You are on page 1of 30

LAPORAN PRAKTIKUM

ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI

PENGENALAN SIMULASI RANGKAIAN ELEKTRONIKA (DC DAN AC)
MENGGUNAKAN EWB (ELECTRONIC WORKBENCH)

Oleh:
Nerissa Arviana Agustiani
A1H014022

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
PURWOKERTO
2016

I.

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kemajuan pesat dalam perangkat lunak dan perangkat keras komputer
banyak mempengaruhi pola pikir manusia. Di zaman sarat teknologi
komputerisasi ini, seperti di dalam bidang Teknik Elektro, rangkaian listrik real
dapat disimulasikan dengan menggunakan program komputer sehingga pada layar
komputer dapat dilihat respons seperti apa yang dikehendaki pada rangkaian
elektronik realnya. Perangkat lunak Electronics Workbench (EWB) diteliti untuk
diaplikasikan sebagai program simulasi bagi alat-alat elektronik yang dirancang.
Dalam hal ini diteliti mengenai seberapa akurat respons yang diperoleh dari
simulasi EWB dibandingkan dengan respons dari beberapa alat elektronik real dan
juga seberapa banyak jenis alat elektronik yang dapat disimulasikan atau seberapa
banyak jenis komponen atau rangkaian terintegrasi yang terdapat dalam EWB.
Aplikasi EWB ini diharapkan dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan
praktek. Biasanya pada suatu karya tulis ilmiah mengenai perancangan dan
penganalisaan suatu alat elektronik hanyalah didasarkan pada studi literatur dan
tidak melalui suatu pembuktian praktis. Pembuktian dengan komponen-komponen
dan rangkaian-rangkaian terintegrasi fisik selain membutuhkan biaya pengadaan
yang tinggi (untuk jenis dan jumlah besar), juga sering terjadi kerusakan pada
komponen-komponen fisik tersebut. Penggunaan EWB dapat mengatasi
kelemahan-kelemahan perangkat keras di atas dan membangkitkan kepercayaan
diri para mahasiswa bahwa alat elektronik yang dirancang dapat bekerja seperti
yang dikehendak
B. Tujuan
1. Mengenal lingkungan kerja Electronic WorkBench (EWB) 5.12.

2. Membuat dan menganalisis rangkaian menggunakan program Electronic
WorkBench (EWB) 5.12.

II.

TINJAUAN PUSTAKA

Rangkaian listrik adalah suatu kumpulan elemen atau komponen listrik yang
saling dihubungkan dengan cara-cara tertentu dan paling sedikit mempunyai satu
lintasan tertutup. Rangkaian listrik terbatas pada elemen atau komponen yang

tegangan. Perlu diingat. hambatan. 2012) Electronic WorkBench (EWB) merupakan salah satu program Electrical Computer Aided Simulation yang digunakan untuk menghitung besarnya nilainilai dalam rangkaian elektronika. Dengan menggunakan program ini. 2012) Membuat rangkaian elektronika tidaklah mudah. transient analisis. Pengenalan ini meliputi cara merangkai. Simulasi ini disamping menggambarkan rangkainnya juga memperhitungkan arus. diode. Multisim merupakan salah satu software simulasi yang digunakan di lingkungan sistem komputer. . serta contoh contoh rangkaian. pengunaan AC analisis. dsb yang ada dalam rangkaian tersebut. transistor. maka dari itu diperlukan suatu program khusus untuk membuat simulasi rangkaian elektronika ini. 2016) EWB adalah software elektronika yang digunakan untuk melakukan simulasi terhadap cara kerja dari suatu rangkaian listrik.memiliki dua buah terminal atau kutub pada kedua ujungnya. diperlukan suatu simulasi terlebih dahulu terhadap rangkaian elektronika yang akan dibuat agar rangkaian yang dibuat nantinya dapat bekerja optimal. kita dapat melakukan perancangan dan uji rangkaian elektronika analog dan digital menggunakan fituristik yang ada antara lain source. Pembatasan elemen atau komponen listrik pada rangkaian listrik dapat dikelompokkan kedalam elemen atau komponen aktif dan pasif. simulasi. tanpa harus membuat rangkaian listrik itu secara nyata. basic. (Ali. (Ali. dan lain-lain. daya. (Tim Asisten. Perlunya simulasi rangkaian listrik adalah untuk menguji apakah rangkaian listrik itu dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan pendekatan teori yang diguanakan pada bku-buku elektronika.

