You are on page 1of 10

Petunjuk

:
merupakan

Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf A, B, C, atau D yang
jawaban paling tepat pada lembar jawaban yang disediakan.
Gambar berikut ini untuk menjawab soal nomor 1-2.
1. Tubulus kontortus proksimal ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
2.

Proses augmentasi berlangsung pada bagian nomor . . . .
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5

3. Urutan proses pembentukan urine adalah . . . .
A. filtrasi-reabsorbsi-augmentasi
B. reabsorbsi-filtrasi-augmentasi
C. filtrasi-augmentasi-reabsorbsi
D. reabsorbsi-augmentasi-filtrasi
4. Perhatikan gambar berikut.
Bagian yang berfungsi sebagai perkembangan janin ditunjukkan nomor ….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
5. Perhatikan gambar berikut ini!

A.
B.
C.
D.

Alat reproduksi X berfungsi ….
sebagai tempat penyimpanan sperma
penghasil sperma dan hormon
tempat keluarnya sperma
penghasil cairan semen

6. Bagian no 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah . . . .

A.
B.
C.
D.

7. Perhatikan gambar anatomi mata berikut!

dendrit, akson, dan badan sel
dendrit, badan sel, dan akson
akson, badan sel, dan dendrit
akson, dendrit, dan badan sel

60 C. pengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata 8.Bagian X berfungsi sebagai …. A. Jeruk berbuah manis (MM) disilangkan dengan jeruk berbuah asam (mm). B. Rayap yang baru menetas belum memiliki flagellata yang menghasilkan enzim tersebut dalam saluran pencernaannya. hitam : putih = 3 : 1 C. Enzim ini dihasilkan oleh sejenis flagellata yang terdapat pada saluran pencernaannya. alkohol B. alat optik yang dapat memfokuskan cahaya D. F1 yang dihasilkan adalah jeruk berbuah manis (Mm). selulosa B. D. 75 % kuning : 25 % hijau C. Untuk bertahan hidup anak rayap beradaptasi dengan …. 100 % hijau D. 50 % kuning : 50 % hijau B. mengekskresikan enzim tersebut dalam lambungnya B. putih : hitam = 3 : 1 D. hitam : putih = 1: 1 14. meneruskan cahaya dari humor aqueus C. A. F1 pada perkawinan tersebut adalah …. jumlah keturunan yang berbuah manis heterozigot adalah …. menjilati dubur induknya 10. 100 % kuning 13. hormon pengikat oksigen sehingga daun berwarna pucat 11. A. Ercis biji kuning disilangkan dengan ercis biji hijau. A. enzim tertentu untuk menangkap oksigen bebas D. Rayap merupakan hewan pemakan kayu yang membutuhkan enzim selulase. pengatur jumlah cahaya dari kornea B. C. methanol C. 90 D. A. A. memakan kulitnya yang mengelupas D. panas tubuh untuk menekan proses osmosis C. Kelinci hitam dengan genotipe Hh dikawinkan dengan kelinci putih bergenotif hh. Jika hijau bersifat dominan yang muncul adalah …. Bakteri ini berperan mengubah glukosa menjadi …. bergerak dengan siripnya permukaan tubuh bersisik dan berlendir sedikit minum dan banyak mengeluarkan urin banyak minum dan sedikit mengeluarkan urin 9. Dalam pembuatan yoghurt digunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus. Proses pembuatan sari kelapa (nata de coco) digunakan mikroorganisme Acetobacter xylinum yang berfungsi untuk mengubah gula menjadi …. 30 B. A. mengeluarkan hormon pengurai kayu C. Jika sesama F1 disilangkan dihasilkan keturunan kedua (F2) sebanyak 240 keturunan. A. asam amino . 100 % hitam B. Cara adaptasi fisiologi ikan yang hidup di air tawar seperti ikan mas adalah …. sel darah merah lebih banyak B. 120 12. kadar oksigen lebih rendah dibandingkan dengan dataran rendah sehingga manusia yang hidup di daerah dataran tinggi beradaptasi dengan …. A. asam asetat D. Di daerah dataran tinggi. asam laktat 15.

