You are on page 1of 15

TUGAS

MANAJEMEN PROYEK

Diusulkan oleh :
Muhammad Fathurrohman Nur
14101102

S1 TEKNIK TELKOMUNIKASI C 2014
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TELEMATIKA TELKOM
PURWOKERTO
2015

.................... guna penyempurnaan makalah ini.................... penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk penulis dan pembaca................ Dan teman-teman seperjuangan yang telah memberikan bimbingan.................................i KATA PENGANTAR........ 25 Desember 2015 Penulis DAFTAR ISI HALAMAN KULIT MUKA.. Purwokerto.... arahan...................... Cuk Jaka Purwanggono..........ii DAFTAR ISI...KATA PENGANTAR Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “MANAJEMEN PROYEK”..... dan petunjuk hingga makalah ini dapat disusun dengan baik.............. bpk...... Dan pada kesempatan ini juga penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah MANAJEMEN PROYEK............. tidak lepas dari kekurangan oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang berkepentingan......... Akhirnya................... Sebagai sebuah makalah.................. saran...............................................................iii ii ................

.................................................. PENGERTIAN MANAJEMEN PROYEK........................3.......................6 2...................... 9 AREA KNOWLEDGE..........................................................1 1...........6...............................3 2....4 2............ RUMUSAN MASALAH.................................1.....7................. SASARAN UTAMA MANAJEMEN PROYEK...........11 DAFTAR PUSTAKA.............................2 2..................................................4 2.....2...................................................................................................................4........1 1...............11 3....................................... LATAR BELAKANG......................................................................... PROSES MANAJEMEN......BAB 1 PENDAHULUAN................................5.......... TAHAP KEGIATAN UTAMA SIKLUS HIDUP PROYEK...............................................................................3...... KESIMPULAN...........1.2 2.........................................................................................1 BAB 2 PEMBAHASAN.........................1 1........ FASE INISIALISASI.......................................................................12 iii ..6 BAB 3 PENUTUP.........6 2....................... PROJECT MANAGEMENT SKILLS...........................1..............2......................................... TUJUAN DAN MANFAAT.

pengorganisasian. dan 9 area knowledge pada manajemen proyek ? 1. Hal ini karena beberapa perilaku proyek yang penuh dinamika dan adanya perubahan cepat. . Proyek merupakan suatu kegiatan sementara yang dilakukan atau berlangsung dalam waktu terbatas dengan alokasi sumber daya tertentu dan dimaksudkan untuk menghasilkan produk (deliverable) yang kriterianya telah digariskan dengan jelas. dan 9 area knowledge pada proyek. TUJUAN DAN MANFAAT a. Untuk mengetahui dan memahami pengertian manajemen proyek. fase inisiasi. Manajemen proyek berbeda dengan manajemen klaisik yang berhasil mengelola kegiatan operasional. Mengetahui tahap-tahap implementasi. 1. b.2.1. semakin canggih dan kompleks proyek yang dikerjakan dengan melibatkan pengguna sumber daya dalam bentuk tenaga manusia. Apa perencanaan dari manajemen proyek ? c. fase inisiasi. RUMUSAN MASALAH a. Semakin maju peradaban manusia. serta pengawasan terhadap pengelolaan sumber daya yang dimiliki suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bagaimana tahap implementasi. material dan dana yang jumlahnya bertambah besar. c. LATAR BELAKANG Manajemen adalah aktivitas yang meliputi perencanaan. pelaksanaan dan kepemimpinan. DIiringi pula dengan semakin ketat kompetisi penyelenggaraan proyek untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mengetahui kebijakan dan perencanaan proyek.3.1 BAB 1 PENDAHULUAN 1. Apa pengertian dari manajemen proyek ? b.