(Tim Asisten. Laptop . Program EWB 51. METODOLOGI A. Software EWB yang beredar di Indonesia adalah kebanyakan software bajakan (telah di-crack) oleh cracker. (Tim Asisten. 2016) Penggunaan EWB haruslah didukung oleh pengetahuan dasar tentang elektronika. Maksudnya keluaran yang tidak berpengaruh oleh faktor-faktor ketidakidealan seperti gangguan (dikenal dengan noise dalam elektronika) seperti halnya gangguan yang sering terjadi pada rangkaian listrik yang sebenarnya (nyata). Alat dan Bahan 1. 2016) III. multimeter dan lain sebagainya). Software ini menggunakan sistem GUI (Graphic User Interface) seperti halnya windows sehingga pemakai software yang sudah memahami pengetahuan dasar elektronika akan mudah menguasai penggunaan software ini.simulasi yang dilakukan dengan menggunakan EWB adalah simulasi yang menghasilkan keluaran yang ideal. usahakan jangan menggunakan software bajakan untuk menyelesaikan proyek besar yang berhubungan dengan lisensi penggunaan software.2 2. Tanpa pengetahuan dasar elektronika yang memadai seperti cara pemakaian alat ukur (osiloskp. tentu saja akan lebih sukar untuk memahami cara kerja dari software ini.

EWB siap dipakai. lalu double click pada file setup. klik toolbar yang paling kanan. Lalu pilih alat ukur yang ingin dipakai (osiloskop atau multimeter). Cari source (sumber/file setup) dari EWB 51. drag simbol osiloskop atau multimeter ke bawah (layar putih). Pada barisan terakhir. Untuk mengubah time/div dan volt/div sepertu yang biasa dilakukan pada osiloskop yang nyata.B. Prosedur Praktikum Cara menginstal EWB 51. Pada symbol osiloskop ada empat titik kecil yang bisa dipakai yaitu channel A dan B serta dua node ground. Penggunaan EWB secara singkat: Umumnya. lalu startmenu buka programs-->electronic workbench-->EWB 5.2 ini. Drag simbol multimeter.12.12). dan toolbar komponen dan alat ukur). . Tampilan windows kecil akan muncul dan Anda dapat mengisi nilai time/div. Tunggu proses instalasi selesai. Tentukan tempat tujuan EWB diinstall (misalnya C:\program Files\ EWB 5. pemakaian komponen elektrinika (mencakup komponen aktif. Anda akan melihat tiga toolbar menu (barisan toolbar file. toolbar ‘gambar’ new. Penggunaan multimeter juga hampir sama dengan osiloskop. Pemakaian alat ukur setelah Anda menjalankan EWB. klik dua kali simbol osiloskop. Volt/div yang diingkinkan ataupun mengubah hal-hal yang lain. lalu klik OK. pasif dan sumber sinyal/sumber tegangan) dan pembentukan rangkain.2: Peng-install-an software ini cukup mudah. ada tiga hal yang perlu dikuasai oleh pemakai baru EWB yaitu cara pemakaian alat ukur yang disediakan. klik dua kali untuk mengubah modus pengukuran (pengukuran arus.edit .open . tegangan ataupun hambatan).

