You are on page 1of 12

REVIEW JURNAL

THE USEFULNESS OF LOCAL GOVERNMENT FINANCIAL
STATEMENTS FOR REGIONAL DEVELOPMENT PLANNING
PROCESS
(AN EMPIRICAL STUDY AGAINST THE HEAD OF THE DISTRICT
DEVELOPMENT PLANNING AGENCIES IN JAVA AND MADURA)
Penulis: Dwi Susanto, M.Si., Ak., CAa, Dr. Djuminah, M.Si., Ak
Oleh: Amila (15800009)
Magister Ekonomi Syariah UIN Maliki Malang
1
1

Ringkasan jurnal
Latar Belakang Penulisan Jurnal dan Kajian
Seperti yang dilakukan oleh negara-negara lain,
pemerintah Indonesia juga telah memreformasi akuntansi
sektor

publik.

pelaksanaan

Reformasi

ini

merupakan

pemerintahan

umum

akuntabilitas

keuangan

meningkatkan

bagian

dalam
sektor

dari

rangka
publik

Indonesia. Dengan demikian, krisis keuangan atau krisis
ekonomi yang dialami pemerintah Indonesia pada tahun
1998 tidak terulang. Harun (2009) mengungkapkan bahwa
krisis ekonomi merupakan salah satu faktor pendorong
bagi pemerintah Indonesia untuk mereformasi akuntansi
sektor publik. Reformasi Sektor akuntansi publik pada
dasarnya adalah migrasi dari akuntansi berbasis kas ke
akuntansi berbasis akrual.
Penerapan akuntansi akrual dalam sistem akuntansi
pemerintah Indonesia telah dimulai sejak tahun 2005.
Alasan

migrasi

akuntansi

ini

berbasis

adalah
akrual

karena
memiliki

keyakinan
keunggulan

bahwa
lebih

dibandingkan dengan akuntansi berbasis kas.
Menurut Kementerian Dalam Negeri

Pemerintah

Indonesia

Pemerintah

dan

Departemen

Keuangan

Indonesia Setelah 10 tahun untuk melakukan implementasi
1

Pertanyaan penelitian adalah apakah ada tingkat kegunaan perbedaan antara unsur-unsur LGFS dan rasio keuangan dalam proses perencanaan pembangunan daerah dan apakah tingkat kegunaan dari kelompok unsur LGFS dan rasio keuangan yang dihasilkan dari akuntansi berbasis akrual lebih tinggi 2 dari kelompok yang dihasilkan dari akuntansi berbasis kas. baik di pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Penelitian ini memfokuskan pada penggunaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LGFS) oleh pemerintah daerah karyawan dalam proses perencanaan pembangunan daerah. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kegunaan laporan keuangan pemerintah yang dihasilkan oleh sistem akuntansi akrual. Menurut Harun. diharapkan bahwa reformasi akuntansi sektor publik di Indonesia telah mencapai stadium lanjut. Semua lembaga pemerintah di Indonesia.akuntansi akrual. Dengan demikian. Metode penelitian Ide penelitian ini adalah tingkat kegunaan LGFS (Local Government Financial Statements) dapat dikaitkan dengan tingkat penggunaan LGFS. 2 . harus telah menerapkan akuntansi berbasis akrual pada tahun fiskal 2015. kegunaan LGFS untuk proses perencanaan pembangunan daerah akan diukur oleh tingkat penggunaan LGFS oleh kepala badan perencanaan pembangunan kabupaten dalam proses penyusunan rencana pembangunan daerah. Harun (2009) menunjukkan bahwa salah satu tema penelitian yang berkaitan dengan reformasi sektor publik akuntansi dalam stadium lanjut adalah mengidentifikasi pemanfaatan informasi akuntansi yang telah dihasilkan oleh akuntansi berbasis akrual.

