You are on page 1of 11

Bagaimana Kita Memahami Gaya Coriolis?

Anders Persson
Pusat Eropa untuk Range Prakiraan Cuaca Menengah, Reading, Berkshire, Inggris
ABSTRAK
Gaya Coriolis, dikemukakan oleh matematikawan Perancis Gaspard Gustave de Coriolis
(1792-1843), secara tradisional diturunkan dari transformasi koordinatdengan kinematik teknik
sebagai dasarnya. Ini memiliki konsekuensi yang penting dalam fisika untuk mengkaji gejala
alam di bumi ini, serta untuk sistem mekanis sederhana, yang pada awalnya belum sepenuhnya
dipahami. Sebuah kajian tentang Coriolis itu sendiri dan merupakan prestasi tersendiri yang
menunjukkan bagaimana penemuan gaya Coriolis itu, tidak hanya untuk dunia sains , tetapi
sampai awal abad kesembilan belas mekanik dan industri mengembangkannya.
Pendekatan sendiri, yang diikuti dari diskusi umum mengenai energetika dari sebuah
sistem mekanik berputar, menyediakan dan lebih fisik cara alternatif untuk melihat dan
memahami, misalnya, properti sebagai pelengkap gaya sentrifugal. Hal ini juga membantu untuk
memperjelas hubungan antara momentum sudut dan energi kinetik rotasi dan bagaimana
kekuatan inersia dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pergerakan tubuh dan masih
tanpa melakukan pekerjaan apapun. Menerapkan prinsip-prinsip dan efek Coriolis memaparkan
aspek penyebab dinamika dan energetika dari atmosfer, geostropik proses penyesuaian, sirkulasi
sekitar jet stream, sejauh meridional dari sel Hadley, kekuatan dan lokasi dari aliran jet subtropis,
dan fenomena "pembangunan hilir" dalam zonal baratan.
"Untuk memahami suatu ilmu kamu perlu tahu yang sejarahnya). "(Agustus Comte, 1798-1857)
1. Pengantar
Meskipun ilmu meteorologi lebih mempelajari tentang pengamatan
tive kekayaan tokoh warna-warni dan acara, dari masa lalu
dan ini, pendidik jarang menggunakan ini nyatorical dimensi, seperti yang baru-baru ini ditunjukkan dalam
jurnal oleh Knox dan Croft (1997). Sebuah kasus dimana nyapendekatan torical terbukti menerangi dalam
pengajaran gaya Coriolis, yaitu setelah Perancis
matematika Gaspard Gustave Coriolis (1792 1843). Pada bumi berputar gaya Coriolis bertindak untuk

5 cm ke kanan. 150. bahkan dapat mempengaruhi hasil tur baseballnaments: bola dilempar horisontal 100 m 4 s dalam Amerika Serikat akan. B. E-mail: a. Membaca RG2 9AX. ω. Inggris Raya. adalah d dt d dt f r B B B     =     +× ω . dan sirkulasi angin-laut (Atkinson 1981." seperti yang disebut m ketika dihilangkan. devimakan 1.persson @ ecmwf. karena gaya Coriolis. Shinfield Park. secara tradisional yang diperoleh koordinat transformasi. (r). Hubungan antara percepatan dari vektor.int Dalam bentuk final sebesar 20 Maret 1998. (1) Prosedur ini adalah untuk menerapkan (1) pertama untuk posisi r vektor. defleksi ini tidak hanya instrumental dalam skala atmosfer sirkulasi-besar. Simpson 1985. 2.mengubah arah tubuh bergerak ke kanan pada belahan bumi utara dan ke kiri di SelatanBelahan Ern. ECMWF. © 1998 American Society Meteorologi . dePembangunan badai. 164. Penurunan matematika The "Coriolis percepatan. Neumann 1984). maka untuk kecepatan v untuk mendapatkan ve-relatif Alamat korespondensi penulis: Anders Persson. memutar dengan sudut kecepatan. dalam sistem koordinat tetap relatif ke bintang-bintang (f) dan sistem.

