You are on page 1of 25

1.

BUKU : SUKSES DUNIA AKHIRAT DENGAN ISTIGHFAR DAN TAUBAT
(Pustaka Hudaya)
ISTIGHFAR, TAUBAT, dan PERMOHONAN MAAF
Istighfar secara harfiah berarti meminta maghfirah (ampunan). Kata ‘maghfirah’ dalam
bahasa Arab memiliki akar kata yang sama dengan ‘mighfar’, yaitu alat pelindung/ penutup
kepala pada waktu perang. Ada unsur kesamaan di antara keduanya: yaitu sama-sama
‘menutupi’ sesuatu sehingga tidak terlihat.
Seseorang yang beristighar, mengharapkan agar Allah Subhaanahu Wa Ta’ala mengampuni
dosa-dosanya dan menutupi kesalahannya, tak terlihat oleh siapapun, tak berbekas, seakanakan ia tidak pernah berbuat dosa.
Istighfar sering digandengkan dengan kata taubat. Apa perbedaan antara istighfar dengan
taubat? Istighfar dengan taubat adalah dua rangkai kata yang ‘jika dipisah bersatu’ dan ‘jika
disatukan terpisah’.
Syarat – syarat Taubat
Taubat seorang hamba akan diterima oleh Allah jika terpenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
1) Meninggalkan kemaksiatan yang dilakukan karena Allah.
Kemaksiatan terbagi menjadi 2: meninggalkan kewajiban dan melakukan hal yang
diharamkan. Jika kemaksiatannya adalah meninggalkan kewajiban, maka taubatnya adalah
dengan melakukan kewajiban itu. Contoh: orang yang tidak melakukan sholat wajib,
taubatnya adalah dengan merubah perilakunya menjadi orang yang menegakkan sholat.
Sebaliknya, jika kemaksiatannya adalah melakukan hal yang dilarang, seperti meminum
minuman keras, taubatnya adalah dengan menjauhi minum-minuman keras dan sejenisnya
yang memabukkan.
2) Menyesal atas perbuatan dosanya.
Tidak dianggap bertaubat seseorang yang tidak menyesali perbuatannya.
Penyesalan itu adalah taubat (H.R Ahmad)
Penyesalan itu didasari oleh pengakuan bahwa ia telah berdosa, telah mendzhalimi dirinya
sendiri.

Mereka berdua (Adam dan Hawa’) berkata: Wahai Tuhan kami, sesungguhnya kami telah
mendzhalimi diri kami, dan jika tidak Engkau ampuni dan beri rahmat kami, niscaya kami
sungguh-sungguh termasuk orang-orang yang merugi (Q.S al-A’raaf:23)
3) Bertekad kuat secara jujur dan ikhlas untuk tidak mengulangi perbuatannya
selama-lamanya.

Dan orang-orang yang jika mengerjakan perbuatan keji atau mendzhalimi diri sendiri,
mengingat Allah dan beristighfar atas dosa-dosanya, dan siapakah lagi yang bisa
mengampuni dosa selain Allah? Dan ia tidak terus menerus mengulangi apa yang pernah
dilakukan dalam keadaan ia tahu. Mereka itu adalah orang-orang yang mendapat balasan
ampunan dari Tuhan mereka... (Q.S Ali Imran:135)
4) Jika dosa itu terkait dengan hamba Allah yang lain, maka berusaha untuk
mengembalikan haknya atau meminta maaf.
Contoh: jika dosa itu adalah merampas harta orang lain, maka taubatnya adalah dengan
mengembalikan harta itu kepada orangnya.
Jika dosa itu adalah dosa ghibah/ ngrasani (membicarakan kejelekan orang lain), maka
dirinci: apakah orang yang kita ghibahi itu tahu tentang hal itu atau tidak?
Jika orang itu tahu bahwa kita pernah mengghibah dia, maka kita harus meminta maaf
kepadanya. Jika ia tidak tahu, maka di majelis yang sama (majelis tempat kita mengghibahi
dia) di waktu yang lain kita sebutkan kebaikan-kebaikannya dan memohonkan ampunan
Allah, mendoakan kebaikan untuknya.
5) Taubat dilakukan saat masih terbuka waktunya.
Bagi tiap orang : selama nyawa belum sampai kerongkongan (sakaratul maut menjelang
meninggal dunia)

Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka.R atTirmidzi. Beberapa contoh kerugian/ bahaya yang ditimbulkan suatu perbuatan dosa –kutipan sebagian. Di dunia.R Ahmad.dan tidak terputus (pensyariatan) taubat sampai matahari terbit dari barat (H. Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Ibnu Majah). ‫هو هل هتغنهقبطسع الشتغوهبسة هحشتت ى هتغطسلهع الششغمسس بمغن همغغبربهها‬ “. Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selama (nyawa) belum sampai kerongkongan (H. dosa yang tidak Allah ampuni akan menghasilkan kerugian yang nyata dan penyesalan yang terlambat.. (barulah) ia mengatakan: "Sesungguhnya saya bertaubat sekarang".di dunia: .Urusan yang dihadapi menjadi sulit .. Di akhirat.Keberkahan dihilangkan DOSA PENGHAMBAT REZEKI Dosa juga menjadi sebab terhambatnya rezeki. dosa menjadi sebab terjadinya musibah. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih.Sulit/ malas dalam menjalankan ketaatan . Catatan : Hadits tersebut dihasankan oleh al-Hafidz al-Iraqy. Ibnul Qoyyim al-Jauziyyah menyebutkan kerugian-kerugian yang ditimbulkan akibat dosa dalam kitabnya adDaa-u wad Dawaa’..Sulitnya mendapat ilmu yang bermanfaat ..R Abu Dawud) DOSA ADALAH PENGHAMBAT KESUKSESAN Dosa yang dilakukan manusia adalah penghambat keberhasilan. Ibnu Majah. alHaakim).Melemahkan badan . Bagi seluruh manusia secara umum.Sulit khusyu’ dan mendapatkan kenikmatan dalam ibadah .Hati menjadi keras . BANYAK DOSA TAPI ‘SUKSES’ . taubat masih terbuka selama matahari belum terbit dari arah barat . Dalam sebuah riwayat hadits dinyatakan: ‫صبيسب ه‬ ‫إبشن الشرسجهل هلسبيغحهرسم الررغزهق ببالشذغنبب سي ب‬ Sesungguhnya seseorang terhalangi dari rezekinya disebabkan dosa yang diperbuatnya (H. dishahihkan oleh Ibnu Hibban dan al-Hakim serta disetujui penshahihannya oleh adz-Dzahaby.

