You are on page 1of 14

BAB 8.

PEMASARAN BANK
A. Latar Belakang
Perubahan dunia yang begitu cepat telah memaksa produsen dan para penjal berfikir
keras agar tetap eksis di dunianya. Perubahan ini diakibatkan oleh berbagai sebab seperti
pesatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi, baik teknoogi mesin dan alat-alat berat,
terlebih lagi telekomunikasi. Perkembangan teknologi mesin misalnya telah mampu mengubah
mutu produk. Mulai dari kemasan sampai kepada isinya semakin menarik dan kompetitif.
Begitu pula dengan teknologi komunikasi informasi dan telekomunikasi yang
berkembang dalam hitungan detik. Dunia yang begitu luas dan terkotak-kotak dalam berbagai
bagian menjadi menyatu seolah tanpa batas menebus belahan dunia lainnya. Kejadian didunia
lain yang juga dalam waktu sekejap mata.
Akibat perubahan teknologi yang begitu cepat berimbas juga kepada perilaku
masyarakat. Informasi yang masuk dari berbagai sumber dengan mudah diperoleh dan diserap
oleh berbagai msyarakat sekalipun di pelosok perdesaan yang terpencil. Imbas yang oaling nyata
adalah adlah masyarakat begitu cepat pandai dalam memilih produk yang disukai dengan
mebanding-bandingkan antara produk yang sejenis, tentu saja dalam arti yang sesuai dengan
keinginan dan kebutuhan mereka.
Cepatnya informasi yang masuk akibat majunya teknologi sector informasi seperti
televise, radio, Koran atau majalah telah menjadikan masyarakat semakin cerdas, masyarakat
sudah sulit untuk dibohongi dan kemajuan ini dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk merebut hati
konsumen agar membeli dan mengonsusmsi produk.
Dalam memasarkan produknya seorang pemasar harus pandai membaca situasi pasar
sekarang dan di masa yang akan dating.disamping itu seorang pemasar juga hrus mampu
mengomunikasikan keberadaan dan kelebihan produk dibandingkan dengan produk lainnya dari
pesaing.
Bank sebagai lembaga keuangan yang menghasilkan jasa keuangan juga membutuhkan
strategi pemasaran untuk menawarkan produknya.dampak dari perubahan teknologi juga
berdampak positif dan negative. Dalam dampak positifnya terhadap perkembangan dunia
perbankan produk yang ditawarkan kepada nasabahnya

menjadi lebih cepat dan efisien

sementara dampak negatifnya adalah tingginya biaya untuk membeli teknologi tersebut.oleh

