You are on page 1of 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
A. IDENTITAS
Satuan Pendidikan

: Sekolah Menengah Atas

Kelas / Semester

: X / 1 (satu)

Mata Pelajaran

: Matematika

Program

: Peminatan MIPA

Pokok Bahasan

: Persamaan Eksponen dan Logaritma

Alokasi Waktu

: 21 x 45 menit

B. KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,

kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban

terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan persamaan eksponen dan Logaritma secara mandiri,

dan mampu

menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

1

Bekerjasama dalam kegiatan individu atau kelompok 3. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif 5. Dapat menyelesaikan persamaan eksponen 2 . Dapat menggambar grafik fungsi logaritma sederhana 9.2 Menganalisis data sifat.1 Mendeskripsikan dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.2. bersikap terbuka dan toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat.sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma dari suatu permasalahan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Mengolah data dan menganalisis menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya D. Terlibat aktif dalam pembelajaran 2. 4. 6. Dapat menggunakan sifat fungsi eksponen sederhana untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari 7. 2.1 Menunjukkan sikap senang. Dapat menggambar grafik fungsi eksponen sederhana. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.3 Berperilaku peduli.C. percaya diri. KOMPETENSI DASAR 1. bertanggung jawab terhadap pendapat atau gagasan yang dikemukakan 4. motivasi internal. Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata terkait pertumbuhan dan peluruhan 4.1.1. jujur dan percaya diri serta responsif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata. 2. Dapat menyelesaikan persamaan eksponen 8. 3. bekerjasama. sikap kritis. INDIKATOR PEMBELAJARAN Indikator ketercapaian kompetensi dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut : 1. 3.2 Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam 2.

3 . Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis h. Fungsi Logaritma (3 jam pelajaran) 4. Guru memotivasi siswa untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis dengan menjelaskan bahwa materi yang akan dibahas banyak digunakan dalam kehidupan seharihari d. MODEL/METODE PEMBELAJARAN Pendekatan pembelajaran : Pendekatan Ilmiah (scientific) Model Pembelajaran : Pembelajaran berbasis Penemuan (Discovery Base Learning) Pembelajaran berbasis Masalah (Problem Base Learning) Metode Pembelaharan : Metoda Ceramah. Persamaan Logaritma (6 jam pelajaran) F. Persamaan Eksponen (9 jam pelajaran) 3. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN Pertemuan 1 ( 3 x 45 menit) (Topik : Fungsi Eksponen) a. Siswa berdiskusi tentang sifat-sifat fungsi ekponen. guru mempehatikan dan memotivasi setiap siswa agar terlibat aktif. Guru mengecek kehadiran siswa c. MATERI PEMBELAJARAN 1. f. Fungsi Eksponen (3 jam pelajaran) 2. Guru dan siswa mendiskusikan aplikasi persamaan ekponen dalam kehidupan sehari-hari.E. Selama siswa bekerja atau berdiskusi. Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis. Guru mengucapkan salam kemudian mengajak berdoa bersama (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan) b. g. diskusi dan tanya jawab G. e. Guru dan siswa mendiskusikan tata cara menggambar grafik fungsi eksponen. Guru mengomunikasikan tentang pengertian fungsi eksponen sederhana.

Guru menutup pelajaran 4 . Guru dan siswa mendiskusikan soal-soal persamaan ekponen bentuk : a f(x) = a p . Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis k. Guru dan siswa mendiskusikan soal-soal persamaan ekponen : [h(x)] f(x) = [h(x)] g(x) Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis m. Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis g. n. Siswa berdiskusi persamaan ekponen bentuk : [h(x)] f(x) = [h(x)] g(x) l. Guru mengomunikasikan tentang pengertian persamaan eksponen e. Guru menutup pelajaran Pertemuan ke-2 dan 3 (6 x 45 menit) (Topik : Persamaan Eksponen) a. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas o. guru mempehatikan dan memotivasi setiap siswa agar terlibat aktif. Siswa berdiskusi tentang persamaan ekponen bentuk : a f(x) = a g(x) h. Guru mengecek kehadiran siswa c. Guru mengucapkan salam kemudian mengajak berdoa bersama (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan) b. Guru dan siswa mendiskusikan soal-soal persamaan ekponen bentuk : a f(x) = bf(x) . Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya yakni fungsi eksponen d. Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis i. Guru dan siswa mendiskusikan soal-soal persamaan ekponen bentuk : a f(x) = a g(x) . Selama siswa bekerja atau berdiskusi. Siswa berdiskusi tentang persamaan ekponen bentuk : a f(x) = bf(x) j.i. Siswa berdiskusi tentang persamaan ekponen bentuk : a f(x) = a p f. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas j.

