You are on page 1of 5

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Pokok bahasan

: Penyakit saluran pernafasan

Sub pokok bahasan

: Penyuluhan infeksi saluran pernafasan atas

Sasaran

: Ibu balita RT 02 RW 03 Kelurahan Limo Kecamatan Limo, Depok

Waktu

: Pukul 10.00 – 11.30 WIB

Tanggal

: Rabu, 03 Agustus 2016

Tempat
Penyuluh

: Musholla RT 02 RW 03 Kelurahan Limo Kecamatan Limo, Depok
: Kelompok agregat balita

A. TUJUAN
1. Tujuan Instruksional Umum
Setelah dilakukan penyuluhan selama 2 x 60 menit, sasaran mampu mengerti dan
memahami tentang ISPA
2. Tujuan Instruksional Khusus
a. Menjelaskan pengertian tentang ISPA
b. Menjelaskan macam-macam ISPA
c. Menjelaskan penyebab dan faktor ISPA
d. Menjelaskan tanda dan gejala ISPA
e. Menjelaskan lingkungan yang mempengaruhi ISPA
f. Menjelaskan upaya mengatasi ISPA

B. MATERI PENYULUHAN
1. Pengertian ISPA
2. Macam-macam ISPA
3. Penyebab dan faktor ISPA
4. Tanda dan gejala ISPA
5. Lingkungan yang mempengaruhi ISPA
6. Upaya mengatasi ISPA

C. METODE
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
D. MEDIA ALAT

LCD c. Salam pembukaan b. Menyimak memperhatikan penyuluhan dan . SETTING TEMPAT Penyuluhan dilakukan di Balai Banjar Paang Tebel. Penyebab dan faktor ISPA WAKTU 10 menit 90 menit a. Desa Peguyangan. Pengertian ISPA b. Media a. Macam-macam ISPA c. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PENYULUHAN KEGIATAN PENYULUH NO 1. Kota Denpasar F. Alat a. Sound System d. Denpasar Utara. Mengkomunikasikan tujuan 2.1. Leaflet 2. Perkenalan c. Pembukaan : a. Laptop b. Menjawab salam b. PESERTA/AUDIENS Pembukaan : a. Memperhatikan Kegiatan inti penyuluhan : Menyampaikan materi tentang: a. Meja E. Slide b. Kec. Memperhatikan c.

Menyimak putih. RENCANA EVALUASI 1. Peserta kooperatif c. dan sound system b. Memberi kesempatan keluarga untuk bertanya. LCD. Saat ceramah dan diskusi media yang digunakan adalah slide dan leaflet. Mengakhiri kegiatan penyuluhan 10 25 menit pertanyaan dengan salam. dan air 3) Kencur dan air 4) Asam jawa b. Lingkungan yang mempengaruhi ISPA f. Penutup a. materi b. c. Melakukan evaluasi penyuluhan b. kapur sirih 2) Belimbing wuluh dan memperhatikan segar. Menyimpulkan materi yang telah yang belum jelas. gula batu. Bersama penyuluh menyimpulkan didiskusikan. minyak kayu b. Mengakhiri kontrak dalam menjawab d. Evaluasi Struktur a. Upaya mengatasi ISPA Demonstrasi pembuatan obat alami 1) Air jeruk nipis. Peserta kooperatif d. Persiapan materi Materi yang digunakan dalam penyuluhan adalah dalam bentuk makalah yang disajikan secara tepat dan singkat yang disajikan pada slide dan leaflet yang dapat mempermudah ceramah. biji buah pala. Tanda dan gejala ISPA e.d. sedangkan alat yang dipakai adalah laptop. Persiapan alat atau media Media yang digunakan dalam penyuluhan ini isinya tepat dan alatnya dapat digunakan sebagaimana mestinya. . Menjawab salam G. penyuluh c. a. Menanyakan hal-hal 3. penyuluhan bawang merah.

c. b. Di dalam proses penyuluhan diharapkan terjadi interaksi yang baik antara penyuluh dengan peserta. . Kehadiran peserta diharapkan 60-80%. Jangka Panjang Meningkatkan pengetahuan sasaran mengenai pentingnya pencegahan ISPA pada balita sedini mungkin. Sasaran diharapkan tidak merasa bosan saat menerima materi dan tidak meninggalkan tempat sebelum acara ditutup. Evaluasi Proses Penyuluhan a. Jangka Pendek 1) 80% dari peserta dapat menjelaskan pengertian ISPA 2) 80% dari peserta dapat menyebutkan 2 dari 3 acam-macam ISPA 3) 80% dari peserta dapat menyebutkan 4 dari 6 penyebab dan faktor ISPA 4) 80% dari peserta dapat menyebutkan 3 dari 5 tanda dan gejala ISPA 5) 80% dari peserta dapat menyebutkan 3 dari 4 lingkungan yang mempengaruhi ISPA 6) 80% dari peserta dapat menyebutkan 3 dari 5 upaya mengatasi ISPA a. c. Persiapan undangan/ peserta penyuluhan Dalam penyuluhan tentang cara Pencegahan Diare Pada Anak ini kami mengundang: 1) Bapak / Ibu Kepala RT 02 2) Ibu-ibu balita RT 02 RW 03 Kelurahan Limo Kecamatan Limo. Evaluasi Hasil penyuluhan a. mengingat kegiatan penyuluhan akan sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan pemahaman ibu-ibu balita mengenai cara Pencegahan ISPA Pada Balita d. Depok 2. 3. Penyuluhan tentang cara Pencegahan ISPA Pada Balita diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sasaran mengerti dan memahami dari penyuluhan yang disampaikan.

Lampiran materi : 1. Lingkungan yang dapat menyebabkan ISPA a. Membersihkan langit-langit rumah e. ISPA ringan 1) Batuk 2) Pilek 3) Demam b. 2. Penyebab dan faktor pencetus ISPA a. ISPA sedang 1) Demam tinggi 2) Suara bernafas seperti mendengkur c. Membersihkan perabotan rumah dari debu c. Virus c. 5. Bakteri b. Upaya untuk mengatasi ISPA a. Membersihkan lantai rumah yang hanya di sapu. Macam-macam ISPA a. Lingkungan e. Selalu membuka ventilasi rumah tiap pagi dan sore b. Tidak merokok dan tidak membakar sampah. Jamur d. Pengertian ISPA ISPA merupakan singkatan dari infeksi saluran pernafasan akut dimana infeksi saluran pernafasan mulai dari hidungg sampai paru-paru. . Ventilasi yang kurang {jendela rumah jarang dibuka) b. Perabotan rumah yang kotor ( berdebu) d. Membersihkan lantai dengan di sapu dan di pel d. ISPA berat 1) Sakit telinga 2) Bibir atau kulit biru 3) gelisah 3. asap bekas pembakaran sampah c. Imunisasi. Status gizi f. Terdapat polusi misalnya asap rokok. 4.