You are on page 1of 15

MAKALAH BAHASA INDONESIA

“TEKNIK PENULISAN ILMIAH”

Disusun oleh:
Miftah Afina
Galang Danu Aji
Danang Satriadi
Kelas C
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Dosen : Mira Erlinawati, M.Pd.

BAB I PENDAHULUAN A. Bagaimanakah format penulisan yang benar dalam penulisan sebuah karya ilmiah? C. Pembaca mengetahui teknik penulisan kutipan yang benar. teknik penulisan karya ilmiah juga merupakan strategi dalam menyampaikan ide untuk meyakinkan pembaca terhadap karya tulis ilmiah kita. Bagaimanakah penulisan kutipan yang benar? 2. Latar Belakang Teknik penulisan sebuah makalah merupakan salah satu keterampilan penting dalam membuatan suatu karya tulis ilmiah. 3. Rumusan 1. Pembaca mengetahui teknik penulisan daftar pustaka/bibliography yang benar. Selain itu. . Bagaimanakah penulisan daftar pustaka/bibliography yang benar? 3. Pembaca mengetahui format penulisan karya ilmiah yang benar. Tujuan 1. B. 2. Teknik penulisan yang benar akan menambah nilai estetika.

jurnal. dalil. . Hal hal yang perlu dicermati dalam penulisan kutipan adalah sebagai berikut: 1. Penulisan Kutipan Dalam penyusunan karya ilmiah kita tidak mungkin hanya berpegang pada gagasan-gagasan pribadi. Sebagai pertanggung jawaban penulis bahwa apa yang dikutip bukan merupakan gagasan sendiri. Membandingkan gagasan atau argumen yang kita sampaikan dengan argumen pakar. ditambah. 4. maupun dikurangi. atau gagasan yang relevan 3. tidak diubah. Dan pendapat tersebut tidak bisa kita klaim sebagai pendapat kita sendiri. Pendapat tersebut dapat berupa pernyataan. Mendukung gagasan atau argumen yang kita sampaikan. Kutipan harus menginformasikan data. dan lain-lain. Kutipan harus mempertegas arah dan fokus pembahasan 5. fakta. atau pernyataan dari orang lain yang tertulis pada buku. Kutipan harus sungguh-sungguh menunjang fakta. Fungsi kutipan adalah seperti berikut: 1. atau konsep yang sedang kita sampaikan.BAB II PEMBAHASAN A. Oleh karenanya. Kutipan harus memberikan pengertian dan pemahaman yang lebih luas dan cermat 4. 3. dan aksioma. surat kabar. 2. majalah. gagasan. Sebagai wujud tanggungjawab intelektual. pendapat. Kutipan harus apa adanya. 2. gagasan. kutipan merupakan pinjaman kalimat. akan tetapi kita juga merujuk kepada pendapat para ahli atau pakar.

nama pengarang pertama harus ditulis. Jika suatu penerbitan mempunyai dua pengarang. et al. Contoh untuk penulisan berikutnya: (Imam Robandi. maka untuk penulisan pertama. untuk mengutip dari pengarang tunggal. Jika suatu pengarang mempunyai dua atau lebih penerbitan dalam tahun yang sama. Namun untuk penulisan selanjutnya. Contoh: Riset terbaru (Adam 2000) mendukung penjelasan ini. .Dalam penulisan kutipan terdapat beberapa metode yang digunakan. maka kita harus memasukkan kedua nama pengarang tersebut Contoh: (Musa dan Yao N. Nishimori. kita cukup menempatkan nama pengarang dan tahun penerbitan dalam tanda kurung. Pengutipan dengan menggunakan sistem ini adalah dengan menunjukkan nama pengarang dan tahun penerbitan. dan memisahkannya dengan titik koma. Ketika suatu penerbitan mempunyai tiga pengarang. ketiga pengarang tersebut harus ditulis lengkap. 1970b). maka untuk membedakannya adalah dengan cara menambahkan catatan huruf kecil pada tahun penerbitan. di antaranya Sistem Nama Pengarang-Tahun. Yu 1994). dan diikuti oleh et al. Nishimura 2001). Contoh untuk penulisan pertama: (Imam Robandi. Sebagai contoh. Contoh: Sistem multimedia dikembangkan dari sistem SMIB (Concordia 1969a. 2001).