dalam proses perencanaan pembangunan daerah. yang menjadi variabel dalam penelitian ini. analisis Chi3 Square dan analisis Mann-Whitney. Berikut kami lampirkan table hasil penelitianya: Elemen LGFS dan rasio keuangan yang dihasilkan dari akuntansi berbasis kas memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kegunaan dari kelompok elemen LGFS dan rasio 3 . ada 514 kabupaten di seluruh Indonesia. Ini berarti LRA memiliki kegunaan tertinggi di antara unsur-unsur lainnya. Analisis data yang diperoleh adalah analisis deskriptif.Unit analisis dari penelitian ini adalah kepala badan perencanaan pembangunan daerah. seberapa Kuesioner sering berisi penggunaan pemerintah daerah unsur laporan keuangan dan rasio keuangan. Sampel adalah kepala badan perencanaan pembangunan kabupaten yang terletak di pulau Jawa dan Madura sebanyak 119. Pada Desember 2014.61% (31:41) responden selalu menggunakan LRA. Pembahasan LRA (Laporan Realisasi Anggaran) adalah elemen yang paling digunakan dari LGFS. di mana 75. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengirimkan kuesioner ke ini kepala yang dipilih dari badan-badan perencanaan pertanyaan pembangunan tentang daerah.

LRA (laporan realisasi anggaran) dan REP (rasio efisiensi pendapatan) adalah elemen laporan keuangan dan rasio keuangan yang memiliki tingkat tertinggi kegunaan. untuk proses Penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam proses penyusunan rencana pembangunan daerah.keuangan yang dihasilkan dari akuntansi berbasis akrual. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa unsur-unsur laporan keuangan dan rasio keuangan yang dihasilkan dari sistem akuntansi berbasis kas memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kegunaan daripada yang dihasilkan dari sistem akuntansi berbasis akrual. disarankan pada penelitian selanjutnya untuk meneliti pemerintah daerah terkait laporan keuangan khasiatnya dengan mempelajari dokumen untuk merumuskan rencana pembangunan daerah. kegunaan laporan keuangan perencanaan pemerintah pembangunan daerah daerah. Sesuai dengan pendapat Adriani et al (2010) bahwa kegunaan dari sistem akuntansi baru yang 4 . khususnya. Seperti yang dilakukan oleh Jorge et al (2008). Table hasil penelitianya: 4 Kesimpulan Jurnal Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kegunaan akuntansi akrual dalam sistem akuntansi pemerintah Indonesia.

Pengertian Laporan Keuangan Laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi dan merupakan informasi histories. misalnya : sebagai laporan arus kas. hal. laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti. atau laporan arus dana. 2 5 materi . Dasar-dasar Akuntansi. sosial atau politik dan memberikan informasi untuk mengevaluasi akuntabilitas pengelolaan atau kinerja sebagai alternatif instrumen pendanaan pada kebijakan fiskal pemerintah yang baru di 1 Indonesia. (Jakarta: PT. laporan laba rugi. Bumi Aksara). 2002. Pembahasan jurnal Pada pembahasan penelitian jurnal diatas. catatan dan laporan lain serta 1 M. Akuntansi adalah proses pengidentifikasian.diterapkan adalah fungsi dari keakraban dan pengalaman. lili. ada kemungkinan bahwa kegunaan akuntansi akrual di Indonesia akan meningkat dari waktu ke waktu pelaksanaannya. mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk membuat pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat bagi pemakai informsi tersebut. Jadi. ulasan berikut akan lebih difokuskan pada pembahasan laporan keuangan dalam perencanaan pembangunan daerah menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan di bidang ekonomi.1 Laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK): Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca. Sadeli. dianjurkan bahwa penelitian tentang kegunaan laporan keuangan pemerintah daerah dapat dilakukan 2 dalam tahun-tahun mendatang untuk membuktikan hipotesis itu.

