You are on page 1of 5

MAKALAH

MANAJEMEN BIAYA

Oleh :
Luciana Luthan (1520532041)

PROGRAM MAGISTER AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS
2016

............................................. Pendahuluan..................Daftar Isi I.5 .............. 4 III................................................................................................................... Metodologi Penelitian............ 3 II............................................................ Hasil Penelitian dan Kesimpulan...........

Informasi. tingkat partisipas dari manajemen perusahaan terhadap manajemen biaya. . Organisasi. yaitu: 1. Banyak perusahaan bereaksi terhadap krisis dengan melakukan pemotongan pada anggaran flat yang akan mempengaruhi aktifitas promosi dan trainning dan juga investasi di R& D. merujuk ke metode dan alat yang digunakan untuk membenarkan dan menganalisis situasi biaya 5. Budaya. Alat (Tools). yang disusun sesuai dengan strategi perusahaan yang menentukan biaya mana yang menjadi prioritas 2. merujuk ke manajemen biaya formal pada perusahaan 3. Tren Saat ini dan Faktor Kesuksesan Manajemen Biaya I. Exhibit 1 diatas memperlihatkan 5 area kunci dari manajemen biaya. terdiri atas desain khusus didalam manajemen biaya 4. yang merujuk ke perencanaan tentang tujuan beberapa biaya spesifik dari perusahaan.Penelitian tentang Status Quo. Strategi. perilaku yang berkaitan dengan komunikasi internal. pentingnya manajemen biaya efisien semakin disadari seiring dengan meningkatnya persaingan pada ekonomi global. Pada saat ini. terdiri atas masalah yang menjadi motivasi semua yang terlibat dalam manajeme biaya. Pendahuluan Manajemen biaya merupakan pusat dari pertanggungjawaban untuk manajemen perusahaan.

Belgia. Metodologi Penelitian Penelitian ini mengunakan kuestioner untuk mendapatkan data.II. Hasil Penelitian dan Kesimpulan Status quo di Manajemen Biaya . Pertanyaan yang diajuakan adalah sebagai berikut:   Apa tujuan perusahaan mengendalikan biaya secara sistematis dan berkelanjutan? Apa alat dan metode yang digunakan dalam manajemen biaya? Bagaimana  efektifitasnya? Seberapa kuat pengaruh dari manajemen biaya secara umum dan untuk masing-  masing area kunci diatas. terkait efisensi biaya yang dicapai perusahaan? Apakah implementasi manajemen biaya membawa pengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan? Sampel yang digunakan adalah perusahaan dengan perputaran penjaualn minimum 10 Juta Euro. Jerman. Sampel terdiri atas beberapa perusahaan dengan beberapa ukuran dari beberapa industri. III. Survey dilakukan online. Belanda dan Switzerland. Exhibit 2 memperlihatkan komposisi sampel. dan memperoleh 185 jawaban dari perusahaan di Austria.

Penguji mempelajari bagaimana pengaruh area tersebut terhadap efisiensi biaya dan kesuksesan suatu perusahaan. Sedangkan exhibit 4 menunjukkan tingkat aktivitas dari masing-masing area. Hasil pengujian menunjukkan Alat dan informasi terbukti yang paling efektif bagi manajemen biaya.Selama survey. tetapi juga manajemen biaya komprehensif berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi perusahaan. Namun keseluruh area manajemen biaya tidak hanya memiliki efek idividu. Exhibit 3 menunjukkan variasi dari kategori biaya individu. partisipan ditanya 3 kategori biaya penting di bisnis mereka didalam biaya overhead. Untuk itu peneliti melakukan pengujian menggunakan partial least square (PLS) untk mengindentifikasi pentingnya 5 area tersebut bagi efisiensi biaya. . Tetapi tingkat index nilai yang ada pada exhibit 4 tidak menggambarkan seberapa penting masing-masing area tersebut bagi kesuksesan manalemen biaya perusahaan.