Rasul shollallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‫صبيب ه هما سيبحبب‬ ‫إبهذا أه هرغيهت اشله سيغعبط ي اغلهعغبهد بمغن البدغنهبيا هعهلت ى همهعا ب‬ ‫صشلت ى اشلس هعلهغبيب ه هوهسلشهم‬ ‫هفبإشنهما سههو اغسبتغد ها ر ج سثشم هتهل هرسسوسل اشلب ه‬ } ‫هفهلشما هنسسوا هما سذركسروا بب ه هفهتغحهنا هعهلغبيبهغم أهغبهواهب سكرل هشغ ي ءء هحشتت ى‬ ‫{ إبهذا هفبرسحوا بهما سأوستوا أههخغذهناسهغم هبغغهتةة هفبإهذا سهغم سمغببلسسوهن‬ Jika engkau melihat Allah memberi bagian dari (kenikmatan) dunia kepada seseorang atas kemaksiatannya yang ia senangi. Sukses dalam pandangan orang awam. ‘Sukses’ semacam itu hanyalah semu. semakin ia makmur di dunia..S al-An’aam:46)(H.R Ahmad) KESUKSESAN YANG HAKIKI Kesuksesan dan keberuntungan di dunia yang hakiki adalah taat kepada Allah dan Rasul-Nya. sehingga ketika itu mereka terdiam berputus asa (Q. Semakin besar kekafirannya. Semakin seorang jauh dari Allah. Kami siksa mereka secara tiba-tiba. Ketika ia semakin berkubang dengan kemaksiatannya. Allah beri limpahan nikmat yang terus berlipat seiring dengan kedurhakaannya. semakin lalailah ia. dan semakin besar adzabnya di sisi Allah. Ia seakan-akan sukses.Tidak sedikit orang yang semakin banyak bermaksiat. Kemudian Rasul membaca firman Allah (yang artinya): “Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka.dan barangsiapa yang mentaati Allah dan RasulNya maka sungguh ia mendapatkan keberhasilan yang besar (Q. semakin makmur di dunia. padahal menabung penderitaan yang berlipat dan berkepanjangan. . semakin tinggi jabatannya.S al-Ahzab:71). . semakin kaya. dan secara tiba-tiba Allah mengadzabnya.. Semakin besar kedzhalimannya. agar semakin bertumpuk dosanya. Mereka adalah orang-orang yang ‘sukses’ (dengan tanda petik). Itu disebut sebagai istidraj. Allah mengulur untuknya. dan seterusnya. ketahuilah sesungguhnya itu adalah istidraj. Kamipun membukakan pintu-pintu kesenangan untuk mereka.

banyak bermewah-mewah. wahai Tuhanku. maka ia sangat beruntung. Seorang yang sengsara di dunia (miskin. namun ia termasuk calon penghuni neraka. Aku tidak pernah merasakan kenikmatan sedikitpun (hadits riwayat Muslim) Sepanjang-panjangnya umur manusia.S anNisaa’:13) Kesuksesan dan keberuntungan bagi orang yang banyak beristighfar: ‫صبحبيهفبتب ه اغسبتغغهفا ةا ر هكبث ي ةا ر‬ ‫سطوهبت ى بلهمغن هوهجهد بف ي ه‬ Sungguh beruntung bagi orang yang mendapati di lembaran (catatan amalnya tertulis) istighfar yang banyak (H. . mereka kekal di dalamnya. sehat wal afiat. dan itu adalah keberhasilan yang besar (Q. Kemudian dicelupkan ke neraka satu kali celupan. dan alBushiri menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih) Kesuksesan sesungguhnya adalah jika seseorang masuk surga dan bisa melihat Wajah Allah Subhaanahu Wa Ta’ala. sering sakitsakitan). Selanjutnya. di akherat ia akan merasakan bahwa masa hidup di dunia sangat singkat. dicemooh orang. Allah akan masukkan ke dalam surgasurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan RasulNya. didatangkan seorang yang dulunya terhitung paling sejahtera di dunia (harta berlimpah. punya kedudukan dan banyak pembantu/bawahan. Aku tidak pernah merasakan penderitaan sekejap pun. Selanjutnya ia ditanya: Apakah engkau pernah merasakan kenikmatan sebelum ini? Ia menjawab: Tidak sama sekali. Kemudian orang ini dicelupkan satu kali celupan ke dalam surga. tapi ia termasuk ahli surga. tidak punya kerabat. Sebaliknya. ia ditanya: Apakah engkau pernah merasakan penderitaan sebelum ini? Ia menjawab: Tidak. Disebutkan dalam hadits bahwa nanti pada hari kiamat didatangkan seorang calon penduduk surga yang di dunia termasuk orang yang paling sengsara. umur panjang).R Ibnu Majah.