5 Perencanaan pembangunan daerah adalah suatu proses penyusunan tahapan kegiatan yang melibatkan 2 Ikatan Akuntansi Indonesia. 4 Mardiasmo. Akuntansi sektor publik. sosial atau politik dan memberikan informasi untuk mengevaluasi akuntabilitas pengelolaan atau kinerja. 2009. Yogyakarta. 5 Kementerian Dalam Negeri dari Pemerintah Indonesia.penjelasan yang merupakan bagian integral ari laporan keuangan. London: International Federation of Accountants. (2010). dalam laporan keuangan. (Jakarta: Penerbit Salemba Empat). Standar Akuntansi Keuangan.2 Tujuan laporan keuangan menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan dan memberikan informasi untuk mengevaluasi kinerja manajemen. IFRS: The conceptual framework for financial reporting. misal : informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga. Perencanaan Pembangunan Daerah Pembangunan daerah adalah pemanfaatan sumber daya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan sosial daerah atau kabupaten dan untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia. yang berguna digunakan 2 jika atau informasi muncul tersebut untuk benar-benar digunakan dalam pengambilan keputusan oleh pengguna yang dituju. (2009). Di samping itu juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut. 2010 6 .3 Demikian pula. 3 IASB. tujuan laporan informasi keuangan untuk pemerintah pengambilan menyediakan keputusan di bidang ekonomi.4 Informasi akuntansi.

Jakarta Salemba Empat. Perencanaan pembangunan daerah meliputi rencana jangka panjang (untuk jangka waktu 20 tahun). Hal ini didasarkan atas pertimbangan bahwa basis akrual dapat memberikan informasi keuangan yang lebih lengkap daripada basis lainnya. 2012. Konsep. Perencanaan pembangunan daerah di Indonesia menjadi kewenangan dan tanggung jawab kepala distrik yang dibantu oleh kepala badan perencanaan 3 pembangunan kabupaten atau Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).6 Penerapan basis akrual dalam penyusunan laporan keuangan telah diatur bahwa Peraturan Menteri Keuangan 6 Halim. Peraturan Pemerintah Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan Sesuai dengan amanat Undang-Undang No. Abdul. rencana jangka menengah (untuk jangka waktu 5 tahun) dan rencana jangka pendek (untuk jangka waktu 1 tahun).id/2015/01/penerapan-akuntansipemerintahan. dari Anggaran Hingga Laporan Keuangan dari Pemerintah Hingga Tempat Ibadah. Teori. 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara menyatakan bahwa pendapatan dan belanja dalam APBN dicatat menggunakan basis akrual.co.berbagai pemangku kepentingan untuk menggunakan dan mengalokasikan sumber daya yang tersedia untuk mengembangkan daerah atau kabupaten. dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik. evaluasi ketaatan terhadap peraturan. maka Pemerintah Pusat akan menerapkan akuntansi berbasis akrual. 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. (http://ikromfajarilahi.html) 7 . laporan keuangan berbasis akrual juga menyediakan informasi mengenai efisiensi kegiatan dan operasional efektivitas serta pemerintah.blogspot. Pasal 12 dan 13 UU No. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang No. Selain itu. dan Syam Kusufi.

Ini berarti pada tahun 2015 setiap entitas pelaporan dan entitas akuntansi pada pemerintah pusat akan mulai menerapkan basis akrual dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah. dinyatakan tidak berlaku mulai tanggal 1 Januari 2015. dimana Pencatatan basis kas adalah teknik pencatatan ketika transaksi terjadi dimana uang benar-benar 7 Ibid. Basis akrual digunakan untuk pengukuran aset. Akuntansi berbasis akrual merupakan international best practice dalam pengelolaan keuangan modern yang sesuai dengan prinsip New Public Management (NPM) yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan. . Satuan Kerja pada pemerintah pusat sebagai entitas akuntansi yang menjadi bagian dari Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat tentunya memegang peranan penting dalam menyediakan data dan informasi yang lengkap dan benar demi tercapainya kualitas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga dan Laporan Keuangan 4 Pemerintah Pusat.Nomor 213/PMK.8 Cash Basis merupakan salah satu konsep yang sangat penting dalam akuntansi. tanpa memperhatikan waktu kas atau setara kas diterima atau dibayarkan. dicatat. kewajiban dan ekuitas dana.7 Cash basis dan Akrual Basis Akrual Basis adalah suatu basis akuntansi di mana transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui. 8 diterima atau dikeluarkan.05/2013. dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut. 8 Ibid.

