tulisan Jepang sebelum belajar ke tulisan yang lebih sulit.
Katakana yaitu tulisan yang digunakan untuk kata serapan dari bahasa asing atau yang
disebut kata yang berasal bukan dari bahasa Jepang, contohnya untuk nama saya "
Boby" menjadi " ボビ- ",selain itu nama negara " Indonesia" menjadi " インドネシア " dan
lainnya.
Kanji yaitu tulisan dengan karakter huruf cina, lebih banyak coretan dan lebih rumit.
Tentu saja kanji ini mempunyai perbedaan arti dengan tulisan cina, terkadang orang cina
pun mengerti akan maksud dari kanji yang dilihatnya, karena kanji adalah serapan dari
tulisan cina. Namun begitu kanji tetap mempunyai ciri khas tersendiri.
Oke lah, itu sepintas tentang tulisan Jepang, kalau berminat untuk mempelajari lebih
dalam silahkan beli buku-bukunya ditoko buku terdekat anda. Disini saya akan menulis
tentang bahasa anak muda sesama teman yang digunakan di Jepang, ingat yah, di
Jepang mempunyai perbedaan derajat antara anak muda terhadap orang tua, bawahan
terhadap atasan, dan ini pun mempengaruhi gaya bahasa yang digunakan.
Ini bahasa bentuk biasa yang digunakan sesama teman... Douzo !!

PERTEMUAN
(DEAI)

Hai, selamat siang : yaa, konnichiwa
Sering datang kesini? : Koko ni yoku kiteru no?
Nggak, kebetuln aja : Uun, guuzen.
Tunggu sebentar : Choi machi / Chotto mattete.
Rasanya pernah ketemu dimana gitu. : Dokka de atta koto ga / aru you na ki ga suru.
Dari tadi udah diliatin terus lho ! : Sakki kara zuutto miteta no yo.
Keren abiz : Iketeru.
Keren banget : Kakkoii.
Keren : Suteki
Kuul : Kuuru.
Manis banget : Chou kawai.
Seksi : Sekushi..
Ngejreng banget : Do hade.
Ganteng : Otokomae / hansamu / ikemen
Bisa kasih tau no HP lo? : Keitai ban-go oshete kureru?
Kirim SMS : Keitai meeru suru.
Tolong ya : Tanomu yo.
Minta tolong : Onegai.

Gue ragu : Sou kashira (p). Udah ketolong : Tasukatta. Pittari : Pas banget Kayak nya sih… : Nanka… Kalo gitu gak jadi deh : Njya. Udah plong : Sukkiri shita. Tolong kenalin tu orang dong. begitu ya : Sokka / A. Sens lo buat baju bagus ya. Yaa. Iri : Urayamashii. : Soitsu shoukai shite kure. Cinta pertama : Hatsu koi Masa sih. Senang : Reshii. Kapan-kapan mau pergi belanja bareng : Itsuka issho ni kaimono ni ikanai ? Belanja sendirian aja… gak mau ah. Ni orang lucu. Apa boleh buat : shou ga nai naa / shou mo nai naa / shikata nai. : Sou iu kotta. : Massaka. : Fukusou no sensu ga ii ne. Punya cowok ? : Kareshi iru ? Punya cewek ? : Kanojyo iru ? Pergaulan lo luas ya : Tsuki ai ga ii ne. yametoku / hon nara yametoku. sampai batas-batas tertentu : Maa. Itu yang mana? : Sorette ? Ini bagus lho : Kore ii yo ne. Gue gak modis : Boku wa oshare jyanai (L) / atashi wa oshare jyanai (p) Bisa kasih saran : Adobaisu shite kureru ? Ngerti : Wakatta. : Hitori de kaimono suru nante ya da.Ngetren ya. Lo tipe kesayangan gue : Kimi wa boku no konomi no taipu da. Paling juga mahal kok : Douse takain damon. sou. : Koitsu omoshiroi. Ternyata memang begitu : yappa / yappari. Oh. Cinta pada pandangan pertama : Hitome bore. Gak ada jalan lain : Yamu o enai Pernah ada. : Aitsu jitsu ni ii yatsu da / ano yarou jitsu ni ii yatsu da (L) PENDEKATAN Mau keluar bareng gue ? : Boku to dekakenai ? Apa yang lagi “in” ? : Nani ga hayatteru ? Gimana kalo nonton ? : Eiga wa dou ? . Kenapa ? : Nande ? Apa yang terjadi ? : Dou shita no ? Yang mana ? : Docchi ? Begitu. : Hayari ni tsuiteru ne. tapi udah putus : ita kedo mou wakarechatta. Tu orang bener-bener orang baek. Itu bagus kan… : Sore ii jyan. ichio wa ne. Gak pernah nge-date sama orang Jepang : Nihonji to deeto shita koto nai..