Menciptakan produk yang memberikan keuntungan dan keamanan 4.Guna menerapkan strategi ini bank harus terlebih dahulu melakukan analisis penting.karena itu dalam era teknologi yang berkembang demikian cepat ini saatnya bank menjemput bola dengan mengejar nasabah bukan menunggu nasabah seperti jaman dulu. Memberikan pelayanan yang maksimal mulai dari calon nasabah menjadi nasabah bank yang bersangkutan. 2. Untuk mencapai sasaran tersebut. terhadap produknya. Pengertian Pemasaran Bank Kegiatan pemasaran yang dilakukan suatu perusahaan memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai. baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. 3. maka bank perlu : 1. Dalam jangka pendek dalam .strategi harga.strategi lokasi dan layout dan strategi promosi. Dengan diketahuinya keinginan dan kebutuhan nasabah serta lingkungan pemasran yang mempengaruhinya memudahkan bank untuk melakukan strategi guna merebut hati nasabah. Memberikan informasi yang benar-benar dibutuhkan nasabah dalam hal keuangannya pada saat dibutuhkan. Strategi yang dilakukan meliputi penentuan strategi.Analisis ini dijalankan untuk mengetahui Kelemahan dan kekuatan Pesaing serta ancaman yg mungkin timbul di masa sekarang dan masa yang akan datang. 6. Memberikan nilai lebih terhadap produk yang ditawarkan dibandingkan dengan produk pesaing. 8. Dalam melakukan pemasaran Bank memiliki beberapa sasaran yang hendak dicapai artinya. Berusaha untuk mempertahankan nasabah yang lama dan berusaha mencari nasabah yang baru baik dari segi jumlah maupun kualitas Untuk mencapai sasaran tersebut maka setiap bank harus memulai melakukan perencanaan pemasaran secara baik yaitu dengan melakukan riset pemasaran yang paling tidak dapat diketahui keinginan dan kebutuhan nasabah sehingga bank dapat menawarkan hal yang berbeda. Berusaha menarik konsumen untuk menjadi nasabah bank.dengan demikian bank dapat mebciptakan produk yang diinginkan dan dibutuhkan nasabah. 7. nilai penting pemasaran Bank terletak dari tujuan yang ingin dicapai tersebut seperti dalam hal meningkatkan mutu pelayanan dan menyediakan ragam produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan nasabah. Menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan nasabah. 5. B.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan suatu produk maupun jasa. tabungan. Sebelumnya kegiatan pemasaran hanya dilakukan oleh perusahaan yang berorientasi profit saja. C.jangka panjang dilakukan untuk mempertahankan produk-produk yang sudah ada agar tetap eksis. 4. Dalam rangka meningkatkan penjualan dan laba. Pemasaran harus dikelola secara professional. sehingga kebutuhan dan keinginan pelanggan segera terpenuhi dan dan terpuaskan Secara umum pengertian manajemen pemasaran bank adalah: Suatu proses perencanaan. bahkan badan usaha sosial pun mulai menggunakan pemasaran dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. 2. namun dewasa ini kegiatan pemasaran tidak hanya monopoli perusahaan yang berprientasi profit. menyalurkan dana. dan kepuasan nasabahnya. baik produk simpanan (giro. pelaksanaan. 5. pinjaman (kredit) atau jasa-jasa bank lainnya. Dalam rangka ingin menguasai pasar dan menghadapi pesaing. keinginan. Dari pengertian tersebeut dapat diuraikan bahwa manajemen pemasaran bank merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para nasabahnyaterhadap produk dan jasa perbankan. Demikian pula dalam hal menjalankan kegiatan pemasaran suatu perusahaan memiliki banyak kepentingan untuk mencapai tuuan yang diharapkan. Dalam praktiknya. Dalam rangka memberikan kepuasan semaksimal mungkin terhadap pelanggannya. 3. terdapat beberapa tujuan suatu perusahaan dalam melakukan kegiatan pemasaran antara lain: 1. Dalam rangka memenuhi keinginan para pelanggan akan suatu produk atau jasa. dan jasa-jasa keuangan lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan. dan deposito). Secara umum tujuan pemasaran bank adalah sebagai berikut: . Tujuan pemasaran bank Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam praktiknya tujuan suatu perusahaan dapat besifat jangka pendek maupun jangka panjang. dan pengendalian dari kegiatan menghimpun dana. Dalam jangka pendek biasanya hanya bersifat sementara dan juga dilakukan sebagai langkah untuk mencapai tujuan jangka panajan.

