You are on page 1of 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
PENCEMARAN LINGKUNGAN
Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/ Semester
Alokasi Waktu
Materi Pokok

: SMP/ MTs
: IPA Terpadu
: VII/ 2
: 2 x 40 menit
: Pencemaran Lingkungan (Pertemuan pertama)

A. Kompetensi Dasar
3.8. Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
4.8. Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya
berdasarkan hasil pengamatan.
B. Indikator
3.8.1. Mendeskripsikan pengertian pencemaran lingkungan
3.8.2. Menganalisis bagaimana ciri-ciri lingkungan yang tercemar
3.8.3. Mengidentifikasi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan
3.8.4. Mengidentifikasi macam-macam pencemaran lingkungan
4.8.1 Melakukan kegiatan pengamatan mengukur pH air yang tercemar
C. Tujuan Pembelajaran
3.8.1.1. Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian pencemaran lingkungan secara tepat
setelah melakukan pengamatan terhadap video dan artikel terkait pencemaran
lingkungan
3.8.2.1. Peserta didik dapat menganalisis tentang ciri-ciri lingkungan yang tercemar dengan tepat
setelah melakukan penyelidikan mengenai lingkungan yang tercemar
3.8.3.1. Peserta didik dapat mengidentifikasikan penyebab terjadinya pencemaran lingkungan
dengan benar setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tentang pencemaran lingkungan
3.8.4.1. Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam pencemaran lingkungan dengan
tepat setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tentang pencemaran lingkungan
4.8.1.1. Peserta didik terampil dalam melakukan pengamatan pengukuran pH air yang tercemar
dengan panduan LKPD Kegiatan 1
D. Materi Pembelajaran
Faktual
 Kebakaran hutan menyebabkan asap pekatnya mencemari lingkungan
 Pemakaian pestisida yang berlebihan menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan, dsb.
 Zat pewarna sasirangan dapat menyebabkan pencemaran pada air sungai
Konseptual
 Pencemaran lingkungan adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, dan/ atau komponen
lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia
 Pencemaran lingkungan terjadi akibat dari kumpulan kegiatan manusia serta faktor alam.
 Zat yang dapat mencemari lingkungan dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk
hidup disebut polutan
 Suatu zat dikatakan sebagai polutan jika kadarnya melebihi batas normal, berada pada waktu
dan tempat yang tidak tepat.
 Pencemaran ada beberapa macam, yaitu pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran
tanah, serta pencemaran suara.

diskusi. gambar/ diagram. Peserta didik dapat mempertimbangkan kegiatan 1 dalam LKPD (mengumpulkan data) Tahap 5. Misalnya: “Apa penyebab terjadinya pencemaran?” “Bagaimana mengetahui ciri-ciri lingkungan yang tercemar?” (Menanya) Pendapat semua peserta didik ditampung. membaca literatur dan artikel yang terkait E. Mengumpulkan Data sebagai Bahan Pembuktian Alternatif Strategi  Peserta didik dibimbing melakukan studi kasus dalam mencari data/ informasi/ fakta-fakta terkait permasalahan dan menyusun serta menyajikan data dalam bentuk tabel. (mengasosiasi) Alokasi Waktu 10 menit 55 menit . Model dan Metode Pembelajaran Model : Problem Solving Learning Metode : studi kasus. Pembuktian Alternatif Strategi Berpikir reflektif (reasoming)  Peserta dibimbing oleh guru menerapkan alternatif strategi yang telah dipilih dengan mempertimbangkan secara kritis dan selektif strategi berbagai alternatif yang telah dirumuskan. observasi F. “Bagaimana cara menentukan ciriciri suatu lingkungan tercemar” menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk menganalisis masalah tersebut dari berbagai sudut Tahap 3. Menelaah Masalah Berpikir reflektif (responding)  Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan sebab akibat timbulnya permasalahan yang sudah dirumuskan. Tahap 4. Merumuskan Alternatif Strategi Berpikir reflektif (relating)  Peserta didik dalam diskusi kelompoknya dibimbing untuk menemukan berbagai alternatif tentang cara penyelesaian masalah.Prosedural Prosedur dalam melakukan kegiatan penyelidikan:  Melakukan pengamatan (mengumpulkan data)  Menganalisis data  Mengkomunikasikan Metakognitif Strategi belajar untuk meningkatkan pemahaman mengenai materi pencemaran lingkungan ini adalah dengan cara studi kasus. Merumuskan masalah Berpikir reflektif (reporting)  Peserta didik disajikan video pembelajaran mengenai fakta-fakta tentang pencemaran lingkungan serta diminta mengamati dan membaca teks bacaan mengenai permasalahan pencemaran lingkungan (mengamati) Peserta didik dipandu agar dapat merumuskan permasalahan dengan menggunakan kalimat tanya sederhana. Kegiatan Belajar Mengajar Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan  Guru membuka pembelajaran dengan mengucakan salam dan mengajak peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran  Guru mengecek kehadiran dan kesiapan belajar peserta didik  Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai garis besar tujuan dan kompetensi pembelajaran yang harus dikuasai Tahap 1. kemudian bersama-sama ditinjau kembali dengan cara meminta penjelasan dari masing-masing yang bersangkutan agar diperoleh rumusan masalah yang paling relevan Inti Tahap 2.