op-amp.Pemakaian komponen elektronika: Pada barisan terakhir. Kedua komponen akan tersambung dengan suatu simbol kawat penghantar. Cara memakai komponen ini hampir sama dengan pemakaian alat ukur. Simulasi Setelah tiga hal tersebut dikuasai. lalu isi nilai komponen yang diinginkan pada tempat yang disediakan. Anda hanya cukup memakai toolbar yang kedua sampai toolbar yang kelima. (simbol sinyal generator ada pada toolbar yang kanan/toolbar alat ukur). Anda dapat memulai simulas dengan menekan simbol . Penyambungan kaki dapat dilakukan dengan: arahkan mouse pointer ke ujung kaki simbol. Mulai dari toolbar kedua sampai kelima. Untuk mengubah besar nilai komponen dilakukan dengan klik dua kali komponen. tujukan ke ujung kaki simbol yang ingin disambung sampai ujung kaki simbol tersebut berwarna terang dan lepas mouse. Pada praktikum elektronika dasar ini. ada simbol komponen seperti simbol resistor. batere. Untuk lebih jelasnya dapat ditanyakan pada asisten. lalu klik dan tahan mouse. dll. dioda. rangkaian listrik sudah dapat dibentuk. Setelah rangkaian listrik plus alat ukur dipasang pada bagian yang akan diukur (biasanya input dan output). kapasitor. ground. Pembentukan rangkaian: Setelah mengambil beberapa komponen yang diinginkan untuk membentuk suatu rangkaian listrik. mulai dari toolbar ‘gambar’ yang kedua sampai toolbar ‘gambar’ yang ketigabelas adalah toolbar yang berisi simbol komponen. usahakan ujung kaki simbol berwarna terang. Anda perlu menyambung kaki-kaki dari satu simbol ke simbol lainnya.

Tentukan Arus (arah dan besarnya) yang mengalir pada R1.saklar yang terletak dipinggir kanan atas (klik tanda I untuk on simulasi dan klik tanda O untuk off simulasi. Buat rangkaian seperti dibawah ini. 2. . Rangkaian DC a. Usahakan windows kecil alat ukur tetap terbuka.R2. Buat rangkaian seperti dibawah ini. Rangkaian AC (Filter/Tapis) a. Bandingkan hasil simulasi dengan perhitungan teoritis (gunakan metode supposisi). supaya grafik hasil pengukuran dapat dibaca. b.R3. c. tranda pouse bisa juga digunakan terutama untuk mencatat nilai). Pelaksanaan simulasi 1.R4 dan R5 menggunakan instrument (multimeter) yang ada pada EWB.

Setting (dengan cara double klik pada komponen yang akan di set) function generator: Pilih sinyal ini (sinus) dan set parameter dibawahnya .Ubah warna wire : klik kanan wire  pilih wire properties  pilih warna merah (set node color) b.

. Catat pada lembar data. Cara membaca Amplitude (tegangan Vpp): Jalankan simulasi dan tekan Pouse/stop bila diperlukan (gerak sinyal terlalu cepat) Channel A (input): sinyal/grafik warna hitam Vpp = 2 V/Div * (2. kemudian tentukan nilai Vpp channel A/input (warna hitam) dan Vpp channel B/output (warna merah). Ubah nilai frekuensi pada function generator pada nilai yang berbeda-beda.Yang diatur / dipilih c.6 Vpp Channel B (output): sinyal/grafik warna merah Vpp = 2 V/Div * (2.4 * 2) = 9.4 * 2) = 9.6 Vpp d.

HASIL DAN PEMBAHASAN A. Hasil . Berikan analisa Anda. Buat grafik Hubungan antara Frekuensi (sumbu X) dengan Vpp out (sumbu Y).Ubah F dan yang lain di buat tetap Frequenc Vpp In Vpp Out y 1 Hz 10 Hz 50 Hz 100 Hz 1 kHz 10 kHz 100 kHz Hitam Merah I (Arus) e. f. Buatlah Analisis F terhadap I IV.

R2 dan R3 . Rangkaian DC (Searah) Cari masing-masing R1.Gambar 1.