kalau kamu sesungguhnya mengetahui (Q. BUKU : TERNYATA SHALAT & PUASA SUNAH DAPAT MEMPERCEPAT KESUKSESAN MANFAAT IBADAH SUNNAH Melancarkan Kesuksesan . Allah berfirman: Kamu tidaklah tinggal di bumi melainkan sebentar saja. mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore hari atau pagi hari (Q.S al-Mukminuun: 112-115) Dan (ingatlah) akan hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka.S Yunus:45) Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu.Allah bertanya: Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi? Mereka menjawab: Kami tinggal(di bumi) sehari atau setengah hari. maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.S anNaazi’aat: 46) 2. (mereka merasa di hari itu) seakan-akan mereka tidak pernah berdiam (di dunia) kecuali hanya sekedar sesaat saja di siang hari (Q.

maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. semestinya manusia bisa dekat dengan ALLAHagar cita-citanya bisa terkabul dan kesuksesan bisa diraih. semoga Allah mengampuni dosamu yang lalu!’ Di malam ke-4: Baginya pahala seperti pahala membaca Taurat. ALLAH melancarkan rezeki mereka dan menjaganya dari kekurangan rezeki. kehidupan akan lebih mudah untuk dijalani dan kesuksesanpun akan lebih mudah diraih. keutamaan sholat Tarawih didasarkan pada hadist yang menyatakan bahwa orang yang melaksanakan Qiyamu Ramadhan akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu. Dengankenyataan ini. Di malam ke-3: Malaikat memanggil dari bawah ‘Arsy: ‘Mulailah beramal. Di malam ke-1: Dosa-dosa orang yang beriman keluar darinya pada malam pertama seperti hari dilahirkan ibunya. Di malam ke-2: Dirinya diampuni juga (dosa) kedua orang tuannya jika keduanya beriman. Di malam ke-6: Allah memberinya pahala seperti orang yang melakukan thawaf mengelilingi Baitul Makmur dan bebatuan pun memohonkan ampunan baginya. dan Masjid Aqsha. Ini merupakan kelebihan mereka. bahkan lebih. “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku. Di malam ke-5: Allah memberinya pahala seperti orang yang shalat di Masjidil Haram.” KEUTAMAAN SHOLAT TARAWIH Secara umum. Dengan reziki yang lancar dan bertambah. bahkan mengalami grafik peningkatan yang kadangkala diluar pemikiran manusia. agar mereka selalu berada dalam kebenaran.Mengapa ibadah sunnah menjadi penting? Penulis mempunyai datamengenai para pengamal ibadah sunnah. Beberapa pengamal sunnah yangpenulis teliti selama hampir enam bulan menunjukan bahwa rezeki – rezeki mereka bertambah. Zabur dan Al Furqan (Al Qur’an).akan dilipatgandakan sampai sepuluh kali. bahwasanya Aku adalah dekat. Injil. . Kedekatan dengan ALLAH. Bagaimana kita bisa meraih semua itu? Islam menawarkan resep jitu dengan menawarkan ibadah sunnah kepada para pemeluknya. Masjid Madinah. ALLAH SWT berfirman dalam Al-Quran. Keutamaan lainnya adalah berkenaan dengan keutamaan bulan ramadhan. setiap kebaikan termasuk kebaikan dalam melaksanakan Sholat Tarawih.Lancar dan bertambahnya rezeki merupakan impian semua orang. ALLAH SWT mengenalkan diri-Nya sebagai Yang Maha Dekat. Pada bulan Ramadhan. baik melalui ibadah sunnah atau ibadah-ibadah lainnyaakan mempermudah seseorang untuk meraih impiannya. maka (jawablah).

’ Di malam ke-19: Allah mengangkat derajatnya di surga Firdaus. Di malam ke-24: Dikatakan kepadanya. Di malam ke-11: Dirinya keluar dari dunia seperti hari kelahirannya dari rahim ibunya. ‘Ada 24 doa yang dikabulkan. Di malam ke-22: Pada hari kiamat ia akan datang dengan rasa aman dari semua kesulitan dan kecemasan. Di malam ke-21: Allah membangunkan baginya sebuah rumah dari cahaya di surga. Di malam ke-12: Pada hari kiamat dirinya akan datang seperti bulan di malam purnama. Di malam ke-9: Seakan-akan dia beribadah kepada Allah seperti ibadahnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Di malam ke-16: Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan baginya kebebasan dari api neraka dan dimasukan ke surga. sesungguhnya Allah telah meridhaimu dan meridhai kedua orang tuamu. Di malam ke-23: Allah membangun baginya sebuah kota di surga.’ Di malam ke-25: Allah mengangkat siksa kubur darinya. Di malam ke-8: Allah memberikan kepadanya seperti apa yang telah diberikan-Nya kepada Ibrahim ‘Alaihis Salam. Di malam ke-10: Allah memberikan rezeki kepadanya kebaikan dunia dan akhirat. .Di malam ke-7: Seakan-akan dia bertemu Musa as dan kemenangannya atas firaun dan Haman. Di malam ke-18: Para malaikat memanggil. Di malam ke-15: Para malaikat dan para malaikat pembawa Arsy dan kursi bershalawat kepadanya. Di malam ke-17: Diberikan pahala seperti pahala para Nabi. ‘Wahai Abdullah. Di malam ke-13: Pada hari kiamat dia akan datang dengan keamanan dari segala keburukan. Di malam ke-26: Allah mengangkatnya seperti pahala 40 ulama. Di malam ke-20: Dia diberikan pahala para syuhada dan orang-orang shaleh. Di malam ke-27: Pada hari kiamat ia akan melintasi Shirathul Mustaqim bagai kilat yang menyambar. Di malam ke-14: Malaikat datang untuk menyaksikannya shalat taraweh dan kelak Allah tidak akan menghisabnya pada hari kiamat.

