You are on page 1of 4

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kunyit (Curcuma domestica Val

)

Klasifikasi ilmiah kunyit

Kerajaan : plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub-diviso : Angiospermae
Kelas : Monocotyledoneae
Ordo : Zingiberales
Famili : Zungiberaceae
Genus : Curcuma
Species : Curcumadomestica Val.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian berkisar antara 40 – 100 cm. Untuk batangnya,
tanaman kunyit memiliki batang bertipe semu dengan bentuk yang membundar dan tegak lurus
vertikal.
Batang tersebut membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan yang tersusun dari
kumpulan pelapah daun yang saling membungkus. Karena batang tersusun dari pelapah daun,
maka tekstur batang terasa agak lunak dibandingkan batang tanaman pada umumnya.
Daun dari tanaman Kunyit merupakan daun tunggal dengan bentuk daun bulat telur yang
memanjang berukuran 10 – 40 cm untuk panjangnya, sedangkan lebarnya berkisar antara 8 –
12,5 cm.

dan menjaga kulit tetap lembut serta menghilangkan noda seperti bintik-bintik hitam. Manfaat ini muncul karena daun Kunyit mengandung antioksidan kuat bernama kurkumin. maksimum 6 tablet dalam waktu 24 jam. Daun Kunyit ini juga diyakini dapat meringankan penyakit kulit bahkan mengobati luka luar seperti luka bakar.Attapulgite 300 mg .5 mg Dosis : Dosis Dewasa dan Anak-anak ( 12 tahun lebih ) : Satu kali minum 2 tablet.Daun Kunyit memiliki tipe tulang daun menyirip dengan warna hijau tua hingga pucat. Beberapa contoh fitofarmaka asli Indonesia yaitu: Nodiar® Kimia Farma Each Nodiar tablet contains : . membuat kulit bersinar.Psidii Folium Extract ( Daun Jambu Biji ) 50 mg . Daun Kunyit dapat digunakan sebagai obat untuk menghaluskan kulit.Curcuma domestica Rhizoma Extract ( Kunyit ) 7. . maksimum 12 tablet dalam waktu 24 jam. Dosis Anak-anak ( 6 tahun sampai 12 tahun ) : Satu kali minum 1 tablet.

koloid aktif adalah magnesium alumunium silikat alamiah yang telah dimurnikan dan diaktifkan dengan cara pemanasan untuk meningkatkan kemampuan adsorpsinya. gas. Berupa serbuk sangat halus.姜黄). (Curcuma domestica Val. Psidii Folium adalah daun Psidium guajava L. Attapulgite.5.) (Turmeric . Pectin adalah karbohidrat yang berasal dari buah citrus atau apel yang telah dimurnikan. dan virus yang terdapat dalam lumen usus. Pectin digunakan dalam pengobatan diare. Curcumae Domesticae Rhizoma adalah rimpang Curcuma longa Linn. Atapulgit melindungi usus dan menyerap toksin bakteri dan juga meningkatkan konsistensi tinja dengan penyerapan cairan pada lumen usus. bakteri. terutama di padakolon.Indikasi : Secara tradisional Psidii Folium Ekstrak dan Ekstrak Curcuma domestica Rhizoma digunakan untuk menyembuhkan diare. biasanya dalam kombinasi dengan adsorben lainnya. efek farmakodinamik yang Extrak daun bekerja pada otot Jambu Biji dikenal memiliki polos usus. Attapulgite maupun pectin diklaim dapat mengadsorpsi toksin. Rheumaneer® Nyonya Meneer Komposisi: - Curcumae domesticae Rhizoma ekstrak - Zingiberis Rhizoma - Curcumae Rhizoma ekstrak 95 mg 85 mg 120 mg . dari penyerapan toksin dan presipitat protein. Ekstrak Akar Kunyit bekerja dengan efek spasmolytical sebagai anti pendorong olehantagonis non kompetitif di reseptor asetilkolin. tannin yang terkandung dalamnya melapisi mukosa usus. mempunyai pH antara 7. Attapulgite koloid aktif yang memiliki daya adsorpsi digunakan sebagai adsorben pada pengobatan diare.09.

Anjuran : Selama Kemasan : 20 Kapsul. . Dosis : Pengobatan: Diminum sehari 2 kali pagi & Malam @ 2 kapsul. BPOM menggunakan obat. Diminum 3 hari berturutturut. sebaiknya istirahat yang cukup.- Panduratae Rhizoma - Retrofracti Fructus ekstrak ekstrak 75 mg 125 mg Indikasi: Menghilangkan nyeri sendi (arthralgia) dan kaku sendi. Menghangatkan dan menyegarkan badan. Melancarkan peredaran darah.