2000I3 + 1000I2 = 4 Eliminasi I1 = I 2 + I 3 1000I1 + 2000I3 = 10 1000(I2 + I3) + 2000I3 = 10 1000 I2 + 1000 I3 + 2000I3 = 10 3000I3 + 1000I2 = 10  3000I3 + 1000I2 = 10 .2000I3 + 1000I2 = 4 5000I3 = 6 I3 = 1.Gambar 2. Rangkaian AC Loop 1 ΣV + ΣIR = 0 10 .I3.2000 + I2.2 x 10-3 A  2I3 + I2 = 4 . Rangkaian AC Gambar 3.1000 = 0 .I1.2000 = 0 1000I1 + 2000I3 = 10 Loop 2 -4 .1000 – I3.

1 Hz  Channel A (input) warna hitam Vpp = 2 V/Div x (2.6 9.24 10 5.6 9.4 x 10-3 I2 = 3.2 (1.6 1.14 Xc = 1 2 π .6 159.6 1.00013 100 k 0 9.000001 Perhitungan : 1.99  I1 + 2I3 = 10 I1 + 2(1.c .f .02 10 k 0 9.4 x 2) = 9.2.4 x 10-3 I1 = 9.2 x 10-3) + I2 = 4 2. π = 3.6 1.4 x 10-3 = 10 I1 = 10 .6 1.6 9.6 3.6 Vpp  Channel B (output) warna merah Vpp = 2 V/Div x (2.2 x 10-3) = 10 I1 + 2.88 1k 0 9.6 15.4 x 2) = 9.4 x 10-3 + I2 = 4 I2 = 4 .9 A Frekuensi (Hz) Vpp in (hitam) Vpp out (merah) I (arus ) (A) 1 9.6 Vpp Ket : R = 1 kΩ = 1000 Ω C = 10-6 .8 9.338 100 2.2.9 50 5.

10 Hz  Channel A (input) warna hitam Vpp = 2 V/Div x (1.236)2 = √ 25356998600 V = 159235.24 A 2.= 1 2 π .2357 k ῺῺ V = √ R 2+ Xc2 = √(1000)2+(159.4 x 2) = 5.14 .6 Vpp Ket : R = 1 kΩ = 1000 Ω C = 10-6 .67 Volt I V = R = 159. π = 3.4 x 2) = 9.6 Vpp  Channel B (output) warna merah Vpp = 2 V/Div x (2.10−6 = 159235.14 .24 1 = 159.3. 1 .67 ῺῺ = 159.

10.4 x 2) = 5.00001 = 15923.6 Vpp  Channel B (output) warna merah Vpp = 2 V/Div x (2.000001 = 1 6.6 Vpp .c Xc = = 1 2 π .4 x 2) = 9.1 V = 15954.9 Volt I V = R = 15954.28 x 0. 50 Hz  Channel A (input) warna hitam Vpp = 2 V/Div x (1.9 1000 = 15.1 2 π .f .56)2 = √ 254559763.56 k ῺῺ V = √ R 2+ Xc2 = √(1000)2+(15923. 0.9 A 3.

c Xc = = 1 2 π .50 .09 V = 3338.f .4 x 2) = 9.01 Volt I V = R = 3338.7 ῺῺ V = √ R 2+ Xc2 = √(1000)2+(3184.14 1 2 π .Ket : R = 1 kΩ = 1000 Ω C = 10-6 . π = 3.01 1000 = 3. 1. 100 Hz  Channel A (input) warna hitam Vpp = 2 V/Div x (1.8 Vpp  Channel B (output) warna merah Vpp = 2 V/Div x (2.4 x 2) = 2.338 A 4.7)2 = √ 11142314. 10−6 = 3184.6 Vpp .

π = 3.31 Volt I V = R = 1880.14 1 2 π .6 Vpp .c Xc = = 1 2 π . 1.4 x 2) = 9. 10−6 = 1592.88 A 5.31 1000 = 1.35 ῺῺ V = √ R 2+ Xc2 = √(1000)2+(1592.Ket : R = 1 kΩ = 1000 Ω C = 10-6 . 1 KHz  Channel A (input) warna hitam Vpp = 2 V/Div x (0 x 2) = 0 Vpp  Channel B (output) warna merah Vpp = 2 V/Div x (2.100.35)2 = √ 3535578.5 V = 1880.f .

