You are on page 1of 5

POLITEKNIK KESEHATAN

KEMENKES SURABAYA
JURUSAN KEPERAWATAN
PROGRAM STUDI D IV
KEPERAWATAN GAWAT DARURAT
SURABAYA
INSTRUKSI KERJA
Pijat Bayi
di Laboratorium Kep. Anak
Tujuan :
Sebagai acuan dalam melaksanakan praktek
laboratorium keperawatan anak khususnya tindakan
Pijat Bayi

No. Dokumen :

No. Revisi :
Tanggal

:

Halaman : 1 / 5
Petugas
: Pembimbing Lab.
Kep. Anak

UNIT : Layanan Laboratorium

1. Ruang Lingkup
Semua tindakan pelaksanaan pijat bayi sebelum mahasiswa mendapatkan pengalaman
nyata di lapangan, wajib mendemonstrasikan persiapaan pelaksanaan penilaian.
2. Uraian Umum
3.1. Jenis tindakan pijat bayi
3.2. Indikator keberhasilan tindakan apabila dilakukan sesuai prosedur pada sesuai tahaptahap dan mampu membuat kesimpulan/mengintepretasikan hasil test .
3.3. Tehnik Pelaksanaan dengan tepat .
3.4. Prosedur operasional tindakan.
3. Petugas
Pembimbing Laboratorium Keperawatan Anak.
4. Alat dan Bahan
Alat :
1) Ruangan hangat dan nyaman
2) Alas tidur yang lembut dan rata
3) Waslap
4) Baskom
5) Handuk
6) Baju bayi
7) Popok pengganti
Bahan :
1) Baby lotion atau Baby Oil
2) Air hangat
5. Instruksi Kerja
1) Mencuci tangan
R/: mengurangi transmisi mikroorganisme
2) Meminta izin kepada bayi dengan cara membelai wajah nya sambil mengajak
bicara.

buat gerakan seperti memerah dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri dari tungkai atas ke tungkai bawah secara bergantian. Milking Swedia : lakukan kebalikan dari perahan india. Pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari tumit ke arah jari-jari menggunakan kedua ibu jari d) Spiral Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari tumit ke arah jarijari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari.R/: membangun hubungan pada bayi sebelum pemijatan dimulai 3) Lepaskan pakaian bayi R/: pemijatan akan lebih mudah apabila bayi dalam keadaan tanpa pakaian 4) Tuangkan baby lotion/baby oil pada telapak tangan pemijat R/: telapak tangan yang licin mempermudah pemijatan pada bayi 5) Pijat pada kaki R/: umumnya bayi lebih menerima apabila dipijat pada daerah kaki sehingga akan memberi kesempatan pada bayi untuk membiasakan dipijat sebelum bagian lain dari badannya disentuh. silangkan keatas sehingga mata kaki kanan luar bertemu mata kaki kiri dalam. gerakan dilakukan dari pangkal paha ke tumit secara bergantian. a) Milking (India dan Swedia) Milking India : pegang kedua tungkai bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul softball. e) Finger shake Goyang dan tarik lembut setiap jari kaki bayi f) Relax 1) Menyilangkan kaki Pegang kedua pergelangan kaki bayi. Pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari tumit ke arah jari-jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. 2) Menekuk kaki bergantian . b) Squeezing Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal paha ke pergelangan kaki dengan kedua tangan c) Thumb after thumb Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari tumit ke arah jarijari menggunakan kedua ibu jari.