Kebutuhan user harus terlihat jelas dan harus terjadi komunikasi yang baik agar kebutuhan user bisa diketahui. Pengertian Manajemen Proyek Menurut Hughes dan Cotteral : Manajemen proyek adalah suatu cara untuk menyelesaikan masalah yang harus dipaparkan oleh user. mengatur. alat aplikasi pengetahuan (tools) dan teknik (techniques) dalam aktifitas-aktifitas proyek untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan proyek. mengendalikan suatu pekerjaan atau pekerja untuk mencapai suatu tujuan terntentu dalam jangka waktu tertentu. menyusun organisasi. Kerzner : Manajemen proyek adalah merencanakan. Pengertian manajemen proyek menurut H. Pengertian Manajemen Proyek Menurut Para Ahli: 1. yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. • Proyek Pengertian proyek adalah sebuah kegiatan pekerjaan yang dilaksanakan atas dasar permintaan dari seorang pebisnis atau pemilik pekerjaan yang ingin mencapai suatu tujuan tertentu dan dilaksanakan oleh pelaksana pekerjaan sesuai dengan keinginan dari pada pebisnis atau pemilik proyek dan spesifikasi yang ada. Pengertian manajemen proyek menurut PMBOK (Project Management Body of Knowledge) dalam buku Budi Santoso (2009:3) manajemen (knowledges). 2. Pengertian Manajemen Proyek • Manajemen Kata manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno “management”. . memimpin. Pengertian manajemen adalah proses merencanakan.1. proyek ktrampilan adalah (skills). memimpin dan mengendalikan sumber daya perusahaan untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan.2 BAB 2 PEMBAHASAN 2. 3.

pengendalian. 5. Menciptakan iklim kerja yang mendukung baik dari segi sasaran. mengendalikan dan mengawasi sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan sehingga mencapai sasaran dan tujuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. . 2. Sasaran Utama Manajemen Proyek 1. Jacobs (2001. keselamatan kerja dan komunikasi timbal balik yang terbuka antara atasan dan bawahan. Pengertian manajemen proyek menurut Wulfram I. kondisi kerja.58) Manajemen proyek dapat didefinisikan sebagai perencanaan.2. mengorganisasi. Bagi kontraktor yang bonafide yaitu untuk mengembangkan reputasi akan kualitas pekerjaan (workmanship) serta mempertahankannya. dan tepat mutu. 3. biaya dan waktu suatu proyek. tepat biaya. Aquilano.8) manajemen proyek merupakan aplikasi dari ilmu pengetahuan. dan pengaturan sumber daya (manusia. 6. tools. pelaksanaan. Pengembangan dan penyelesaian sebuah proyek dalam budget yang telah ditetapkan dan kualitas bangunan proyek sesuai dengan spesifikasi teknik yang telah dirumuskan. Ervianto (2003:19) Manajemen proyek adalah semua perencanaan. dan teknik untuk aktifitas suatu proyek dengan maksud memenuhi atau melampaui kebutuhan stakeholder dan harapan dari sebuah proyek. pengarahan. 7. Pengertian manajemen proyek menurut Chase. 4. 2. bahan baku) untuk mempertemukan bagian teknik. Menciptakan organisasi dikantor pusat maupun dilapangan yang menjamin beroperasinya pekerjaan proyek secara kelompok (teamwork). Pengertian manajemen proyek menurut Schawalbe (2004. skill. Manajemen proyek merupakan suatu usaha merencanakan.3 4. mengarahkan. dan koordinasi suatu proyek dari awal (gagasan) samapi selesainya proyek untuk menjamin biaya proyek dilaksanakan tepat waktu. peralatan.

dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi. Sebuah studi kelayakan dapat dilakukan untuk memilih sebuah solusi yang memiliki kemungkinan terbesar untuk direkomendasikan sebagai . diorganisasikan. 2. 3. 2. 4.4. sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efesien guna pencapaian tujuan organisasi. Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh. Tahap Kegiatan Utama Siklus Hidup Proyek 1.3. 2. permasalahan yang ingin diselesaikan akan diidentifiasi. Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan dating dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Proses Manajemen Pada proses manajemen dibagi 4 macam yang terdiri dari: 1. Proses Pengendalian.4 5. Pada tahap ini. Beberapa pilihan solusi untuk menyelesaikan permasalahan juga didefinisikan. Proses Perencanaan. Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. Proses Pengarahan. Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan. Tahap Inisiasi Tahap inisiasi proyek merupakan tahap awal kegiatan proyek sejak sebuah proyek disepakati untuk dikerjakan. Proses Pengorganisasian. Menjaga keselarasan hubungan antara sesamanya sehingga orang yang bekerja akan didorong untuk memberikan yang terbaik dari kemampuan dan keahlian mereka.