Hal ini juga membantu untuk memperjelas hubungan antara momentum sudut dan energi kinetik rotasi dan bagaimana kekuatan inersia dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pergerakan tubuh dan masih tanpa melakukan pekerjaan apapun. Ini memiliki konsekuensi yangquence yang penting fisik untuk proses di atmosfer. No 7. sirkulasi sekitar jet stream. Pendekatan sendiri. 79. dan fenomena "pembangunan hilir" dalam zonal baratan. geostropik proses penyesuaian. dan tiba pada ekspresi untuk percepatan mutlak sebuah. yaitu setelah matematikawan Perancis Gaspard Gustave de Coriolis (1792-1843). yang diikuti dari diskusi umum mengenai energetika dari sebuah sistem mekanik berputar. belum sepenuhnya dipahami. properti sebagai pelengkap gaya sentrifugal. Berkshire. Page 2 1374 Vol. (2) yang bagi seorang pengamat berputar terdiri dari ob thedilayani percepatan a r . Sebuah studi ilmiah karir Coriolis sendiri dan prestasi menunjukkan bagaimana penemuan Coriolis gaya yang terkait. tetapi sampai awal abad kesembilan belas mekanik dan industri mengembangkanKASIH. menyediakan dan lebih fisik cara alternatif untuk melihat dan memahami. Juli 1998 locity v r . Reading. Sedangkan percepatan Coriolis 2ω×v r . sejauh meridional dari sel Hadley. a=a r +2ω×v r + Ω × (ω × r).Bagaimana Kita Memahami Angkatan Coriolis? Anders Persson Pusat Eropa untuk Range Prakiraan Cuaca Menengah. kekuatan dan lokasi dari aliran jet subtropis. secara tradisional diturunkan sebagai masalah transformasi koordinat oleh kinematik teknik dasarnya. Menerapkan prinsip-prinsip dan efek Coriolis memaparkan aspek penyebab dinamika dan energetika dari atmosfer. Inggris ABSTRAK Gaya Coriolis. tidak ada ilmu bumi. misalnya. serta untuk sistem mekanis sederhana. Menggabungkan ekspresi.

. banyak yang senang. yakin bahwa itu telah diturunkan ketat. Gill 1982. walaupun defleksi benar-benar dalam arah vertikal. (A) (B) Page 3 1375 . 17-20. Karena gaya Coriolis adalah produk silang antara vektor rotasi bumi (Ω) dan vektor kecepatan. yang hanya depends pada posisi (Perancis 1971. Artikel ini akan menunjukkan bahwa masalah utama dengan pengajaran gaya Coriolis tidak berbohong sehingga F IG . Gaya Coriolis lenyap untuk naik poleward udara (atau sinking equatorward). 1). itu akan mengambil nilai maksimal untuk gerakan tegak lurus terhadap sumbu bumi (a) dan lenyap untuk gerakan sejajar dengan sumbu bumi (b). 73). dan tidak dapat menjelaskan kebingungan yang meluas yang jelas surputaran itu [untuk contoh baru-baru ini melihat sebuah artikel oleh Kearns (1998) dalam] Weatherwise. 1. Dan beberapa orang lebih suka tidak pernah untuk melihat ke samping lagi. Yang hanya tergantung pada kecepatan. Pedlosky 1979. untuk menerima ide kekuatan Coriolis. Untuk diberikan horisontal gerakan defleksi horizontal terkuat adalah pada tiang dan tidak ada defleksi horizontal pada equa thetor. Henry akhir Stommel menghargai rasa frustrasi yang mengalahkan siswa dalam meteorologi dan oseanografi yang enmenghadapi "misterius" gaya Coriolis sebagai hasil dari serangkaian "manipulasi resmi": Menggenggam tangan guru. mereka hati-hati dipandu melintasi tangga kapal sempit atas menguap kesenjangan antara frame beristirahat dan berputar seragam frame. Terkena gaya Coriolis maksimal. udara naik equatorward (atau sinking poleward) di midlatitudes. kurang lebih dengan iman buta. misalnya. Takut melihat turun ke dalam air hitam dingin antara dermaga dan kapal. (Stommel dan Moore 1989). Frustrasi dan kebingungan? Matematika terlibat dalam derivasi dari gaya Coriolis cukup mudah. angin barat-timur Horisontal di khatulistiwa memang dipengaruhi oleh gaya Coriolis. sekali aman kapal. 3. dan percepatan sentrifugal ω × (ω × r). setidaknya di comperbandingan dengan bagian lain dari meteorologi. untuk gerak vertikal sebaliknya adalah benar (Gbr. 522.