membentuk lingkaran penuh (gerakan matahari). jari tengah dan jari manis. mengurangi kembung dan kolik yang diakibatkan karena mengkonsumsi susu formula. 7) Pijatan pada dada . membentuk huruf U terbalik. 6) Pijatan pada perut bayi R/: pemijatan pada perut bermanfaat untuk merangsang fungsi. lakukan berulang.Pegang pergelangan kaki kanan dalam posisi kaki lurus. Ulangi dengan telapak tangan kiri bergantian. dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah seperti membentuk huruf I Love : pijat dengan tiga ujung jari tangan. mulai dari perut sebelah kanan bawah bayi keatas mengikuti arah jarum jam. dari kanan atas ke kiri atas perut bayi. pencernaan. kemudian ke perut kiri atas menuju bawah. Gerakan ini dilakukan tidak terputus. kemudian tekuk kaki kanan perlahan ke arah perut. U : pijat dengan tiga uung jari tangan. b) Bulan matahari Pijat dengan telapak tangan kanan. c) I Love You I : pijat dengan tiga ujung jari tangan. d) Walking fingers Tekan seluruh bagian dinging perut dengan ujung jari telunjuk. memudahkan buang air besar pada bayi. gerakkan telapak tangan ke bawah dengan tekan lembut sampai bawah pusar. bergantian berjalan dari sebelah kanan ke kiri. Lanjutkan pijatan dengan telapak tangan kirik dengan gerakan berputar. menuju perut kiri bawah bayi searah jarum jam (gerakan bulan). dari perut kanan bawah ke atas. e) Relax Akhiri pijatan perut dengan mengangkat dan menekuk kedua kaki bayi hingga bagian paha menyentuh perut. mulai dari perut kanan bawah bayi ke atas. kemudian ke bawah membentuk huruf L terbalik. lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri. kemudian menekan perlahan ke arah perut. a) Mengayuh Letakkan telapak tangan kanan di bawah tulang iga dan hati.

sampai tulang pipi. a) Butterfly R/: memperlancar sirkulasi peredaran darah sehingga dapat menurunkan produksi hormone stress dan merelaksasi tubuh bayi. gerakan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut . meningkatkan fungsi pernafasan dan membantu melegakan ketidaknyamanan akibat sesak nafas. b) Slip (pijatan meluncur) Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. a) Carees love (sentuhan cinta) Mengusap dengan rasa sayang dari garis tengah wajah kearah samping seperti membuka buku. c) Mengayuh Letakkan telapak tangan tegak lurus terhadap tulang belakang. lakukan gerakan maju mundur menggunakan telapak tangan di sepanjang punggung dari leher ke pantat bayi. posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. dengan gerakan memutar perlahan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk d) Smile Pijat diatas mulut bayi menggunakan ibu jari dari tengah ke samping kemudian ke arah pipi seperti senyuman bayi e) Cute Akhiri pijatan wajah dengan gerakan lingkaran kecil mulai dari bawah telinga menuju dagu dengan menggunakan tiga jari.R/: memperbaiki sirkulasi peredaran darah. gerakkan telapak tangan lurus dari atas ke bawah dari leher ke bokong. dengan kepala di sebelah kiri dan kaki di sebelah kanan pemijat. a) Go back forward (pijatan maju mundur) Tengkurapkan bayi melintang di depan pemijat. b) Relax Pijat daerah di atas alis dari tengah ke samping menggunakan ibu jari c) Cicle down Pijat mulai dari kedua sudut mata bagian dalam turun melewati pangkal hidung. 10) Pijatan pada punggung R/: memperlancar sirkulasi peredaran darah sehingga dapat menurunkan produksi hormone stress dan merelaksasi tubuh bayi.

sampai bokong. Indikator 1) Bayi dapat tidur dengan nyenyak 2) Bayi lebih tenang dan tidak rewel 3) Terjadi peningkatan berat badan padi bayi . mulai dari bahu sampai bokong sebelah kiri dan kanan dengan menggunakan tiga jari. dari leher menuju bokong dengan menggunakan ujung jari 11) Bersihkan sisa baby lotion/ baby oil pada tubuh bayi dengan waslap hangat R/: Menambah rasa nyaman pada baby 12) Kenakan kembali pakaian dan popok bayi R/: Menambah rasa nyaman bayi 13) Membersihkan alat-alat yang telah dipakai R/: mengurangi penyebaran mikroorganisme 14) Mencuci tangan R/: mencegah transmisi mikroorganisme 15) Dokumentasi 6. e) Menggaruk Akhiri pijatan punggung dengan membuat beberapa kali belaian memanjang. ulang dengan telapak tangan kiri bergantian beberapa kali d) Spiral (pijatan melingkar) Buat gerakan melingkar kecil di sepanjang otot punggung.