You are on page 1of 4

FORM ANALISIS JURNAL INTERNASIONAL

Program Studi Pendidikan Fisika
FITK-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Judul

Identitas Jurnal yang di analisis
: An Image Based Leaf Rust Disease

Dosen :
Taufiq AlFarizi, M.Pfis.

Detection
Sumber

Technique Of Wheat Plant: A New Approach
: http://www.bitm.org.in/Journal_2016.pdf,

online/offline
Penulis / peneliti

hal. 67 - 71
: Soumen Bhowmik, Amit Gupta, Soumya

Penganalisis:

Tahun penerbitan

Mukherjee, Subrata Kumar Mandal
: 2016, ISSN 0974 - 9527

Adnavi Ulfa

jurnal
Penerbit Jurnal

NIM : 1113016300016
: Bengal Institute of Technology &
Management, Santiniketan
International Journal BITM Transaction on
EECC

A. Latar belakang
Sepertiga ekonomi nasional bersumber dari penjualan domestik produksi di bidang agrikultur,
terutama pada tanaman hasil tani. Hasil tani diharapkan membuahkan hasil yang baik agar dapat
meningkatkan atau mepertahankan nilai produksi. Sehingga penyakit pada tanaman hasil tani
menjadi kasus yang penting yang perlu diperhatikan oleh para petani. Perlunya suatu pencegahan
dini dengan mengetahui apakah bibit yang ditanam akan menghasilkan hasil yang berpenyakit atau
tidak. Pada penelitian ini adalah sebuah detektor penyakit tanaman padi yang bisa diakses
menggunakan aplikasi di android.
B. Fokus Penelitian/Rumusan Masalah
Mengetahui bagaimana cara kerja dari detektor penyakit tanaman hasil tani menggunakan gambar
tanaman yang diambil dan diidentifikasi menggunakan fitur aplikasi android.

C. Kajian Teori

daun rusak (leaf blight). Penyakit pada tanaman hasil tani dapat mempengaruhi baiknya - kualitas dan kuantitas. Heeb Al Bashish. dkk. (3) klasifikasi - penyakit daun anggur. Kshirsagar mengidentifikasi penyakit pada daun kapas dengan menggunakan bantuan 22 warna dan bentuk berdasarkan fitur dan konsep SVM. penyakit rust (rusak dan menghasilkan warna) adalah leaf brown rust merupakan salah satu penyakit yang paling merusak. foot rot. mengingat hasil produksi yang banyak. sudah mendiskusikan diagnosa penyakit pada daun anggur berdasarkan 3 bagian.Rothe dan Dr. A. dan berhasil hingga 90%. Deteksi bintik hitam atau penyakit jamur menggunakan sistem berbasis Eagen sudah dilakukan oleh Ajay A. akar utama busuk (common root rot). India mendapatkan posisi negara yang paling banyak dalam memproduksi gandum.V. Namun. hal ini tentu membutuhkan banyak tenaga dan menghabiskan banyak waktu. (1) esktraks warna daun anggur dari latar belakang kompleks. pola dan beberapa alat kalasifikasi automatis. sekitar 95000 ribu ton metrik pada tahun 2014. Meunkaewjinda. Banyak cara yang diusulkan untuk mendeteksi penyakit pada tanaman hasil tani dan mengurapi penyakit seperti pendeteksian - berdasarkan gambar. D. Gejala yang tampak adalah terdapat bintil kemerahan pada bagian permukaan atas daun.Kajian Teori Penyakit tanaman yang paling sering terjadi pada tanaman gandum di antaranya. (2) mengekstrak warna penyakit daun anggur.R. Tushar H Jaware. Biasanya para ahli menggunakan mata telajang untuk mendeteksi perubahan pada warna daun dan gejala lainya seperti perubahan bentuk. memakai jaringan saraf untuk mendeteksi penyakit daun dengan pengenalan segmen gambar menggunakan teknik statistik K-means dan mencaai keberhasilan - hingga 93%. dan lain – lain. Penelitian Terkait - Hasil tani yang banyak dibudidayakan adalah gandum. mengembangkan cara cepat untuk deteksi dan klasifikasi penyakit tanaman berdasarkan gambar RGB dengan membuat struktur transformasi warna dari gambar - daun RGB. dkk. perubahan tekstur dan lainnya dalam mengidentifikasi penyait tanaman. dkk. jamur bintik seperti kapas (cottony snow mold). Namun. P. Metode Penelitian . di antaranya. R. Sejak adanya Green Revolution.

Pada analyzing part. Tanaman didaptkan dari institut penelitian agrikultur E. Fitur seperti matriks peluang kejadian. gambar – gambar tanaman gandum dikumpulkan dari institut penelitian agrikultur. Pengiriman gambar menggunakan data mobile GPRS. entropi hasil ekstrak dipilih menggunakan metode trial and error. I byte = 8 bit sehingga juga dikalkulasikan sekitar 448. (a) bebas penyakit. learning part dan analyzing phase part Pada learning part. F. masuk dalam proses pre – processing yaitu gambar dikonversikan ke dalam level warna abu – abu. Sistem ini dapat mentransmisikan mulai dari 56 kbps (kilo-byte per second) hingga 115 kbps. Gambar – gambar itu dipelajari dan diteliti. Hasilnya akan terdapat dua tipe gambar. Kesimpulan Keuntungan dari alat ini adalah tidak memakan waktu yang lama. standar deviasi. setelah gambar diterima. Hasil Penelitian / Temuan dan Pembahasan Cara Kerja dalam aplikasi ini terdapat dua bagian.000 bit – 920.Metode yang diusulkan dalam penelitian ini adalah menggunakan foto dan memasukkan dalam Aplikasi Android kemudian mengirimkan gambar kepada server sistem ahli untuk mendapatkan hasilnya. level warna merah. (b) menderita penyakit. varians. mean. Kesimpulan dari penganalisis. Kemudian dihitung rasio luas daun yang terinfeksi dari daun gandum dibandingkan dengan data daun gandum yang sehat dan dihasilkan nilainya. Paket switch menggunakan teori aplikasi dari teori fisika modern bahwa gelombang dapat bersifat . energi. bisa diakses oleh semua orang dimanapun dan kapanpun. Paket switch merupakan sebuah sistem dimana data yang akan ditransmisi dibagi menjadi bagian-bagian kecil lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data. level warna biru dan level warna hijau. bahwa kemajuan teknologi memudahkan dalam melakukan pekerjaan manusia. GPRS ( General Package Radio Service) komunikasi data dan suara yang menggunakan terapan gelombang radio sistem paket switch.000 data per detik yang dapat diakses.

youtube.sebagai partikel dengan membentuk paket – paket yang disebut kuanta.youtube.com/watch?v=0g-UFpdMi-w https://www. Link video terkait: https://www.com/watch?v=89tULyOLLWU .