You are on page 1of 16

BIOLOGI DAN LINGKUNGAN

SIKLUS NITROGEN

Disusun oleh:
Kelompok II
1. Lina Hariyanti

2015340080

2. Michael M. Ferza Rizki

2015340075

3. Nina Hastuti

2015340015

4. Pramodya Wulandari

2015340022

5. Pradita Nada Sari

2015340016

6. Riyan Romadhon

2015340078

7. Yudi Tri WIcaksono

2015340030

Jurusan Teknologi Pangan
Fakultas Teknologi Industri Pertanian
Universitas Sahid Jakarta
2016

Si. Amin.. Mei 2016 Penyusun . Oleh karena itu kritik dan saran sangat kami harapkan dari berbagai pihak yang sifatnya membangun dan untuk perbaikan makalah yang akan datang. Kami menyadari. khususnya kepada dosen Biologi dan Lingkungan Bapak Ir. M. Zukhrawardi. Semoga makalah ini memberikan manfaat khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya.. Semoga penyusunan makalah ini dapat memberikan inspirasi dan sebagai penambah wawasan bagi pihak lain. Jakarta.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia-Nyalah kami mampu menyelesaikan makalah ini dengan baik. kami selaku penyusun dapat lebih memahami mengenai peristiwa yang terjadi di alam dan khususnya lingkungan sekitar kehidupan kita. Makalah Biologi dan Lingkungan dengan judul “Siklus Nitrogen” ini disusun dengan tujuan untuk melengkapi tugas kelompok pada mata kuliah Biologi dan Lingkungan dan diharapkan melalui makalah ini. yang bersedia membimbing dan mengarahkan kami dalam penyusunan makalah ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam proses penyusunan makalah ini. bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna.

.......................................... Nitrifikasi.............................9 3......3 Peranan Nitrogen Dalam Ekologi............... Denitrifikasi.4 1..12 2...............7 2..16 ......................................... Oksidasi Amonia Anaerobik......................................2 Siklus Nitrogen..........15 3........................................................1 Nitrogen...1 Latar Belakang...........................................................2 Saran.......1 Simpulan:..................................................... 11 5.......................................................................3 Tujuan................8 1................2 Rumusan Masalah............. 15 3...........................................................................................6 1. 10 4..................................................................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR............... 15 DAFTAR PUSTAKA................4 1.............................................................2 DAFTAR ISI..... 9 2...............................................................................................................................................................................................................................3 BAB I PENDAHULUAN................................. 11 6.......................... 6 BAB II PEMBAHASAN.................... Fiksasi..................................................................... 7 2.......................................................................................................................................................................................................... Amonifikasi..12 BAB III PENUTUP..................................................................................................... Asimilasi...........................................................

danaudanau. Atmosfer merupakan lapisan tipis gas-gas yang meliputi permukaan bumi. SO2 dan SO3 (oksida belerang). NO dan NO2 (oksida nitrogen). proses-proses sirkulasi tersebut terjadi dalam atmosfer. tanah. serta berfungsi sebagai jalan atau media pergerakan air pada phase uap dalam siklus hidrologi. CFC (carbon fluoro carbon). Selain itu memindahkan energi panas dari wilayah ekuator. O3 (ozon).1 Latar Belakang Kegiatan manusia di bumi semakin beragam telah menimbulkan dampak terhadap perubahan lingkungan. hidrosfer dan semua kehidupan adalah litosfer.BAB I PENDAHULUAN 1. mengabsorbsi energi dan merusak radiasi ultraviolet yang datang dari matahari. Komponen-komponen abiotik yaitu udara. Geosfer terdiri dari padatan bumi meliputi tanah yang sangai mendukung kehidupan tumbuhan. Gas CO2 merupakan salah satu gas penyebab Efek Rumah Kaca penyebab utama pemansan global yang menyebabkan perubahan iklim yang telah terjadi di berbagai belahan dunia. CO (karbon monoksida). Hidrosfer mengandung air bumi. waduk-waduk dan penampungan-penampungan air. Bagian dari geosfer yang langsung terlibat dengan prosesproses lingkungan melalui kontak dengan atmosfer. Lebih dari 97% dari air bumi berupa lautan dan sisanya berupa air tawar dalam bentuk es. Efek rumah kaca disebabkan naiknya konsentrasi gas CO2 dan gas lainnya diatmosfer. Udara. Air laut mengalami sirkulasi dalam lingkungan. air. CH4 (metana). air. Atmosfer juga menyeimbangkan panas bumi. atanah dan komponen . kehidupan dan teknologi saling berkaitan secara erat. Semua kehidupan yang ada di bumi membentuk geosfer. sungai-sungai. Salah satu perubahan lingkungan yang menimbulkan dampak buruk adalah perubahan iklim Global yang akibat efek emisi gas CO2 (karbon dioksida). Konsentrasi gas CO2 meningkat disebabkan oleh pembakaran bahan bakar minyak. batu bara dan bahan bakar organik yang melampaui kemampuan tumbuh-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya. dalam sumber air dan dalam air permukaan seperti saluran air. memegang peranan penting sebagai tempat penampungan (reservoir) dari berbagai macam gas.