Sampe segitunya ? : Sonna ni ? . Aneh : Hen da / okashii. : mittomo nai / mittomo nee. : Maamaa. : Mada jikan aru. : Retsu ni narabou. : Saa. : Gakkari da. nomi hoshite… Minum sekaligus. Gue udah mabok. : Kuruoshii. Gak sopan ya. Mau pesen. Bagus enggak. : Retsu ni hairou. Lumayan deh. : Sugee suteki na took shitteru zo. Ngotot : Shitsukee / shikkoi. : Kanjyou issho ni shiyou. Parah. : Shitsurei ne. : Yoku mo waruku mo nee. Biar gue beli tiketnya. Baris yuk. Tergila-gila. : Manzoku da. Gak bermutu : Kudaranee. : Kore saa. Pasti menarik deh. : Makasete. Jelek. Ayo. : Urusee / russe. Mencurigakan. : Warikan ni shiyou. Nyeremin : Bukimi da. : Yopparacchaou. Bayar masing-masing aja yuk. Bir ini gak enak ih. Ini nih. Ngeroko gak ? : Tabako suu ? Minum arak gak ? : Sake nomu ? Mau ke karaoke gak ? : Karaoke baa e ikanai ? Oom/tante yang lagi nyanyi itu hebat ya. : Hidee. enak lho. ikki ! Kita minum sampe mabok yuk. : Chuumon suru. : Mou yopparacchimatta. : Doraibu ni iku ? Gak ada yang mau nemenin nih : Issho ni shite kureru yatsu inai yo. umai zo / kore saa.. : Kanben shite kure. : Ikki. : Heta da / heta kuso. Memuaskanlah. Pala gue sakit kaya mau pecah. Ampunin gue/please deh. Masuk ke barisan yuk. minum sampe abis. Memalukan. : Atama wareru you ni itee. Siapa aktris/aktor kesukaan lo ? : Suki na jyoyuu/danyuu wa ? Prtunjukan berikut nya jam berapa ? : Sugi no shoo wa nanji ? Masih ada waktu. jelek pun enggak.Muter-muter naek mobil yuk. Mengecewakan. Lagi kuliah apa ? : Daigaku de nani o benkyou shiteru ? Dulu kuliah apa ? : Daigaku de nani o benkyou shiteta ? Nilainya gimana ? : Seishi wa dou ? / seishi wa dou datta ? Di luar dugaan bagus tuh. : Yosete. Berisik. : Chiketto o kawasete. : Ano utatteru occhan/obachan sugee na. oishii zo. : An-gai jyuubun da. : Kono biiru mazui ze. : Ayashii. : Zettee omoshiroi kara. Bonnya disatuin aja yuk. Percaya gue deh. Gak masuk akal : Tondemo nee. Gue tau tempat yang keren abiz lho. Duduk disamping gue ! : Ore no soba ni suware ! Deketan sini..

: Tabako no kemuri ni taerarenai. Ternyata emang gitu ? : Yappa sou ? Kita udah tiga bulan jadian kan ? : Ore tachi. ya uda. : un makase. Gue pengen bikin lo bahagia selalu. Gue gak tahan sama asep rokok. : Sasuga ~san yasashii ne. gitu lah. Bisa ketemu lagi gak ya. : Hada sube-sube da ne. : Uun. Sama orang gendut gitu aja cemburu. Warna lipstiknya cocok deh sama elo. yokatta. : Anna debu ni yakimochi yaite. : Itsu made mo shiawase ni sasetai naa. Ternyata gitu ya. : Tabako no nioi ga kimoi. tapi.Kebanyakan minum sih… : Nomi sugita wake da. Mau jadi guru bahasa jepang gue ? : Nihongo no sensei ni natte kureru ? Nanti gue ajarin bahasa Jepang deh. : Aete. Gue eneg sama bau rokok. : Hanashite mi. Emang gitu kali. : Raishuu made matenai ne. : Muri o itte nai ze (L) / muri o itte nai yo (p). Pengen ketemu lagi ya. : Sorya sou daro / sorya sousshou. Artinya gak boleh ngerokok ? : You sunni tabako o succha dame ? Ya. ga papa. Perasaan lo sama gue gimana ? : Boku no koto dou omotteru ? Coba bilang. Jangan marah. mou sankagetsu tsuki atterusshou ne.) Apaan tuh (lo inget gak) ? : Nandakke ? Nggak. Jangan-jangan mereka gak suka. : Kaman nai. : Mata aou.. betsu ni. Terserah nasib aja. Gimana dong ? : Dou sun no (da) ? Botak. : Kucibeni no iro ga kimi ni yoku ni au. gue berhenti. : Kami nameraka da ne. : Maa nee. : Mata aeru ka naa. JADIAN (GOO SUTEDII) Seru banget. Sukur bisa ketemu. : Ki ni shinaide. Emang ~san baek deh. Gak bisa nunggu sampe mingu depan nih. : Okoranaide / okoru na. : Busu. Date yang pertama kapan tuh (lo inget gak) ? : Ikkai me no deeto wa itsu dattakke ? . : Chibi. Sakit pala akibat minum kemarin. : Futsuka yoi da. Kulit lo mulus ya. : Naruhodo ne. Cewe jelek. : Moshikashite ki ni itte naisshou. : Hage. Gak enak nih. Gak masalah. Rambut lo alus ya. : Mata aitai naa. Jangan ambil pusing. Sampe ketemu lagi. (~te miru. : Nihongo oshieru kara. Gue udah kasih tau bonyok tentang elo : Kimi no koto oya ni tsutaeta (L) . Yametokou. Pendek/kate. : Warui kedo. : Sugee tanoshikatta. Kapan-kapan ngumpul lagi yuk. : Itsuka mata atsumarou. Gue gak maksa kok.

