You are on page 1of 9

I.

PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Tumbuhan yang berada dimuka bumi ini sangat beraneka ragam, mulai
tumbuhan tingkat rendah hingga tumbuhan tingkat tinggi, monokotil ataupun
dikotil. Tumbuhan tinggi atau tumbuhan berbiji merupakan golongan tumbuhan
yang paling besar dalam dunia tumbuhan. Beberapa perbedaan yang dimiliki oleh
tumbuhan tingkat tinggi yang membedakan dengan tumbuhan tingkat rendah
adalah pada pembentukan tabung sari oleh serbuk sari setelah terjadi penyerbukan
dan dapat menghasilkan biji yang umumnya mengandung embrio. Golongan
tumbuhan ini terdiri dari dua kelompok besar yang dibedakan terutama atas dasar
perlindungan terhadap bakal bijisebelum dan sesudah pembuahan, yaitu tumbuhan
berbiji terbuka (Gymnospermae/Pinophyta) dan tumbuhan berbiji tertutup
(Angiospermae/Magnoliophyta).
Dan masi memiliki beberapa perbedaan yang di miliki oleh glodokan dan di
antaranya tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki banyak
di antaranya keanekaragaman spesies di muka bumi. Nama masih beberapa yang
belum mengetahui manfaat dan kegunaan yang terpeting dari glodokan
iniTaksonomi tumbuhan merupakan suatu bidang studi yang sangat luas yang
mencakup keanekaragamanTumbuhan memiliki fungsi yang berbeda-beda, bisa
sebagai tanaman hias, obat, bahan bangunan, selain itu juga sebagai tempat
berteduh. pohon peneduh merupakan pohon yang memiliki batang berukuran
besar dan tinggi sekitar 20-40 m. Pohon ini biasanya memiliki tajuk yang besar

Pohon peneduh biasanya hidup ditepi jalan. tegak.sehingga dapat digunakan sebagai tempat untuk berteduh dan dapat sehingga dapat disebut dengan pohon peneduh. Akar pada glodokan ini cukup menembus ke dalam. di tepi jalan dan pohon peneduh. pangkal mahkota berdekatan membentuk corong. Daunnya bagus untuk dijadikan dekorasi ornamental dan digunakan pada perayaan festival.Nettilinkam (Tamil). Batang semu. Debdaru di Bengali dan India. tinggi lebih kurang 1 meter. Polyalthia longifolia ditanam sebagai ornamen. putik panjang. warna putih. tetapi juga tidak menjalar dengan ekstensif yang bisa mengganggu struktur seperti trotoar. dan hutan-hutan kota. dan warna putih kehijauan. Buah kotak. kepala sari warna jingga. glodogan tiang (Indonesian). Glodokan Tiang (Polyalthia longifolia). tidak dangkal. diantaranya Ashoka atau Devadaru dalam Sansekerta. pohon ini biasa ditanam di sepanjang pinggiran jalan sebagai peneduh jalan. dipinggir pantai. dipekarangan rumah. Indian fir tree. falseashoka.biasanya ditanam di ketinggian kurang dari 1200 m dpl. warna ungu. Perbungaan bentuk payung. Habitat dari tanaman ini terdapat di Dataran rendah dengan tanah yang gembur. atau hutan lindung. Sehingga selain terdapat di hutan kota. Merupakan tumbuhan evergreen yang berasal dari India. Habitus terna tahunan. lunak. Indian mast tree. umumnya ditanam karena keefektifannya dalam mengurangi polusi suara. bulat telur . Tanaman ini memiliki kandungan . Tumbuhan ini memiliki banyak nama. jalan dan bangunan di dekatnya. Pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai 30 kaki. Kenampakan pohon ini berupa piramida simetris dengan cabang seperti pendulum dan daun lanset dengan tepi bergelombang. Pohonnya dapat dipotong menjadi berbagai bentuk. Asopalav (Gujarati).

Glodokan . Faktor apa yang menghambat proses pertumbuhan bibit. Manfaat dari tumbuhan ini adalah sebagai pohon peneduh. pohon Glogok atau juga di sebut pohon glodokan tiang mempunyai istilah latin Polyalthea longifolia adalah jenis tanaman yang banyak di tanam di pinggir jalan atau dalam taman – taman rumah. Antibengkak. tetapi juga tidak menjalar dengan ekstensif yang bisa mengganggu struktur seperti trotoir. I. I. sehingga pemahamannya lebih mendalam khususnya khususnya di bagiann pembibitan dan perawatan. Krinamina. Akar pada glodokan ini cukup menembus ke dalam. Ekspektoran. berkhasiat sebagai Analgesik.000 Dan kegunaan dari pelaksanaa praktikum ini adalah agar praktikan bisa bisa membuat apa yang selama ini ia dapatkan di bangku kuliah. Habitat dari tanaman ini terdapat di Dataran rendah dengan tanah yang gembur.kimia seperti Likorina. jalan dan bangunan di dekatnya.2 Tujuan dan Kegunaan Adapun tujuan dari praktikum ini adalah agar praktikan bisa mengetahui sendiri bagaimana cara pemupukan serta perawatan bibit Glodokan akan bisa menghasilkan bibit yang baik.3 RumusanMasalah Beberapa hal yang akan di bahas dalam pelaksanaan praktikum sebelumnya 1. tidak dangkal. Sehingga selain terdapat di hutan kota. Hemantamina. pohon ini biasa ditanam di sepanjang pinggiran jalan sebagai peneduh jalan. Krinidina.