Memaksimumkan konsumsi atau dengan kata lain memudahkan dan merangsang konsumsi.Konsep Produksi Konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan mereka oleh karena itu manajemen harus berkonsentrasi pada peningkatan efisien produksi dan distribusi. dan minat pasar serta memberikan kepuasan kepada pelanggan di bandingkan para pesaing. E.Konsep Produk Konsumen akan menyenangi produk yang menawarkan mutu yang tinggi serta keistimewaan yang mencolok karena itu perusahaan harus menjaga citra produk agar tetap bermutu 3.Pengertian Lingkungan Pemasaran Bank .Konsep penjualan Konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk terkecuali perusahaan menjalankan suatu usaha promosi danpenjualan yang kokoh. Adapun konsep yang dimaksud adalah: 1. 2. keinginan dan minat pasar serta membeikan kepuasan sehingga memberikan kesejahteraan masyarakat. sehingga dapat menarik nasabah untuk membeli produk yang ditawarkan bank secara berulang-ulang.Konsep pemasaran Tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan. Memaksimumkan pilihan (ragam produk) dalam arti bank menyediakan berbagai jenis produk bank sehinga nasabah memiliki beragam pilihan pula.1. 5. Memaksimumkan mutu hidup dengan memberikan berbagai kemudahan kepada nasabah dan menciptakan iklim yang efisien D. 2. Konsep-konsep Pemasaran Ada lima konsep dalam pemasaran dimana setiap konsep dapat dijadikan landasan pemasaran oleh masing-masing perusahaan. keinginan. 4.Konsep pemasaran kemasyarakatan Bersifat kemasyarakatan menentukan kepada penentuan kebutuhan. Dalam dunia perbankan konsep yang paling tepat di aplikasikan adalah konsep pemasaran kemasyarakatan karna dalam konsep ini pelanggan benar-benar sangat di perhatikan agar pelanggan menjadi loyal terhadap bank tersebut. 3. Memaksimumkan kepuasan konsumen melalui berbagai pelayanan yang diinginkan nasabah. 4.

bahan baku. jenis kelamin. Lingkungan Demegrafis Merupakan lingkungan yang menyangkut kependudukan seperti jumlah penduduk. Nasabah Konsumen yang membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan oleh Bank. Pasar industri ( organisasi sebagai pengguna produk) 3. lokasi penduduk. Lingkungan Ekonomis Merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pembelanjaan konsumen. Nasabah di bagi menjadi beberapa jenis 1. tenaga kerja. Pasar pemerintah (Badan pemerintah (BUMN) sebagai pengguna produk) 4. ada di dalam bank untuk bekerjasama) Pemasok (perusahaan yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan 3. usia penduduk.lingkungan pemasaran diartikan kekuatan yang ada di dalam dan di luar perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan produk-produk bank yang sudah ada. pendidikan. Pasar internasional (pembeli yang berasaldari luar negri seperti pemerintah asing) 5. Pasar konsumen ( konsumen rumah tangga atau perorangan sebagai pengguna produk) 2. kepadatan penduduk di suatu wilayah. Manajemen bank itu sendiri ( kemampuan dari masing-masingfungsi manajemen yang 2. Daya beli ini diukur dari tingkat pendapatan masyarakat dan perkembangan tingkat harga umum. bahan bakar dan listrik) perantara pemasaran (perusahaan yang membantu perusahaan untuk menjual. dan pergeseran penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain seperti urbanisasi 2. Yang . mendistribusikan produk-produk yang dijualnya ) 4. seperti penyedia alat kantor. mempromosikan . Pesaing Lawan bisnis yang memproduksi barang sejenis maupun produk yang mirip di wilayah tertentu. Lingkungan pemasaran bank terbagi menjadi 2: .Lingkungan mikro (kemampuan orang orang yang berada di dekat bank yang mempengaruhi kemampuan bank dalam melayani pelangganya) Lingkungan Mikro adalah sebagai berikut: 1. Pasar reseller (organisasi yang menggunakan produk tetapi mereka menjualnya kekembali untuk mendapatkan lama) 5. Lingkungan Makro 1.