3 dan 4 C. 1. B. Perhatikan nama benda di bawah ini. Pada proses pembuatan tempe digunakan Rhizopus oryzae yang berperan untuk …. A. Karet 4.. A. dan uap air D. metana oleh bakteri Metanobacterium sp. mengeluarkan enzim yang aktif menguraikan ampas kacang kedelai C. Perubahan yang dilakukan mikroorganisme tersebut terhadap bahan dasar pembuatan roti adalah …. 2 proton. 1. mengubah glukosa menjadi alkohol dan karbon dioksida C. C. menghasilkan enzim untuk membentuk asam laktat dari kedelai D. 4. A. D. membentuk karbon dioksida. A. Model atom di bawah ini terdiri atas …. 1 neutron 4 elektron.. Sisir digosok kain woll Gelas digosok woll . 2 proton. 2 proton. 2 proton. oksigen. membentuk gas karbon dioksida dari zat tepung 20. A. jamur oleh jamur Aspergillus flavus 19. Tembaga 5. D. mengubah kacang kedelai hitam menjadi cair dengan bantuan fermentasi garam 18. mengubah karbohidrat dalam kacang menjadi gula sederhana 17. A. alkohol oleh jamur Saccharomyces B. Seng 6. 5 dan 6 22. C. asam cuka oleh bakteri Acetobacter sp. mengubah protein kompleks kacang kedelai menjadi protein sederhana D. benda yang bersifat konduktor adalah …. mengeluarkan asam laktat dari ampas kedelai B. D. 2 neutron 2 elektron.C. B. Perhatikan gambar bahan di bawah ini! Pernyataan yang tepat dari bahan-bahan diatas adalah . menguraikan kacang kedelai menjadi alkohol melalui fermentasi C. mengubah protein kompleks kacang kedelai menjadi protein sederhana B. 1 neutron 2 elektron. asam lemak asam asetat 16. 1 neutron 21. 1. 2 elektron. mengubah alkohol menjadi glukosa dan karbon dioksida B. Bahan dasar pembuatan roti adalah tepung terigu yang ditaburi mikroorganisme Saccharomyces cerevisiae agar dapat mengembang. Gabus 3.. Timbulnya rasa pahit pada tape singkong yang dibiarkan terlalu lama disebabkan oleh terbentuknya …. 2. Kaca 2. 3 dan 6 D. A. 2 dan 5 B. Dalam pembuatan oncom digunakan jamur Neurospora sitophila yang berperan untuk …. Kuningan Dari data di atas.

... Gaya Coulomb yang terjadi pada dua muatan tersebut adalah …. maka gambar di bawah ini yang benar adalah . Dua buah partikel bermuatan listrik didekatkan pada jarak tertentu hingga timbul gaya sebesar F. kaca sutera kaca sutera B. tolak-menolak 36 x 10-5 N 26.. A. D. Dua buah muatan masing-masing -4 x 10 -9 C dan +2 x 10-9 C terpisah pada jarak 2 cm. sutera kaca sutera kaca . Jika besar muatan listrik partikel pertama dijadikan 1/2 kali muatan semula dan besar muatan partikel kedua dijadikan 8 kali semula maka gaya yang timbul menjadi.. 16 F 27. Kaca yang digosok dengan sutera akan terjadi proses pemuatan listrik pada kaca maupun sutera.. tolak-menolak 18 x 10-5 N C. 4 F C. 0... Kehilangan Menerima Muatan Listrik Elektron Elektron Positif Negatif A. Hal ini disebabkan sisir plastik telah . 8.C. sisir plastik tersebut dapat menarik serpihan kertas seperti pada gambar.. Pada tabel berikut ini penjelasan yang benar adalah. Hasil penyelidikannya.5 F D.. 25. kaca sutera sutera kaca B. Bila penggaris plastik yang telah digosok dengan kain wool didekatkan pada kepala elektroskop. tarik-menarik 36 x 10-5 N D.. sutera kaca kaca sutera C. A B C D kain sutera kain wol kain sutera kain wol 24.. A. tarik-menarik 18 x 10-5 N B. Seorang siswa melakukan penyelidikan perilaku sisir terhadap serpihan kertas berikut. Balon digosok sutra Sisir digosok kain sutra 23.5 F B.

Kaca Kain Sutera Muatan kaca A. 45 cm C.. Jarak pisah kedua muatan tersebut adalah …. lampu 1 lampu 2 lampu 3 lampu 4 34. arus elektron B. . .. A. Banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap detik melalui suatu penghantar dinamakan .28. B. kapasitas 32. keduanya memiliki arah yang berlawanan B. 50 cm D. Setelah kaca digosok-gosok dengan kain sutera.. . arus listrik besaran skalar sedangkan kuat arus listrik besaran vektor D. arus listrik memiliki arah sedangkan kuat arus listrik tidak C. Perhatikan gambar rangkaian hambatan berikut! . . A. 55 cm 30. . 40 cm B. . Perbedaan antara arus listrik dan kuat arus listrik. Jika gaya coulomb yang terjadi antara dua muatan tadi adalah 1.6 N. Dari gambar muatan berikut. kaca bermuatan listrik. Melepas elektron Menerima elektron Positif 29. Perhatikan rangkaian berikut ! Jika saklar S1 dan S2 ditutup sementara saklar S3 dibiarkan terbuka maka lampu yang tidak menyala adalah .. Menerima proton Melepas proton Positif C. yaitu . 31. arus listrik terjadi dari muatan sedangkan kuat arus listrik terjadi dari electron 33. C. Menerima elektron Melepas elektron Negatif D. kuat arus D. Dua buah muatan listrik memiliki besar yang sama yaitu 6 μC. A.. Proses terjadinya muatan listrik pada benda-benda tersebut ditunjukkan oleh. A. yang menunjukkan garis-garis gaya pada dua muatan saling berdekatan adalah …. arus listrik C. Melepas proton Menerima proton Negatif B.. D.