Jika sudah berusaha maksimal dengan menambah shalat Subuh dengan shalat Dhuha secara rutin namun belum memunculkan hasil. istiqamah. apakah sudah benar-benar paham sekaligus meresapi doa-doa yang dicuapkan dan sudah khusyukkah dalam shalat-shalat yang dilaksanakan selama ini? Oleh karena itu. serta saha yang gigih untuk memohon ridha Allah. Dengan menyeimbang segi spiritual dan material tersebut. sekaligus untuk memelihara dan menambah rezeki yang dimiliki sekarang. Ambil teladan Rasulullah ketika menjalankan Shalat Subuh dan Shalat Dhuha dan doa-doa usai menunaikan shalat. Sementara itu shalat sunah merupakan cara agar manusia lebih disayang-Nya.Rezeki itu akan datang dengan cara yang tidak terduga. Cara untuk mendapatkan perhatian khusus ini tidak jauh berbeda dengan shalat tahajud yang dilakukan saat manusia sedang lelap-lelapnya tidur danpasti sangat . Dengan rasa sayang yang dirahmatkan. Shalat Subuh yang diiringi Shalat Dhuha sebagai pembuka aktivitas kehidupan merupakan pembuka rezeki yang diridhai Allah swt. ikhlas. Jika dilaksanakan secarakhusyul. SHALAT SUBUH DAN SHALAT DHUHA ALLAH MEMBAGI REZEKI DI PAGI HARI Shalat wajib merupakan tiang untuk menjaga hubungan kita dengan Sang Khaliq. Di malam ke-29: Allah memberikan ganjaran baginya 1000 hujjah (argumentasi) yang dapat diterima.Di malam ke-28: Allah mengangkatnya 1000 derajat di surga.sungguh. Ini adalah solusi jika kita masih merasakan susahnya meraih rezeki. Namun. diperlukan usaha untuk memperbaiki kualitas shalat serta menambah amalan-amalan lainyang mungkin masih dirasakan kurang. hendaknya meningkatkan dan memperbaiki kualitas ibadah sehari – hari. Salahsatu shalat sunah beriringan waktunya dengan shalat wajib ini mengandung banyak sekali keutamaan dan keistimewaan. tidak semua orang tahu cara terbaik untuk mendapatkannya. Sedang Dhuha merupakan berkah dan anugerah tambahan. Shalat Subuh menjadi salah satu amalan fardhu yang agung. Selain itu. cobalah merefleksi diri. Di dunia ini setiap orang dapat meraih rezekinya. Di malam ke-30: Allah berfirman: Wahai hamba-Ku makanlah dari buah-buahan surga dan mandilah dari air Salsabila. Cukup mengawali pagi haridengan Shalat Subuh yang dirangkai dengan Shalat Dhuha sekaligus sebagai amalan pagi yang wajib dikerjakan supaya dipermudah pekerjaan dan rezeki kita. kita akan takjub dengan cara Allah memberikan anda rezeki.” 3.ShalatSubuh yang dirangkai dengan Shalat Dhuha merupakan sarana agar mendapatkan perhatian khusus sehingga menimbulkan rasa sayang Allah kepada yang melaksanakan. sungguh.Selain itu. efek positif darishalat tentu Insyaaallahakan terasa dalam aktivitas dan kehidupan kita sehari-hari. doa seorang manusia tentu lebih didengarkan. diharapkan agar setiap muslim berlomba-lomba dalam meraih rezekinya yang diridhai Allah swt.

Jika kita menyia-nyiakan kesempatan untuk beribadah. karena jika Allah Subhanahu Wata’ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap. salah satu pengamalannya adalah dengan membagi-bagikan ilmu itu kepada yangmembutuhkan. tentu Allah juga malas menjaga kita. Apabila kita malas berdiri dari tempat duduk untuk melaksanakansuatu amalan kebaikan.” 1. tunjukilah orang – orang yang minta petunjuk. Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit. alangkah baiknya menjaga mengamalkannya sekaligus memberitakan kepada sanak saudara. Namun. bagi yang melaksanakannya. bukankah Allah juga malas untuk memberikan anda kesempatan? Apabila anda telah berhasil dan terbukti telah mendapatkan manfaat dari rangkaian shalat Subuh dan shalatDhuha.mengantuk. beritahulah orang yang tidak tahu. Shalawat Nariyah untuk melapangkan rezeki Allohumma sholli ‘sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taaamman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil qurobu wa tuqdho bihil hawaaiju wa tunalu bihir roghooibu wa husnul khowaatimu wa yustasqol ghomamu biwajhihil kariem wa ‘ala aalihi wa shohbihi fie kulli lamhatin wa nafasim bi’adadi kulli ma’lumin laka Artinya: Ya Alloh berilah sholawat dengan sholawat yang sempurna dan berilah salam dengan salam yang sempurna atas penghulu kami Muhammad yang dengannya terlepas . Mengutip sebuah ungkapa. Allah memberi ganjaran khususatas amalan baik yang susah tersebut. amalkanlah ilmu itu sebatas yang engkau mampu. “Ilmu merupakan harta abstrak titipan Allah Subhanahu Wata’ala kepada seluruh manusia yang akan bertambah bila terus diamalkan.

