You are on page 1of 6

Materi Konsep Dasar Domain Name System Server

a. Definisi
Selamat Pagi anak-anak!. Bagaimana Kabar hari ini? { }
Anak-anak Hari ini kita akan belajar tentang DNS.
Ada yang tahu kira-kira DNS Itu apa?.... Coba Apa ? Satu orang saja ada yang bisa
menyebutkan.

b. Mensimulasikan dns waktu masuk ke sekolah
Masih ingat ketika kalian masuk ke selolah ini. coba apa saja

Coba kira-kira untuk apa kamu daftar ke sekolah ini perlu ke TU dulu?

Ya benar agar kamu dapat dikenal sebagai siswa disekolah ini, karena di Tata usaha inilah
semua administrasi sekolah ini dibuat. Tanpa kamu mendaftar ke bagian tata usaha
sekolah ini kamu tidak akan jadi siswa sekolah ini. kamu mungkin aja bisa masuk tapi
hanya sebagai tamu sekolah. Tapi semua orang di sekolah ini tidak akan mengenal kamu.
Nah DNS itu ibaratnya Tata Usaha sekolah. sekolah lah yang berhak memberikan nama
kamu sebagai semua siswa sekolah. Di dalam jaringan internet yang sekarang sedang
popular, organisasi yang berhak memberikan nama domain untuk seluruh dunia ini adalah
root domain.
c. Difinisi dijelaskan secara lengkap
Jadi nama DNS Server itu adalah singkatan dari Domain Name System, Arti DNS itu
adalah sebuah system yang memberikan nama domain terhadap computer atau host yang
terhubung dalam jaringan. Ada juga yang menyebutkan pengertian DNS ini sebagai
berikut :

com.yahoo. Seluruh database digambarkan sebagai sebuah struktur terbalik dari sebuah pohon (tree) dimana pada puncaknya disebut dengan root node. oleh karena itu muncullah domain name system.id dan lain-lainnya. usr. Pada setiap node dalam tree tersebut mempunyai keterangan (label) misalnya.net. Penggunaan DNS dalam jaringan Anak-anak tadi sudah tahu definisi DNS.seperti direktori bin. Tahu Web browser?. sekarang apa sih manfaat atau digunakan untuk apa DNS ini.yahoo. ." atau "/" pada sistem file UNIX . .edu. apa yang kamu masukan di Toolbar Address?{ } Ya Apa? {www. d. mengandung semua segmen informasi dari database dan juga merupakan resolver bagi client-client yang berhubungan ataupun menggunakannya.com} nah yang kamu masukan adalah nama domain www. 0-9 dan symbol lainnya. . Bagaimana Konsep kerja DNS server Suatu program yang dinamakan name server. etc dan lain sebagainya. Struktur dari database DNS bisa diibaratkan dengan struktur file dari sebuah sistem operasi UNIX. Kenapa perlu diterjemahkan? karena mesin itu hanya mengenal bahasa biner yang anggotanya 0 dan 1. . var.org. . yang relatif rerhadap puncaknya (parent). Pada puncak root node dalam sebuah sistem DNS dinotasikan dengan ". Ibaratnya DNS itu Penerjemahnya. Mesin tidak mengenal bahasa manusia seperti kumpulan alphabet a-z. e. Bilangan biner itu buat manusia luar biasa susahnya.com. Kemana aja? Ya ketika kamu main internet di web browser.“Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)” Jadi DNS akan membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Ini bisa diibaratkan dengan relative pathname pada sistem file UNIX. Kamu pernah main browsing di internet? { } Hari gini nggak pernah browsingan.