10 KHz  Channel A (input) warna hitam Vpp = 2 V/Div x (0 x 2) = 0 Vpp  Channel B (output) warna merah Vpp = 2 V/Div x (2. 1.23 KῺῺ V = √ R 2+ Xc2 = √(1000)2+(159.59 1000 = 1.59 Volt I V = R = 1012.Ket : R = 1 kΩ = 1000 Ω C = 10-6 .23)2 = √ 1025354.012 A 6.f .14 1 2 π .4 x 2) = 9. π = 3.6 Vpp .1000.19 V = 1012. 10−6 = 159.c Xc = = 1 2 π .

13 1000 = 1.4 x 2) = 9.9 KῺῺ V = √ R 2+ Xc2 = √(1000)2+(15.10000.00013 A 7.13 Volt I V = R = 1000.c Xc = = 1 2 π . 1. 100 KHz  Channel A (input) warna hitam Vpp = 2 V/Div x (0 x 2) = 0 Vpp  Channel B (output) warna merah Vpp = 2 V/Div x (2.6 Vpp .14 1 2 π .Ket : R = 10 kΩ = 10000 Ω C = 10-6 .9)2 = √ 1000252.f . π = 3. 10−6 = 15.81 V = 1000.

14 1 2 π .59)2 = √ 1000002.f .001 1000 = 1. 1.100000.c Xc = = 1 2 π .Ket : R = 100 kΩ = 100000 Ω C = 10-6 .59 KῺῺ V = √ R 2+ Xc2 = √(1000)2+(1.000001 A B. Pembahasan EWB (Electronic WorkBench) merupakan salah satu software komputer elektronika yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi terhadap cara kerja . π = 3.001 Volt I V = R = 1000.528 V = 1000. 10−6 = 1.

dan tentunya dapat melakukan percobaan berkaitan dengan teori yang ada. Untuk itu software ini sangat berguna bagi siapa saja yang ingin memperdalam materi elektronika baik analog maupun digital. 2012) Electronics Workbench (EWB) adalah sebuah software yang menyediakan berbagai komponen dan instrument untuk membuat rangkaian listrik pada PC. (Muhammad Ali. Perlunya simulasi . EWB adalah software elektronika yang digunakan untuk melakukan simulasi terhadap cara kerja dari suatu rangkaian listrik. 2015) Electronic WorkBench (EWB) merupakan salah satu program Electrical Computer Aided Simulation yang digunakan untuk menghitung besarnya nilainilai dalam rangkaian elektronika. komponen nyata atau instrument yang sebenarnya. (Rudi. Simulasi rangkaian elektronika diperlukan untuk menguji apakah rangkaian itu dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan pendekatan teori yang digunakan pada buku-buku elektronika. teori rangkaian listrik dan kemampuan analisis. resiko kerusakan alat. diperlukan pemahaman yang baik terhadap komponen elektronika. Dengan menggunakan program ini. diode. kita dapat melakukan perancangan dan uji rangkaian elektronika analog dan digital menggunakan fituristik yang ada antara lain source. basic.dari suatu rangkaian elektronika baik analog maupun digital. Dalam mempelajari rangkaian elektronika. Hal ini memungkinkan untuk merancang dan menganalisis rangkaian tanpa menggunakan breadboards. transistor. dan lain-lain. tanpa harus membuat rangkaian itu secara nyata. Kita dapat membuat simulasi rangkaian elektronika di depan komputer tanpa takut terjadi salah sambung.