NO. NO3 dan NH4+. Unsur N tersebut berkorelasi sangat erat dengan perkembangan jaringan meristem. amonifikasi. hidrogen. Di dalam tanah. menyusun bermacammacam persenyawaan penting. yaitu berupa N2 (72 % volume udara). Nitrogen merupakan elemen yang sangat esensial. Nitrogen menempati porsi 1-2 % dari berat kering tanaman. oksigen. Sel-sel mati ini bersama dengan sisa tanaman/hewan akan menjadi bahan organic yang siap didekomposisikan dan melalui serangkaian proses mineralisasi (aminisasi. H. Siklus materi menyangkut materi yang terdiri dari bahan-bahan kimia. dan nitrifikasi) akan melepaskan N- . nitrogen. Asimilasi kation melibatkan pembentukkan komplek dengan senyawa organik. belerang dan fosfor. Asimilasi nitrogen dan sulfur membutuhkan serangkaian reaksi biokimia yang komplek yang membutuhkan energi. O dan kadangkala dengan S untuk membentuk asam amino . N2O. klorofil. Unsur nitrogen di dalam tanaman dijumpai dalam bentuk anorganik atau organik yang bergabung denagn C. asam nukleat. lebih dari 90% nitrogen adalah dalam bentuk N-organik. sehingga sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Bahan-bahan kimia yang termasuk penyusun kehidupan yang paling banyak yaitu karbon. baik organik maupun anorganik. Perjalanan atau aliran bahan-bahan kimia dalam ekosistem global di bumi ini ternyata berbentuk lingkaran yang dikenal dengan siklus biogeokimia. termasuk didalamnya media kehidupan. Siklus nitrogen dari fiksasi N2-atmosfer secara fisik/kimiawi yang menyuplai tanah bersama presipitasi. Ketersediaan nitrogen dialam berada dalam beberapa bentuk persenyawaan. alkanoid. Pada makalah ini diulas mengenai reaksi pimer untuk asimilasi dua unsur hara utama nitrogen dan sulfur. NO2. dan basa purin. dan oleh mikroorganisme baik secara simbiotik maupun nonsimbiotik yang menyuplai tanah baik melalui inangnya maupun setelah mati. Ekosistem terdiri dari interaksi yang menguntungkan anatara organismeorganisme dengan lingkungannya diman terjadi pertukaran dari sejumlah besar material dalam bentuk siklus yang dikenal dengan siklus materi.biotik saling berkaitan membentuk suatu sistem yang disebut ekosistem.

1.3 Apa Itu Nitrogen? Bagaimana Terjadinya Proses Nitrogen? Apa Fungsi Nitrogen dalam Ekologi? Apa yang dimaksud dengan siklus nitrogen? Tujuan 1. 1.2 Rumusan Masalah 1. 3. 2. 2. Memahami Unsur-unsur yang ada di muka bumi ini dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.mineral (NH4+ dan NO3-) yang kemudian di immobilisasi oleh tanaman atau mikrobia. Dapat memahami proses siklus Nitrogen yang terjadi. 3. Mengetahui Fungsi Nitrogen dalam ekologi 4. . 4. Mengetahui pengertian siklus nitrogen.