Pada setiap node juga merupakan root dari subtree. Hal ini pada sistem DNS disebut dengan nama domain. Pada bagian subdomainjuga memungkinkan adanya subtree lagi yang bisa dikelola oleh organisasi yang berbeda dengan domain utamanya. Supaya lebih jelas lagi lihat video yang akan tayangkan di depan! Harap perhatikan ya!! . Pada tiap domain juga memungkinkan nama subtree dan bisa berbeda pula. atau pada sistem file UNIX merupakan root direktori dari sebuah direktori. hal ini disebut subdomain atau subdirektori pada sistem file UNIX.

dan yang lainnya sekarang sudah menggunakan DNS dalam menjual produknya. Tidak dapat dipungkiri bahwa kedudukan internet saat ini sangat penting. Di perusahaan penjualan. dengan dilengkapi hierarki dari domain yang dimasukan tadi. .example. tetapi ada dalam Top Level Domain .com. Resolver menuju alamat root domain terlebih dahulu untuk meminta ip dari example. media massa. Pertama di mulai ketika sebuah web browser mendapatkan input nama domain yang akan dituju. Resolver menerima perintah dari system operasi untuk mencari ip address komputer yang di tuju. Bagaimana Domain Name System (DNS) Bekerja?.com.Divideo ini di tampilkan awal permasalahan kenapa perlu dibuat sebuah dns. Mayoritas semuanya mengalami kekurangan mental kecuali orang ini Stephen Hawking. Ketika kamu memasukan www. root domain kemudian menjawab permintaan resolver bahwa domain yang di tuju tidak berada dalam penyimpananya. hiburan. Seperti alamat rootnya. Maka web browser meminta system operasi untuk melanjutkan permintaan ip address untuk di lanjutkan ke resolver. sub domainnya dan alamat hostnya. top level domainnya. transfer file. Kamu akan masuk dalam jalan yang panjang sampai masuk dalam sebuah root.com.

dan lama cache tersediri. Telkomsel.138. speseifikasi.1 pada web browser maka juga akan membuka domain example.168. safari dan sebagainya.com.com akan ditampilkan dalam web browser.12. DNS ini melakukan encode atau menerjemahkan dari domain example. Jadi bila terjadi gangguan pada Server DNS suatu ISP. Server DNS suatu ISP atau penyedia internet tentunya juga mempunyai kemampuan.168.com tersebut. maka pada saat kita akan membuka website menggunakan web browser seperti mozila . Meski ISP atau penyedia Internet yang kita gunakan mempunyai Server DNS sendiri sebenarnya kita juga bisa menggunakan atau memanfaatkan DNS server ISP operator lain.com mengirimkan paket web dirinya ke computer resolver. Berikut ini langkah atau Cara merubah Setting DNS pada windows : .168.36.32. Jadi Server DNS ini bisa kita gunakan untuk semua jenis ISP yang kita gunakan. Setelah diterima computer kita selanjutnya isi paket dari example.1.2.168.Kemudian resolver menuju ke server TLD COM untuk mencari ip address example. Seperti yang dulu sering terjadi di Telkom Speedy beberapa saat lalu. kecepatan.12. Telkom. Sehingga menyebabkan lambannya query atau proses request. Kemudian resolver menyampaikan kepada system operasi yang kemudian system operasi membuat komunikasi dengan IP Address 192. Jadi bila kita masukan 192. Kemudian TLD Server menjawab domain yang dimasukan adalah sebuah name server yang ada di sebuah gedung. Flock. dan sebagainya menggunakan atau mempunyai DNS Server tersendiri. Deretan angka IP seperti 174. maka akan terasa lebih lambat bahkan terjadi konfirmasi error atau not Found pada web browser kita.com Ip nya adalah 192. Firefox. dan kemudian example.21. Adakalanya Server DNS ini Drop karena padatnya Trafik DNS server suatu ISP.com ke dalam bentuk deretan angka unik yaitu berupa IP misal example. IP inilah yang digunakan mesin internet untuk saling berkomunikasi Pada dasarnya semua ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan sambungan internet seperti indosat.21. dengan alamat berikut : 192. Opera.2 .

.Control panel >>> Network Connections >>> Klik kanan account sambungan internet yang sedang aktif /connected >>> Properties >>> Networking >>> Internet Protocol >>> Properties >> Beri Tanda pada Use the Following DNS server addresses >>> masukan DNS yang anda pilih >> Klik Ok Restart Ulang Koneksi Internet anda . Perubahan akan terjadi setelah anda restart ulang koneksi internet anda.