TINJAUAN PUSTAKA . Pada jenis pupuk apa yang di pakai dalam pemupukan bibit Glodokan dan apakah jenis pupuk tersebut mempengaruhi laju pertumbuhan dan kondisi fisik bibit tersebut II. 3. Apakah ada perbedaan dari segi laju pertumbuhan serta kondisi fisik .2. Pada perlakuan pemupukan.

Ashok umumnya terlihat seperti pohon yang dipenuhi daun sehingga sulit terlihat batangnya. Singh (2008). panjang. Polyalthia longifolia merupakan tumbuhan evergreen yang berasal dari India. Karena itu. dengan tepi daun bergelombang. tetapi kadang-kadang cabangnya tidak terumbai ke bawah melainkan horizontal sehingga batangnya dapat terlihat dengan jelas.2. Daunnya glossy berwarna hijau. nama Ashok merupakan nama yang telah banyak dikenal di India Utara. umumnya ditanam karena keefektifannya dalam mengurangi polusi suara. Pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai 30 kaki. Kenampakan pohon ini berupa piramida simetris dengan cabang seperti pendulum dan daun lanset dengan tepi bergelombang. 2 Manfaat Glodokan aktivitas antimikroba dari tanaman obat telah menjadi masalah global saat ini. Pohon ini dapat mencapai tinggi hingga 25 kaki dan membentuk bangun kolumnar. Namun. peneliti semakin beralih perhatian mereka untuk obat tradisional dan mencari pelanggan .1 Ciri-ciri Glodokan Glodokan tiang atau yang disebut Ashok adalah tumbuhan asli India dan Srilanka. 2. Ada terus menerus dan kebutuhan mendesak untuk menemukan antimikroba baru senyawa untuk penyakit menular baru. Masalah ini adalah besar masalah terutama di negara-negara berkembang karena penyakit menular adalah salah satu penyebab utama kematian di negara-negara tersebut. meskipun nama Ashok tersebut berasal dari nama Sita Ashok.

2007). 2. Batang . Morfologi tanaman glodokan 1.5 Klasifikasi Dan Morfologi Kingdom : Plantae ( Tumbuhan ) Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembulu ) Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji ) Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga ) Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil ) Sub kelas : Magnoliidae Ordo : Magnoliales Famili : Annonceae Genus : Polyalthia Spesies : Poliyaltha longifolia Sonn.baru untuk mengembangkan obat yang lebih baik terhadap infeksi mikroba (Parekh dan Chanda. Perakaran ini berguna untuk menyokong tanaman hingga kuat dan juga membantu penyerapan unsur air. tidak menjalar. berwarna abu – abu hingga kecoklatan. . dapat menembus dengan kedalamaan 1015 m bahkan lebih. 2. Akar Tanaman ini memiliki perakaran berukuran besar tunggal.

dengan warna kecoklatan hingga kehitaman. 4. hingga bulat. Buah Tanaman ini juga memiliki buah yang hampir menyerupai buah buni.Batang berkayu. Selain itu. dengan bentuk bulat oval memanjang. Daun Daun berbentuk bulat ovat memanjang. batang tanaman ini juga memiliki panjang mencapai 5-10 m dan percabangan yang banyak. Selain itu.. 2011). bunga ini juga berbentuk payung dengan pangkal meruncing dan mahkota yang saling berdekatan yang hampir menyerupai corong dengan warna keputihan. keras dan juga kokoh. pangkal ujung meruncing. dengan pertulangan yang tampak berwarna keputihan hingga kecoklatan. dan memiliki pertulangan daun menyirip. dengan warna kemerahan hingga kekuningan. Batang ini memiliki permukaan kasar. daun tanaman glodokan ini juga memiliki permukaan halus. kuat. 3. 11(Sakarkar et al. Bunga Bunga tanaman ini berukuran kecil. berwarna kehijauan muda hingga tua. 5. . tumbuh diketiak daun. Biasanya ini ditandai dengan adanya putik berwarna unggu dan kepala sari berwarna jingga. Dalam satu buah memiliki beberapa biji yang berbentuk pipih. berwarna kuning kehijauan. tidak beraturan dan juga memiliki diamter mencapai 20-30 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhannya.

3 Desember 2016. Bertempat di UPT Sumber daya hayati Sulawesi UNIVERSITAS TADULAKO PALU.18.III. Pukul 16. di laksanakan pada hari Sabtu. III.1 Waktu dan Tempat Kegiatan praktikum yang membahas tentang Pertumbuhn benih Glodokan.  Ember  Sprayer  Mika Plastik  Lakban  Kertas Label Adapun bahan yang akan di gunakan dalam praktikan adalah sebagai berikut.  Semai Glodokan  Tanah Top Soil .00 WITA.2 Alat dan Bahan Adapun alat yang akan di gunakan dalam praktikan adalah sebagai berikut. METODE PRAKTIK III.00 .

1. 2. III.3 Pupuk Organik Cair Cara Kerja Adapun langkah kerjanya adalah sebagai berikut. Setelah itu. Serta Penyiraman nya di lakukan 2 x sehari. Akan tetapi terlebih dahulu campurkan 3 tutp botol pupuk cair organis ke setengah botol Aqua sedang. berikat pupuk organik cair dengan cara mencampurkan 3 tutup botol pupuk cair ke dalam. 5. 4. dan 2 Bibit untuk pemupukan 1 x seminggu. 3. . Pertama-tama persiapkan dulu alat dan bahan serta bibit Glodokan sebanyak 6 bibit. Lalukan pemupukan selamat 14 hari ke 1. dan 4 untuk pemupukan selama 2 x seminggu. Lalu masukan ke spayer guna mempermudah untuk menyemprotkan batang dan bagian bawah daun. dan 6 tidak di lakukan pemupupkan. dan yang terakhir untuk bibit 5. dan 3.