You are on page 1of 11

INIKE PARAMITA

1405118509
INOVASI PENDIDIKAN
ANALISIS SOAL PISA
1. Pembangkit Listrik Tenaga Angin
Semakin kuat angin, semakin cepat baling-baling berputar dan semakin besar daya
listrik yang dihasilkan. Tetapi pada kenyataannya, tidak ada hubungan langsung antara
kecepatan angin dan daya listrik yang dihasilkan. Berikut ini adalah empat kondisi
kerja nyata dari pembangkit listrik tenaga angin.

Baling-baling mulai berputar saat kecepatan angin mencapai V1.

Untuk alasan keamanan, putaran baling-baling dibuat tidak meningkat saat
kecepatan angin lebih besar dari V2 .

Daya listrik akan maksimum (W) saat kecepatan angin adalah V2.

Baling-baling akan berhenti berputar saat kecepatan angin mencapai V3.

Manakah grafik yang paling tepat menunjukkan hubungan antara kecepatan angin dan

B.

A.

W

Daya Listrik
0
Electric Power

Daya Listrik
0

W

0

V1 V2
V3
Kecepatan angin

0

V1 V2 V3
Kecepatan angin

D.

C.

0

V1 V2
V3
Kecepatan angin

Penskoran Pembangkit Listrik Tenaga Angin
Nilai penuh
Kode 1 : B.

W

Daya Listrik
0
Electric Power

Daya Listrik
0
Electric Power

W

0

V1 V2 V3
Kecepatan angin

Siswa dapat menginterpretasikan dan menggunakan representasi berdasarkan pada sumber informasi yang berbeda dan mengemukakan alasannya secara langsung  dari yang didapat. 70 ºc dan 10 ºc .  Siswa dapat melaksanakan prosedur dengan baik. Siswa dapat memilih dan menerapkan strategi memecahkan masalah yang  sederhana. 70 ºc dan 25 ºc d. Dimana kategori dari soal PISA pada level 3 adalah . 70 ºc dan 10 ºc b. 2.Tidak Ada Nilai Kode 0 : Jawaban lain. interpretasi dan penalaran mereka. Amir menyiapkan segelas kopi panas dengan suhu sekitar 90 oc. termasuk prosedur yang  memerlukan keputusan secara berurutan. dari deskripsi yang diberikan siswa harus membuat keputusan secara beruntun untuk membaca bentuk dari garfik. Amir meletakkan kedua gelas tersebut di dalam ruang yang bersuhu 20oc. Dapat dilihat bahwa pada soal diatas sudah disediakan deskripsi yang akan berhubungan dengan soal yang diberikan. Kode 9 : Kosong. Analisa : Menurut saya soal PISA di atas merupakan soal pada level 3. 20 ºc dan 20 ºc Penskoran Panas Nilai Penuh Kode 1: A. Kemudian siswa akan mengkomunikasikan hasil dan penelaran mereka dalam bentuk grafik. 90 ºc dan 5 ºc c. dan segelas air mineral dingin dengan suhu sekitar 5oc. Berapa kira-kira suhu dari kopi dan air mineral setelah dibiarkan 10 menit? a. Siswa dapat mengembangkan komunikasi sederhana melalui hasil. kemudian siswa dapat menggunakan dekripsi yang disediakan untuk mereprentasi berdasarkan pada sumber informasi yang diberikan. Bahan maupun ukuran kedua gelas tersebut adalah sama dan volume kedua minuman juga sama.

Hal ini disebut “persinggahan” Venus dan terjadi ketika orbit Venus berada di antara bumi dan matahari. menggunakan. Kode 9: Kosong. Analisa : Menurut saya soal PISA di atas merupakan soal pada level 2. Siswa dapat menerapkan algoritma dasar. memformulasi. Soal ini akan terselesaikan jika siswa mengetahui formulasi atau rumus dasar untuk perhitungan ini. Persinggahan Venus Pada tanggal 8 Juni 2004. Dengan mengenali situasi yang dideskripsikan pada soal maka siswa dapat menghitung nilai yang diminta oleh soal menggunakan formulasi atau rumus yang sesuai. Siswa dapat memberikan alasan secara langsung dan melakukan penafsiran secara harfiah dari hasil. 3. Siswa dapat memilah informasi yang relevan dari sumber tunggal dan  menggunakan penarikan kesimpulan yang tunggal. menggunakan. . Di bawah ini adalah gambar persinggahan Venus pada tahun 2004. planet Venus tampak melintas di depan matahari ketika dilihat dari berbagai tempat di bumi. melaksanakan prosedur atau ketentuan-ketentuan dasar. memformulasikan. Dimana kategori dari soal PISA level 2 adalah :  Siswa dapat menginterpretasikan dan mengenali situasi dalam konteks yang  memerlukan penarikan kesimpulan secara langsung.Tidak ada nilai Kode 0: Jawaban lain. Teleskop diarahkan pada matahari dan gambar yang dihasilkan diproyeksikan pada sebuah kartu putih.  melaksanakan prosedur atau ketentuan-ketentuan yang dasar. Persinggahan Venus sebelumnya terjadi pada tahun 1882 dan berikutnya diprediksi akan terjadi pada tahun 2012. Dapat dilihat bahwa soal diatas merupakan soal yang membutuhkan analisa situasi.