Livewire adalah sebuah software sederhana. LiveWIRE menyediakan beragam fitur-fitur yang sangat canggih yang tidak tersedia di sebagian besar software yang serupa. tanpa harus membuat rangkaian listrik itu secara nyata. namun software ini sangat bagus untuk memvisualisasikan rangkaian elektronika. simulasi yang dilakukan dengan menggunakan EWB adalah simulasi yang menghasilkan keluaran yang ideal. Fitur seperti sumbu cerdas dan kontrol aperture memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melihat dan menavigasi melalui data. dan kemampuan untuk memotong. 2016) Ada software lain selain EWB untuk membuat rangkaian listrik antara lain Livewire dan EAGLE.rangkaian listrik adalah untuk menguji apakah rangkaian listrik itu dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan pendekatan teori yang diguanakan pada bku-buku elektronika. yang menyajikan kepada pengguna dengan tampilan thumbnail set data. selain untuk menganalisa suaturangkaian elektronika dukungan tambahan lainnya adalah bisa juga digunakan untuk mendesain jalur PCB. Software ini akan sengat berguna bagi Anda yang ingin merencanakan dan analisa suatu rangkaian elektronika. menyalin atau paste ke hampir semua jenis aplikasi. Perlu diingat. Maksudnya keluaran yang tidak berpengaruh oleh faktor-faktor ketidakidealan seperti gangguan (dikenal dengan noise dalam elektronika) seperti halnya gangguan yang sering terjadi pada rangkaian listrik yang sebenarnya (nyata). (Tim Asisten. Fitur lainnya seperti tool tips yang disempurnakan. EAGLE ( Easily Applicable Graphical Layout Editor ). merupakan sebuah aplikasi gratis untuk mendesain skematik Elektronika maupun PCB ( Printed .

Dip Trace salah satunya. Perlu diingat. Kegunaan lain . Macintosh.windows. Sources. versi gratis aplikasi ini memiliki fitur yang terbatas. DigitalICs. memodifikasi. lebih cepat. Dengan bantuan program Dip Trace. Mixed ICs. EWB (Electronic WorkBench) adalah salah satu jenis software elektronika yang digunakan untuk melakukan simulasi terhadap cara kerja dari suatu rangkaian listrik. Basic. proses pembuatan skema elektronik dapat lebih mudah. Electronics workbench (EWB) terdiri dari Menu Reference. Sayangnya. Transistors. Aplikasi ini tersedia untuk Sistem Operasi GNU/Linux. Diodes. Kelebihan menggunakan software EWB. Faktor kesalahan pun dapat dikurangi karena dapat dilakukan penganalisa anter lebih dahulu. tanpa harus membuat rangkaian listrik itu secara nyata. Dengan aplikasi EAGLE ini Kita bisa merancang. Bagi penggemar Elektronika. maupun Ms. Maksudnya keluaran yang tidak terpengaruh oleh faktor-faktor ketidakidealan seperti gangguan (dikenal dengan noise dalam elektronika) seperti halnya gangguan yang sering terjadi pada rangkaian listrik yang sebenarnya (nyata). Analog ICs. Indicators dan masih banyak lagi menu yang terdapat pada EWB. simulasi yang dilakukan dengan menggunakan EWB adalah simulasi yang menghasilkan keluaran yang ideal. dan mencetaknya untuk kemudian disablon ke dalam bentuk PCB.Circuit Board ). membuat skematik dan PCB sendiri adalah pekerjaan yang menyenangkan. dan lebih presisi sesuai dengan spesifikasi dan karakteristik komponen. Perlunya simulasi rangkaian listrik adalah untuk menguji apakah rangkaian listrik itu dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan pendekatan teori yang digunakan pada buku-buku elektronika.