tingkat polusi. biaya energy.menyebabkan perubahan daya beli adalah perubahan pendapatan dan perubahan harga-harga di pasar. Lingkungan Alam Merupakan sumber daya alam yang dibutuhkan seperti kebutuhan bahan baku. 2. menciptakan inovasi baru melalui pengembangan produk baru serta mampu menangkap peluang peluang yang ada. meningkatnya tingkat polusi. meningkatnya biaya energy. 4. campur tangan pemerintah dalam lingkungan sumber daya alam. kelompok penekan yang mempengaruhi dan membatasi ruang gerak organisasi dan individu dalam suatu masyarakat seperti tumbuhnya lembaga swadaya masyarakat (LSM) 6. Pengaruh nya adalah kekurangan bahan baku. 5. Lingkungan teknologi juga diukur melalui laju pertumbuhan penelitian dan pengembangan (litbang) dan tingginya anggaran litbang. SIstem Informasi Pemasaran dan Riset Pemasaran Sistem informasi pemasaran dan riset pemasaran dirancang untuk memenuhi informasi yang ingin diperoleh manajer. Lingkungan Kultural Merupakan lembaga-lembaga atau kekuatan lain yang memengaruhi nilai di masyarakat seperti persepsi. Menilai Kebutuhan Informasi Merupakan kegiatan untk memenuhi kebutuhan informasi pemasaran seperti informasi apa yang diinginkan dan informasi apa yang patut diberikan oleh bank. Mengembangkan Informasi Melalui: . F. 3. Hal-hal yang perlu dilakukan dalam system informasi pemasaran adalah sebagai berikut: 1. Lingkungan Teknologi Merupakan kekuatan kekuatan yang menciptakan teknologi baru. dan prilaku masyarakat. preferensi. Lingkungan Politik dan Undang Undang Merupakan yang mengawasi perusahaan seperti badan pemerintah.

merupakan informasi yang diproleh dari lingkungan pemasaran sehari-hari guna membantu manajer menyusun serta menyesuaikan rencana pemasaran. 4. terdiri dari: Riset motivasi Riset media Riset efektif iklan Riset strategi bersaing Riset Perusahaan dan Ekonomi Bisnis. Mengembangkan rencana riset yang akan dilakukan dengan cara: menentukan kebutuhan informasi yang spesifik mengumpulkan informasi sekunder melalui sumber internal. Tahapan dalam riset pemasaran ini kita kenal dengan nama proses riset pemasaran tahapan dalam riset pemasaran dimaksud adalah sebagai berikut: 1. Intelijen Pemasaran. Tujuannya adalah agar hasil riset diproleh benar benar dapat dipercaya. Jenis-jenis riset yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: 1. - Menetapkan masalah yang dihadapi dan tujuan pemasaran bank yang akan dijalankan nantinya. 5. Mendistribusikan Informasi kepada bagian-bagian atau divisi yang membutuhkan. 2. Pengumpulan data intelijen diproleh dari pelamar perusahaan pesaing. 3. atau - menganalisis faktor faktor fisik.- Catatan Interen. Dalam melakukan riset pemasaran kita perlu tahu jenis jenis riset yang dapat dilakukan. yaitu perusahaan sengaja mengadakan riset tentang pemasaran yang diinginkan. 6. 3. Bahan penerbitan dan dokumen publikasi. merupakan informasi yang diproleh dari cataan yang dibuat pihak bagian - pemasaran sehari-hari dan merupakan informasi untuk membuat keputusan. 2. majalah. Selanjutnya. nasabah yang memiliki hubungan dengan perusahaan pesaing. sehingga dapat dijalankan dengan sebaik baiknya. dan data kormesil mengumpulkan informasi primer (melalui wawancara observasi dan kuesioner) Mengimplementasikan rencana riset yang sudah disusun Menginterprestasikan dan melaporkan hasil riset yang telah dilakukan Analisi informasi yang sudah diproleh Mendistribusikan informasi kepada berbagai pihak yang berkepentingan terhadap hasil riset yang dilakukan. buku-buku. terdiri dari: . Riset Periklanan. Riset Pemasaran. untuk melakukan riset pemasaran dilakukan melalui tahapan-tahapan tertentu. Penentuan jenis riset yang digunakan dengan berbagai pertimbangan sesuai dengan keinginan dan tujuan pemasaran yang akan dilakukan. publikasi pemerintah. mengamati pesaing.