Siswa dapat memberikan alasan secara langsung dan melakukan penafsiran secara harfiah dari hasil. Sinar matahari terlalu terang bagi Venus untuk menampakkan diri. . c. menggunakan. Melihat Matahari melalui teleskop dapat merusak mata. d. Kode 9 : Kosong Analisa : Menurut saya soal PISA dia atas merukan soal yang tergolong kepada soal level 2. Siswa dapat menerapkan algoritma dasar. Tidak Ada Nilai Kode 0 : Jawaban lain. Dimana kategori dari soal PISA level 2 adalah :  Siswa dapat menginterpretasikan dan mengenali situasi dalam konteks yang  memerlukan penarikan kesimpulan secara langsung. Gambar perlu dibuat lebih kecil dengan memproyeksikannya pada kartu. b. Penskoran Persinggahan Venus Kode 1: C : Melihat matahari melalui teleskop dapat merusak mata. memformulasikan. Matahari cukup besar untuk dilihat tanpa perbesaran.Permukaan Matahari Venus Mengapa persinggahan Venus dilihat dengan memproyeksikan gambar pada kartu putih. Siswa dapat memilah informasi yang relevan dari sumber tunggal dan  menggunakan penarikan kesimpulan yang tunggal.  melaksanakan prosedur atau ketentuan-ketentuan yang dasar. bukan dengan melihatnya langsung melalui teleskop? a.

Dalam berbagai surat kabar dan majalah. tanpa harus menganalisa secara mendalam berdasarkan deskripsi yang sudah disediakan. Fakta menunjukkan bahwa suhu rata-rata atmosfer bumi telah naik. suhu rata-rata di atas permukaan bumi lebih tinggi daripada jika tidak ada atmosfer. sehingga muncul istilah efek rumah kaca. Seorang siswa bernama Andre tertarik akan hubungan yang mungkin antara suhu ratarata atmosfer bumi dan emisi karbon dioksida di bumi. Efek Rumah Kaca: Fakta Atau Fiksi? Makhluk hidup memerlukan energi untuk kelangsungan hidupnya. yang memancarkan energi ke dalam ruang angkasa karena sangat panas. Sebagian dari pantulan energi ini diserap oleh atmosfer. Atmosfer bumi mempunyai efek yang sama dengan rumah kaca. Di perpustakaan ia menjumpai dua grafik berikut ini: Dari kedua grafik tersebut Andre menyimpulkan bahwa sudah pasti kenaikan suhu rata-rata dari atmosfer bumi disebabkan oleh kenaikan emisi karbon dioksida. Efek rumah kaca menjadi lebih sering dibicarakan selama abad kedua puluh.Dari soal diatas dapat dilihat bahwa pertanyaan dari soal dapat dijawab dengan menganalisa dan menarik kesimpulan secara langsung. . dan sebagian dipantulkan kembali dari permukaan bumi. 4. Atmosfer bumi bertindak sebagai selimut pelindung di atas permukaan planet kita. kenaikan emisi karbon dioksida seringkali disebut sebagai penyebab utama kenaikan suhu pada abad kedua puluh. Sebagian besar energi radiasi yang berasal dari matahari menembus atmosfer bumi. mencegah suhu yang bervariasi yang akan terdapat di dunia tanpa udara. Sebagai akibatnya. Energi yang menopang kehidupan di bumi berasal dari matahari. Sebagian kecil dari energi ini mencapai bumi. Bumi menyerap sebagian energi ini.

.Apa yang ditunjukkan oleh grafik yang mendukung kesimpulan Andre? . Penskoran rumah kaca 3 Nilai Penuh Kode 11: Mengacu pada peningkatan keduanya(secara rata-rata)................................. suhu naik  Kedua grafik sama-sama naik  Karena pada tahun 1910 kedua grafik itu mulai naik  Suhu naik pada saat CO2 dikeluarkan  Garis informasi pada kedua grafik naik bersama-sama  Semuanya naik .............................................................................................. ..................................... baik suhu rata-rata maupun emisi karbon dioksida  Ketika emisi naik...........................................................................................................

