You are on page 1of 16

1.

Sejarah Asuransi di Dunia
Sekitar tahun 2250 SM bangsa Babylonia hidup di daerah lembah sungai
Euphrat dan Tigris (sekarang menjadi wilayah Irak), pada waktu itu apabila
seorang pemilik kapal memerlukan dana untuk mengoperasikan kapalnya
atau melakukan suatu usaha dagang, ia dapat meminjam uang dari seorang
saudagar (Kreditur) dengan menggunakan kapalnya sebagai jaminan dengan
perjanjian bahwa si Pemilik kapal dibebaskan dari pembayaran hutangnya
apabila kapal tersebut selamat sampai tujuan, di samping sejumlah uang
sebagai imbalan atas risiko yang telah dipikul oleh pemberi pinjaman.
Tambahan biaya ini dapat dianggap sama dengan “uang premi” yang dikenal
pada asuransi sekarang. Di samping kapal yang dijadikan barang jaminan,
dapat pula dipakai sebagai jaminan berupa barang-barang muatan (Cargo).
Transaksi seperti ini disebut “RESPONDENT/A CONTRACT”.
2. Sejarah Asuransi Di Indonesia
Bisnis asuransi masuk ke Indonesia pada waktu penjajahan Belanda dan
negara kita pada waktu itu disebut Nederlands Indie. Keberadaan asuransi di
negeri kita ini sebagai akibat berhasilnya Bangsa Belanda dalam sektor
perkebunan dan perdagangan di negeri jajahannya.
Untuk menjamin kelangsungan usahanya, maka adanya asuransi mutlak
diperlukan. Dengan demikian usaha pera.suransian di Indonesia dapat dibagi
dalam dua kurun waktu, yakni zaman penjajahan sampai tahun 1942 dan
zaman sesudah Perang Dunia II atau zaman kemerdekaan. Pada waktu
pendudukan bala tentara Jepang selama kurang lebih tiga setengah tahun,
hampir tidak mencatat sejarah perkembangan. Perusahaan-perusahaan
asuransi yang ada di Hindia Belanda pada zaman penjajahan itu adalah :
Perusahaan-perusahaan yang didirikan oleh orang Belanda.
Perusahaan-perusahaan yang merupakan Kantor Cabang dari Perusahaan
Asuransi yang berkantor pusat di Belanda, Inggris dan di negeri lainnya.
Dengan sistem monopoli yang dijalankan di Hindia Belanda,
perkembangan asuransi kerugian di Hindia Belanda terbatas pada kegiatan
dagang dan kepentingan bangsa Belanda, Inggris, dan bangsa Eropa lainnya.
Manfaat dan peranan asuransi belum dikenal oleh masyarakat, lebih-lebih
oleh masyarakat pribumi.
Jenis asuransi yang telah diperkenalkan di Hindia Belanda pada waktu itu
masih sangat terbatas dan sebagian besar terdiri dari asuransi kebakaran
dan pengangkutan. Asuransi kendaraan bermotor masih belum memegang
peran, karena jumlah kendaraan bermotor masih sangat sedikit dan hanya
dimiliki oleh Bangsa Belanda dan Bangsa Asing lainnya. Pada zaman
penjajahan tidak tercatat adanya perusahaan asuransi kerugian satupun.