pasar sasaran dan penentuan posisi pasar Segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompokkelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau ramuan pemasaran tersendiri Segmentasi pasar perlu dilakukan mengingat didalam suatu pasar terdapat banyak pembeli yang berbeda keinginan dan kebutuhannya. Setiap perbedaan memiliki potensi untuk menjadi untuk menjadi pasar tersendiri. 4. terdiri dari: Riset hak mengetahui konsumen Riset dampak ekologi Riset studi hambatan hukuman terhadap iklan dan promosi Riset nilai dan kebijakan soial Riset produk antara lain: Penerimaan dan potensi produk bar Riset produk yang kompetitif Pengujian produk yang ada RIset kemasan dan ciri khas desain Riset Penjualan dan Pasar. Segmentasi pasar. - Riset kecenderungan usaha Riset penetapan harga Riset lokasi cabang Riset perolehan Riset ekspor dan internasional Riset operasi Riset interen perusahaan Riset Tanggung Jawab Perusahaan. terdiri dari: Pengukuran potensi pasar Analisis market share Penentuan cirri khas pasar Analisi penjualan Penentuan kuota dan wilayah penjualan Riset jalur distribusi Tes pasar dan audit took Riset kompensasi penjualan riset promosional  Penentuan quota dan wilayah penjualan  Riset jalur distribusi  Tes pasar dan audit toko  Riset kompensasi penjualan riset promosional G. Dalam melakukan beberapa segmentasi diperlukan beberapa variabel. 5.3. Dalam praktiknya segmentasi dapat dibagi menjadi segmentasi pasar konsumen dan segmentasi industrial. Variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar konsumen terdiri dari berbagai sudut pandang seperti : .

Segmentasi berdasarkan prilaku a. Lokasi perusahaan 2. Tanggap terhadap suatu produk Sedangkan variabel untuk melakukan segmentasi pasar industri adalah sebagai berikut : 1. a. karakteristik personel industri. Ukuran keluarga d. yaitu : a. Gaya hidup d. yaitu : a. Ukuran perusahaan c.atau ringan) c. Sikap c. Daur hidup keluarga e. yaitu : a. Kegunaan d. Organisasi berfungsi pembeli b. yaitu : Jenis bangsa Provinsi Kabupaten Kecamatan 2.sedang. yaitu : a. Jenis kelamin c. Gaya hidup c. Teknologi yang difokuskan b. Sifat hubungan yang ada c. Kelas sosial b. Golongan umur b. Pendapatan f. Ras j. yaitu : a. Agama i. d.1. Kebangsaan k. Status pengguna (berat. Pekerjaan g. Segmentasi berdasarkan psikografik. kriteria pembali 4. Pengetahuan b. Tingkat sosial 3. Segmentasi berdasarkan geografik. b. Segmentasi berdasarkan segmentasi berdasarkan demografik. Karakteristik pengoperasian yaitu: a. Karakteristi keperibadian 4. Pendidikan h. Karakteristik kepribadian 3. kesamaan pembeli . Kebijakan pembeli umum d. Pendekatan pembeli. c. Jenis industri b. Segmentasi berdasarkan demografik.

Struktural segmen yang menarik dilihat darisegiprofitbalitas. Pengguna Khusus c. Ukuran dan pertumbuhan segmen seperti data tentang usia nasabah. Sasaran dan sumber daya bank dengan memperhatikan energi yang dimiliki bank. c. maka diperoleh beberapa segmen yang diinginkan. Untuk meminjam seperti pegadaian. kemudian memilih salah satu dari segmen pasar atau lebih untuk dilayani. Pemasaran serba sama. Besarnya Pesanan Dalam segmentasi pasar.b. kesetiaan 5. Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi : 1. factor situasional seperti : a. baik untuk pasar konsumen maupun pasar industri bank dapat memilih beberapa variabel sekaligus Menetapkan pasar sasaran Setelah melakukan segmentasi pasar. Misalnya dari lembaga keuangan lainnya. pendapatan. Urgensi b. Evaluasi segmen pasar yang meliputi a. yaitu menentukan satu atau lebih segmen yang memiliki nilai tinggi bagi perusahaan menentukan segmen mana dan beberapa banyak yang dapat dilayani. sikap terhadap resiko c. Pemilihan segmen dapat dilakukan dengan cara : a. tujuan atau keperibadian c. jenis kelamin. merancang tawaran untuk semua pendapatan. 2. b. Menetapkan pasar sasaran artinya mengevaluasi keaktifan setiap segmen. Yaitu ketersediaan sumber daya manusia termasuk keterampilan yang dimiliki. Menetapkan pasar sesaran dengan cara mengembangkan ukuran-ukuran dan daya tarik segmen kemudian memilih sasaran. Pemasaran terpadu. Melayani semua pasar dan tawaran pasar dalam arti tidak ada perbedaan b.khusus untuk sumberdaya manusia yang terbatas Menentukan posisi pasar ( market Positioning) . Pemasaran serba aneka. Memilih segmen.