hujan diturunkan. Muliakanlah kami . luaskan dan banyaklah rezeki mu tanpa pemberian dari makhluk. Berilah buat kami . Wahai Yang maha Kaya. Artinya : Ya Allah. Wardhina Wardha A'nna) Artinya : "Ya Allah . juga atas keluarga dan sahabat-sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan hembusan nafas sebanyak hitungan segala yang ada dalam pengetahuanMU 2. semua diakhiri dengan kebaikan. Doa untuk mendapat kemudahan dalam urusan rezeki Allahumma Ya Ghaniyyu Ya Mughni. Wa Akrimna Wala Tuhinna . Wa Aaa' tsir A'laina . dan redhailah kami dan redhailah pula usaha kami 3. terpenuhi segala kebutuhan. dan pilihlah kami jangan Engkau biarkan . berkat dirinya yang pemurah. kayakanlah aku dengan karunia-Mu daripada selain-Mu. lenyap segala kesedihan.segala ikatan. Doa untuk mendatangkan rezeki dari berbagi penjuru ALLAhumma Shalli ala sayyidina muhammadin adada anwa’ir-rizqi wal futuhat. Wa A'aathina Wala Tahrimna . ubsuth ‘ alayya rizkqan katsiram min kulli jihatim min khaza ini ini rizqika bighairi minnatim ma makhluqim bifadhilika waramika wa ala alihi washahbihi wasallam Artinya : Ya Allah limpahkan rahmat atas kunjungan kami nabi Muhammad sebanyak aneka rezeki wahai zat yg meluaskan rezeki kepada orang yg dikehendaki tanpa hisab. berkat kemurahanmu juga dan limpahkanlah pula rahmat dan salam atas keluarga dan para sahabat beliau . tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan . Doa memohon tambahan rezeki Allahumma Zhidna Wala Tanqusna . 4. tercapai segala kesenangan. jangan dihina . jangan ditahannya . Wahai Yang Maha Mengkayakan. kayakanlah aku dengan yang halal dan tercegah dari yang haram. aghnini bihalalika an haramika wa aghnini bifadhlika amman siwaka wa Anta Khairur-Raziqin. (Doa ini dibaca sebanyak sebelas kali sesudah melaksanakan shalat fardhu). dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki. Ya basithal ladzi yabsuthur-rizka limay yasya’u bighairi hisab.

Dengan demikian.” Artinya: Ya Allah Tuhanku yang maha Kaya dan maha Terpuji. Shalat yang dilakukan dengan benar dan sungguh – sungguh. SUKSES USAHA & KARIER Manusia adalah makhlukAllah yang selalu membutuhkan pertolongan ketika sulit. Tuhan yang menakdirkan dan yang mengembalikan.5. . Artinya : Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. anharoomika wa bifadlika’amman siwaak. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat. Allah akan mengangkat derajatnya dan menghapuskan segala dosanya. keinginan dan kebutuhan selayaknya ditempuh melalui pendekatan diri kepada Allah. segalanya hanya Allah yang dapat menentukan dan memberikan. Di dalam Al-Quran Allah memerintahkanmanusia untuk memohon pertolongan-Nya melalui shalat. Doa untuk mendapatkan rezeki yang halal Allahumma Yaa Ghoniyyu Yaa hamiid Yaa Mubdi’u Yaa Mu’iid Yaa Rohimu Yaa Waduud Yaa Fa’alu lima yuriid agnini bihalaalika. baik shalat fardhu maupun shalat sunnah. yang maha Kasih dan maha Kasih Sayang. dikatakan bahwa shalat dapat mencegah diri dari perbuatan yang tak benar.Namun. salah satunya dengan shalat. Dan. selalu memiliki keinginan yang tak pernah henti. berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMU 4. kecuali bagi orang-orang yang khusyu'. DI dalam ayat lain. BUKU : FADHILATUL AMAL DOA PEMBUKA REZEKI. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang engkau haramkan. para malaikat pun mendoakannya.