Pada tahap ini. Pada tahap ini. Sementara kegiatan pengembangan berlangsung. 4. 2. contract supplier dan perform phare review. kontak dengan supplier diakhiri. resource plan. 3. procurement plan. acceptance plan. Pada tahap ini. maka aktivitas proyek siap untuk memasuki tahap eksekusi atau pelaksanaan proyek. . dokumen perencanaan akan disusun secara terperinci sebagai panduan bagi tim proyek selama kegiatan proyek berlangsung. Adapun aktivitas yang akan dilakukan pada tahap ini adalah membuat dokumentasi project plan. Tahap Eksekusi (Pelaksanaan Proyek) Dengan definisi proyek yang jelas dan terperinci. Tahap Penutupan Tahap ini merupakan akhir dari aktivitas proyek. Seluruh aktivitas yang terdapat dalam dokumentasi project plan akan dieksekusi.5 solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. tim proyek dibubarkan dan memberikan laporan kepada semua stakeholder yang menyatakan bahwa kegiatan proyek telah selesai dilaksanakan. hasil akhir proyek (deliverables project) beserta dokumentasinya diserahkan kepada pelanggan. financial plan. deliverables atau tujuan proyek secara fisik akan dibangun. Langkah akhir yang perlu dilakukan pada tahap ini yaitu melakukan post implementation review untuk mengetahui tingkat keberhasilan proyek dan mencatat setiap pelajaran yang diperoleh selama kegiatan proyek berlangsung sebagai pelajaran untuk proyekproyek dimasa yang akan datang. beberapa proses manajemen perlu dilakukan guna memantau dan mengontrol penyelesaian deliverables sebagai hasil akhir proyek. risk plan. maka aktivitas proyek mulai memasuki tahap perencanaan. Ketika sebuah solusi telah ditetapkan. Tahap Perencanaan Ketika ruang lingkup proyek telah ditetapkan dan tim proyek terbentuk. maka seorang manajer proyek akan ditunjuk sehingga tim proyek dapat dibentuk. communication plan.

9 Area Knowledge 1. Pelaksanaan rencana proyek. mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh rencana proyek sehingga terbentuk dokumen yang sesuai dan Konsisten. Problem Saiving. Manajemen integrasi memastikan seluruh elemen bersama menyelesaikan proyek dengan sukses pada waktu yang tepat. menyelesaikan rencana proyek dengan melaksanakan aktivitas – aktivitas yang ada di dalam rencana tersebut. Manajemen Resiko 6. memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu memimpin orang lain. 2.5. harus mampu menyelesaikan masalah 4.6. 7. Mentoring.7. 2. harus mampu berkomunikasi secara efektif. Manajemen Integrasi Proyek (Project Intergration Management) Bertujuan untuk mengkoordinasi seluruh knowledge area pada manajemen proyek melalui Proses proyek.6 2. Influencing The Organization. memiliki atau mempunyai pengaruh. Process and Techincal. tawar-menawar 5. Kontrak 8. . Penyusunan Team 5. Project Scope Documents (PSD) 4. memliki keahlian. Communications. 3. Project Manajement Skills 1. Pengembangan rencana proyek. Requirements Analysis 3. b. Feasibility Study 2. 6. Berikut ini adalah aktivitas utama pada manajemen integrasi : a. Proposal 7. Fase Inisialisasi 1. Leadership. Project Charter 2. Negotiating. mampu menasehati dan mampu memberi saran.