perusahaan asuransi milik Belanda dan Inggris.Asuransi jiwa dapat diadakan selama hidup atau selama jangka waktu tertentu yang dtetapkan dalam perjanjian. Pengertian Asuransi bila di tinjau dari segi hukum merupakan asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara 2 (dua) pihak atau lebih dimana pihak tertanggung mengikat diri kepada penanggung.Kata asuransi berasal dari bahasa Inggris. “Asuransi adalah suatu perjanjian dimana seseorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung dengan menerima suatu premi. yaitu usaha asuransi dan usaha penunjang usaha asuransi.Penanggung dengan menerima premi memberikan pembayaran. insurance. kerusakan. atau untuk memberi pembayaran atas meninggal atau hidupnya seseorang yang di pertanggungkan. asuransi jiwa bahkan dapat diadakan untuk kepentingan pihak ketiga. kerusakan atau kehilangan keuntungan yang di harapkan atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan di derita tertanggung karena suatu peristiwa yang tidak pasti. dengan menerima premi-premi Asuransi untuk memberi penggantian kepada tertanggung karena kerugian. atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang taktentu.Istilah perasuransian berasal kata “asuransi” yang berarti pertanggungan atau perlindungan atas suatu objek dari ancaman bahaya yang menimbulkan kerugian. Jiwa seseorang dapat diasuransikan untuk keperluan orang yang berkepentingan.” Selain dalam KUHD pasal 246. terutama karena ditutupnya pemsahaan.Orang yang berkepentingan dapat mengadakan asuransi itu bahkan tanpa diketahui atau persetujuan orang yang diasuransikan jiwanya. untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian. dan secara aspek hukum telah dituangkan dalam Kitab Undang Hukum Dagang (KUHD) pasal 246.Dalam pengertian “perasuransian” selalu meliputi dua jenis kegiatan. baik untuk selama hidupnya maupun untuk waktu yang ditentukan dalam perjanjian. Pihak-pihak yang mengikatkan diri secara timbal balik itu disebut penanggung dan tertanggung. 2 tahun 1992 pasal 1 disebutkan Äsuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih. dimana pihak penanggung mengikat . tanpa menyebutkan kepada orang yang ditunjuk sebagai penikmatnya.Selama terjadinya Perang Dunia II kegiatan perasuransian di Indonesia praktis terhenti. Perasuransian adalah istilah hukum (legal term) yang dipakai dalam perundang-undangan dan perusahaan peasuransian. juga dalam Undang – undang asuransi No.Jadi setiap orang dapat mengasuransikan jiwanya.Perusahaan perasuransian selalu meliputi perusahaan asuransi dan penunjang asuransi.

Mehr dan Emerson Cammack. yang mungkin akan diderita oleh yang dijamin. dalam bukunyaPrinciples of Insurance menyatakan bahwa suatu pengalihan risiko (transfer of risk) disebut asuransi. dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian. untuk menerima sejumlah uang premi sebagai pengganti kerugian. atau kehilangan keuntungan yang diharapkan. seperti dari Wirjono Prodjodikoro dalam bukunya Hukum asuransi di Indonesia memberi pengertian asuransi sebagai berikut : “suatu persetujuan dimana pihak yang menjamin berjanji kepada pihak yang dijamin. dengan kata lain terjadi perpindahan kepemilikan dana premi dari Tertanggung kepada Perusahaan Asuransi. sedangkan orang yang membeli produk Asuransi disebut Tertanggung atau Pemegang Polis. Bila Tertanggung mengalami risiko sesuai dengan yang tertuang dalam kontrak asuransi. atau memberikan suatu peristiwa pembayaran yang didasarkan atas meninggalnya atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.S Hansell. Dari proses diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi perpindahan risiko financial yang dalam istilah asuransi disebut dengan transfer of risk dari Tertanggung kepada Penanggung. Tertanggung membayar sejumlah uang yang disebut premi untuk membeli produk yang disediakan oleh perusahaan asuransi . Premi asuransi yang dibayarkan oleh Tertanggung menjadi pendapatan perusahaan Asuransi. Robert I. D. maka Perusahaan Asuransi harus membayar sejumlah dana yang disebut Uang Pertanggungan kepada Tertangggung atau yang berhak menerimanya. Sebaliknya bila sampai akhir masa kontrak Tertanggung tidak mengalami risiko yang diperjanjikan maka kontrak Asuransi berakhir maka semua hak dan kewajiban kedua belah pihak berakhir. ketika seseorang membeli polis asuransi kebakaran untuk rumah tinggal dia akan membayar uang (premi) yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi. Pengertian lain. disaat yang sama perusahaan asuransi akan menanggung risiko finansial bila terjadi kebakaran atas rumah tinggal tersebut. yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti. Contoh lain dalam asuransi jiwa. karena akibat dari suatu peristiwa yang belum jelas”. Contoh.diri kepada tertanggung. dalam bukunya Element of Insurance menyatakan bahwa Asuransi selalu berkaitan dengan resiko (Isurance is to do with Risk) Dalam asuransi konvensional perusahaan asuransi disebut Penanggung. ketika seseorang membeli asuransi kematian (term insuransce) dengan jangka waktu perjanjian 5 (lima) tahun dengan uang pertanggungan 100 juta rupiah. maka dia harus membayar . atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung.kerusakan.