Shalat Dhuha Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan pada waktu pagi hari atau pada waktu dhuha. “Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian berjalan ke salah satu dari rumah Allah untuk melakukan salah satu kewajiban dari kewajiban. “Ya Allah. 1/253.kewajiban yang telah Allah syariatkan maka setiap dua langkahnya satu diantaranya penghapus dosa. Yang menuturkan. karena sesungguhnya tidaklah kalian sujud kepada Allah satu kali melainkan Allah akan mengangkat derajatmu dan menghapus dosa-dosamu. dan shalat dengan shalat lainnya tidak ada hal-hal yang sia-sia diantara keduanya maka dia tercatat dalam golongan orang yang tinggi derajatnya.Waktu dhuha dimulai ketika matahari naik setinggi tembok. yang ingin sukses karier dan usahanya. (HR Abu Daud. bab KeutamaanSujud Beserta Anjurannya. kitab Ash Sholat. babKeutamaan Berjalan Menuju Shalat. yang sedang mengalami kesusahan. shalat-shalat ini menjadi salah satu solusinya. tidaklah ia mengikutinya dengan dosa kecuali pahalanya seperti orang yang melakukan umrah. Ada beberapa shalat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebagai pendekatan diri kita kepada Allah. atau yang ingin ditambahkan rezekinya. kitab Jual Beli. kitab Ash Sahalat. kira-kira mulaidari jam tujuh sampai masuknya waktu dzuhur.1/452. dan barangsiapa yang keluar untuk melakukan shalat dhuha.dalam kitab Al Masajid. Bagi umat Islam yang memiliki kebutuhan. dihapus dosa-dosa sampai ia masuk masjid.Dan tidaklah ia melangkah satu langkah pun kecuali diangkat baginya derajat. Shalatnya seorang laki – laki dengan berjamaah lebih baik dari shalat sendirian dan shalat di pasar.” (HR Bukhari. sedangkan satunya diangkat derajatnya. Diriwayatkan dari Ali ra. sebelum ia menyakiti orang lain dan sebelum ia berhadast. maka pahalanya seperti pahala orang yang melaksanakan haji dan ihram. yaitu mendapatkan lebih dari dua puluh derajat. kasihilah dia.Shalat-shalat sunah tersebut memiliki keutamaan bagi yang melaksanaknnya. bab Hal-Hal yang Terkait dengan Pasar. Para malaikat berdoa. (2) ketika matahari bersinar penuh .” (HR Muslim. Begitu pula jika salah satu dari mereka ketika melakukan wudhu kemudian menyempurnakan wudhunya lalu pergi ke masjid dan tidak punya keinginan lain kecuali untuk shalat.” (HR Muslim. dan ketika di dalam masjid dalam kondisi shalat maka para malaikat bershalawat kepada orang diantara kalian sepanjang masih dalam majlis dimana dia shalat disana. “Rasulullah mengerjakan shalat dhuha dengan enam rakaat pada dua waktu: (1) ketika matahari terbit kira-kira lima belas menit. “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya menuju masjid dalam keadaan bersuci (telah berwudhu’) untuk melaksanakan shalat fardhu (berjama’ah). Rasulullah shalat dua rakaat (shalat ini disebut shalat isyraq). no : 558 dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud 1/111. no : 488). bab Berjalan Menuju Shalat Menghapus Segala Kesalahan. dan dalam Shahih Tarhib 1/128). ampunilah ia. terimalah taubatnya. no : 666). no : 2119).“Hendaklah kalian memperbanyak sujud.

Jumlah rakaat shalat dhuha yang paling sedikit dua rakaat dan paling banyak delapan rakaat.menghiasi kira-kira seperempat langit dan masih berada pada sisi timur. (HR Bukhari dan Muslim). berdasarkan hadis yang diriwayatkan Ummu Hani’ bahwa Rasulullah mengerjakan shalat dhuha sebanyak delapan rakaat. Niat shalat dhuha sebagai berikut : Setelah shalat dhuha. Rasulullah shalat empat rakaat. Ada juga yang berpendapat bahwa shalat sunah dhuha harus dilakukan sebanyak delapan rakaat. dan Ibnu Majah). An-Nasa’i. (HR At-Tirmidzi. dianjurkan membaca doa sebagai berikut : .

wa inkaana fil ardhi fa akhrijhu. aatiini maa aataita’ibaadakashshaalihiin. wa quwwatika wa qudratika. penjagaan adalah penjagaan-Mu.“Allahumma inna adh-dhuhaa’a dhuhaa’aka. wal bahaa’a bahaa’uka. Allhumma inna kaana rizqi fissamaai fa anzilhu. apabila haram sucikanlah. datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hambahambaMu yang soleh”. dhuhaaika wa bahaaika wa jamaalika. wal ‘ishmati ‘ishmatuka. keindahan adalah keindahan-Mu. Wahai Tuhanku. Mendapatkan pahala sedekah Dalam hadist disebutkan : . wal jamaala jamaluka. wal quwwata quwwatuka. wal qudrata qudratuka. apabila sukar mudahkanlah. kekuatan adalah kekuatan-Mu. wa inkaana haraaman fathahirhu.” Artinya : “Wahai Tuhanku. sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu. keagungan adalah keagunan-Mu. wa inkaana ba’iidan faqarribhu bi haqqi. kekuasaanMu (Wahai Tuhanku). KEUTAMAAN SHALAT SUNAH DHUHA 1. wa inkaana muashsiran fayassirhu. apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah. apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu. apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah.

tidak mengatakan sesuatu. 4. saya melihat Rasulullah pada waktu bepergian. dan Ibnu Khuzaimah). Abu Daud. .ad. Dalam hadits qudsi.Hakim dan Thabrani. saya memohon pula agar umatku tidak dapat dikalahkan oleh musuhnya dan ini pun dikabulkan. Saya memohonkan kepada Allah tiga hal lalu dikabulkannya dua dan ditolak yang satunya.Tirmidzi. An-Nasa’i.amar ma’ruf adalah sedekah. Mendapatkanampunan Allah Rasulullah berkata. Abu Dawud ). Shalat Tahajud Tahajud berasal dari kata tahajjada. semua perawinya Tsiqat.Ahmad dan Abu Dawud) 2. “Wahai anak Adam. Hal itu tentu saja dilakukan di waktu malam. Rasulullah bersabda. jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR. melakukan shalat dhuha sebanyak delapan rakaat. Dan cukup menggantikan itu semua dua rekaat yang dilaksanakan di waktu Dhuha(HR.nahi munkar adalah sedekah. Dimudahkan oleh Allah dalam mencari rezeki. setelah selesai beliau bersabda. setiap tahmid adalah sedekah.“hendaklah masing-masing darimu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya. sehingga dinamakan shalatullail (shalat malam) atau qiyamul lail atau aktifitas malam. sengaja bangun atau sengaja tidak tidur. Ahmad. Al-Hakim. juga diriwayatkan olehAh.meskipun banyaknya melebihi buih dilautan. Setiap tasbih adalah sedekah. Allah berfirman. Waktu yang baik untuk berdoa Anas bin Malik berkata. Saya mohon supaya umatku jangan diuji dengan musim paceklik dan ini dikabulkan. kecuali kebaikan maka dosa-dosanya akan diampuni. setiap tahlil adalah sedekah.yang berarti terjaga. Muslim." ( HR. setiap takbir adalah sedekah. dan Nasa’idan Nu’aim Al Ghaffani dengan sanad jaid) 3. “Sesungguhnya saya shalat penuh dengan harapan dan kecemasan. lalu saya memohon agar umatku jangan sampai terpecah belah menjadi beberapa golongan dan ini ditolakNya” (HR. Allah Azza Wa Jalla berfirman. " Barang siapa yang masih berdiam diri didalam Masjid atau tempat sholatnya setelah melakukan sholat subuh sampai melakukan dua rakaat sholat Dhuha.