Papan tulis dan LCD 3. Penilaian Hasil Belajar LP 1. 2016. Buku Siswa.Wahono dkk. Kepala SMP/ MTs ( NIP: ) ( NIP. PPt materi Pencemaran Lingkungan 4. 2014. Video mengenai pencemaran lingkungan sekitar 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. . Lembar Pengamatan Psikomotor I. Alat dan bahan pengamatan H. 2016 ) . E. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Mengetahui. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Widodo. Daftar Pustaka Kosasih. Media Pembelajaran 1. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII.Penutup Tahap 6.Wahono dkk. Menentukan Pilihan Penyelesaian Berpikir reflektif (reconstruction)  Peserta didik dibimbing oleh guru untuk mengevaluasi (menilai) keberhasilan strategi yang telah dipilih  Peserta didik diajak untuk melakukan elaborasi lanjutan tentang istilah polutan dan macam-macam pencemaran lingkungan  Peserta didik diajak untuk menyimpulkan materi pembelajaran hari ini  Pembelajaran ditutup oleh guru dengan mengucapkan salam 15 menit G. Bandung: Yrama Widya Widodo. Produk LP 2.

Membedakan antara pengaruh air yang jernih dan yang tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan 3. dan pupuk organik yang berlebihan mengakibatkan juga terjadi pencemaran pada air  Air yang tercemar dapat mempercepat perkaratan pada besi  Air yang tercemar mengakibatkan kualitas lingkungan menurun.8.8.2. Peserta didik dapat membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengatasi dan mengurangi pencemaran air setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tentang pencemaran air 4.8. Materi Pembelajaran Faktual  Air limbah industri yang tidak dikelola dengan baik menyebabkan pencemaran air  Kebiasaan membuang sampah rumah tangga ke sungai dapat menyebabkan pencemaran pada air sungai  Pemakaian insektisida.1. Menjelaskan pengertian pencemaran air 3. Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.8.1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pencemaran air dengan tepat setelah melakukan pengamatan terhadap video dan artikel terkait pencemaran air 3.5.8.8.8.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENCEMARAN LINGKUNGAN Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu Materi Pokok : SMP/ MTs : IPA Terpadu : VII/ 2 : 3 x 40 menit : Pencemaran Air (Pertemuan kedua) A.8.8. Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengatasi dan mengurangi pencemaran air 4. B.2.6. gangguan kesehatan. Peserta didik dapat menganalisis bagaimana cara pengelolan limbah rumah tangga agar tidak mencemari air secara tepat setelah melakukan kegiatan studi kasus terhadap wilayah yang tercemar airnya.7.8.8. mengganggu pemandangan serta mempercepat proses kerusakan benda . Menyelidiki pengaruh air yang jernih dan yang tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan C. 3.8. Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem 4.6.1.1. Menganalisis bagaimana cara yang tepat dalam pengelolaan limbah rumah tangga agar tidak mencemari air 3. herbisida. pemekatan hayati. Indikator 3.5. Kompetensi Dasar 3.8. Peserta didik terampil dalam menyelidiki pengaruh air yang jernih dan yang tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan dipandu kegiatan 2 dalam LKPD D. Tujuan Pembelajaran 3. Peserta didik dapat membedakan antara pengaruh air yang jernih dan yang tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan dengan tepat setelah melakukan kegiatan 2 penyelidikan dalam LKPD 3.1.7.8.