adalah dua tipe dasar dari sinyal arus. Tegangan AC yang umum digunakan pada jaringan listrik nasional karena mereka relatif mudah untuk memproduksi dan mendistribusikan. Ukuran fisik setiap kaki komponen elektronik pun lebih tepat karena sudah deprogram sesuai spesifikasi pabrik. Perangkat seperti dinamo adalah sumber utama tegangan AC. itu biasanya digunakan untuk menunjukkan istilah “bolak balik” saja. diesel. AC – konverter DC dapat digunakan untuk memperoleh tegangan DC. segitiga dan berbagai bentuk lainnya. istilah AC adalah singkatan dari Alternating Current. Meskipun. juga dikenal sebagai arus bolak-balik dan dan arus secarah. dan bahkan pembangkit tenaga angin. AC dan DC. dimana jalur-jalur PCB akan dibuatkan secara otomatis sesudah skema rangkaian elektronik selesai dibuat. . pembangkit listrik tenaga nuklir. tapi ketika tegangan DC diperlukan.dari Dip Trace ini adalah dapat membuat gambar jalur PCB dengan mudah (auto routing). Jenis yang paling umum dari tegangan AC adalah tegangan sinusoidal. batubara. persegi. Arus bolak mudah diproduksi dalam segala bentuk pembangkit listrik seperti pembangkit hidro. Sebagian besar hari ini peralatan dioperasikan dengan tegangan AC. Sinyal tegangan AC adalah sinyal di mana daerah bersih di bawah kurva tegangan waktu adalah nol sedangkan tegangan DC adalah aliran searah dari muatan listrik. bergerigi. tegangan AC dapat mengambil bentuk seperti gelombang sinusoidal. Nikola Tesla adalah ilmuwan perintis dibalik pembuatan jalur transmisi AC. Sebagian besar jalur transmisi AC menggunakan salah sinyal frekeuansi 50 Hz atau 60 Hz. tegangan AC adalah tegangan di mana daerah bersih di bawah satu siklus adalah nol.

Beberapa perangkat memerlukan sangat halus tegangan DC untuk beroperasi. 2. tapi akan memblokir sinyal DC sedangkan induser akan melakukan sebaliknya. 5. Perangkat seperti komputer menggunakan tegangan DC untuk beroperasi. Sebuah kapasitor akan meneruskan tegangan AC. tegangan DC diproduksi dalam perangkat seperti panel surya. (Artikeltop. Oleh karena itu mereka sulit untuk mengirimkan. kapasitor. Tegangan AC lebih mudah untuk diproduksi daripada tegangan DC. tapi tegangan DC sulit untuk diubah. Tegangan AC dapat dengan mudah diubah dan ditransmisikan. Komponen aktif seperti induser. 3. AC – DC adapter (konverter) bisa digunakan untuk keperluan ini. 2015) Grafik hubungan antara frekuensi (sumbu X) denganVpp out (sumbu Y) : . dan amperemeter menanggapi tegangan AC dengan cara yang berbeda dari tegangan DC. termokopel dan baterai. transistor. Daerah bersih di bawah tegangan – kurva waktu dari sinyal AC adalah nol sedangkan tidak nol untuk sinyal DC. Setiap pola tegangan yang tidak memiliki – daerah nol bersih di bawah tegangan – kurva waktu dapat diidentifikasi sebagai tegangan DC. Dalam kasus di mana tegangan DC yang diperlukan.Tegangan DC adalah tegangan di mana muatan berjalan hanya dalam satu arah. 4. Perbedaan antara tegangan AC dan Tegangan DC antara lain : 1.

Handphone (Telpon seluler) 3.Grafik Hubungan Frekuensi dan Vpp Out 12 10 8 Vpp Out Grafik Hubungan Frekuensi dan Vpp Out 6 4 2 0 0 50000 100000 150000 Frekuensi Gambar grafik.Contoh Sumber Tegangan DC: 1. nol (0). pemakaian/penggunaan listrik untuk pertanian. 4. menelaah persoalan energi. dan negatif (-). Bidang Energi dan Elektrifikasi pertanian. MP3/ MP4 Player 2. ACCU (Accumulator) Battery Solar Cell Output DC Adaptor Contoh perangkat yang menggunakan sumber tegangan DC di antaranya: 1. 3. Sehingga dapat disimpulkan bawa perbedaan dari masing masing frekuensi tidak mempengaruhi besarnya Vpp Out. Hubungan frekuensi dengan Vpp out Grafik diatas terlihat datar dikarenakan nilai Vpp Out yang sama semua tiap masing-masing frekuensi. baik merupakan tenaga listrik dirumah. Arus searah (Direct current/ DC) mempunyai polaritas tetap yaitu positif (+). Lampu Senter . di perbengkelan dan di dalam bangunan pertanian. 2.