dan lain-lain).6% nitrogen. Gas nitrogen (N2) terkandung sebanyak 78. Nitrogen ditemukan pada mahluk hidup sebagai bagian senyawasenyawa biologis. yaitu : fiksasi nitrogen.Pupuk buatan (Urea.Mikrobia atau bakteri-bakteri. gas nitrogen dapat dihasilkan melalui proses pencairan (liquefaction) dan distilasi fraksi.terjadi halilintar di udara ternyata dapat menghasilkan zat Nitrat. Adapun sumber nitrogen lainnya yaitu . Dari atmosfir bumi. nitrifikasi. . Nitrogen merupakan unsur yang tidak reaktif (sulit bereaksi dengan unsur lain) sehingga dalam penggunaan nitrogen pada makhluk hidup diperlukan berbagai proses. Nitrogen memenuhi 80% dari volume udara. hewan dan manusia tidak dapat menggunakannya secara langsung. mineralisasi. Udara terdiri atas 78% volume nitrogen (N2). .Sisa-sisa tanaman dan bahan-bahan organis. Nitrogen (N) merupakan unsur penyusun senyawa organik dalam tubuh. atmosfir Mars hanya mengandung 2. Penampilannya berupa colorless (Bambang. Nitrogen dalam deret kimia termasuk kedalam nonmetals. Nitrogen adalah unsur yang paling berlimpah di atmosfer (78% gas di atmosfer adalah nitrogen). penggunaan nitrogen pada bidang biologis sangatlah terbatas. termasuk golongan VA. denitrifikasi (Okta. khususnya protein. Hewan dan manusia mendapatkan nitrogen dari tumbuhan melalui rantai makanan (Mada. Sebagai perbandingan. Nitrogen adalah gas yang tidak berwarna. . dan blok p. 2011). tidak berbau. 2011).1 Nitrogen Nitrogen adalah zat komponen penyusun utama atmosfer bumi. dan tidak berasa. periode 2. Meskipun demikian. 2012).BAB II PEMBAHASAN 2. . yang kemudian di bawa air hujan meresap ke bumi.1% di udara. . Walaupun jumlahnya melimpah.

Siklus nitrogen secara khusus sangat dibutuhkan dalam ekologi karena ketersediaan nitrogen dapat mempengaruhi tingkat proses ekosistem kunci. Transformasi ini dapat terjadi secara biologis maupun non-biologis. Aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil. penggunaan pupuk nitrogen buatan.2. dan pelepasan nitrogen dalam air limbah telah secara dramatis mengubah siklus nitrogen global. Dalam siklus nitrogen melewati 4 tahap yaitu. termasuk produksi primer dan dekomposisi. .2 Siklus Nitrogen Siklus nitrogen adalah suatu proses konversi senyawa yang mengandung unsur nitrogen menjadi berbagai macam bentuk kimiawi yang lain.

Gas nitrogen ini di atmosfer masuk ke dalam tanah melalui fiksasi nitrogen oleh bakteri seperti Rhizobium (bersimbiosis dengan akar kacang-kacangan membentuk bintil).Fiksasi: mengikat N bebas dari udara N2 di udara diikat dan di pecah menjadi NO3 . biologis atau abiotik yang mengubah nitrogen di udara menjadi amonia (NH 3). . Secara alami fiksasi seperti ini dibantu oleh petir. Azotobacter. clostridium) Alga Biru (Anabaena. Amonifikasi Nitrogen yang masuk ke tanah melalui fiksasi diubah menjadi amonia (NH3) oleh bakteri amonia.1. Di sisi lain. Nostoc) Jamur (Mycorhiza) 2. beberapa mikroorganisme mampu melakukan fiksasi N. Mikroorganisme yang memfiksasi nitrogen disebut diazotrof. Proses penguraian nitrogen menjadi . Reaksi untuk fiksasi Nitrnitrogen biologis ini dapat ditulis sebagai berikut : N2 + 8 H+ + 8 e−→ 2 NH3 + H2. Azotobacter. Mikroorganisme ini memiliki enzim nitrogenaze yang dapat menggabungkan hidrogen dan nitrogen. Ada juga dari kelompok jamur (Mycorhiza).Mikroorganisme berperan: bakteri (Rhizobium. yaitu mengikat N bebas dari udara dan memecahnya menjadi senyawa nitrat (NO3-). Fiksasi Nitrogen tersedia di udara dalam bentuk molekul yang stabil (dinitrogen : N2) sehingga membutuhkan energi besar untuk memecah ikatannya. Fiksasi Nitrogen adalah proses alam. Ada juga dari kelompok alga biru seperti Anabaena (bersimbiosis dengan paku air dan pakis haji) dan Nostoc. dan Clostridium.

