You are on page 1of 11

MAKALAH TENTANG

SISTEM OPERASI

Disusun Oleh :
Ryan Setiadi

Universitas Surakarta
2014

dan ekonomi atau niaga. Dalam segala bidang saat ini telah membutuhkan yang namanya Jaringan komputer. penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak. seperti halnya pada dunia pendidikan. Hal itulah yang menunjukan begitu pentingnya komputer dalam memudahkan kita. Karena melihat begitu pentingnya Jaringan komputer dalam kehidupan pada zaman sekarang ini. bertujuan untuk menjelaskan Hardware pembentukan Jaringan Komputer. Karanganyar. Saya selaku membuat makalah ini.KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah yang berjudul “Hardware Jaringan Komputer”. Akhir kata saya sampaikan terimakasih. kesehatan.. Dalam pembuatan makalah ini.blog dan beberapa refernsi yang telah memberi kesempatan dan memfasilitasi kepada saya sehingga makalah ini bisa selesai dengan lancar. Ryan Setiadi 1 . Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak terlepas dari teknologi khususnya komputer. Akhir kata. saya menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna untuk itu saya menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan. maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :website.

......................................................3 BAB II...................................................... LATAR BELAKANG.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................9 B............................................................................4 BAB III................ KESIMPULAN.2 BAB I.........................................10 2 ........................................ TUJUAN................................................................................................................................... KOMPONEN PERANGKAT JARINGAN.........3 1...................................................................................................................................................3 PENDAHULUAN.............................................. SARAN...................................................................................................................................................................................... KOMPONEN JARINGAN.............................1 DAFTAR ISI...................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR..............................................................................................................................................9 DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................4 PEMBAHASAN..................................................................................................................4 B.............................................4 A....................9 PENUTUP........3 2....................................................................................9 A............................

Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. TUJUAN Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui hardware yang di gunakan untuk membentuk sebuah jaringan. LATAR BELAKANG Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan. karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. dan untuk menambah wawasan tentang perangkat dan jenis-jenis hardware jaringan ( Network Nevice ) 3 . Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing).BAB I PENDAHULUAN 1. Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). 2. bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer. maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (Word Area Network).

dan lain-lain. Network Interface Card Perangkat kartu jaringan atau lan card di pasang pada setiap komputer yang akan di hubungkan ke suatu jaringan komputer. Komponen-Komponen Jaringan Komponen-komponen yang di maksud adalah hardware untuk membangun jaringan komputer itu sendiri.NIC. Komponen Perangkat Jaringan Komputer Adalah perangkat yang menunjang atau membantu dalam pengembangan sebuah jaringan . B. Konektor.Kabel.Switch. perangkat-perangkat jaringan adalah sebagai berikut: a.BAB II PEMBAHASAN A. Hub atau Concentrator Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam torpologi star.HUB. Konektor UTP (RJ-45) 4 . b. Banyak jenis network interface card namun ada beberapa hal yang perlu di ketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10/100 Mbps harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan di gunakan.komputer client. Yang di maksud hardware jaringan adalah perangkat keras yang meliputi beberapa komputer server. c.

konektor tersebut di pasang di kedua ujung dengan menggunakan peralatan khusus tang khusus UTP. Switch Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. switch hanya memperhatikan alamat 5 . Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. d. yaitu cut-through dan store and forward. Kabel UTP Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam jaringan network. Bridge Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch. e. f.Untuk menghubungkan kabel UTP di perlukan konektor RJ-45 Atau jenis Jack atau yang bentuk nya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki lebih banyak lubang kabel . Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. namun yang paling banyak dipakai pada private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP.

Bridge mengetahui tujuan ahir paket data. Cluster Control Unit Cluster Control Unit membangun hubungan antara terminal yang dikendalikannya dengan perlatan-peralatan dan jaringan. Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama. Router beroperasi pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI.tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Cluster Control Unit dapat pula mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode. h. g. Multiplexer 6 . Router hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. Router Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari. i. Alat ini memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa komputer melalui jaringan yang bebeda. sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya.).

Multiplexer adalah suatu alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan bebrpa pesan secara serentak. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun.Saat beberapa terminal harus berbagi satu saluran pada saat yang sama. Pengaturan nomor port dan protokol yang mengirim data pada modul sofware yang benar didalam host. j. Penambahan multiplexer berdampak seperti mengubah jalan satu jalur menjadi jalur bebas hambatan dengan beberapa jalur. Front-end Prosesor Front-end Processor menangani lalulintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host. multiplexer dapat ditambahkan pada tiap ujung. Front-end Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpuklkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front-end Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan 7 .

Walau kecepatan transmisi antara saluran dan front end Processor relatif lambat ( dalam banyak kasus bit-bit ditransmisikan secara serial ) kecepatan tarnsmisi front-end processor dengan host dapat berlangsung secara cepat ( beberapa bit ditransmisikan secara paralel). Pesan-pesan yang masuk ditangani dengan cara yang sama dengan data yang di terima dari unit unit jenis apapun. Host Host mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan . Jika karena suatu hal terminal penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedangan digunakan atau rusak) front-end processor dapat menyimpan pesan tersebut dalam penyimpanan sekunder dan mengirimkannya nanti. Kemampuan ini disebut simpan dan teruskan (store and forward).menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal. 8 . Setelah pemrosesan pesan dapat ditransmisikan kembali ke front-end processor untuk routing. Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari suatu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. k.

B. 9 . Saran Kita perlu mengetahui jenis-jenis perangkat jaringan komputer yang di gunakan di kehidupan sehari-hari dan untuk menambah wawasan mengenai teknologi jaringan yang sangat pesat saat ini.BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Jadi pengertian Perangkat Keras/Hardware Jaringan Komputer adalah peralatan yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lainnya dalam suatu jaringan yang bertujuan untuk berbagi data. informasi dan peralatan lainnya.

net/friskianisa/jaringan-komputer-dan-internet-fadhlina-rizkianisa14164682 10 . 2007.com/perangkat-keras-jaringan-komputer. Panduan Membangun Jaringan Komputer.Melwin. http://artikeljaringankomputer.slideshare. Ahmad.com/2013/06/macam-macam-perangkat-keras-serta.htm http://jaringannetwork.DAFTAR PUSTAKA Syafrisal.blogspot. Kuliah Umum Ilmu Komputer. Yani.com/2013/11/hardware-hardware-yang-dibutuhkan-di.html http://tukankcopas. 2003. Jakarta: Kawan Pustaka.pengantar jaringan komputer. Teknologi Jaringan Komputer.2005. Dian. Com. Jakarta: Andi Ardiansyah.html http://www.blogspot.