Persamaan10). maka gunakan nama penerbit. 14-17). (Singh. Contoh: (Chan 1994. et al. Contoh: (National Research Institute 2006).Jika kutipan mempunyai empat atau lebih pengarang. bagian. mereferensikan ke subjudul 11. 1996. kita dapat memisahkan dengan tanda koma antara suatu volume.5 (Peterson 2000.5). agen pemerintah. maka urut nama dan kemudian pisahkan dengan titik koma. tetapi sumber penerit atau sponsor merupakan suatu asosiasi. atau nomor persamaan setelah tahun. 55). Atau jika disingkat menjadi (NRI 2006) Jika kita ingin membantu pembaca untuk menemukan informasi yang telah kita kutip. Sedangkan jika kita menunjukkan dua atau lebih acuan bersama-sama. dan nama dari kelompok yang bertindak sebagai nama pengaramg. mereferensikan ke suatu persamaan. 2002b. mereferensikan ke halaman 14 sampai 17 (Brown 1996. sebuah kelompok. 1972). Contoh: (Hadi Widjoyo. 2002c) Ketika pengarang tidak dikenal. Jika kita membuat daftar dari beberapa sumber dengan pengarang yang sama. halaman. maka gunakan et al. perusahaan. terpisah dari kutipan yang utama. 11. . A. 2002a. 1985. Contoh: (Sugeno dan Tanaka 1970. mereferensikan ke halaman 55. maka pisahkan dengan titik koma. Zadeh et al.L.

Jika kita menggunakan sumber seperti dari wawancara atau surat pribadi. Fungsi daftar pustaka adalah sebagai berikut: . Sumber informasi tersebut hendaknya dicantumkan dalam naskah karangan ilmiah dan dalam daftar pustaka. Jika tahun dan nama pengarang nampak di dalam kalimat. kita dapat menghilangkan tanda kurung atau dapat menggunakannya hanya untuk halaman. kita dapat menuliskan nama orang yang memberi tahu kita. diikuti cara mendapatkan sumber. Penulisan Daftar Pustaka Dalam menulis suatu karangan ilmiah pasti memuat pendapat pakar mengenai suatu masalah yang kemudian akan dibahas dan akan ditarik kesimpulannya oleh penulis. diakses pada 2 Januari 1999 <http://www. maka kita dapat menuliskannya sebagai berikut: (IEEE Inc.. telepon interview. serta tanggal saat berkomunikasi. Contoh: Syarif dan Zul pertama mengusulkan metode ini pada 1994 (45-41). maka kita harus menghilangkan tanda kurung dari kutipan itu. Desember 2004) (Mizumoto. 5 Maret 1999) Jika kita memperoleh sumber dari Internet. email ke pengarang.org/~powersystemdynamics/cost/> B. 11 Januari 1999) (Kaiwa Nihongo no Nyumon (Kanazawa Machiko. menulis surat kepada pengarang.ieee.Jika nama pengarang terlihat di dalam kalimat. Power System Dynamics. atau bagian. Contoh: (Huang Jer.

Judul Judul yang ditulis lengkap dengan anak judul jika ada. bahwa pernyataan dalam karangan itu bukan hanya hasil pemikiran penulis sendiri. (middle name). Nama penulis terdiri atas 3 bagian.W.1. 2. (surname). 1. akan tetapi juga hasil dari orang lain. 2. Penulis Penulis mencakup penulis pendamping. nama yang ditulis adalah nama tanpa gelar kesarjanaan ataupun gelar administratif. 3. L. judul. badan/lembaga resmi. Cara penulisannya adalah dengan menuliskan nama keluarga terlebih dahulu. Dalam daftar pustaka yang lengkap mengandung tiga unsur utama. Untuk memberikan informasi. Sebagai catatan. . dapat membaca sendiri buku/majalah yang menjadi sumber kutipan untuk penelusuran kepustakaan. yaitu: nama sendiri (given name). Untuk memberikan informasi selengkapnya tentang sumber kutipan sehingga dapat dicek bila perlu. Burket Penulisan dalam daftar pustaka: Burket. editor. Contoh: Lester W. 3. Fakta-fakta Penerbitan. yaitu: penulis. Apabila pembaca ingin mendalami pernyataan yang dikutip. Pada sampul buku anak judul biasanya ditandai dengan tulisan yang dicetak lebih kecil daripada judul utama. Anak judul biasanya dibuat oleh penulis untuk memberi kejelasan pada judul utama. dan fakta-fakta penerbitan.