Dan konservasi momentum sudut. Ini daun kesan bahwa beberapa pasukan fiktif lebih FICtitious daripada yang lain. terpisah untuk tangenTiAl dan gerakan radial. walaupun sama-sama fiktif. memperoleh gaya Coriolis (dalam dua dimensi) untuk sebuah benda yang bergerak pada turntable. Hal ini mudah menyediakan "disetujui" menjawab. Dalam sistem berputar yang paling dominan dinating gaya tidak gaya Coriolis tetapi sentrifugal kekuatan. Seorang pria berjalan pada kecepatan dari 1 ms -1 pada jarak dari 3 m dari pusat rotasi pada turntable. Konservasi momentum sudut hanya berlaku . bagaimanapun. tapi harga untuk membayar adalah kesulitan pedagogis untuk menjembatani kesenjangan antara pendekatan formalistik dan fisik asli pemahaman. seperti bola bergulir pada disk tanpa gesekan. making satu revolusi dalam 2 s. hampir selalu berbicara tentang sebagai kekuatan. The efek sentrifugal tereliminasi jika tidak ada interaksition antara disk berputar dan tubuh. "" pseudoforce. Hanya pada jarak 0. 4. Beberapa buku. Tapi kemudian prob thelem dibawa kembali ke ap kinematik tradisional proach dengan transformasi antara koordinat sistem. masalah timbul ketika kondisi fisik yang gerakan ini berlangsung tidak diambil dalam acmenghitung atau ditangani. ω 2 r. "atau" mental membangun. masing-masing. dengan ambisi untuk menghindari "untukmanipulasi mal "dan menarik bagi siswa intu theition.6 m dari pusat adalah dua kekuatan kekuatan yang sama. "The gaya sentrifugal. Namun." "yang jelas kekuatan. akan mengalami centrifugal percepatan yang lima kali lebih kuat daripada Percepatan Coriolis. ω r 2 . Interpretasi mekanik Coriolis force Banyak buku teks ingin memberitahu siswa bahwa gaya Coriolis adalah "gaya fiktif. namun murni sifat kinematik derivasi. penggunaan pembuatan Varia thereaksi yang diharapkan dari gaya sentrifugal.Buletin Masyarakat Meteorologi Amerika banyak dengan derivasi matematika.