namun cacat karena ada unsur gharar (ketidakjelasan). 1. yaitu tidak jelas kapan pemegang polis akan mendapatkan uang pertanggungan karena dikaitkan dengan musibah seseorang (bisa tahun pertama.premi yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi (misal 500 ribu rupiah) per tahun. contoh transaksi yang terjadi diatas dapat dikategorikan sebagai akad tabaduli (pertukaran atau jual beli). artinya bila tertanggung meninggal dunia dalam masa perjanjian diatas. Asuransi Jiwa . maka ahli waris atau orang yang ditunjuk akan memperoleh uang dari perusahaan asuransi sebesar 100 juta. namun bila peserta hidup sampai akhir masa perjanjian maka dia tidak akan memperoleh apapun. Ditinjau dari sudut syariah. kedua atau tidak sama sekali karena masih hidup di akhir masa perjanjian).

misalkan seorang suami bisa membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian sang istri. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun bermacam-macam. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian dan yang lainnya bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya. Apa Dan Bagaimana Memilihnya? 2.Jenis Asuransi di Indonesia via adriaticfs. Orang tua juga dapat mengasuransikan diri terhadap kematian sang anak. Asuransi Kesehatan . Sebagai ilustrasinya. Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Baca Juga : Asuransi Jiwa Terbaik.Asuransi Jiwa .com Jenis asuransi satu ini dikenal memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Bahkan asuransi jiwa juga dikenal bisa dibeli pada kehidupan orang lain.

org Jenis asuransi satu ini juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. hingga kematian karena kecelakaan.Asuransi Kesehatan . Asuransi Kendaraan . cacat. penyebab sakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera.Jenis Asuransi Di Indonesia via averastorycenter. 3. Umumnya. Asuransi kesehatan juga dikenal bisa dibeli untuk kepentingan tertanggung saja atau kepentingan orang ketiga. sakit. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan.

Jenis asuransi satu ini sempat menjadi booming ketika terjadi kerusuhan Mei 1998 karena peristiwa tersebut membuat minat masyarakat terhadap kepemilikan proteksi untuk kendaraan pribadi meningkat secara drastis. Asuransi ini juga bisa untuk membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung. Asuransi kepemilikan Rumah Dan Properti .co Asuransi kendaraan yang paling populer di Indonesia adalah jenis asuransi mobil yang fokus terhadap tanggungan cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung. 4. Asuransi kendaraan merupakan salah satu produk asuransi umum.Jenis Asuransi Di Indonesia via arribadesign.Asuransi Kendaraan .

Asuransi Pendidikan .Jenis Asuransi Di Indonesia via infobisnisproperti. biasanya para pemilik rumah akan melindungi diri dan aset miliknya yang bisa berupa rumah atau properti pribadi dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Asuransi ini juga melindungi dan memberikan keringanan bilamana rumah atau properti tertanggung lainnya mengalami musibah seperti kebakaran.Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti . Asuransi ini memberikan proteksi terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada barang-barang tertentu milik pribadi tertanggung.com Sebagai aset yang dinilai cukup berharga. 5.

