You are on page 1of 5

1.

Jelaskan Pentingnya Pancasila Bagi Bangsa Dan Negara
Indonesia
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia memiliki arti bahwa
nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila itu menjadi citacita normatif bagi penyelenggaraan bernegara.Pancasila sebagai
ideologi nasional selain berfungsi sebagai cita-cita normatif
penyelenggaraan bernegara, nilai-nilai yang terkandung dalam
Pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama, karena itu juga
berfungsi sebagai sarana pemersatu masyarakat yang dapat
memparsatukan berbagai golongan masyarakat di
Indonesia.Pancasila sebagai dasar negara Indonesia digunakan
untuk mengatur pemerintahan atau penyelenggaraan pemerintah
seperti halnya yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945

2. Apa Yang Dimaksud Dengan Rumusan Pancasila Yang Benar
Dan Sah
Rumusan pancasila yang sah dan sistematika yang benar terdapat dalam
Pembukaan UUD 1945 yang telah disahkan oleh PPKI pada 18 Agustus
1945 . Berkaitan dengan hal tersebut, Presiden Indonesia telah
mengeluarkan instruksi No. 12/1968 pada 13 April 1968.Dalam instruksi
tersebut di tegaskan bahwa tata urutan dan rumusan Pancasila sebagai
berikut:
1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
3. PERSATUAN INDONESIA
4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN
DALAM PERMUSYAWARATAN/PERWAKILAN.
5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.

Rumusan Pancasila yang benar dan sah
Dalam perkembangan sejarah bangsa Indonesia, kita mengenal berbagai
rumusan Pancasila. Rumusan itu antara lain berdasarkan pidato Mr. Muh
Yamin pada tanggal 29 Mei 1945, lalu menurut Pidato Ir. Soekarno 1 Juni
1945, Piagam Jakarta, Pembukaan UUD 1945, Pembukaan UUD RIS dan
Pembukaan UUD Sementara

Pancasila diyakini oleh bangsa Indonesia merupakan ideologi yang tepat bagi kehidupan bermasyarakat. Panca berarti lima. Atas pengalaman itu maka keluarlah Intruksi Presiden No. Pancasila adalah dasar negara dari Negara Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alenia empat. XVIII/MPR/1998. Lalu pada masa reformasi lahir Ketetapan MPR No. Pancasila merupakan sumber hukum dasar nasional. Isinya menegaskan Pancasila yang dijadikan dasar negara dan ideologi negara adalah Pancasila yang tercantum di dalam pembukaan UUD 1945 dan apabila ditulis rumusan Pancasila secara khusus sama dengan rumusan Pancasila yang ditegaskan oleh Instruksi Presiden No. 12 Tahun 1968. Tentu saja tindakan itu membahayakan keselamatan bangsa dan negara. Isinya menegaskan bahwa rumusan Pancasila yang benar dan sah adalah sebagai berikut Dalam perkembangan sejarah pada masa Orde Baru juga masih banyak praktek penyelenggaraan negara yang belum sesuai dengan Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara mengandung makna bahwa Pancasila sebagai ideologi nasional sebagai cita-cita dan tujuan negara. prinsip atau dasar. sila berarti berbatu sendi. Mereka yang tidak senang terhadap Pancasila pernah melakukan tindakan tak terpuji itu pada masa Orde Lama. 12 Tahun 1968. berbangsa dan bernegara sehingga mampu memberikan motivasi kepada bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya. .Ragam rumusan itu memudahkan orang untuk memutarbalikkan makna dan rumusan Pancasila. Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta. alas.

Keberadaan ISIS .3. Pemberontakan G30SPKI 4. Pemberontakan Darul Islam/ Tentara Islam Indonesia 3. Contoh Peristiwa Yang Pernah Mengancam Keberadaan Ideologi Pancasila 1. Gerakan aceh merdeka 5. Pemberontakan PKI di Madiun(1948) ingin mendirikan negara komunis di Indonesia 2.

..... 3. Ikut serta dalam pemilihan umum.. 10. ketua kelan maupun guru yang bertindak semena-mena. 2.yang berbunyi. Mengutamakan rapat OSIS daripada bermain bersama teman. Tulislah 5 contoh sikap yang mencerminkan nilai-nilai sila keempat pancasila Sila ini beruhubungan terhadap perilaku kita untuk selalu bermusyawarah dalam menyelesesaikan masalah.. II/MPR/1978 yang berisikan tentang. Tugas ke-2. 8. Menerima kekalahan dengan ikhlas apabila kalah persaingan dengan teman lain.. khususnya sila ke.. Melaksanakan segala aturan dan keputusan bersama dengan ikhlas dan bertanggung jawab. Selalu memperdepankan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan permasalahan. Memberikan suara dalam pemilihan ketua kelas ataupun pemilihan ketua OSIS. Memberikan kepercayaan wakil-wakil rakyat yang telah terpilih 5... Jelaskan Upaya Yang Dapat Dilakukan Pemerintah Agar Pancasila Sebagai Hidup Dan Ideologi Serta Dasar Negara Tetap Berdiri Kokoh Yaitu mengenalkan lewat pembelajaran pada anak sekolah dan dengan cara program gratis untuk mempelajari pancasila. 1. Berkembangnya sifat konsumerisme dan materialisme dapat membahayakan nilai-nilai pancasila. Berani mengemukakan pendapat di depan kelas... 9. membiasakan diri bermusyawarah dengan teman-teman dalam menyelesaikan masalah...? 2. 5. Berikut contoh sikap yang mencerminkan di sila Keempat : 1. 11. . 7. 4. pemerintah secara formal menyosialisasikan nilainilai pancasila melalui Tap MPR No.4. 3. 6. Pada masa orde baru pemerintah menetapkan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal... 4. Menghargai hasil musyawarah.... Pada era orde baru. Berani mengkritik teman. munculnya organisasi teroris dapat mengancam kehidupan beragama di Indonesia karena bertentangan dengan.. Di era reformasi.

. sila ke 5 kedilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.. Jawaban 1..5.yang berbunyi. 3. Demonstrasi yang anarkis dan saling menghujat di media massa adalah contoh sikap yang dapat melunturkan nilai-nilai Pancasila khususnya sila ke. Sila ke-2 yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab ... Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Eka Prasetya Panca Karsa) dan penetapan tentang penegasan pancasila sebagai dasar negara menjabarkan kelima asas dalam Pancasila menjadi 36 butir pengamalan sebagai pedoman praktis bagi pelaksanaan Pancasila 4.... Tanggal 1 Oktober 5... nilai-nilai pancasila 2.