Pengaruh Motivasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru di Mediasi Komitmen Sekolah Studi Kasus di SMK Negeri se-Kecamatan Pati (Tesis). imam. Tahun terbit diikuti tanda titik. Tahun terbit diikuti tanda titik. Becoming The Winner: Riset. b. Yogyakarta: Penerbit Andi. Nama perusahaan penerbit diikuti tanda titik. dan tahun penerbitan. Semarang: Universitas STIKUBANK. Berikut adalah macam-macamnya: 1. c. Contoh: Iffah Mardiyati. Contoh: Robandi. Kota penerbit diikuti tanda titik dua. Nama penulis diikuti tanda titik. e. dan ditambah jenis penelitian diikuti tanda kurung kemudian tanda titik. diikuti tanda titik. Daftar Pustaka dari Penelitian Jika bersumber dari penelitian maka penulisannya adalah: a. 2008. Menulis Ilmiah. 2011. Nama penulis diikuti tanda titik. dan Presentasi. Penulisan daftar pustaka ada beberapa cara tergantung darimana kita memperoleh sumber tersebut. d. Daftar Pustaka dari Buku Jika bersumber dari buku maka penulisannya adalah: a. 2.Fakta-fakta penerbitan yang ditulis dalam daftar pustaka mencakup tempat (kota) dimana buku tersebut diterbitkan. . b. Nama perguruan tinggi diikuti tanda titik. Publikasi Ilmiah. Judul buku ditulis miring. Kota penerbit diikuti tanda titik dua e. Judul penelitian ditulis miring. c. d. nama penerbit.

2014. Nama surat kabar diikuti tanda koma. Judul artikel/berita diikuti tanda titik. Tahun terbit diikuti tanda titik. Contoh Penulisan Daftar Pustaka. 6. c. Nama penulis diikuti tanda titik. Contoh: Nur Afdan. d. 27: 567-568. Encyclopedia Britannica. URL artikel diikuti tanda titik. Contoh: Stafford-Clark. bulan dan tahun publikasi diikuti tanda titik. b. e. Tahun penulisan diikuti tanda titik. Judul diikuti tanda titik. 2015. Daftar Pustaka dari Surat Kabar Jika bersumber dari surat kabar maka penulisannya adalah: a. Tanggal. b. Daftar Pustaka dari Website Internet Jika bersumber dari website Internet maka penulisannya adalah: a. 4. e. 2000. www. Daftar Pustaka dari dari Undang-undang (UU) atau Kepres .ilmusiana. d. hlm 8 & 9. Halaman Ensiklopedia diikuti tanda titik. c. The New Encyclopedia Britannica. Nama penulis diikuti tanda koma. Nama Ensiklopedia diikuti tanda titik. Nama penulis diikuti tanda titik. c. Daftar Pustaka dari Ensiklopedia atau Kamus Jika bersumber dari ensiklopedia atau kamus maka penulisannya adalah: a. Tribun Timur. d. b. Mentasy disoders and therir treatment. Karya Ilmiah Guru: Sebuah Tinjauan.3. D. Nomor halaman diikuti tanda titik. Judul artikel diikuti tanda koma.com/contoh-penulisan-daftar-pustaka/ 5. Contoh: Juliar 11 Januari.

Makalah dipresentasikan pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia. Contoh: Republik Indonesia. Nama acara seminar diikuti tanda koma. 2015. yaitu:  topik itu ada manfaatnya dan layak dibahas. Nama Undang-undang diikuti tanda koma. Jakarta. c. Nama negara diikuti tanda koma. Dalam memilih topik perlu dipertimbangkan beberapa hal. e. Kota seminar diikuti tanda titik. b. Tahun diikuti tanda titik. Tanggal seminar diikuti tanda koma. d. Januari 10-11. Kota penerbitan undang-undang diikuti titik dua. Daftar Pustaka dari Presentasi Makalah atau Seminar Jika bersumber dari seminar. . Nur. 2015 Undang-undang Lalu Lintas Nasional Indonesia. Penerbit undang-undang diikuti tanda titik. Hal ini berarti bahwa harus ditentukan terlebih dahulu apa yang akan dibahas dalam tulisan. Nama diikuti tanda titik. d. Contoh: Afdan. 7. C.Jika bersumber dari UU atau kepres maka penulisannya adalah: a. Konsep Fisika untuk Lingkungan Hidup. maka penulisannya adalah: a. c. Jakarta: Sekretariat Negara. Judul diikuti tanda titik dan ditulis miring. b. Format Penulisan Karya Ilmiah Dalam menulis suatu karangan ilmiah hendaknya kita memperhatikan kaidah-kaidah cara penulisan Karya Ilmiah sebagai berikut : a) Topik dan Judul Kegiatan yang pertama kali dilakukan sebelum menulis adalah menentukan topik. e.