Guru mengecek kehadiran siswa c. Guru menutup pelajaran Pertemuan ke-5 dan 6 (6 x 45 menit) (Topik : Persamaan Logaritma) a. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas j. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya yakni fungsi logaritma d. Guru mengomunikasikan pengertian fungsi logaritma sederhana. Guru mengecek kehadiran siswa c. Guru mengucapkan salam kemudian mengajak berdoa bersama (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan) b. e. Siswa berdiskusi tentang sifat-sifat fungsi logaritma. g. Siswa berdiskusi tentang sifat-sifat yang berlaku pada logaritma pada pokok bahasan bab pertama e. Guru dan siswa mendiskusikan aplikasi persamaan logaritma dalam kehidupan seharihari. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya yakni persamaan dan fungsi eksponen d. Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis 5 .Pertemuan ke-4 ( 3 x 45 menit) (Topik : Fungsi Logaritma) a. Guru mengucapkan salam kemudian mengajak berdoa bersama (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan) b. Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis. i. Guru dan siswa mendiskusikan tata cara menggambar grafik fungsi logaritma. guru mempehatikan dan memotivasi setiap siswa agar terlibat aktif. Selama siswa bekerja atau berdiskusi. Siswa berdiskusi tentang persamaan logaritma bentuk : a log f(x) = a log g(x) f. Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis h. f. Guru dan siswa mendiskusikan soal-soal bentuk : a log f(x) = a log g(x) .

guru mempehatikan dan memotivasi setiap siswa agar terlibat aktif. Pengamatan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar meliputi aspek pengetahuan. Guru dan siswa mendiskusikan soal-soal bentuk A  log f(x) i. Tablet. LCD Proyektor. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. Siswa berdiskusi tentang persamaan logaritma A a log f(x) a 2 2   + B  log f(x) + C = 0. (2) Media : Papan tulis. Program presentasi Office 10 (3) Sumber : Buku Matematika (Kemdikbud. ALAT/MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN (1) Alat : Laptop. Guru menutup pelajaran H. l. Selama siswa bekerja atau berdiskusi. Pengetahuan (Dinilai dengan teknik pengamatan dan tes tertulis) Tes tertulis ini terdiri dari 12 nomor soal pilihan ganda dan uraian untuk alokasi waktu 60 menit. keterampilan dan sikap. Sikap (Dinilai dengan teknik pengamatan selama pembelajaran) a. PENILAIAN HASIL BELAJAR Penilaian hasil belajar dilakukan melalui pengamatan dan tes tertulis. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas m. 1. Sedangkan tes tertulis dilaksanakan setelah selesai pembelajaran satu materi pokok. c. Guru dan siswa mendiskusikan soal-soal bentuk : a log f(x) = b log f(x) .g. Terlibat aktif dalam pembelajaran Persamaan Eksponen dan Logaritma b. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. dan ruang lingkup materi sebagai berikut : 6 . Siswa berdiskusi tentang persamaan logaritma bentuk : a log f(x) = b log f(x) h. + B a log f(x) + C = 0 a Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis k. 2. Beberapa siswa diminta mengemukakan pendapatnya atau menuliskan jawabannya pada papan tulis   j. 2013) Buku Matematika 1a Program MIPA (Yudistira) I.

. Persamaan Eksponen (4 soal) 3... Fungsi Eksponen (2 soal) 2. Keterampilan menggambar Grafik fungsi eksponen dan logaritma J...1. Fungsi Logaritma (2 soal) 4. Keterampilan mengerjakan soal di papan tulis b.. Keterampilan (Dinilai dengan pengamatan cara menyelesaikan tugas dipapantulis) a...... Keterampilan menyatakan pendapat dalam diskusi c...... ______________________ ________________ 7 . Persamaan Logaritma (4 soal) 3. Instrumen Penilaian Hasil Belajar (Terlampir) Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah.