You are on page 1of 9

Latar Belakang

Hidup sehat dan berkualitas merupakan harapan setiap manusia yang hidup
di muka bumi. Namun pada kenyataannya, manusia selalu berhadapan dengan
berbagai penyakit dalam perjalanan hidupnya, mulai dari penyakit ringan hingga
penyakit kronis yang mematikan.
Dari ribuan jenis penyakit yang dikenal oleh manusia saat ini, terdapat 5 jenis
penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Penyakit yang paling mematikan di
Indonesia menurut catatan WHO (World Health Organization) adalah Penyakit
Diabetes, HIV/AIDS, Tuberculosis atau TBC, Malaria, dan Diare.
Untuk itu dihimbau bagi para masyarakat di Indonesia untuk tetap menjaga
kesehatan agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Tujuan Pembuatan
Topik kemasan informasi yang kami buat didasari oleh masyarakat Indonesia
yang pada umumnya kurang memahami bahaya penyakit yang tidak disadari dapat
menyebabkan kematian.
Oleh karena itu kami ingin menghimbau masyarakat Indonesia untuk
memperhatikan kesehatan mereka sejak dini dengan menyampaikan informasi
mengenai 5 penyakit yang mematikan di Indonesia dalam suatu bentuk kemasan
informasi.

1

konsultasi. Logo Perusahaan 2 . Dokter Sehat (doktersehat. Selain menyajikan informasi terpadu. melalui portal Dokter Sehat juga memberikan kanal interaksi pasien dengan dokter.Profil Dokter Sehat merupakan sebuah portal online di bidang kesehatan yang menyediakan informasi dan utilitas untuk membantu penggunanya hidup sehat. dan direktori kesehatan secara online. tips kesehatan. kalkulator. Tersedia juga fitur konsultasi yang berisi pertanyaan dari pengguna Dokter Sehat dan dijawab langsung oleh dokter-dokter yang telah tergabung di Dokter Sehat. dan konsultasi online segala macam jenis penyakit. seksualitas. Dokter Sehat merupakan portal kesehatan yang menyediakan informasi. dan kesehatan keluarga.com) telah dipercaya lebih dari 5 tahun sebagai sumber informasi kesehatan. Saat ini Dokter Sehat dapat diakses melalui web. aplikasi Android dan juga iOS.

Prof. Indonesia Sumber Daya yang Kompeten : Fara : Ahli Kesehatan Nastiti : Ahli Kesehatan Puri : CEO Syanintika : IT + Editor Anisa : IT + Editor Pengalaman Pembuatan Kemasan Informasi :  Kemasan Informasi berbentuk booklet tentang “Pentingnya ASI bagi Anak” di RS Hermina  Kemasan Informasi berbentuk video tentang “Cara Membersikan Tangan yang Benar untuk Semua Kalangan” di RSUD Pasar Minggu  Kemasan Informasi berbentuk video tentang “Kesehatan Pencernaan” di RS MH Thamrin 3 . DKI Jakarta.Nama Perusahaan : Dokter Sehat Alamat : DBS Tower Level 9. Kuningan. Jakarta Selatan 12950. Satrio Kav 3-5. Jl. Dr.

Perusahaan yang Bekerjasama Ciputra Medical Center Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Indonesia Sports Medicine Centre RS MH Thamrin Pro V Clinic Hypno-Brithing Bank Mata Indonesia RS Hermina 4 RSUD Pasar Minggu .

Tujuan Pembuatan topik kemasan informasi ini bertujuan agar masyarakat memerhatikan kesehatannya dengan mengetahui informasi mengenai penyakit tersebut. gejala apa saja yang dialami. Target kami terarah kepada rumah sakit. serta informasi khusus yang kami sampaikan berisi tentang penyakit dalam yang mematikan. Pembuatan kemasan informasi ini dibuat karena kemasan informasi yang akan kami sampaikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang betemakan kesehatan. Target Pembaca / Pengguna Target atau sasaran pembaca kemasan informasi ini yaitu seluruh pengunjung RS Persahabatan Rawamangun. bagaimana cara mencegahnya. 5 . serta cara menanganinya bila sudah terjangkit penyakit tersebut.

Video ini akan diputar di televisi ruang tunggu administrasi. 6 . dan Diabetes. Kemasan informasi berbentuk video ini dipilih karena kemasan informasi dalam bentuk video tidak membosankan untuk ditonton. dan diberikan edukasi mengenai bahayanya penyakit yang tidak disadari merupakan penyakit mematikan di Indonesia. dan lebih mudah dipahami dengan tampilan yang menarik serta penjelasan yang singkat dan jelas. Alasannya adalah video dengan mudah dapat menarik perhatian pengunjung rumah sakit. pencegahan serta penanggulangan penyakit tersebut dalam kemasan informasi yang akan dibuat.com yang sudah bekerja sama dengan institusi terpercaya seperti Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dari penyakit diatas kita akan menjelaskan bagaimana penjelasan. Malaria. gejala. TBC. Diare. Bentuk Kemasan informasi yang dibuat akan berbentuk video. HIV/AIDS.Cakupan Isi Kemasan informasi yang kami buat akan mencakup 5 penyakit yang mematikan di Indonesia versi website doktersehat. Penyakit yang dibahas antara lain. dengan tujuan pasien maupun keluarga pasien dapat melihat kemasan informasi ini saat menunggu.

Penyebaran Informasi Cara penyebaran informasi yang kami lakukan agar produk kami tepat sasaran kepada calon pengguna adalah melalui website dan social media yang dimiliki oleh Dokter Sehat. Cara Promosi Promosi yang kami lakukan agar produk kemasan informasi dapat diketahui dan menarik bagi calon pengguna adalah melaui website dan sosial media yang dimiliki oleh Dokter Sehat. @doktersehatcom @doktersehatcom DokterSehat – Informasi Kesehatan Indonesia Dokter Sehat 7 .

1. Promosi  Kartu nama Rp.110.000. 350.000/bulan Rp500.000. 500. 4.Estimasi Dana No Nama Barang dan Harga Jumlah Tujuan 1.- Penyebaran  DVD kosong Ritek Rp.210.Rp.200/pc x 50 Rp.000.- 8 . Rp.- Total: Rp. 50. 50.- Excellent DVD-RW 3. Pembuatan  Wifi 2.000.000/pc (isi  Banner kecil 100) Rp.000.000/pc x 10 Rp. 35.

R.Estimasi Waktu a. 2) Website Dokter Sehat: www.18 Desember 2016 c.doktersehat. Penyebaran (1 minggu) 12 Desember .A.11 Desember 2016 b.25 Desember 2016 d.8 Januari 2017 Sumber Referensi 1) Buku “Diet & Juice Therapy” oleh Nainggolan. Monitor (1 minggu) 26 Desember . Pembuatan (2 minggu) 28 November . Promosi (1 minggu) 19 Desember . Evaluasi (1 minggu) 2 Januari .1 Januari 2017 e.com 3) Beberapa artikel dan pendapat dari para ahli yang sudah didiskusikan sebelumnya dengan tim kemasan informasi Dokter Sehat 9 .