Tingginya biaya pendidikan dan kondisi lain yang memperburuk ekonomi seperti melemahnya mata uang kita terhadap dollar Amerika berpengaruh pada biaya pendidikan anak nantinya. Menyadari bahwa hal ini jelas akan memberatkan orang tua. Asuransi pendidikan merupakan alternatif terbaik dan solusi menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak. Asuransi Bisnis . Biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung kepada perusahaan asuransi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya. maka tak jarang orang tua sekarang memilih untuk mempunyai asuransi pendidikan.Asuransi Pendidikan . 6. Memahami pentingnya penggunaan asuransi pendidikan untuk anak-anak kini menjadi sesuatu yang menjadi perhatian para orang tua.com Inilah asuransi yang paling populer dan menjadi favorit para pemegang polis.Jenis Asuransi Di Indonesia via ajginternational.

banjir.com Asuransi ini merupakan layanan proteksi terhadap kerusakan. Asuransi ini memberikan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran. ledakan. Asuransi Umum . gempa bumi. petir. kehilangan. tabrakan. hingga kerusuhan. Perusahaan asuransi biasanya menawarkan berbagai macam manfaat dari asuransi bisnis seperti perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis. hingga paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan. angin ribut.Asuransi Bisnis . maupun kerugian dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang. 7. hujan. perlindungan investasi dan bisnis. asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan.Jenis Asuransi Di Indonesia via angrypolicyholders.

diantaranya: a) Social Insurance (Jaminan Sosial).ne Asuransi umum atau general insurance merupakan proteksi terhadap resiko atas kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Jaminan asuransi umum ini sifatnya jangka pendek (biasanya sekitar satu tahun).Jenis Asuransi Di Indonesia via media-juice. Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau penduduk dengan tujuan setiap orang memiliki jaminan hari tua. b) Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela) . Pembayaran premi dilakukan dengan paksa.Asuransi Umum . salah satu contohnya dengan memotong gaji seseorang setiap bulan. Asuransi umum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis.

Asuransi ini dijalankan dengan sukarela. Government insurance merupakan asuransi yang dijalankan oleh pemerintah.wordpress. Asuransi Kredit Asuransi Kredit . sementara commercial insurance merupakan asuransi yang ditujukan untuk memberikan proteksi kepada seseorang atau keluarga serta perusahaan dari resiko yang mungkin muncul akibat unexpected events. 8.com Asuransi kredit merupakan proteksi atas resiko kegagalan debitur untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja. Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi bank atau lembaga keuangan lainnya . dan lain-lain.Jenis Asuransi Di Indonesia via rantaiwawasan. Kaitannya erat dengan jasa perbankan terutama di bidang perkreditan. Jenis asuransi sukarela masih bisa dibagi lagi ke dalam 2 klasifikasi yaitu Government Insurance dan Commercial Insurance. kredit perdagangan.files. Kredit merupakan pinjaman dalam bentuk uang yang diberikan bank maupun Lembaga Keuangan selaku pemberi kredit kepada nasabahnya.

pengepakan barang. resiko yang diasuransikan. .Jenis Asuransi Di Indonesia via boatinsurancecompanies. Asuransi Kredit Indonesia.net Jenis asuransi satu ini khusus ada di bidang kelautan yang fungsinya memastikan pengangkut serta pemilik kargo. kerusakan kapal. Asuransi kelautan atau asuransi angkatan laut merupakan pengalihan resiko baik untuk diri Anda maupun bawaan Anda yang menggunakan jasa angkutan laut. Asuransi Kelautan Asuransi Kelautan .dari kemungkinan tidak memperoleh kembali kredit yang dipinjamkan kepada nasabah dan membantu memberikan pengarahan serta keamanan perkreditan. Asuransi ini melibatkan penggunaan jasa perkapalan dalam mengirimkan barang. Pengelola asuransi kredit di Indonesia dipercayakan pemerintah kepada PT. pengangkutan. dan perjalanan. 9. dan melukai penumpang. Beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi angkutan laut adalah barang yang diasuransikan. Resiko yang mungkin terjadi sehingga terbentuknya asuransi ini adalah kerusakan kargo.