2. b. Definisi ruang lingkup. mengkoordinasikan perubahan – perubahan keseluruhan proyek. termasuk kriteria dalam menentukan apakah suatu proyek atau fase telah lengkap. Manajemen Ruang Lingkup Proyek (Project Scope Management) Lingkup mengacu pada seluruh pekerjaan yang terlibat dalam pembuatan produk suatu proyek dan aktivitas – aktivitas yang digunakan dalam pembuatan produk tersebut. Aktivitas yang termasuk dalam manajemen ruang lingkup proyek adalah. Inisiasi. Manajemen ruang lingkup proyek terlibat dalam pendefinisian dan pengendalian mengenai apa yang harus ada dan tidak ada dalam proyek selain itu memastikan bahwa tim proyek dan para Stakeholder memiliki pemahaman yang sama mengenai produk yang dihasilkan oleh proyek serta aktivitas . . 3. melakukan otorisasi pada organisasi untuk memulai proyek atau beralih pada fase proyek selanjutnya. Manajemen Jadwal Proyek (Project Time Management) Aktivitas – aktivitas utama yang merupakan bagian dari manajemen jadwal proyek adalah. c. mengembangkan dokumen yang berguna sebagai basis pengambilan keputusan di masa mendatang.7 c. Pengendalian perubahan yang terintegrasi. Tim proyek akan membuat pernyataan mengenai ruang lingkup dan rencana manajemen ruang lingkup sebagai hasil aktivitas perencanaan.aktivitas yang dilakukan pada proses nanti. Output dari proses inisiasi adalah perjanjian kontrak yang merupakan dokumen kunci yang secara formal mengakui keberadaan dan menyediakan ulsan luas mengenai sebuah proyek. a. pembagian deliverable (produk yang dibuat sebagai bagian dari proyek) proyek utama menjadi komponen – komponen yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Perencanaan ruang lingkup.

Perencanaan sumber daya. d.8 a. atau material) serta jumlah setiap sumber daya yang hars digunakan untuk melakukan aktivitas proyek. jadwal. mengidentifikasikan aktivitas – aktivitas secara spesifik yang harus dilakukan oleh anggota tim proyek dan para Stakeholder sehingga menghasilkan produk – produk proyek. Pendefinisian aktivitas. Pengendalian biaya. Manajemen Kualitas Proyek (Project Qualtiy Management) Terdapat 3 (tiga) aktivitas utama dari manajemen kualitas proyek. b. mengidentifikasikan dan mendokumentasikan hubungan antara aktivitas – aktivitas proyek. . Rangkaian aktivitas. Perkiraan biaya. dan kebutuhan – kebutuhan sumber daya untuk membentuk jadwal proyek. 5. perlengkapan. b. mengembangkan pendekatan atau perkiraan biaya sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek. mengalokasikan kesuluruhan perkiraan biaya pada satuan kerja untuk membangun dasar (baseline) untuk mengatur performa. memperkirakan sumber daya (manusia. Pengendalian jadwal. a. c. Manajemen Biaya Proyek (Proyek Cost Management) Terdapat 4 (empat) aktivitas utama dalam manajemen biaya proyek. d. Anggaran biaya. mengendalikan dan mengatur perubahan – perubahan pada jadwal proyek. Pengembangan aktivitas. memperkiraan menganalisis durasi rangkaian aktivitas. mengendalikan perubahan – perubahan pada anggaran proyek. 4. c.

Perencanaan organisasi. c. Akusisi staf. b. Distribusi informasi. menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi Stakeholder proyek pada waktu tertentu. Perencanaan komunikasi. serta hubungan pelaporan suatu proyek. c. Manajemen Komunikasi Proyek (Project Communications management) Aktivitas – aktivitas dalam manajemen komunikasi sebagai berikut. memonitor hasil proyek tertentu untuk memastikan hasil tersebut sesuai dengan standard kualitas revelan serta mengindentifikasikan cara untuk meningkatkan kualitas keseluruhan. 7. Perencanaan Kualitas. membangun keahlian individu maupun kelompokan untuk memantapkan performa proyek. Pengembangan tim. mendapatkan personil yang akan ditempatkan dan bekerja dalam proyek. mengidentifikasikan standard kualitas yang sesuai dengan disain proyek dan bagaimana memuaskannya. Pengidentifikasian. dan bagaimana informasi diberikan. Manajemen Sumber Daya Manusia Proyek (Project Human Resource Managemet) Terdapat 3 (tiga) aktivitas utama dalam manajemen sumber daya manusia suatu proyek. tanggung jawab. 6. . a. a.9 a. dan pendokumentasian peran. penugasan. Pengendalian kualitas. memperkirakan kebutuhan informasi dan komunikasi Stakeholder: siapa membutuhkan informasi apa. b. evaluasi periodic terhadap keseluruhan performa proyek untuk memastikan proyek akan memuaskan standard kualitas yang relevan. Jaminan kualitas. kapan mereka membutuhkannya. b.