: Heiki da. Gue suka banget. Kalo gak pulang sekarang bakal dibunuh bokap nih. : Mou chotto ite kure. : Socchi koso riko teki da. Berubah-ubah. Jangan komplain melulu ah. Gue gak mau digunain. Masing-masing orang laen./sukurin. : Kimi ga kawatta ne. : Makizoe kucchatta. Sekarang baru bilang begini begitu. ak bisa ngapa ngapain juga kan ? : Ima sara douno kouno itte mo shou ga nai daro. : Omatase.Temenin gue sebentar lagi. . Sok : Mottaibutteru. : Kanchigai da. Jangan bikin gue kecewa. Kan. Jangan bilang-bilang. Lagi ngapain lo ? : Nani yatten da ? Apa apaan sih ? : Nan na no (da) ? Rasain lo. : Ima kaeranakya chichi ni korosareru yo. / iu way o nee (p). Salah sangka. barechatta. Percaya deh. : Aseranaide… Jangan egois. : Mecha kucha. Kimi dake o. mou awanai koto ni shiyoutte ittetaro ? Lo yang mikirin diri sendiri. : ie de shichatta. Bokap nungguin lho. : Muri da. : Ki magure da. Senangnya… : ii naa. Gawat udah ketauan. jadi nungguin./ ii nee. : Yabe/yabai/shimatta. : Riyou saretakunain da. Gue udah ngelakuin hal yang kelewatan. Jangan terburu-buru./beneran. Mau dateng kerumah gue gak ? : Bokunchi ni konai ? Gue seneng lo dating. : Shinjitte kure. PERTENGKARAN Lo udah berubah ya. : Mawarikudoi. : Gakkari sasenaide. : Nonki da. Biarin aja. : Monku bakka iu na. Bukan saatnya bilang ini itu : Nanda kanda itteru baai jyanai. : Erai koto shichatta. : Yoki iu yo. Gak mungkin. : Yoku kita naa. Lo udah bikin kehidupan gue berantakan : Boku/ore no jinsei o mecha mecha ni shitan da. Bertele-tele. Cuma sama elo aja : Daisuki da. lo yang bilang kita gak usah ketemuan lagi ? : Datte. : Honma. Gue udah kebawa-bawa. : Iiwake da. Urusan apa sih ? : Nante kotta ? Semau gue/seenaknya sendiri. Jangan khawatir : Shinpai sun na. Alasan aja. Ngomong doing lo. Chichi ga matten no yo. Bener. Maaf. Gue udah kabur dari rumah. : wa ga mama iu na. : Hito sore zore da. Berantakan. Jangan putus asa : Akiramen na. : Naisho da. : Ji gou ji toku da.