Nitrosovibrio.Tahap kedua nitrifikasi oksidasi yaitu: 2 HNO2+ O2 2 HNO3 + E (43 kalori). Kemudian. Peristiwa proses perubahan amonia menjadi nitrit dan nitrat dengan bantuan bakteri disebut sebagai proses nitrifikasi. seperti genera bakteri Nitosomonos. .Mikroorganisme berperan: bakteri amonia 3.amonia disebut amonifikasi. dan khamir juga mempunyai kemampuan untuk mengoksidasi berbagai komponen nitrogen. yaitu ammonia-oxidizing bacteria (AOB) seperti Nitrosomonas dan nitriteoxidizing bacteria (NOB) seperti Nitrobacter (Prosser 1989).Tahap pertama nitrifiksasi oksidasi yaitu : 2 NH4 + 3 O2 2HNO2+ 2 H2O + E (79 kalori) Enzimatik Nitritasi: mengubah NH3 menjadi HNO2 2NH3 + 3O2 --> 2HNO2 + 2H2O + energy Mikroorganisme berperan: Nitrosomonas . dan . Nitrifikasi autotrofik dilakukan oleh dua kelompok bakteri kemolitotrofik yang berbeda. Ketika tumbuhan dan hewan mati ataupun sisa hasil ekskresi hewan (urine) akan diuraikan oleh dekomposer menjadi amonium dan amonia. proses ini disebut sebagai nitritasi. seperti bakteri heterotrofik. nitrit dengan bantuan bakteri nitrat (contohnya Nitrobacter) akan diubah menjadi nitrat. Proses nitrifikasi sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh bakteri kemolitotrofik tetapi berbagai mikroorganisme lainnya. .Amonifikasi: penguraian Nitrogen menjadi amonia NO3 dari denitrifikasi diubah menjadi NH3 . Nitrosococcus Nitrosospira. kapang. proses ini disebut sebagai proses nitratasi. Enzimatik Bakteri autotrofi (bakteri nitrifikasi) dapat menggunakan N-anorganik untuk melakukan nitrifikasi. Nitrifikasi Oleh bakteri nitrit (contohnya Nitrosomonas). amonia akan diubah menjadi nitrit.

yang melakukan oksidasi dari nitrat ke nitric dengan persamaan reaksi sebagai berikut : NO2+ ½ O2 NO3+ E = .ke NH4+ melalui mekanisme . dengan nitrogen bertindak sebagai penerima hydrogen. 4. sehingga mengurangi gas-gas produk akhir seperti NO. yang keduanya dihasilkan secara bersama melalui biang bakteri. namun terbentuk secara tidak langsung oleh saling tindak antara asam nitrat bebas dengan senyawa amino. Tentu pula mikroorganisme dapat merubah NO3. Reaksi nitrifikasi seperti di atas dapat berlangsung jika adanya oksigen. Dalam keadaan anaerob. dan nitri ini terakumulasi di lingkungan. bakteri aerob dapat memanfaatkan nitrat untuk menggantikan oksigen sebagai penerima elektron. tetapi dapat juga konversi dengan cara asimilasi ke NH4+ dalam komponen organic biomasa.18 kcal.Sedangkan reaksi kedua diperankan oleh bakteri Nitrobacter dan Nitrococcus sp. N2O atau N2.65 kcal. Denitrifikasi Proses reduksi nitrat menjadi N bebas di udara. Proses oksidasi dari NO2 ke nitrit umumnya lebih cepat dari pada proses oksidasi dari NH4 ke nitrit. Mikroorganisme: bakteri kemosistesis denitrifikasi. Terbentuknya N2O dan N2 tidak saja dari nitrat selama respirasi. Pada proses tahap pertama reaksi berlangsung dari ammonium ke nitrit yang melibatkan bakteri Nitrosomonos dan Nitrosococcus dengan persamaan reaksi sebagai berikut: NH4+ 3/2 O2 NO2 + H2O+ 2 H E = . Proses denitrifikasi terjadi ketika tanah kekurangan oksigen (aerob) sehingga dengan segera nitrat ditransformasikan menjadi gas nitrogen atau nitrogen oksida.Nitrosolobus. Produksi nitrogen bebas dari senyawa-senyawa organic tidaklah melalui aksi mikroorganisme.+H2O + 2H Gas dinitrogen dan nitrogen oksida adalah dua komponen produk akhir yang sangat penting dan N2 biasanya diproduksi dari N2O sedang dari NO dapat terjadi tetapi dalam kondisi tertentu. tahapan dalam nitrifikasi adalah sebagai berikut: NH4+ + 2O2 NO3. Denitrifikasi merupakan proses preduksian senyawa Nitrat menjadi gas nitrogen atau gas nitrogen oksida.