2. 1 A dan 12 volt C. A. 1. A.. .. R3 = 3 Ω dan Nilai E adalah 9 volt maka besar kuat arus yang mengalir pada rangkaian adalah .5 A D.5 volt B.. 14 Ω C.... 1 A 38.5 A C. Perhatikan gambar! Besarnya arus yang mengalir pada rangkaian dan beda potensial antara titik A dan B berturutturut adalah . 2 A dan 12 volt 36. 12 Ω D. Perhatikan gambar di bawah ini! Besar arus listrik pada I4 adalah …. R2 = 2 Ω. 3 A 37. A.. Gambar beikut mengilustrasikan cara pemasangan amperemeter (A) dan voltmeter (V) pada suatu rangkaian listrik.5 A C. 9 Ω 35. 1.. 3 A B. A. 30 Ω B.Nilai hambatan pengganti untuk rangkaian di atas jika kelima hambatan adalah identik sebesar 6 Ω adalah . 1 A B. 2 A D. Perhatikan rangkaian listrik berikut! Jika R1 = 1 Ω.. 1 A dan 11. 2 A dan 6.5 volt D.

Kirchhoff B. 2. . Jelaskan proses pembentukan urine pada ginjal! 2. 1.... 2 dan 3 B. dengan tetapan k = 9 x 109 Nm2/C2! Tentukan: a. hijau bulat dan hijau keriput jika seluruh keturunannya 320 biji. Kemudian. 2 dan 4 D. Tentukan jumlah keturunan kuning bulat. . 3. Boyle 40. 2. 3 dan 4 39. Jumlah kuat arus yang masuk titik percabangan sama besar dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik percabangan. A. individu F1 dikawinkan dengan sesamanya. 2 dan 4 D. Newton D. kuning keriput. Ternyata 100% keturunan F1 berfenotipe biji kuning bulat (KkBb). 1. 1.Pemasangan ampermeter dan voltmeter secara benar ditunjukkan gambar dengan nomor .. Kacang Ercis berwarna biji kuning bulat (KKBB) disilangkan dengan kacang ercis biji hijau keriput (kkbb). 1. A. .. 2 dan 3 B. Soal Esai Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat pada lembar jawaban yang disediakan. 3 dan 4 II. 1 dan 3 C. Perhatikan gambar potongan rangkaian listrik yang terdiri dari 7 buah hambatan yang identik masing-masing senilai 10 Ω berikut ini! (1) I 2 = I 3 + I 4 (2) I 2 = I 6 (3) I 1 = I 5 + I 6 (4) I 7 = I 3 + I 4 + I 6 Pernyataan yang benar adalah . 1 dan 3 C. A. 1. Faraday C. Medan listrik 4. Dua buah muatan masing-masing q1 = 6 μC dan q2 = 12 μC terpisah sejauh 30 cm. Dari rangkaian hambatan berikut R1 = 10 Ω R2 = 9 Ω . Pernyataan tersebut sesuai dengan hukum . Besar gaya b. Arah gaya c..