Ketipu !/Dibohongin ! : Damasareta ! Gak bisa dimaafin ! : Yurusenee ! Udah sebel./ meiwaku na no yo (p). : Semete setsumei o kiite kure. Kira-kira aja. : Mou ya da. yurushite. : Ttaku ! Repot !/ berabe ! : Mendokusee. maafin dong. Sinetron ini udah berakhir. : Onegai dakara. Terserah lo deh./ biarin aja la. Gue sih gak bermaksud bikin lo nangis. Mohon maaf. : Kimi no katte da. : Gakkari shichatta. Gila : ikareterun da. Apa lo ? : Nanda yo. kita putus aja./ Wake wakannai ne. Kelewatan. Paling nggak. Minta tolong deh. : Gomen. : Suman/sumanai/suimasen. : Uwaki mon da. Bener-bener ganggu lo. : Jibun no sei da./ katte ni shiro ! Urusin urusan sendiri aja. kanben shite kure. PERMINTAAN MAAF (AYAMARU) Sory. : Shiranpuri suru na. : Hittoke (yo). Stop/berhenti. Jangan bikin malu lagi deh. : Tatta hitotsu no onegai. Jangan ikut campur. : kono dorama mou oshimai da. Gue gak bakal ulangin untuk yang kedua kalinya. jangan bikin susah. dengerin dong penjelasan gue. : Mou komaraseru na. Jangan berlagak gak tahu. Bego ! : Baka ! / Aho ! Dasar bego ! : Bakatare ! Dongo ! : Boke nasu ! Tukang selingkuh. wakareyou. maklum aja deh. Gak ada kerjaan ya ? : Yaru koto nee no ? Udah. kotowaru. warukatta. : Nakaseru tsumori jyanakattan da. : Yamero. . Sayang sekali sih… : Zannen nagara… Udah jadi benci. : Mou kirai ni naccatta. Gue mohon deh. Janji deh. : moushi wake nai. : Yakusoku dakara. Disuruh apa aja gue mau deh. : Mou nido to konna koto o shinai. : Nan demo yaru kara. : Setsumei o kiite kure. : Wake wakanee na (L). Binatang /bangsat/bajingan ! : Chikishou ! Sampah / tai ! : Kuss ! / kusso ! Enekin !/mau muntah!/jijik! : Mukatt !/muka tsuku/ muka muka. Diam ! : Damare ! Jangan ganggu dong. Gak ngerti maksudnya ya. : Kore ijou mou haji kakaseru na. tapi gue nolak. Dengerin dong penjelasan gue.Salah sendiri. Pergi keluar ! minggir ! : Deteke ! doke ! Maksud lo maen-maen aja ? : Asobi hanbun no tsumori na no ? Kejam : Zanzoku da. : Temee no koto o yare. : Sekkaku da ga. Cuma satu yang gue minta. : Hodo hodo ni shitoke. gue salah. : Meiwaku nanda yo (L). : Jama sun na yo. Gue beher-bener kecewa. Sebenarnya apa sih yang terjadi ? : Ittai dou iu koto ? Terima kasih.. : onegai dakara. Maaf.

Tolong ketemuin gue sama bonyok lo. Biar gue pikirin. udah dewasa. Pertama. korekara naka yoku yarou. : Baka mitai./sabishiishou. Gak mungkin gue lupa. : Mawarikudoi hanashi yamete choudai. Gimana pikiran mereka ya ? : Karera wa dou omou-shou/darou ka. Gue belom siap secara mental. : Ima demo ato demo onaji mitai da. : Yoshi. Apa ini mimpi ? : Yume ka na ? Terserah.. : Mata yari naosou. Tolong kasih gue sedikit waktu lagi.Tolong balik dong. Kesepian kan ? : Samishiisshou.. : Kangaesasete choudai. Masih marah ya ? : mada okotten no ? Hapus dong air matanya. Bukab begitu ? : Soussho ? Boleh gue lamar elo ? : Kimi ni puropoozu shite mo ii ? Oh iya. Kerja/sekolah-nya gimana ? : Shigoto/gakkou dou sun no ? Di depan keluarga lo gue mesti gimana ? : gokazoku no mae de dou sureba ii ? Enaknya pergi bawa apa ? : Nani o motte ikeba ii ? Enaknya bilang apa ? : nani o ieba ii ? . : Goryoushin ni awasete… Tolong kenalin… : Shoukai shite… Kalo sekarang gak bisa ? : Ima jya mazui ? Mau sekarang mau nanti kayak nya sama aja. oya ni shirasete kara kimeyou. Semangat dong. Masih suka ama gue kan ? : Boku no koto mada suki nan darou ? Jangan sedih dong. : Datte mou otona damon. kasih tahu bonyok dulu. : Mada kekkon shitakunai no. Ada niat nikah sama gue ? : Boku to kekkon suru ki aru ? Mau hidup bareng gue ? : Boku to issho ni kurasou ka ? Mau ngelahirin anak gue ? : Boku no kodomo o unde kureru ? Kenapa tiba-tiba nanya hal itu? : Nande kyuu ni sonna shitsumon suru ? Lagi mikirin apa sih lo ? : Nani o kangaeterun da ? Jangan bicara bertele-tele deh. : Yancha bouzu da. Kalo nikah sama laki-laki Jepang. myouji o kaena-kya/kucha dame ? Gue belom pengen nikah. : Namida fuite… Nakal. : Modorasete choudai. : Mazu. : Genki o dase. cincin ini… : Otto. OK. Rujukan lagi yuk. : Omakase. : Kanashimanaide. baru inget. baru kita ambil keputusan. musti ganti nama marga ? : Nihonjin no otoko to kekkon shitara. : Modotte kite choudai. : Mou jikan o kure. Biar gue balik dong. selanjutnya kita baekan yuk. : Wasureru wake nai. sou ieba kono yubiwa o… PERNIKAHAN (KEKKON) Kapan lo pengen nikah ? : Itsu kekkon shitain da ? Umur lo juga udah cukup kan? : Kimi mo ii toshi ni natta daro. : kokoro no junbi mada dekitenai. Bisa ngertiin kita gak ? : Wakatte kureru ? Bisa dapet bantuan gak ? : Tasukete moraeru ? Apa lo kira mereka bisa setuju lo nikah sama gue ? : Boku to no kekkon ni dou shite kureru to omou? Jangan-jangan mereka nentang kali… : moshikashite hantai suru kamo. Kayak orang bego. Kan.

