You are on page 1of 9

.KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN TOMAT Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tomat – Tanaman tomat dengan latin “Lypersion esculentum Mill ” merupakan tanaman semusim ( berumur pendek ) berarti tanaman ini memproduksi hanya sekali dan setelah itu mati. oleh karena itu tanaman ini membutuhkan ajir untuk menopang pertumbuhannya. Tanaman ini berfamili dengan Solanaceae yang hidupnya juga membutuhkan ajir untuk menopang pertumbuhan tanaman. Tanaman ini banyak sekali yang membudidayakan dengan berbegai media tanam tergantung dengan petani. Tanaman tomat ini lentur dan tidak dapat menopang sendiri.

berbatang lunak tetapi kuat.Klasifikasi Tanaman tomat Kingdom : Plantae Divisi : Spermatophyta Subdivisi : Angiospermae Kelas : Dicotyledoneae Ordo : Plemoniales Famili : Solanaceae Genus : Lycopersion Species : Lypersion esculentum Mill Morfologi Tanaman Tomat a. memiliki ruas tebal dan ruas akar pendek. . Akar Tanaman ini memiliki akar tunggang yang dapat menembus kedalaman tanah dan akar serabut yang tumbuh di permukaan tanah yang dangkal. Batang Tanaman ini memiliki bantang berbentuk persegi empat hingga membulat. gembur dan banyak mengandung unsur hara baik. memiliki bulu atau berambut halus dan daintar bulu-bul terdapat rambut kelenjar. Berdasarkan sifat perakaran tanaman ini. Selain itu. sebaiknya di tanaman dengan media tanah yang subur. b. Batang tanaman ini berwrna hijau. tanaman ini memiliki cabang yang sangat banyak dan tidak beraturan.

kekuningan. Ada buah tomat yang berbentuk bulat. bagian tepi bergerogi dan mebentuk celah menyerip agak melengkung kedalam.c. serta memiliki tangka dengan kepanjangan 3-6 cm. hijau muda dan juga ada yang belang-belang kemerahan. Sedangkan warna tomat yaitu juga sangat bervariasi yaitu kemerahan. Buah Tanaman ini memiliki buah yang sangat bervariasi. dengan ukuran 15-30 cm dan memiliki kelebaran 10-25 cm . d. Bunga Tanaman ini memiliki bungan berukuran relatif kecil . . Daun Tanaman ini memiliki daun berbentuk oval. berdiameter 2 mcm dan memiliki warna kuning. ukuran buah sangat bervariasi juga. agak bulat. agak lonjong dan bulat persegi. Selain itu. bagian lainnya bunga berupa mahkota bunga yang terdapat di dalam bunga tomat. Selain tu. Daun tanaman ini berwrna hijau dan juga tergolong daun majemuk ganjil berjumlah 5-7. e. Kelopak bungan berjumlah 5 buah dan berwrna hijau terdapat pada bagian bawah atau pangkal bunga. tergantung dengan varietesnya. yang berukuran 8 -180 gram per buah.

batang akar. batang. Bagian-bagian akar terdiri dari tudung akar. . Akar Akar mempunyai susunan dari luar ke dalam yaitu kulit luar (epidermis). cabang akar dan pangkal akar. 1. b. daun. bunga. ujung akar.membantu penyerapan oksigen di udara pada tumbuhan tembakau. c. kulit pertama (korteks). menyimpan cadangan makanan misalnya pada tumbuhan umbi-umbian. Fungsi akar bagi tumbuhan adalah : a. buah dan biji.Fungsi Bagian-bagian Tumbuhan Bagian tubuh tumbuhan memiliki bagian akar. untuk menguatkan berdirinya batang.menyerap air dan garam mineral. dan d. dan silinder pusat.

mengangkut zat makanan ke seluruh tubuh tumbuhan. mengangkut air dan mineral dari akar ke daun. serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh. serta tempat melekatnya daun. Fungsi batang yaitu : a. bunga dan buah. .2. untuk penyokong tubuh tumbuhan. c. b. Batang Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang ada di atas tanah.

pengeluaran air berupa tetesan. tulang daun ada yang menyirip (mangga dan jambu). Daun dibedakan menjadi daun tunggal dan daun majemuk. alat pernapasan tumbuhan. menjari (singkong). . padi. tebu. dan sejajar (jagung. Daun Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Fungsi daun yaitu : a. untuk fotosintesis.3. dan alang-alang). penguapan air. Berdasarkan susunannya. b. dan c.

Mahkota bunga berguna untuk menarik serangga lain untuk datang membantu penyerbukan. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan dan putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Benang sari biasanya terletak di tengah-tengah mahkota bunga. Tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. kelopak. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting. merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari.4. mahkota. Benang sari. Berikut bagian-bagian bunga : a. Kelopak biasanya berwarna hijau seperti daun atau berwarna warni seperti mahkota. Bunga Bunga merupakan alat perkembangbiakan secara kawin pada tumbuhan. d. c. b. Mahkota bunga. Bagian-bagian bunga meliputi tangkai. terletak di sebelah dalam kelopak dan biasanya mempunyai warna yang beraneka ragam. . Kelopak bunga. benang sari dan putik. merupakan bagian bunga yang paling luar.

Buah dan Biji Buah ada yang berdaging. merupakan alat kelamin betina. Biji berkeping satu disebut monokotiL . Buah terdiri atas daging buah dan biji. 5. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji itu berkeping. Pada dasar putik terdapat bagian yang akan menjadi buah dan biji. Putik. contohnya buah mangga dan buah apel.e. Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi akibat penyerbukan antara serbuk sari dan putik.