Strategi penentuan posisi pasar dapat dilakukan sebagai berikut : 1. Atas dasar atribut yaitu bunga rendah atau tinggi baik untuk simpanan maupub pinjaman. Menurut kelas pengguna. 6. 4. yaitu menentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar. Product Price Place Promotion People Physical Evidence Process Dalam rangka memenangkan persaingan antara bank dalam menjalankan bauran pemasarannya dapat dilakukan berbaga strategi. ketepatan penggunaan strategi bauran pemasaran jasa suatu bank ditentukan antara lain melalui kualitas jasa yang ditawarkan. 2. Marketing mix (bauran pemasaran) merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terpadu. tabungan untuk umum atau tabungan Haji.kegiatan ini dilakukan Untuk menentukan posisi pasar janganlah dilakukan secara sembarangan. 3. Kotler menyebutkan konsep bauran pemasaran terdiri dari empat P. 7. yaitu : 1. 5. tetapi perlu dilakukan strategi yang benar. 3. simpanan sebagai kas atau tempat mengamankan uang. Artinya kegiatan ini dilakukan secara bersamaan di antara elemen-elemen yang ada dalam marketing mix itu sendiri. kami nomor satu atau yang terbaik. Keberhasilan faktor ini dapat diukur melalui hal-hal berikut : . 5.Menentukan posisi pasar. 4. yaitu : 1. 3. 2. Langsung menghadapi pesaing. 2. Product Price Place Promotion Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penggunaan konsep bauran untuk produk jasa jika digabungkan menjadi tujuh P. Kelas produk kredit ekonomi lemah atau kredit ekonomi kuat. Akan tetapi. 4. Kesempatan penggunaan. sehingga posisi pasar yang diinginkan tepat pada sasarannya.

2. yang brkualitas mencakup kecepatan layanan karyawan dan dukungan institusi pada karyawan. dll. Assurance Artinya. 4. Responsivenes Artinya. jasa yang brkualitas mencakup kemudahan komunikasidan pemahaman terhaddap kebutuhan pelanggan. 2. akurasi catatan nasabah dan kepercayaan nasabah kepada karyawan.1. . yaitu sebagai berikut : 1. yang brkualitas mencakup janji institusi kepada pelanggan. jasa yang berkualitas meliputi kepercayaan kepada institusi. jasa yang berkualitas dilihat dari fasilitas fisik seperti gedng kantor. Jasa yang diharapkan pelanggan. Artinya apa yang diterima nasabah pada saat menerima atau membeli jasa yang ditawarkan bank. Emphaty Artinya. dll. Artinya apa yang diraasakan nasabah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan terhadap jasa yang dibelinya. Menurut beberapa ahli pemasaran paling tidak ada lima unsur yang menentukan kualitas jasa. dan kepastian jasa yang diberikan. keamanan bertransaksi. kewajaran yang ditawarkan. sepertisikap. penetapan waktu operasi. pakaian. 5. penetapan waktu pemberian jasa. Kualitas jasa yang dirasakan pelanggan. Tangible Artinya. kesedian membantu nasabah. Reliability Artinya. 3. ruangan.

MANAJEMEN PERBANKAN PEMASARAN BANK D I S U S U N OLEH : KELOMPOK 9: .

FAHMI FIRMANSYAH 3.1.EMIR HUDAYA 2. B (160521082) 6.RIZKY UNDIP.HARIYADI TARIGAN (160521074) (160521076) (160521077) 4. P (160521084) .RIZKY PARULIAN.NOVRIAN SYAHPUTRA (160521081) 5.