‘bentuk sama’. semakin tinggi suhu Kode 12: Mengacu (secara umum) pada hubungan positif antara suhu dan emisi karbon dioksida [catatan: kode ini dimaksud untuk merangkum istilah-istilah yang digunakan siswa. Semakin besar emisi CO2. Tidak Ada Nilai Kode 01: Mengacu pada kenaikan dari suhu (rata-rata) atau emisi karbon dioksida  Suhu telah naik  CO2 meningkat  Grafik menunjukkan perubahan dramatis pada suhu Kode 02: Mengacu pada suhu dan emisi karbon dioksida tanpa kejelasan tentang sifat hubungannya. walaupun contoh jawaban berikut tidak terlalu tepat.  Mereka mempunyai bentuk serupa yang menunjukkan adanya hubungan. Dimana kategori dari soal PISA level 5 adalah : .  Jumlah CO2 dan suhu rata-rata bumi adalah sebanding. seperti ‘hubungan positif’.  Emisi karbon dioksida (grafik 1) memberikan dampak terhadap kenaikan suhu bumi (grafik 2)  Karbon dioksida merupakan penyebab utama kenaikan suhu bumi ATAU Jawaban lain  Karbon dioksida naik lebih banyak daripada suhu rata-rata bumi. [Catatan: Jawaban ini salah karena yang dipandang sebagai jawaban adalah besarnya kenaikan emisi CO2 dan besarnya kenaikan suhu dan bukan karena keduanya naik]  Kenaikan CO2 selama beberapa tahun disebabkan oleh kenaikan suhu atmosfer bumi  Cara naiknya grafik  Ada kenaikan Analisa : Menurut saya soal PISA di atas merupakan soal yang berada pada level 5. atau ‘perbandingan langsung’. ini menunjukkan pemahaman yang cukup untuk diberi nilai di sini].

 Siswa dapat mengembangkan dan bekerja dengan model pada situasi yang  komplek. mengidentifikasi kendala dan menjelaskan dengan tepat dugaan-dugaan. Siswa dapat melakukan refleksi dari apa yang mereka kerjakan dan mengkomunikasikan interpretasi dan penelarannya. Siswa dituntut dapat merefleksikan dan mengkomunikasikan deskripsi dan grafik yang disediakan dan menalarakan dalam bentuk point-point penting yang diminta oleh soal. Siswa bekerja dengan menggunakan pemikiran dan penalaran yang luas. Diperlukan pemikiran dan penalaran yang luas. foto/gambar dari janin dalam kandungan dapat diambil dengan pencitraan ultrasonik (echografi). membandingkan dan mengevaluasi strategi penyelesaian masalah yang sesuai ketika berhadapan dengan situasi yang rumit yang berhubungan  dengan model tersebut. Dapat dilihat dari soal bahwa sudah disediakan deskripsi yang berhungungan dengan soal yang akan dipertanyakan dan juga sudah disediakan grafik yang diminta kepada siswa untuk dijelaskan. mengidentifikasi kendala dan menjelaskan dengan dugaan tepat. Ultrasonik dinilai aman bagi ibu dan janin dalam kandungannya. Di beberapa negara. . serta secara tepat menghubungkan pengetahuan dan ketrampilan matematikanya  dengan situasi yang dihadapi. 5. Siswa memilih.

.................................................................................................................. Apakah yang harus diukur oleh mesin tersebut untuk dapat menghitung jarak? ............ Untuk membentuk sebuah gambar. mesin pencitra ultrasonik perlu mengukur jarak antara janin dan peralatan ultrasonik....................... ........Dokter memegang peralatan ultrasonik dan menggerakkannya melintasi perut ibu hamil tersebut....... di dalam perut gelombang tersebut dipantulkan oleh permukaan janin dalam kandungan. Dianman kategori dari soal PISA pada level 4 adalah : ................... Gelombang pantulan ini ditangkap kembali oleh peralatan ultrasonik yang kini berperan sebagai sensor dan kemudian dikirimkan ke peralatan pemroses lebih lanjut yang dapat menghasilkan gambar.............. jarak. Penskoran Ultrasonik Nilai Penuh Kode 1: Ia harus mengukur waktu yang diperlukan gelombang ultrasonik untu merambat dari peralatan ultrasonik ke permukaan janin dan dipantulkan kembali ke peralatan ultrasonik............. Kode 9: Kosong................ Analisa : Menurut saya soal PISA diatas merupakan soal yang terletak pada level 4...... Gelombang ultrasonik merambat melalui perut ibu hamil dengan kecepatan 1540 m/s...................... Gelombang ultrasonik dikirimkan ke dalam perut ibu hamil.................... ` Waktu yang diperlukan untuk merambat dari peralatan ultrasonik dan kembali lagi Waktu perambatan gelombang Waktu Tidak Ada Nilai Kode 0: Jawaban lain....

. Dapat dilihat pada soal diatas sudah disediakan deskripsi dan penjelasan yang akan berhubungan dengan soal yang akan ditanyakan. Siswa dapat menggunakan perkembangan ketrampilan yang  mengemukakan alasan dan pandangan yang fleksibel sesuai dengan konteks. Pada penyelesaian soal ini siwa dituntut untuk melihat makna tersirat pada seskripsi yang diberikan. hasil dan tindakan. Kemudian siswa dapat mengembangkan penjelas yang disediakan untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pada interpretasi. Siswa dapat bekerja secara efektif dengan model yang tersirat dalam situasi yang konkret tetapi komplek yang terdapat hambatan-hambatan atau membuat asumsi-  asumsi. Siswa dapat membangun dan mengkomunikasikan penjelasan dan pendapatnya baik dan berdasarkan pada interpretasi. Siswa dapat memilih dan mengabungkan representasi yang berbeda termasuk  menyimbolkannya dan menghubungkannya dengan situasi nyata.