pengelolaan excrexta. baik warna. reduce. kemudian bersama-sama ditinjau kembali dengan cara meminta penjelasan dari masing-masing yang bersangkutan agar diperoleh rumusan masalah yang paling relevan Inti Tahap 2. bau. diantaranya: pembuatan kolam stabilisasi. membaca literatur dan artikel yang terkait E. zat. serta memerhatikan estetika dan lingkungan. Kegiatan Belajar Mengajar Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan  Guru membuka pembelajaran dengan mengucakan salam dan mengajak peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran  Guru mengecek kehadiran dan kesiapan belajar peserta didik  Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai garis besar tujuan dan kompetensi pembelajaran yang harus dikuasai Tahap 1. observasi F. Merumuskan masalah Berpikir reflektif (reporting)  Peserta didik diminta mengamati video dan membaca teks bacaan mengenai peristiwa pencemaran air yang disebabkan limbah rumah tangga (limbah organic maupun yang anorganik) (mengamati) Peserta didik dipandu agar dapat merumuskan permasalahan dengan menggunakan kalimat tanya sederhana. Misalnya: “bagaimana dampak limbah rumah tangga terhadap keadaan air?” “Bagaimana cara yang tepat agar limbah rumah tangga tidak mencemari air?” “Bagaimana cara mencegah atau mengurangi pencemaran air akibat limbah rumah tangga?” (Menanya) Pendapat semua peserta didik ditampung. dan/ atau komponen lain ke dalam air.  Pengolahan limbah bertujuan untuk menetralkan air dari bahan-bahan tersuspensi dan terapung. sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi sesuai peruntukannya.  Air dikatakan tercemar jika sudah mengalami perubahan/ penyimpangan dari sifat normalnya. instalasi pengolahan air limbah. serta menggunakan prinsip 4R (Recycle. Menelaah Masalah Berpikir reflektif (responding) Alokasi Waktu 15 menit 90 menit .Konseptual  Pencemaran air adalah masuknya makhluk hidup. diskusi. repair) dalam pengelolaan limbah rumah tangga Prosedural Prosedur dalam melakukan kegiatan penyelidikan:  Melakukan pengamatan (mengumpulkan data)  Menganalisis data  Mengkomunikasikan Metakognitif Strategi belajar untuk meningkatkan pemahaman mengenai materi pencemaran lingkungan ini adalah dengan cara studi kasus. maupun rasanya. reuse. meminimalkan bakteri patogen. energi. derajat keasaman (pH). Model dan Metode Pembelajaran Model : Problem Solving Learning Metode : studi kasus.  Cara penanggulangan pencemaran air. menguraikan bahan organik biodegradble.

Mengumpulkan Data sebagai Bahan Pembuktian Alternatif Strategi  Peserta didik dibimbing melakukan studi kasus dalam mencari data/ informasi/ fakta-fakta terkait permasalahan dan menyusun serta menyajikan data dalam bentuk tabel. Papan tulis dan LCD 3. .Wahono dkk. Media Pembelajaran 1. 2016. Tahap 4. Video mengenai pencemaran air 2. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. 2014. 2016.Wahono dkk. Lembar Pengamatan Psikomotor I. Produk LP 2. PPt materi Pencemaran Lingkungan 4. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Merumuskan Alternatif Strategi Berpikir reflektif (relating)  Peserta didik dalam diskusi kelompoknya dibimbing untuk menemukan berbagai alternatif tentang cara penyelesaian masalah. E. Menentukan Pilihan Penyelesaian Berpikir reflektif (reconstruction)  Peserta didik dibimbing oleh guru untuk mengevaluasi (menilai) keberhasilan strategi yang telah dipilih  Peserta didik diajak untuk melakukan elaborasi lanjutan mengenai dampak pencemaran air  Peserta didik diajak untuk menyimpulkan materi pembelajaran hari ini  Peserta didik diminta secara berkelompok melakukan penyelidikan terkait pencemaran udara untuk bahan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya  Pembelajaran ditutup oleh guru dengan mengucapkan salam 15 menit G. Alat dan bahan pengamatan H. gambar/ diagram. Pembuktian Alternatif Strategi Berpikir reflektif (reasoning)  Peserta dibimbing oleh guru menerapkan alternatif strategi yang telah dipilih dengan mempertimbangkan secara kritis dan selektif strategi berbagai alternatif yang telah dirumuskan. Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Mengetahui. (mengasosiasi) Penutup Tahap 6. Bandung: Yrama Widya Widodo. Daftar Pustaka Kosasih. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penilaian Hasil Belajar LP 1. Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan sebab akibat timbulnya permasalahan yang sudah dirumuskan. “bagaimana cara yang tepat mengelola limbah rumah tangga agar tidak mencemari air” menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk menganalisis masalah tersebut dari berbagai sudut Tahap 3. Buku Siswa. Peserta didik dapat mempertimbangkan kegiatan 2 dalam LKPD (mengumpulkan data) Tahap 5. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Widodo. Kepala SMP/ MTs ( NIP: ) ( NIP. 2016 ) .

