You are on page 1of 19

Program

Penataan dan Pemerataan Guru
Pendidikan Menengah

Tahun 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
2016

000 GURU . 9 TAHUN 2016 DIPANTAU OLEH PRESIDEN TIAP 6 BULAN SEPTEMBER 2016 ALIH FUNGSI 15.Kronologi PROGRAM DIREKTORAT PGPM. DITJEN GTK MENJADI PROGRAM PRIORITAS PRESIDEN DIPANTAU DI INTERNAL DIREKTORAT JENDERAL DIPANTAU OLEH KANTOR STAF KEPRESIDEN APRIL 2016 LAKIP DITJEN GTK ROADMAP REKRUITMEN DAN PEMERATAAN GURU DIPERKUAT DENGAN INPRES NO.

dan Pendidikan Tinggi Kementerian Keuangan Kementerian Kesehatan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Kementerian Kelautan dan Perikanan Para Gubernur . Teknologi.Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK Kementerian Ketenagakerjaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian Perindustrian Kementerian Perhubungan Kementerian Riset.

Menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi sesuai kebutuhan pengguna lulusan (link and match). Mempercepat penyediaan guru kejuruaan SMK melalui pendidikan. Teknologi. 2 . Mempercepat penyelesaian Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Mengembangkan program studi di Perguruan Tinggi untuk menghasilkan guru kejuruan yang dibutuhkan SMK. penyetaraan. Meningkatkan jumlah dan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMK. dan pengakuan. Mendorong industri untuk memberikan dukungan dalam pengembangan teaching factory dan infrastruktur. dan f. b. Meningkatkan kerja sama dengan dunia usaha untuk memberikan akses yang lebih luas bagi siswa SMK untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan program magang bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMK. dan lokasi industri khususnya yang terkait dengan lulusan SMK. b. Meningkatkan kerja sama dengan Kementerian/Lembaga. c. dan d. c. Meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK dan akreditasi SMK. Menteri Riset.Inpres Nomor 9 Tahun 2016 : Revitalisasi SMK TUGAS Menteri Pendidikan dan Kebudayaan a. kompetensi (job title). dan Pendidikan Tinggi a. Pemerintah Daerah. Menteri Perindustrian a. jenis. e. dan b. Membuat peta jalan pengembangan SMK. Menyusun proyeksi pengembangan. d. Membentuk Kelompok Kerja Pengembangan SMK. dan dunia usaha/industri.

lokasi. Menteri Kelautan dan Perikanan a. dan sertifikasi. dan tenaga kependidikan untuk melakukan PKL dan magang. jumlah. c. dan waktu. dan d. c. jenis. Meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK yang terkait dengan bidang kelautan dan perikanan. pendidik. Mendorong BUMN untuk memberikan dukungan dalam pengembangan teaching 2 . Menteri Perhubungan a. c. Memberikan kemudahan bagi siswa SMK untuk melakukan praktek kerja di Balai Latihan Kerja (BLK). Menyusun proyeksi kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK yang meliputi tingkat kompetensi. Menteri Badan Usaha Milik Negara a. dan c. Meningkatkan bimbingan bagi SMK yang kejuruannya terkait dengan kelautan dan perikanan. Mempercepat penyelesaian Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. dan d. b. Mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyerap lulusan SMK sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan SMK. Mempercepat penyelesaian Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. b. Mendorong BUMN untuk memberikan akses yang lebih luas bagi siswa SMK untuk melakukan PKL dan magang bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMK. dan d. Melakukan revitalisasi BLK yang meliputi infrastruktur. dan tenaga kependidikan untuk melakukan PKL dan magang. Memberikan kemudahan akses bagi siswa.Inpres Nomor 9 Tahun 2016 : Revitalisasi SMK ` TUGAS Menteri Ketenagakerjaan a. termasuk berbagi sumber daya (resources sharing). b. Meningkatkan bimbingan bagi SMK yang kejuruannya terkait dengan perhubungan. pendidik. sarana prasarana. program pelatihan. b. Memberikan kemudahan akses bagi siswa. Meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK yang terkait dengan bidang perhubungan. Mempercepat penyelesaian Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

jenis. Mempercepat penyelesaian Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. 2 . kompetensi (job title). Mempercepat pemberian lisensi bagi SMK sebagai lembaga sertifikasi profesi pihak pertama. Menteri Kesehatan a. Mendorong rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya untuk memberikan akses yang lebih luas bagi siswa SMK untuk melakukan PKL dan magang bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMK. Prosedur. Menyusun proyeksi pengembangan. Memberikan kesempatan yang luas kepada lulusan SMK bidang kesehatan untuk bekerja sebagai asisten tenaga kesehatan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. c. Menteri Keuangan Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi a. a. dan d. Mempercepat sertifikasi kompetensi bagi pendidik dan tenaga pendidik SMK. efisien. c. dan lokasi industri energi yang terkait dengan lulusan SMK. b. Menyusun proyeksi pengembangan. b. jenis. dan d. Standar. Menyusun Norma. Melakukan deregulasi peraturan yang menghambat pengembangan SMK. dan Kriteria pengelolaan keuangan teaching factory di SMK yang efektif. dan lokasi fasilitas kesehatan yang terkait dengan lulusan SMK. kompetensi (job title). dan b. Mendorong industri energi untuk memberikan akses yang lebih luas bagi siswa SMK untuk melakukan PKL dan magang bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMK. Meningkatkan akses sertifikasi lulusan SMK yang terkait dengan bidang energi dan sumber daya mineral. dan akuntabel. dan c. b. Mempercepat penyelesaian Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.Inpres Nomor 9 Tahun 2016 : Revitalisasi SMK TUGAS Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral a. Mempercepat sertifikasi kompetensi bagi lulusan SMK.