sedangkan untuk pelaporan keuangan lainnya akan menggunakan basis akrual. Tahun 2011 9 Basis Kas dan Basis Akrual.Dengan kata lain Akuntansi Cash Basis adalah basis akuntansi yang mengakui pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat kas atau setara kas diterima atau dibayar yang digunakan untuk pengakuan pendapatan. beberapa langkah yang telah dan akan dilakukan dalam rangka penerapan akuntansi berbasis akrual di Indonesia adalah sebagai berikut: Tahun 2010 :  Mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan akuntansi berbasis akrual  Menyiapkan dan menetapkan SAP berbasis akrual  Menyiapkan Rencana Implementasi SAP berbasis akrual.id/2010/04/basis-kas-dan-basis-akrual. belanja dan pembiayaan. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Hal ini berarti proses pelaporan penganggaran akan menghasilkan laporan realisasi anggaran yang tetap mengunakan basis kas. Seiring dengan penerapan basis akrual untuk pelaporan keuangan.9 5 Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual Perubahan basis akuntansi dari CTA menjadi akrual membawa dampak terhadap perubahan tahapan pencatatan dan jenis laporan keuangan yang dihasilkan.co.blogspot.html) 9 . penyusunan anggaran tetap dilakukan dengan menggunakan basis kas. (http://imanfreelance. Dalam rangka implementasi SAP berbasis akrual sebagaimana diamanatkan di dalam UU No.

tetapi Laporan Keuangan yang diberi opini oleh BPK adalah yang berbasis CTA  Konsolidasi Laporan K/L dan BUN dengan basis akrual  Evaluasi dan finalisasi sistem yang akan digunakan Tahun 2015  Penerapan implementasi penuh akuntansi berbasis akrual di Indonesia. Laporan Keuangan yang diberi opini adalah yang berbasis akrual. Perbedaan utama antara Basis Kas Menuju Akrual dengan Basis Akrual adalah pada basis pengakuan pendapatan dan biaya. Tahun 2013  Melakukan uji coba implementasi Konsolidasi LK. penyempurnaan sistem dan capacity building  Penyusunan peraturan yang berkaitan Tahun 2014  Implementasi secara paralel penerapan basis CTA dan akrual dalam Laporan Keuangan. Menyiapkan peraturan dan kebijakan untuk penerapan akuntansi berbasis akrual  Menyusun proses bisnis dan sistem akuntansi untuk penerapan akuntansi berbasis akrual Tahun 2012  Mengembangkan Sistem Akuntansi dan pedoman yang akan digunakan dalam penerapan akuntansi berbasis akrual  Melaksanakan capacity building berupa training dan sosialisasi SAP berbasis akrual kepada seluruh stakeholders yang terlibat  Mengembangkan teknologi informasi termasuk sistem aplikasi yang akan digunakan. Sebagaimana dijelaskan pengakuan 10 .

Jakarta Salemba Empat. http://ikromfajarilahi. IASB.co. dan Syam Kusufi. 2012. London: International Accountants. sementara basis akrual berdasarkan pada saat terjadinya transaksi tersebut. Konsep. Abdul. dari Anggaran Hingga Laporan Keuangan dari Pemerintah Hingga Tempat Ibadah.html. Abdul.id/2010/04/basis-kas-danbasis-akrual.blogspot. Halim. http://imanfreelance. IFRS: The conceptual framework for financial reporting.html. 10 Halim.dan pengukuran pendapatan dan biaya pada basis kas dilakukan berdasarkan masuk dan keluarnya kas. dan Syam Kusufi. tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayarkan. (2010). dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik.co. Teori.blogspot.10 DAFTAR PUSTAKA Basis Kas dan Basis Akrual.id/2015/01/penerapanakuntansi-pemerintahan. 11 Federation of . 2012.

Yogyakarta. Jakarta: PT. Sadeli. Akuntansi sektor publik. Mardiasmo. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Kementerian Dalam Negeri dari Pemerintah Indonesia. M. 2010.Ikatan Akuntansi Indonesia. Dasar-dasar Akuntansi. lili. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. (2009). Bumi Aksara. 2009. 12 .