serta rusaknya lapisan ozon Prosedural . Peserta didik terampil dalam menyelidiki perbedaan udara yang tercemar dengan udara yang tidak tercemar dipandu kegiatan 3 dalam LKPD D. maupun biologi dalam jumlah yang memberikan dampak bagi kesehatan manusia.10. Peserta didik dapat menganalisis perbedaan udara yang tercemar dengan udara yang tidak tercemar setelah mengikuti kegiatan 3 penyelidikan dalam LKPD 4.9.  Pencemaran udara dapat disebabkan karena aktivitas alam maupun aktivitas manusia  Pencemaran udara dapat berdampak pada kesehatan.3.3. Materi Pembelajaran Faktual  Udara mengandung berbagai senyawa dalam bentuk gas  Atmosfer bumi terdiri atas senyawa oksigen sebesar 20%  Hasil pembakaran menghasilkan senyawa karbon (CO2 dan CO) yang akan dibuang ke udara  Asap hasil pembakaran dapat menyebabkan pencemaran udara  Debu dalam kuantitas yang tidak normal juga dapat menyebabkan pencemaran udara Konseptual  Pencemaran udara didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana udara mengandung senyawasenyawa kimia atau substansi fisik. kerusakan pada tanaman. B.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENCEMARAN LINGKUNGAN Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu Materi Pokok : SMP/ MTs : IPA Terpadu : VII/ 2 : 3 x 40 menit : Pencemaran Udara (Pertemuan ketiga) A. Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab pencemaran udara setelah melakukan kegiatan 3 penyelidikan dalam LKPD 3. Indikator 3. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pencemaran udara dengan tepat setelah melakukan pengamatan terhadap video dan artikel terkait pencemaran udara 3. hewan.12.1.8.12.8. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab pencemaran udara 3.9. Menganalisis perbedaan udara yang tercemar dengan udara yang tidak tercemar 4.8.1.8.8. Tujuan Pembelajaran 3.8.11.11. Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem 4. 3.1. Kompetensi Dasar 3. Peserta didik dapat menjelaskan dampak pencemaran udara secara tepat setelah melakukan kegiatan studi kasus terhadap wilayah yang tercemar udaranya. Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.10.8.8.8.1. Menyelidiki perbedaan udara yang tercemar dengan udara yang tidak tercemar C. Menjelaskan pengertian pencemaran udara 3.8. Menjelaskan dampak pencemaran udara 3.8. keindahan serta kenyamanan alam. efek rumah kaca.1. maupun tumbuhan.8.