dan topik itu tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. metode. topik itu dikenal dengan baik. Contoh: “Usaha kecil dan menengah” (terlalu luas) “Pengembangan usaha kecil dan menengah” (terbatas) Setelah diperoleh topik. mulai dari judul. dan rumusan hasil/temuan. Abstrak ditulis dengan spasi tunggal.    topik itu cukup menarik terutama bagi penulis. judul harus dinyatakan secara jelas. sedangkan judul adalah nama. Topik ialah pokok pembicaraan dalam keseluruahan karangan yang akan digarap. titel. misalnya dalan karya sastra. bukan kalimat. tujuan. Contoh: 1. dalam karya ilmiah judul harus tepat menunjukkan topiknya. bahan yang diperlukan dapat diperoleh dan cukup memadai. Namun. c) Kata Pengantar . judul sebaiknya dinyatakan dalam bentuk frasa. Usaha Kecil dan Menengah di Yogyakarta Perlu   Dikembangkan (tidak baik) judul diusahakan singkat. atau semacam label untuk suatu karangan. antara lain:   judul harus sesuai dengan topik atau isi karangan. Pernyataan topik mungkin sama dengan judul. b) Abstrak Abstrak berisi intisari menyeluruh tentang isi tulisan. Penentuan judul harus memenuhi beberapa persyaratan. tetapi mungkin juga tidak. sedangkan untuk laporan penelitian terdiri atas tiga paragraf yang masing-masing memuat hal-hal di atas. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Yogyakarta ( baik) 1. dalam pelaksanaannya topik yang dipilih itu harus dinyatakan dalam suatu judul. Untuk makalah. abstrak cukup satu paragraf.

rumusan masalah. f) Metode Penelitian Setelah kajian teoretik dirumuskan. e) Kajian Pustaka dan Kerangka Teoretik Pengertian kajian pustaka dan kerangka teoretik itu berbeda. data apa saja yang harus dikumpulkan dan dengan metode apa data itu dikumpulkan. teknik analisis data yang manakah yang digunakan. tujuan. sedangkan kerangka teoretik adalah seperangkat teori yang dipakai sebagai landasan penelitian. dan manfaat penelitian.Kata pengantar berisi puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih. ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang secara langsung atau tidak langsung berperan dalam kegiatan penulisan tersebut. . langkah selanjutnya adalah merumuskan metode yang dipakai dalam penelitian. Oleh karena itu. Dari kajian itu didapatkan jawaban sementara atas permasalahan yang telah dirumuskan. Jawaban sementara tersebut biasa disebut hipotesis. Metode penelitian tersebut meliputi apa atau siapa yang diteliti. dalam pendahuluan perlu dikemukakan latar belakang masalah. dan permintaan kritik dari pembaca demi perbaikan. Oleh karena itu. pemecahan masalah penelitian harus berlandaskan pada teori dan kajian terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya yang terkait dengan permasalahan yang dibahas. bagaimana memilih sampel dari populasinya. Kajian pustaka berisi pembahasan tentang kajian-kajian terdahulu yang relevan dengan topik penelitian. d) Pendahuluan Pendahuluan berfungsi menyadarkan pembaca akan pentingnya topik yang dibahas sehingga pembaca merasa perlu mengetahui topik itu lebih jauh dan pembahasannya.

simpulan harus menjawab permasalahan dan harus sesuai dengan tujuan. pembahasan. Dan. Oleh karena itu. dan pemaknaan data yang yang telah dikumpulkan. BAB III SIMPULAN . Kelengkapan data yang diperoleh sangat mendukung kesahihan hasil analisis.g) Pembahasan Bagian ini berisi analisis. kecermatan analisis dan pemaknaan data sangat menentukan kualitas hasil kajian. h) Simpulan Simpulan merupakan hasil yang diperoleh dari pembahasan masalah sesuai dengan tujuan penelitian.

.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. dkk. H. Metode Penulisan dan Penyajian Karya Tulis Ilmiah.2000.DAFTAR PUSTAKA Ruslijanto.

Yogyakarta: Flamingo. 1985. Publikasi Ilmiah.Robandi. dan Presentasi. Yogyakarta: Penerbit Andi. Penulisan Karangan Ilmiah. Menulis Ilmiah. 2011. Bergiat Dalam PIR (Penelitian Ilmiah Remaja). 2008. imam. Suhardi. . Jakarta: Akademika Pressindo. Mukayat D. Brotowidjoyo. Becoming The Winner: Riset.