Untuk barat gerakan gaya sentrifugal ini melemah dan dapat tidak lagi keseimbangan gaya gravitasi. Keseimbangan dicapai ketika gaya sentrifugal diarahkan equatorially seimbang gaya gravitasi poleward dan mengubah bumi bulat ke sebuah ellipsoid (b). yang merupakan kekuatan fisik yang bergerak tubuh dalam poleward. Tapi ini tidak berhubungan dengan prinsip theciple kekekalan momentum sudut. 117-118). Untuk gerakan ke arah timur yang sentrifugal gaya meningkat dan tubuh adalah dibelokkan ke arah khatulistiwa. Penerapan angukekekalan momentum lar. Untuk poleward (equatorward) pergerakan penurunan (inlipatan) jarak ke bumi sumbu rotasi terkait dengan peningkatan barat (timur) zonal kecepatan. Battan 1984. Beberapa buku teks (dan situs pendidikan di World Wide Web) menjelaskan kualitatif Coriolis defleksi gerakan meridional sebagai konsekuensi udara's asal di lintang lain di mana yang velocity karena rotasi bumi berbeda (misalnya. Untuk alam cukup alasan masalah ini hilang jika kita mempertimbangkan gerakan di bumi berputar. di sebelah kanan gerakan. F IG . arah ke kanan gerakan (Durran 1993. Ini salah paham- . diberikan kenaikan untuk beberapa kesalahpahaman. Keseimbangan antara gaya sentrifugal dan gravitasi yang g * . tetapi konservasi kecepatan mutlak. keseimbangan diubah. Lendutan ini (menunjuk ke sebelah kiri gerakan di belahan bumi selatan) adalah manifessultasi dari gaya Coriolis. Karena bentuk ellipsoid nya. Ketika bergerak. Durran dan Domonkos 1996). gaya gravitasi keseimbangan gaya sentrifugal pada tubuh apapun. Pada tahap awal pembangunan bumi (a) gaya sentrifugal mendorong lembut peduli terhadap khatulistiwa. 2). 2.ketika tidak ada torsi terhadap sumbu vertikal. selama tidak bergerak (Gbr. dan momentum sudut tidak akan dilestarikan untuk eiada dari mereka. Hasil yang sama berikut dari pertimbangan kekekalan momentum sudut dari tubuh-mov ing di bumi tanpa dipengaruhi oleh torsi. bagaimanapun. A peranak bergerak di permukaan berputar akan mengerahkan torsi di atasnya melalui gesekan dan konservasi akan adakedepan hanya berlaku pada manusia dan meja putar bersama-sama.

Serupa salah tafsir dari Hadley kerja dapat ditemukan dalam teks-teks otoritatif lainnya. itu adalah alcara's Hadley hal kecepatan absolut. sebagian besar baru-baru ini di jurnal ini (Lewis 1998. po inibangkan kesalahpahaman diakui oleh Eliassen dan Pedersen (1977. ia membahas hanya dalam hal konservasi kecepatan mutlak (Lorenz 1967. 53). Yang seriusan kesalahan tidak terletak terutama dalam numerik kesalahan.ing adalah menipu karena menghasilkan lendutan di arah kanan. Jadi. tetapi hanya menjelaskan setengah dari Coriolis percepatan ω × v r bukannya 2 ω × v r . 4). yang membuat jelas bagaimana dua efek kinematik masing-masing menyumbangkan setengah dari Coriolis percepatan: kecepatan relatif dan berpaling dari kerangka acuan. 3). tetapi dalam kebingungan antara dua fundamental mekanis prinsip: konservasi linear-momen tum dan konservasi momentum sudut. 61. 5. 5. Lorenz tahun 1969. Hal ini perlu emphasized sejak Gill dalam bukunya tentang laut dan Atmodinamika korah berulang kali menyatakan bahwa memang Hadley memanfaatkan kekekalan momentum sudut (Gill 1982. Ada tidak ada gagasan dari setiap gaya Coriolis sampai pertengahan abad kesembilan belas ketika Jean Bernard Léon Foucault menunjukkan bahwa sebuah pendulum sederhana akan desehatan oleh rotasi bumi dan pada lintang φ membuat revolusi penuh dalam satu hari pendulum. 39. yang 24 jam φ dosa /. ketika George Hadley pada tahun 1735 menyadari bahwa rotasi bumi mengalihkan arus udara. Foucault. 506. Meskipun Gill kutipan Hadley matematika secara rinci (di hal 23) ia tidak tampaknya menyadari bahwa hal ini berkaitan dengan konservasi absokecapi kecepatan. ganda waktu untuk osilasi inersia (Gbr. 2. dan Buys Pemungutan Suara Barulah pada akhir abad kedelapan belas itu menyadari bahwa konservasi momentum sudut. lihat faksimili Hadley kertas dalam Shaw 1979). Ini juga dapat dipahami dari sederhana kinematik pertimbangan (Gbr. 189. 98). Penemuan ini menarik lebar ilmiah dan . Ferrel. 369. Ketika pengaruh rotasi bumi masih diperdebatkan oleh para ilmuwan pada abad kedelapan belas. yang sejauh ini hanya diterapkan untuk mekanika langit (Kedua hukum Kepler). 549). 23. juga bisa diterapkan untuk mechanics.