penyempurnaan dan penyelesaian kontrak. Perencanaan permohonan. Identifikasi resiko. Perencanaan pengadaan. termasuk laporan status. Manajemen Resiko Proyek (Project Risk Managemet) Aktivitas – aktivitas utama yang ada pada manajemen resiko adalah: a. mengukur kemungkinan dan konsekuensi resiko serta memperkirakan dampaknya terhadap tujuan proyek. d. . Manajemen Pengadaan Proyek (Project Procurement Management) Aktivitas – aktivitas utama pada manajemen pengadaan tersebut adalah. c. Perencanaan manajemen resiko. Administrasi kontrak. melakukan karakteristik dan menganalisis resiko serta memprioritaskan dampak mereka terhadap tujuan proyek. mengatur hubungan dengan pemasok. b. d. 8. memutuskan apa yang akan diadakan dan kapan. 9. a. Analisis resiko secara kuantitatif. memilih pendekatan dan rencana aktivitas – aktivitas manajemen resiko bagi proyek. Pelaporan perfoma. Pengakhiran kontrak. mengumpulkan dan menyebarkan informasi perfoma. Analisis resiko secara kualitatif. mendokumentasikan kebutuhan – kebutuhan produk dan mengidentifikasikan sumber daya yang potensial. b. pengukuran kemajuan dan peramalan.10 c. memtuskan resiko mana yang akan mempengaruhi proyek dan mendokumentasikan karakteristik setiap resiko. c.

menjalankan dan mengendalikan aktifitas-aktifitas. yang kesemuanya diarahkan pada sasaran yang telah ditetapkan dan berlangsung terus menerus seiring dengan berjalannya waktu. Kemajuan dan perkembangan dalam perindustrian telah mendorong untuk melakukan beberapa aspek pengelolaan dan manajemen yang dituntut memliki kinerja. kecamatan. waktu dan kualitas untuk mencapai kepuasan. ekonomis.11 BAB 3 PENUTUP 3.1. Manajemen Proyek adalah suatu cara mengelola. . KESIMPULAN 1. mengorganisasikan. ketelitian serta keamanan yang tinggi dalam mengelola harapan manajemen suatu kegiatan baik investasi kecil maupun besar dalam skala proyek. Manajemen merupakan sebuah proses terpadu dimana individuindividu sebagai bagian dari organisasi yang diberikan untuk merencanakan. ketepatan. 3. mengarahkan. dan mengkoordinasikan sumber daya (manusia/material) disaat mulainya sebuah proyek hingga akhir untuk mencapai suatu tujuan yang dibatasi oleh biaya. 2.

id/.id/wp-content/uploads/. Desember 2015]." [Online].web.html.. [4] Anonymous. "Fase Inisiasi Proyek. [Accessed 21 Desember 2015]." [Online]. "Manajemen Proyek. "9 Area Knowledge. [Accessed 21 Desember 2015].edu/course/download/2012/10/Manajemen-PSI-03PROJECT-MANAGEMENT-BODY-OF-KNOWLEDGE. [2] Anonymous.net/siklus-hidup-proyek. . Available: http://ocw. "Manajemen Proyek. [3] Anonymous." [Online]. http://materimanajemenproyekseptianbeni. Available: http://viska. 21 Available: http://manajemenproyek./Pertemuan4_FaseInisiasi_print.blogspot. [Accessed 21 Desember 2015]..co.12 DAFTAR PUSTAKA [1] Anonymous.stikom.pdf.pptx." Available: [Accessed [Online].