Prosedur dalam melakukan kegiatan penyelidikan:  Melakukan pengamatan (mengumpulkan data)  Menganalisis data  Mengkomunikasikan Metakognitif Strategi belajar untuk meningkatkan pemahaman mengenai materi pencemaran lingkungan ini adalah dengan cara studi kasus. Kegiatan Belajar Mengajar Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan  Guru membuka pembelajaran dengan mengucakan salam dan mengajak peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran  Guru mengecek kehadiran dan kesiapan belajar peserta didik  Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai garis besar tujuan dan kompetensi pembelajaran yang harus dikuasai Tahap 1. gambar/ diagram. “bagaimana perbedaan antara udara yang yang tercemar dengan yang tidak?” menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk menganalisis masalah tersebut dari berbagai sudut Tahap 3. Mengumpulkan Data sebagai Bahan Pembuktian Alternatif Strategi  Peserta didik dibimbing melakukan studi kasus dalam mencari data/ informasi/ fakta-fakta terkait permasalahan dan menyusun serta menyajikan data dalam bentuk tabel. Model dan Metode Pembelajaran Model : Problem Solving Learning Metode : studi kasus. observasi F. Pembuktian Alternatif Strategi Berpikir reflektif (reasoning)  Peserta dibimbing oleh guru menerapkan alternatif strategi yang telah dipilih dengan mempertimbangkan secara kritis dan selektif strategi berbagai alternatif yang telah dirumuskan. Menelaah Masalah Berpikir reflektif (responding)  Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan sebab akibat timbulnya permasalahan yang sudah dirumuskan. Tahap 4. Merumuskan masalah Berpikir reflektif (reporting)  Peserta didik diminta mengamati video dan membaca teks bacaan mengenai peristiwa pencemaran udara yang disebabkan oleh asap dan dampaknya bagi kesehatan (mengamati)  Peserta didik dipandu agar dapat merumuskan permasalahan dengan menggunakan kalimat tanya sederhana. Merumuskan Alternatif Strategi Berpikir reflektif (relating)  Peserta didik dalam diskusi kelompoknya dibimbing untuk menemukan berbagai alternatif tentang cara penyelesaian masalah. membaca literatur dan artikel yang terkait E. kemudian bersama-sama ditinjau kembali dengan cara meminta penjelasan dari masing-masing yang bersangkutan agar diperoleh rumusan masalah yang paling relevan Inti Tahap 2. Peserta didik dapat mempertimbangkan kegiatan 3 dalam LKPD (mengumpulkan data) Tahap 5. Misalnya: “bagaimanakah perbedaan antara udara yang tercemar dengan yang tidak tercemar” “Bagaimana cara mengurangi pencemaran udara?” (Menanya) Pendapat semua peserta didik ditampung. Penutup Tahap 6. diskusi. Menentukan Pilihan Penyelesaian Berpikir reflektif (reconstruction) Alokasi Waktu 15 menit 90 menit 15 menit .

Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. PPt materi Pencemaran Lingkungan 4. E. Produk LP 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Media Pembelajaran 1. Bandung: Yrama Widya Widodo. Daftar Pustaka Kosasih. 2016 ) . Kepala SMP/ MTs ( NIP: ) ( NIP. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. 2014. 2016.    Peserta didik dibimbing oleh guru untuk mengevaluasi (menilai) keberhasilan strategi yang telah dipilih Peserta didik diajak untuk melakukan elaborasi lanjutan mengenai dampak pencemaran udara Peserta didik diajak untuk menyimpulkan materi pembelajaran hari ini Pembelajaran ditutup oleh guru dengan mengucapkan salam G. Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Mengetahui. Video mengenai pencemaran air 2. Alat dan bahan pengamatan H. Penilaian Hasil Belajar LP 1. . Buku Siswa.Wahono dkk. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Widodo.Wahono dkk. Lembar Pengamatan Psikomotor I. Papan tulis dan LCD 3.

B. Materi Pembelajaran Faktual  Kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri dapat menyebabkan pencemaran pada tanah  Tanah di daerah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dapat mengalami pencemaran Konseptual  Pencemaran tanah adalah suatu keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami.8. Menjelaskan dampak pencemaran tanah 3. Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem 4.16.8.13.8. Tujuan Pembelajaran 3.14. Peserta didik dapat mengidentifikasi apa saja sumber pencemar tanah setelah melakukan kegiatan studi kasus mengenai pencemaran tanah 3.  Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh limbah dosmetik rumah tangga.1.8.1. limbah industri. Peserta didik dapat menjelaskan dampak pencemaran tanah secara tepat setelah melakukan kegiatan studi kasus terhadap daerah tercemar tanahnya 3. Menjelaskan pengertian pencemaran tanah 3. Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.15.1. Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengurangi dampak pencemaran tanah C.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENCEMARAN LINGKUNGAN Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu Materi Pokok : SMP/ MTs : IPA Terpadu : VII/ 2 : 2 x 40 menit : Pencemaran Tanah (Pertemuan keempat) A.13. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pencemaran tanah dengan tepat setelah melakukan pengamatan terhadap video dan artikel terkait pencemaran tanah 3.8.1.8.8. dan limbah pertanian  Ada dua cara utama yang dapat dilakukan apabila tanah sudah tercemar. Peserta didik membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengurangi dampak pencemaran tanah setelah mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai pencemaran tanah D. yaitu remediasi dan bioremediasi Prosedural Prosedur dalam melakukan kegiatan penyelidikan:  Melakukan pengamatan (mengumpulkan data)  Menganalisis data  Mengkomunikasikan .15. Indikator 3.8. Kompetensi Dasar 3. Mengidentifikasi apa saja sumber pencemar tanah 3.8.8.14.16.