Terpisah dari Ferrel. α. yang akrab dengan asli kertas's Coriolis melalui Dugas (1955. Sebuah gerakan langsung dari O ke P pada disk berputar / meja putar / merry-go-round berikut jalur melengkung. Mereka mengungkapkan bahwa karyanya tidak hanya kepentingan sejarah. Untungnya dokumennya telah baru-baru ini telah dicetak ulang (Coriolis 1990). 36-38). bersama-sama dengan membaca Newton dan karya-karya Laplace. Foucault bukan akademis dan ada yang baik alasan untuk menganggap bahwa ia belum pernah mendengar tentang Coriolis ketika ia merancang eksperimennya. Trek ini sepanjang busur melengkung dan arah gerakan (relatif untuk dinas tetap sumbu) telah berubah melalui sudut 2 α ketika sistem telah rotated hanya sudut. Yordania 1966) pertanyaan itu memang dimunculkan jika ia telah tempat dalam ilmu meteorologi? Satu pesertaterengah-engah. kekuatannya tergantung pada lintang dan tekanan gradien horisontal (Khrgian 1970.populer perhatian dan. 6. Landsberg 1966. Ini adalah yang paling dekat meteorologi pun tampaknya telah datang untuk mencari tahu Coriolis apa yang sebenarnya.) Jadi mana Coriolis masukkan? Dalam sebuah perdebatan di jurnal ini 30 tahun yang lalu (Burstyn 1966. baik dari yang mungkin menunjukkan diri kepada kita. Haurwitz 1966. para ahli meteorologi Belanda PJK Buys Pemungutan Suara pada tahun 1857 dipublikasikan pemerintahannya berdasarkan data empiris sesuai yang rendah tekanan ke kiri jika Anda memiliki angin di belakang Anda (Snelders dan Schurrmans 1980). tetapi juga membuka cara baru untuk melihat kekuatan yg menyebabkan pembelokan dan yang berperan dalam dinamika atmosfer. mencatat bahwa dia berasal kekuatan nya "bukan dengan mengubah koordinat atau konservasimotivasi yang momentum sudut. 3. F IG . terinspirasi William Ferrel tahun 1856 untuk menyimpulkan bahwa arah angin sejajar ke isobars. 222. (Dari ide oleh RS Pencetak gol. yang tampaknya kita untuk melakukaning dengan cara keras "(Burstyn 1966). Kutzbach 1979. namun dengan mempertimbangkan energetics dari sistem. Gaspar Gustave Coriolis Gaspard Gustave Coriolis lahir pada 21 Mei 1792 di Paris untuk sebuah keluarga aristokrat kecil yang F IG . 374-383).