(43) Penghormatan mereka (orang-orang mukmin itu) ketika mereka menemui-Nya ialah. apalagi ketika sedang berhadapan dengan suatu permasalahan. Zikir dilakukan dengan melafalkan kalimat-kalimat thayyibah. tempat. baik dengan lisan. dan keadaan. atau dengan perbuatan.Artinya : Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. “Salam[5]. hati. mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka. Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (keimanan). Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah dengan menyebut (namaNya) sebanyak-banyaknya (41) dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang (42) Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu). Dzikir Manusia diperintahkan untuk selalu mengingat Allah dalam setiap waktu. (44). Zikir terbagi menjadi 3: .

” 2. yaitu zikir dengan melafalkan kalimat tayyibah seperti tahlil. Artinya : “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu daripada al-Kitab dan dirikanlah shalat. Dan sesungguhnya ingat akan Allah itu adalah lebih besar. takbir atau asmaul husna. Artinya : Sesungguhnya Aku ini adalah Allah. Keutamaan zikir 1. Dengan berzikir. yaitu segala perbuatan kebaijkan yang dilakukan menuju mardhatillah seperti shalat.- Zikir bil-lisan. maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. Zikir bil-qalb. Merupakan pekerjaan yang mulia Setiap pekerjaan yang baik pasti mulia. manusia akan selalu merasa diawasi dalam semua perbuatannya. Zikir perbuatan. tahmid. Allah selalu mengingat orang yang berzikir . Zikir sangat penting dalam kehidupan ini.yaitu dengan selalu mengingat Allah dan melafalkan kalimatkalimat thayyibah dalam hatinya.namunlebih mulia lagi jika pekerjaan yang baik itu selalu diiringi dengan keikhlasan dan hanya untuk menggapai mardatillah. sedekah atau menasihati orang. Dan Allah Mengetahui apa pun yang kamu perbuat. sesungguhnya shalat itu mencegah dari yang keji dan yang munkar. tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku.

Bersyukurlah kepada Ku . tidak akan mengurangi keagungan Allah.Manusia diperintahkan berzikir kepada Allah bukan berarti Allah sangat membutuh makhluk-Nya untuk mengingat-Nya. Allah menyebutkan di dalam AlQuran bahwa Allah akan selalu mengingat sang hamba jika sang hamba mengingat-Nya. niscaya Aku akan ingat kepadamu . maka Aku akan memberinya sesuatu yang lebih baik dari apa yang Aku berikan kepada orang yang berdoa” [Hadits Dhaif. Namun. BUKU : KUMPULAN DOA MUSTAJAB PEMBUKA PINTU REZEKI 1. Berzikir atau tidak. DOA AGAR TERPENUHI HAJAT DUNIA DAN AKHIRAT Allahummak fini bihalalika ‘an haramika. Barangsiapa yang sibuk berdzikir kepadaKu sehingga lupa berdoa. waghnini bifadhlika ‘amman siwaka). Fathul Bari 11/138] 5. Artinya : . bahwa orang yang selalu berzikir akan diberikan karunia oleh Allah dan segala permintaannya akan dikabulkan. didhaifkan oleh Ibnu Hajar. Allah mengabulkan segala permohonannya Diantara fadhilah atau keutamaan berzikir disebutkan dalam sebuah haidst. Arti : “Maka igatlah kepada Ku.Dan janganlah kamu ingkar kepada Ku”(Al-Baqarah : 152) 3. di dalam berzikir ada hubungan timbal balik antara makhluk dengan Sang Pencipta.

“Ya Allah. selain diri-Mu. sehingga aku tidak memerlukan yang haram. dan sesuungguhnya Engkau maha atau segala sesuatu” 3. luas.” Keterangan : Bacalah surat Al-Ikhlas 100 kali setelah shalat jumat. sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain. baik tanpa repot. washolollohu ‘ala sayyidina muhammadin wa’alaa alihi washohbihi wasallam Artinya : “Ya Allah. DOA MEMOHON REZEKI YANG HALAL DAN DIBERKAHI Allahummar zuqnii maa yakfiinii wamna'annii maa yuthghiinii .” 2. innaka ‘ala kulli syai inqodir. tanpat repot. aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal. dan kemelaratan tanpa keberatan. DOA DIBERI KEMUDAHAN MENDAPATKAN REZEKI Allaahumma inni as aluka antarzuqoni rizqon waa si ‘an thoyyiban min ghoiri ta’abin walaa nashobin. baik. dan kemudian tanpa keberatan dan sesuungguhnya Engkau maha segala atas sesuatu. kemudian bacalag doa tersebut. luas. DOA LAINNYA Allahumma inni as’aluka antarzuqnii rizqan halaalan waasi’an tahyyibanmin ghairi ta’abin walaa musyaqqotin wala dhairin walaa nashabin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir. aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal. berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal. dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu. Artinya: “Ya Allah.