6 menghasilkan arus sebesar 159. Televisi 2. 5. Tegangan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar 220V AC – 240VAC. Output Transformator 3. Mesin Bubut Berdasarkan praktikum yang sudah dilaksanakan pada acara I diperoleh hasil bahwa pada rangkaian mendapatkan nilai arus hambatan pertama 9.24 A. Kemudian untuk frequency 1 Hz dengan Vpp In 9. Untuk . nilai arus hambatan kedua 3.99 A dan nilai arus hambtan ketiga 1. UPS 5.9 A. Komputer 4. Untuk frequency 50 Hz dengan Vpp In 5. Contoh Sumber Tegangan AC: 1. dan lampu jalan 7. 7. 60 Hz 2. Stabilizer 6. 6. Lampu Emergency Kalkulator Remote Control Televisi Mainan Anak Arus bolak-balik (AlternateCurrent/ AC) mempunyai dua polaritas yang selalu berubah dari negatif ke positif dan sebaliknya diukur dari titik Neutral (N). Untuk frequency 10 Hz dengan Vpp In 5.6 menghasilkan arus sebesar 3.6 Vpp Out 9.6 Vpp Out 9.88 A.6 Vpp Out 9. Contoh perangkat yang menggunakan sumber tegangan AC di antaranya: 1. Output motor generator.6 menghasilkan arus sebesar 1. Bor listrik 9. Gergaji Mesin 10. Lampu perumahan.4. Untuk frequency 100 Hz dengan Vpp In 2.8 Vpp Out 9.99 A. lampu taman.6 menghasilkan arus sebesar 15.338 A. Lemari Pendingin 3.2 x 10-3 A. Traffic Light 8.

012 A. nilai arus hambatan pertama 9. Software selain EWB antara lain Livewire.000001 A. EAGLE. 2. Kesimpulan 1. 100 Hz sebesar 1.99 A dan nilai arus hambtan ketiga 1. 10 kHz sebesar 1.00013 A. B.00013 A.24 A. 100 kHz sebesar 1. KESIMPULAN DAN SARAN A. Dip Trace 3.6 menghasilkan arus sebesar 1.338 A. Untuk frequency 100 kHz dengan Vpp In 0 Vpp Out 9. 4. Untuk frequency 10 kHz dengan Vpp In 0 Vpp Out 9.012 A.99 A. 1 kHz sebesar 1. 10 Hz sebesar 15. nilai arus hambatan kedua 3.6 menghasilkan arus sebesar 1. 50 Hz sebesar 3. Electronic WorkBench (EWB) merupakan salah satu program Electrical Computer Aided Simulation yang digunakan untuk menghitung besarnya nilainilai dalam rangkaian elektronika. V. Nilai arus 1 Hz sebesar 159.frequency 1 kHz dengan Vpp In 0 Vpp Out 9.6 menghasilkan arus sebesar 1. Tegangan AC adalah tegangan di mana daerah bersih di bawah satu siklus adalah nol .88 A.9 A. Saran Lebih diperjelas lagi dalam perhitungan agar praktikan tidak bingung dan membuat kesalahan saat perhitungan . Tegangan DC adalah tegangan di mana muatan berjalan hanya dalam satu arah.000001 A.2 x 10-3 A 5.

Praktikum Rangkaian Listrik & Bahan Semikonduktor.xyz/perbedaan-tegangan-ac-dan-dc.uny.pdf diakses 12 April 2016 Tim Asisten. Modul Simulasi Rangkaian Elektronika Analog dan Digital (OnLine) http://staff.DAFTAR PUSTAKA Artikeltop. (On-Line) https://rudist. Modul Praktikum Elektronika dan Intrumentasi.com/2015/02/5-bahan-semikonduktor. 2015.ac. 2012. Universitas Jendral Soedirman : Purwokerto . (On-Line) artikeltop.files.id/sites/default/files/pengabdian/muhammadali-st-dandigital-dengan-ewb. Fakultas Pertanian. Perbedaan Tegangan AC dan Tegangan DC. 2015.wordpress. 2016.pdf diakses 12 April 2016 Rudi.html diakses 13 April 2016 Muhammad Ali.