selama arah konstan dalam ruang dan dibalik secara berkala. dan hubungannya dengan mekanikbekerja kal menjadi mapan (Grattan-Guinness 1997. Inti dari masalah ini adalah bahwa efek Coriolis defleksi akan dibatalkan pada saat bergerak bob berayun di arah yang berlawanan. 449. itu ajaran ini bahwa diruncing karyanya (Costabel 1961.. (The perubahan arah per ayunan pada gambar adalah terlalu berlebihan. bob bandul hanya berubah setengah dari itu atau 4 α. mv 2 / 2. yang lainnya adalah suatu pendukurikulum bob (panah terbuka). The Gaspard pemuda awal menunjukkan mathe luar biasamatical bakat. rationelle "Coriolis" adalah salah satu yang pertama untuk mempromosikan reformasi dan pada tahun 1829 ia menerbitkan buku teks. lihat juga Tourneur 1961. 330. Sebagai salah satu penulis biografinya mencatat. 5). dan insinyur di méchanique. . Salah satu tubuh bergerak di bawah inersia (panah penuh). yang mekanika disajikan dengan cara yang dapat digunakan oleh industri. Kuhn 1977). The pendidikan mekanik di Perancis pada saat itu didominasi oleh statika. Selama waktu diterval 4 τ. 1895 Lapparent). Lagrange's mekanikteori kal dikritik. bukan untuk machines didorong oleh air atau angin. 4. bukan karena mereka salah. perpanjangan ide Pencetak gol pada Gambar. Hanya sekarang bahwa ungkapan yang benar untuk energi kinetik. 5. yang cocok hanya untuk masalah yang berkaitan dengan pekerjaan kontruksi.) F IG . 3. Sebuah gerakan dikembangkan dengan tujuan utama untuk meningkatkan pendidikan pekerja. Penjelasan juga membuat jelas bahwa tidak relevan jika bob bergerak sebagai pendulum atau dengan cara lain. baik dilihat dari atas dan mengikuti rotasi bumi α / τ (derajat / interval waktu). tetapi karena mereka sulit untuk diterapkan praktis masalah. sementara hal ini tidak terjadi untuk bergerak inersiapemerintah. mengapa dibutuhkan separuh waktu bagi tubuh untuk membuat inerTiAl osilasi (12 h φ dosa / di mana φ adalah lintang) daripada untuk lengkung dari bandul Foucault untuk membuat jam penuh 24 rotasi / φ dosa). pengrajin. dimana tubuh berikut lingkaran inersia telah berubah arah dengan 8 α. 122. Gaspard Gustave Coriolis (1792-1843). 7. miskin oleh Revolusi Perancis (Gbr. Calcul de l'Effet des Machines (Perhitungan Pengaruh Machine). Pada 16 ia diterima di École Polytechnique di mana ia kemudian menjadi guru. Société des Amicale Anciens Élèves de l'Ecole Polytechnique 1994. Sebuah ilustrasi grafis.

dipengaruhi oleh kekuatan. misalnya. kami dapat. Tiga tahun kemudian datang kertas yang akan membuat namanya terkenal. Coriolis 1835). P. Adalah sama dalam berputar sistem seperti pada nonrotational (Gbr. yang membuat mempercepat untuk kecepatan sebuah. "Sur les équations du Mouvement des relatif systèmes de corps "(" Di persamaan gerak relatif dari Sistem tubuh ". dibacakan ke Académie des Sciences (Coriolis 1832). bergerak dengan kecepatan. m. tetapi dengan transfer energi dalam berputar sistem seperti waterwheels. v 0 . The 1832 kertas menetapkan bahwa hubungan antara potensi dan kinetik energi untuk tubuh. 6): mv 1 2 /2-vm 0 2 / 2 = ∫ P cos Θ ds. Teman-kertas Coriolis tidak berhubungan dengan suasana atau bahkan rotasi bumi. mengaitkannya dengan peningkatan kecepatan dan energi kinetik dari satelit jatuh ke bumi. Pekerjaan dilakukan oleh gaya gravitasi di sepanjang proyeksi pada satelit lintasan. .mesin des KASIH relatifs " ("Pada prinsip kinetik energi dalam gerak relatif dalam mesin "). v 1 . (3) mana Θ adalah sudut antara P dan ds. Coriolis hubungan ini diterapkan pada masalah di kesembilan belas abad teknologi.

maka gaya Coriolis.Tiga tahun kemudian. mω 2 r. yang bagi tubuh stasioner adalah radial keluar dari pusat rotasi.2 m ω v. . "It" Perlu dicatat bahwa Coriolis disebut dua komponen motivasional "kekuatan sentrifugal composées" dan antarested dalam bukunya "kekuatan" hanya dalam kombinasi dengan radial gaya sentrifugal untuk dapat menghitung total cen trifugal kekuatan. itu akan titik lepas dari pusat rotasi. . Gaya sentrifugal sehingga dapat didekomposisi menjadi satu gaya sentrifugal radial. Coriolis kembali ke menganalisis gerak relatif yang terkait dengan sistem. khususnya gaya sentrifugal. pada tahun 1835. dan lain. Untuk mov aing tubuh ini tidak terjadi. Hal ini diarahkan perpendicular untuk bergerak Tubuh lintasan (dilihat dari tetap kerangka acuan).