yang mulia.” CARA LAINNYA Allahumma yaaghaniyyu yaakariimu ya dzalfadhlil ‘azhiimi yaa waasi’al athaa’i wal karami. yang mempunyai anugerah yang besar. DOA PERLINDUNGAN DARI KESEMPITAN REZEKI . yang luas pemberiannya. Insya Allah dengan ijinnya akan dibukakan pintu rezeki dan kekayaan. dan kemuliannya. berilah keberkatan kepada kami atas rezeki yang telah Engkau kurniakan kepada kami dan peliharakanlah kami dari azab neraka CARA LAINNYA Alhamdulillahil ladzi rozaqoni haadzaa min ghoiri haulinminnii quwwatin allaahumma baariklii fiihi. Ya Allah semiga Engkau memberkahinya.Artinya : “Ya Allah berikanlah aku rezeki yang baik. Ya Allah. 5. cegahlah dari yang mencelakakan aku” DOA LAINNYA : Allahumma bariklana fima rozaktana wa qina 'azabannar Artinya : Ya Allah. Maha suci Allah lagi Maha Agung.Dzat yang kaya. Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku. aku memohon ampunan kepada Allah” Keterangan : Bacalah doa ini 100 kali setelah shalat fardhu. DOA PEMBUKA REZEKI DAN KEKAYAAN Subhanallahi wabihamdihi subahnallahil ‘azhimi astaghfirullaha Artinya : “Maha suci Allah dengan segala puji-Nya. allahumma aghninii bihalalilka wakfinii bifadhlika amman siwaaka Artinya : “Ya Allah. kayakan kami dari kehalalan Engkau dan cukupkan padaku anugerah Engkauh dan tidak dari selain Engkau” 4.

sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kesempitan urusan dunia dan kesempitan pada hari kiamat. DOA LAINNYA Allahumma akfinii bihalaalika’an haraamika waghninii bifazhlika ‘amman siwaaka. sejahterakanlah aku. berilah rezeki kepadaku. berilahpetunjuk kepadaku. DOA AGAR DICUKUPKANREZEKI Hasbiyallaahu laailaahailla hua’alaihi tawakaltu wahuwa robbul’ arsyil azhiimi Artinya : “Allah telah mencukupkan padaku. tiada Tuhan melainkan Engkau dan pada-Mu aku berserah diri. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. aku berserah diri kepada-Mu. Keterangan : Bacalah sebanyak 3 kali setiap pagi setelah shalat subuh. kasihanilah aku. allahumma inni a’udzubika min dhiqir rizqiddunya wadiiqi yaumil qiyaamati walhamdulillahi rabbil’ alamin. dan maafkanlah aku. DOA AGAR DIMUDAHKAN REZEKI SAAT KELUAR RUMAH Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi walaa haolawalaquwwata illa billahi. Artinya : “Dengan nama Allah. DOA MENGHILANGKANKAN KEFAKIRAN .” 8. Artinya : “Ya Allah. Engkau Tuhan yang menguasai arsy yang besar. Ya Allah.” 7. tiada daya dan upaya melainkan Engkau. Artinya : “Ya Allah.Allahummafirlii warhamnii wahdinii wardzuqnii wa’afinii wa’fuannii. semoga Engkau mencukukpkan rezeki yang halal bagi kami dan kekayaan kami dari Anugerah Engkau dan tidak selain Engkau. 6. ampunilah aku. Keterangan : Bacalah doa ini sebanyak 90 kali setelah shalat sunah Tahajud.

Tuhan yang menakdirkan dan yang mengembalikan.Dan Engkau anugerahkan rezeki aku denganrezeki yang luas dan berkesinambungan. Dialah (Allah) yang mempunyai ciptaan dan suruhan. DOA MEMOHON KEKAYAAN BERUPA HARTA Allahumma ya ghaniyyu ya hamiidu yaa mubdi’u yaa mu’iidu ya rahiimu ya waduudu yaafa’aalu limaa yuriidu aghninii bihalalika an haraamika wa bifadhlika ‘amman siwaaka Artinya : “Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan MahaTerpuuji. berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karunia-Mu.” 9.Allahumma shalli’ alla muhammadin sholaatan tamla ubihaaqalbi nuuron wa sholaahaw wa suruura wa tarzuqniibihaa rizqan waasi’am midraaraa wa ‘alaaaalihi wa shahbihii wasallim ‘adada kulli syaiin’ Artinya : “Ya Allah. dan kegembiraan. Yang Maha Kasih dan Maha Kasih Sayang. dan berilah salam menurut hitungan segala sesuatu. Maha Mulia Tuhan semesta alam. berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan. Engkau penuhi hatiku dengan cahaya. DOA AGAR MENDAPATKAN RAHMAT DAN MENGATASI KESEDIHAN Alaalahul khalqu wal amru tabaarakallahu rabbul ‘aalamin Artinya : “Ketahuilah olehmu. kebaikan. limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Muhammad SAW.” . juga kepada keluarga dan sahabat beliau.” 10.

MERANCANG SHALAT DAN AMALAN LAIN MENUJU SUKSES KEHIDUPAN .

Andi Muhtabilah Naida (2116-29037) . Reza Pratama (1116-29024) 5. Wisnu Wardana (1116-29019) 4. Bima Radika Putra (1116-28985) 2. Tengku Mohammad Patricia Asmadi (1116-29018) 3.Disusun oleh : 1.