Proses pembentukan urine pada manusia melalui 3 langkah utama sebagai berikut: a. A 31. kb KB. B 14. B 38. B 39. urine mengalir melalui ureter dan ditampung sementara di kandung kemih. garam-garam. 3. Peristiwa ini masih terjadi sampai pada lengkung Henle. 5. Tentukan: a) muatan yang berpindah b) jumlah elektron KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER V MATA PELAJARAN IPA TERPADU KELAS IX TAHUN AJARAN 2014/2015 I. B 15. seperti glukosa. Di tempat ini sudah terbentuk urine sesungguhnya yang selanjutnya disalurkan ke tubulus kolektivus. Ternyata 100% keturunan F1 berfenotipe kuning bulat (KkBb). Kacang Ercis berwarna kuning bulat (KKBB) disilangkan dengan kacang ercis hijau keriput (kkbb). C 22. A II. A 40. Augmentasi Pada tubulus kontortus distal ditambahkan zat-zat yang sudah tak berguna dan hendak dibuang (augmentasi). C 11. Kb. 8. B D D D A A B C D C 21. B 30. dan asam amino. A 26. kB. Dari pelvis renalis. Dalam waktu dua menit arus listrik sebesar 2 A mengalir sepanjang kawat penghantar. B 35. D 12. c.R3 = 18 Ω Tentukan hambatan pengganti antara titik A dan B! 5. Reabsorbsi Di dalam tubulus kontortus proksimal zat-zat dalam urine primer yang masih berguna akan diserap kembali (direabsorbsi). Maka : Parental 2 : kuning bulat (KkBb) X kuning bulat (KkBb) Gamet : KB. dan lain-lain. ESSAY 1. A 23. Filtrasi Glomerulus yang terdapat pada kapsula Bowman menyaring darah (filtrasi) sehingga dihasilkan filtrat glomerulus (urine primer). 9. B 32. Kb. 7. kelebihan vitamin. Bagaimana perbandingan fenotipe dan genotipe generasi F2? Karena sudah diketahui bahwa keturunan F1 semuanya berfenotipe kuning bulat dari genotipe KkBb. individu F1 dikawinkan dengan sesamanya. D 34. terus ke pelvis renalis. Kemudian. 4. B 36. A 13. B 27. 2. misalnya kelebihan obat. C 17. PILIHAN GANDA 1. Dari peristiwa ini dihasilkan filtrat tubulus atau urine sekunder. B 37. 6. D 29. Bila kandung kemih telah penuh timbullah rangsangan untuk buang air kecil. B 16. D 19. D 25. b. B 24. kB. A 20. Di dalam filtrat ini terlarut zat yang masih berguna bagi tubuh maupun zat yang tidak berguna bagi tubuh. A 28. 2. D 33. dan urine dikeluarkan melalui urethra. C 18. kb Filial 2 (F2) : . 10.

arah gaya c.q2 r2 = 9 x 109 Nm2/C2 (+6 x 10-6 C) (+12 x 10-6 C) (3 x 10-1 m)2 = 9 x 109 Nm2/C2 (+72 x 10-12 C2) (9 x 10-2 m2) = +72 x 10-1 N b. Arah gaya tolak-menolak adalah saling menjauh. medan listrik (E) Jawab: a.KB Kb kB kb KB Kb Kb kb KKBB Kuning Bulat KKBb Kuning Bulat KkBB Kuning Bulat KkBb Kuning Bulat KKBb Kuning Bulat KKbb Kuning keriput KkBb Kuning Bulat Kkbb Kuning keriput KkBB Kuning Bulat KkBb Kuning Bulat kkBB hijau bulat kkBb hijau bulat KkBb Kuning Bulat KkBb Kuning Bulat kkBb hijau bulat kkbb hijau keriput Fenotipenya : Kuning Bulat : Kuning Keriput : Hijau Bulat : Hijau Keriput 9 : 3 : 3 : 1 Jadi jika seluruh keturunannya sebanyak 320 biji maka: Kuning bulat sebanyak = (9/16) x 320 biji = 180 biji Kuning keriput sebanyak = (3/16) x 320 biji = 60 biji Hijau bulat sebanyak = (3/16) x 320 biji = 60 biji Hijau keriput sebanyak = (1/16) x 320 biji = 20 biji 3. Tanda (+) menyatakan bahwa yang terjadi adalah tolak-menolak. Besar gaya (F) b. c. Dari rangkaian hambatan berikut R1 = 10 Ω R2 = 9 Ω R3 = 18 Ω Tentukan hambatan pengganti antara titik A dan B! . F = k x q1. E = F/q2 = 72 x 10-1 N / 12 x 10-6 C = 6 x 105 N/C 4. Diketahui: q1 = 6 μC jadi 6 x 10-6 C q2 = 12 μC jadi 12 x 10-6 C r = 30 cm = 3 x 10-1 m k = 9 x 109 Nm2/C2 Ditanya: a.

selesaikan paralel antara R2 dan R3 terlebih dahulu 1/ Rp = 1/R2 + 1/R3 1/ Rp = 1/9 + 1/18 1/ Rp = 2/18 + 1/18 1/ Rp = 3/18 Rp = 18/3 = 6 Ω Hasil ini kemudian diserikan dengan R1 Rt = 10 + 6 = 16 Ω 5.Pembahasan Rangkaian campuran.5 x 1021 buah elektron .6 x 10−19 Coulomb) Q = muatan yang akan dihitung jumlah elektronnya sehingga: n = Q/Qe n = 240 / (1. Pembahasan Hubungan kuat arus listrik. muatan listrik dan waktu adalah: I=Q/t Q=Ixt Dengan demikian : a) Q = I x t Q = 2 x 120 Q = 240 Coulomb b) menentukan jumlah elektron dalam muatan n = Q/Qe dimana: n = jumlah elektron Qe = muatan satu elektron (1.6 x 10−19) n = 150 x 1019 n = 1.