evakuasi medis. tanggungan biaya pengobatan darurat.net Secara keseluruhan. fungsi asuransi perjalanan tak jauh beda dengan fungsi asuransi biasa sebagai salah satu bentuk proteksi kepada nasabah dengan jangka waktu pendek yaitu selama pembeli premi melakukan perjalanan hingga kembali pulang. pemulangan jenazah.Jenis Asuransi Di Indonesia via travelours. hingga proteksi terhadap barang-barang bawaan yang memiliki resiko hilang atau rusak. . santunan kecelakaan pribadi.10. Asuransi Perjalanan Asuransi Perjalanan . Manfaat dan perlindungan yang akan didapat dari memiliki asuransi perjalanan antara lain mendapat proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan yang menimpa pembeli premi.

Inti dari asuransi adalah bantuan dana yang bisa saja digunakan tapi bisa juga tidak. Ada juga jenis asuransi untuk investasi. untuk jenis-jenis penyakit kronis. Jadi rudi dong uang yang kita bayarkan Muenurut saya itu tidak rugi. Ini bukan uang tabungan yang bisa diambil kapan saja. biasanya asuransi barang seperti rumah dan mobil. namun uang ini bisa didapat berlipat-lipat jika mengalami musibah. namun anggaplah uang kita dapat disalurkan untuk membantu orang lain yang tertimpa musibah. Pasalnya kesehataan di masa depan tidak ada orang yang tahu. Kalo uang banyak di makan pihak .Sebelum membahas apa keuntungan dan kerugian mengikuti asuransi. Nah disini lebih bermanfaat untuk mengurangi jumlah kerugian. selama ini yang paling banyak adalah program asuransi jiwa dan kesehatan. Banyak yang terbantu dari ikut program asuransi di saat tiba-tiba mengalami sakit kronis yang harus butuh biaya pengobatan. Prisip saya lebih baik kita sehat tanpa mendapat dana asuransi. Bahkan pihak pemerintah sendiri mengupayakan PNS untuk ikut asuransi kesehatan untuk jaga-jaga jika penyakit menimpa. Jika dipikir siapa orang yang ingin mendapat musibah. Kerugian ikut asuransi Kehilangan uang untuk pembayaran premi sesuai ketentuan dari perusahaan. Coba lihat dulu apa alasan orang ikut asuransi. Di suatu saat ada musibah kecelakaan mobil atau rumah ada dana yang cair. Apakah ada orang ingin mendapat dana asuransi dengan cara sakit atau meninggal dunia. walaupun pada dasarnya tentu tidak ingin terjadi kecelakaan. setiap orang hanya bisa menejaga kesehatan. Dari kelebihan itulah beberapa orang ikut program ini. Atau dana sauransi jiwa yang nantinya bisa membantu pihak keluarga. meskipun uang-uang itu akan menjadi banyak keuntungan untuk perusaahaan asuransi. Keuntungan ikut asuransi Orang yang ikut berharap mendapat dana ketika sakit parah untuk biaya berobat. asuransi bisa menguntungkan saat butuh dana untuk pengobatan dengan biaya besar.

perusahaan toh itu urusan mereka. Ikut asuransi adalah usaha. yang jelas kita iklas dana kita bisa digunakan untuk membantu orang lain. jika kita iklas dana itu untuk membantu orang lain yang tertimpa musibah. Intinya jangan sampai berfikir akan jaminan dari asuransi. lebih baik sehat selalu dan terhindar dari musibah.tentu ini lebih mulia di mata Tuhan . Yang jamin kita itu Tuhan.