Merumuskan Alternatif Strategi Berpikir reflektif (relating)  Peserta didik dalam diskusi kelompoknya dibimbing untuk menemukan berbagai alternatif tentang cara penyelesaian masalah. Menelaah Masalah Berpikir reflektif (responding)  Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan sebab akibat timbulnya permasalahan yang sudah dirumuskan. gambar/ diagram. Peserta didik dapat mempertimbangkan kegiatan dalam LKPD (mengumpulkan data) Tahap 5. Merumuskan masalah Berpikir reflektif (reporting)  Peserta didik diminta mengamati video dan membaca teks bacaan mengenai peristiwa pencemaran tanah (mengamati)  Peserta didik dipandu agar dapat merumuskan permasalahan dengan menggunakan kalimat tanya sederhana. kemudian bersama-sama ditinjau kembali dengan cara meminta penjelasan dari masing-masing yang bersangkutan agar diperoleh rumusan masalah yang paling relevan Inti Tahap 2. “Apa yang menjadi sumber pencemar tanah dan bagaimana cara mengurangi pencemaran tanah?” menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk menganalisis masalah tersebut dari berbagai sudut Tahap 3. Misalnya: “apa yang menjadi sumber pencemar tanah?” “Bagaimana aktivitas warga di daerah yang tanahnya tercemar?” (Menanya) Pendapat semua peserta didik ditampung.Metakognitif Strategi belajar untuk meningkatkan pemahaman mengenai materi pencemaran lingkungan ini adalah dengan cara studi kasus. observasi F. diskusi. Tahap 4. membaca literatur dan artikel yang terkait E. Penutup Tahap 6. Kegiatan Belajar Mengajar Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan  Guru membuka pembelajaran dengan mengucakan salam dan mengajak peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran  Guru mengecek kehadiran dan kesiapan belajar peserta didik  Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai garis besar tujuan dan kompetensi pembelajaran yang harus dikuasai Tahap 1. Pembuktian Alternatif Strategi Berpikir reflektif (reasoning)  Peserta dibimbing oleh guru menerapkan alternatif strategi yang telah dipilih dengan mempertimbangkan secara kritis dan selektif strategi berbagai alternatif yang telah dirumuskan. Menentukan Pilihan Penyelesaian Berpikir reflektif (reconstruction)  Peserta didik dibimbing oleh guru untuk mengevaluasi (menilai) keberhasilan strategi yang telah dipilih  Peserta didik diajak untuk melakukan elaborasi lanjutan mengenai dampak pencemaran udara  Peserta didik diajak untuk menyimpulkan materi pembelajaran hari ini Alokasi Waktu 15 menit 90 menit 15 menit . Mengumpulkan Data sebagai Bahan Pembuktian Alternatif Strategi  Peserta didik dibimbing melakukan studi kasus dalam mencari data/ informasi/ fakta-fakta terkait permasalahan dan menyusun serta menyajikan data dalam bentuk tabel. Model dan Metode Pembelajaran Model : Problem Solving Learning Metode : studi kasus.

2016. Papan tulis dan LCD 7. Video mengenai pencemaran air 6. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013.Wahono dkk. Pembelajaran ditutup oleh guru dengan mengucapkan salam G. 2016 ) . PPt materi Pencemaran Lingkungan 8. Alat dan bahan pengamatan H. Produk LP 2. Buku Siswa. 2014. Penilaian Hasil Belajar LP 1. Bandung: Yrama Widya Widodo. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Kepala SMP/ MTs ( NIP: ) ( NIP. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. E.Wahono dkk. Media Pembelajaran 5. Lembar Pengamatan Psikomotor I. 2016. . Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Mengetahui. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Widodo. Daftar Pustaka Kosasih.