2 . Memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan pendidikan SMK yang bermutu sesuai dengan potensi wilayahnya masingmasing. b. dan d. Mengembangkan SMK unggulan sesuai dengan potensi wilayah masing-masing. Menyediakan pendidik. sarana dan prasarana SMK yang memadai dan berkualitas. Melakukan penataan kelembagaan SMK yang meliputi program kejuruaan yang dibuka dan lokasi SMK. c.Inpres Nomor 9 Tahun 2016 : Revitalisasi SMK TUGAS Para Gubernur a. tenaga kependidikan.

Pemerataan. dan Pemenuhan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah 2016 .Penataan.

Landasan Kerja Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Kebijakan Wajib Belajar 12 Tahun Tunjangan Profesi Guru Kurikulum 2013 Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Nomor 7013/D/KP/2013) .

Melengkapi analisis distribusi guru 1. Penyusunan Road map Rekruitmen dan Penataan Guru Pendidikan Menengah Workshop #1 Analisis Distribusi Pendampingan Analisis Distribusi 1. Merumuskan isu-isu strategis berdasarkan hasil analisis data untuk bahan Workshop #2 2. Pengumpulan Road map Rekruitmen dan Penataan Guru 2. Pendampingan analisis data distribusi guru 2. Menyiapkan data untuk dianalisis pada Workshop #1 Kegiatan Sosialisasi Saat Ini 1. Sosialisasi Implementasi Penataan dan Pemerataan Guru : Program Sertifikasi Guru dan Sertifikasi Keahlian (Alih Fungsi) Workshop #2 Sosialisasi Program Alih Fungsi Proses Program Alih Fungsi . Membangun Komitmen Bersama antara PG Dikmen dengan Propinsi 2.Tahapan Kegiatan 1.

Desain Penataan dan Pemerataan Guru Sosialisasi dan Penyamaan Persepsi Analisis Data Guru Analisis Kebijakan Penataan dan Pemerataan Guru Implementasi Kebijakan Data kekurangan dan kelebihan guru SMA/SMK per mata pelajaran dan kompetensi keahlian kejuruan • • • • Alih Tugas/Mutasi Alih Fungsi Rekrutmen Baru Outsourcing • Roadmap Penataan dan Pemerataan Guru per Provinsi • Roadmap Penataan dan Pemerataan Guru per Pusat .

2017 I II III sdt . PEMERATAAN DAN PEMENUHAN GURU PNS DIKMEN SKB 5 MENTERI ALIH TUGAS SUDAH DILAKSANAKAN PROSES PENYUSUNAN ALIH FUNGSI REKRUITMENT BARU SOSIALISASI ANALISIS DATA PEMENUHAN ROAD-MAP PPPG PROVINSI OUT SOURCING PERLU SINKRONISASI GURU PNS: • TIDAK DiBUTUHKAN DALAM KUR 2013 • GURU BERLEBIH DI SMK DAN SMA INSTRUKSI PRESIDEN PROGRAM ALIH FUNGSI GURU PNS OLEH KEMDIKBUD 15.Program PKPKK Dikmen .Inpres Alih Fungsi PROGRAM PENATAAN.000 orang PROSES PELAKSANAAN ALIH FUNGSI TAHUN 2016 .

Tersosialisasinya Implementasi Penataan dan Pemerataan Guru : Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian (Alih Fungsi) . Pengumpulan Road map Rekruitmen dan Penataan Guru 2.Target Kegiatan Saat ini 1.

Pengelolaan Data Guru dan Perhitungan dan Pemetaan Guru Pemenuhan Kebutuhan Guru : • Alih Fungsi • Alih Tugas • Rekruitmen • Guru Outsourcing + Kontribusi APBD dalam Program pelaksanaan program kegiatan tersebut beserta tahapan-tahapan per tahun (2017 – 2019) .Isi Road Map Rekruitmen dan Penataan Guru 1. Pemerataan dan Pemenuhan Guru Data . 3. Peraturan dan Kebijakan : Penyusunan Perda Penataan. 2.

PEDOMAN Program Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMK/SMA Upaya Pemenuhan Guru Produktif Di SMK Tahun 2016 .2017 .

.

Kontribusi Dinas Pendidikan Provinsi dalam program ini Kontribusi APBD dalam Program pelaksanaan program kegiatan tersebut beserta tahapan-tahapan per tahun (2017 – 2019) yang sudah disusun dalam Roadmap Rekruitmen dan Penataan Guru bisa dimulai di tahun 2017 dengan program alih fungsi yang diinisiasi oleh Ditjen GTK ini .

Diskusi .

TERIMA KASIH .