: Chokon to atama o sageru. : Bishit. : Mune ga doki doki suru. : Pan pan. : Bari bari hataraku. : Fuku ga kusha kusha ni naru. : Hira hira chiru. Bunyi jepretan/ceklikan. Bunyi bantingan benda keras. : Butsu butsu fuman o iu. pegel geuning "Wakakakak". : Pyon to tobinoru. : Soosu ga doro doro shite iru.Kasih tahu dong… : Oshiete… Biayanya kira-kira berapa ? : Hiyou wa dono gurai ? Mau upacara pernikahan ala Jepang aja ? : Nihonshiki no kekkonshiki ni shiyou ka ? Atau mau upacara pernikahan ala Jawa ? : Mata wa/Aryi wa Jawa shiki no kekkon shiki ni shiyou ka ? Secepatnya kita mulai segala persiapannya yuk. : Mattaku chinpun kanpun da. : Gui gui hipparu. Berunding kasak kusuk. Makan cepat cepat. : Suton... Mencela dengan bersungut-sungut. : Kyaa. : Gakun to ugoku. : Kusu kusu warau. : Koso koso soudan suru. Bunyi tembakan/keadaan terlalu penuh.(Gerakan kecil). Berputar-putar. : Sassa taberu. Bicara terus terang. Suara gumam Hmm… : Fun.. : Gui gui nomu. Bunyi nenggelegar/ledakan. : Kon kon. Bunyi benturan keras/tabrakan. Bunyi bel pintu. Berjalan cepat dengan lincah. : Doon. Menarik dengan kuat. Hadooooh. Saus nya kentel-kentel. : Kururi to se o mukeru.. : Zuru zuru to nobasu. Menundukan kepala. Jantung berdebar-debar.. Minum terus menerus.GISEIGO) Ketewa cekikikan. Berbalik memalingkan badan. . Ketawa terbahak-bahak. : Suta suta aruku. KATA BERULANG (GITAIGO.. cemoga bermanfaat 'n menambah ilmu bahasa Jepang brada. Pakaian jadi kusut. Silahkan di copas brada. Jatuh melayang-layang.. Seruan kegembiraan/teriakan. : Sakut to kamu. : Kukkut to warau. SUARA/BUNYI Bunyi ketokan pintu. Bunyi gemericing saat berbenah : Kacha kacha to katazukeru. Melompat naik. Menyeret/menark panjang.. Gak ngerti sama sekali. Bunyi tepokan tangan/percikan api. Ketawa tertahan. : Patan. : Kachan. Bunyi benda jatuh. : Guru guru mawaru.. : Dokan. Bunyi benda patah/pecah. Mendadak bergerak. : Pachi pachi. : Zuba zuba iu. Bekerja dengan giat dan semangat. : Pachin. : Sassoku iron na junbi o hajimeyou. (Bunyi) gigitan makanan yang keras. : Pin pon Bunyi pintu ketutup. : Gera gera warau.

... karena akan membuat Imej brada buruk.WARNING : jangan menggunakan gaya bahasa di atas kepada atasan orang Jepang anda. ..... Salam kangen .