Oksidasi Amonia Anaerobik Dalam proses biologis. Kalau dalam lingkungan perakaran NO3. jamur. Senyawa Nitrat (NO 3). 5.diasimilasi pada kondisi anaerob. Jenis tumbuhan yang akarnya mampu mengasimilasi N. Nitrogen pada biomassa tumbuhan masuk ke dalam proses biokimia pada manusia dan hewan.juga. dan klorofil. nukleotida dan molekul organik kecil. Jumlah relatif NO3.diserap oleh tumbuhan mengalami proses asimilasi menjadi bahan penyusun organ pada tumbuhan.terdapat dalam jumlah besr. Sedangkan hewan memperoleh nitrogen dari tanaman yang mereka makan. nitrogen dapat berasimilasi dalam bentuk ion amonium langsung dari nodul. tidak dijumpai NH 4+.berarti akar tumbuhan itu tidak mampu mengasimilasi NO3-.Pada tanaman yang memiliki hubungan mutualistik dengan rhizobia. dalam cairan xylem dijumpai banyak asam amino. asam nukleat. nitrit dan amonium dikonversi langsung ke elemen (N2) gas nitrogen. cairan xylem akan mengandung NO 3. dan organisme heterotrof lain mendapatkan nitrogen sebagai asam amino. Tanaman mendapatkan nitrogen dari tanah melalui absorbsi akar baik dalam bentuk ion nitrat atau ion amonium. 6.dan nitrogen organik dalam xylem bergantung pada kondisi lingkungan. mekanisme ini bersama denitrifikasi adalah proses memanfaatkan energi. Tumbuhan sebagai Produsen dikonsumsi oleh manusia dan hewan.Tanaman dapat menyerap ion nitrat atau amonium dari tanah melalui rambut akarnya. Proses ini membentuk sebagian besar . Jika nitrat diserap. urine. pertama-tama direduksi menjadi ion nitrit dan kemudian ion amonium untuk dimasukkan ke dalam asam amino. Hewan. Sedangkan jika di dalam cairan xylem mengandung NO3. Asimilasi Asimilasi merupakan Penyerapan dan penggabungan dengan unsur lain membentuk zat baru dengan sifat baru.

bagian penting konstituen dari protoplasma. Adapun gejala yang ditimbulkan akibat dari kekurangan dan kelebihan unsur N bagi tanaman adalah sebagai berikut: 1. Yang terakhir mengambil keuntungan dari senyawa nitrogen adalah mikroorganisme pembusuk yang merombak menjadi ammonia. 2.Memberikan warna pada tanaman. .3 Peranan Nitrogen Dalam Ekologi Nitrogen adalah unsur yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. energi sinar matahari untuk membentuk karbohidrat dan lemak dari C air dan senyawa nitrogen.dari konversi nitrogen unsur di lautan. Pada tiap tingkatan trofik.Penggunaan karbohidrat. NH4+ + NO2− → N2 + 2 H2O Protein yang dibuat oleh tumbuhan masuk dan melalui jarring-jaring makanan seperti pada karbohidrat. asam amino.Panjang umur tanaman . amina. asam gula. . Reduksi dalam kondisi anoxic juga dapat terjadi melalui proses yang disebut oksidasi amonia anaerobik. terdapat kehilangan yang kembali ke sekitarnya. Dalam rangka untuk menyiapkan makanan untuk tanaman.Gejala Kelebihan dan Kekurangan Nitrogen pada Tanaman Kekurangan salah satu atau beberapa unsur hara akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman tidak sebagaimana mestinya yaitu ada kelainan atau penyimpangan-penyimpangan dan banyak pula tanaman yang mati muda yang sebelumnya tampak layu dan mengering.Berperan dalam pertumbuhan vegetatif tanaman. Nitrogen merupakan bagian dari protein. tanaman diperlukan klorofil. polipeptida dan senyawa organik dalam tumbuhan. . terutama dalam ekskresi. enzim. agen katalis biologis yang mempercepat proses kehidupan. Nitrogen juga hadir sebagai bagian dari nukleoprotein. Adapun peranan Nitrogen yang lain bagi tanaman adalah : . . Efek kekurangan unsur N bagi Tanaman.

. Penggunaan pupuk pertanian..Produksi menurun.Menyebabkan rasa pahit (spt pada buah timun).Kualitas buah menurun. Bakteri yang disebut Nitrosomonas yang mengkonversi amonia menjadi nitrit. 8.Produksi menurun. . . 6. 4. 5.Warna daun menguning. Faktor yang mempengaruhi Siklus Nitrogen Siklus nitrogen dipengaruhi oleh faktor-faktor yang bekerja untuk memfasilitasi konversi nitrogen ke berbagai keadaan dan kembali melalui atmosfer. 9. 10. . . 2. Cyanobacteria yang hidup di lingkungan semi-akuatik dapat berpartisipasi dalam siklus nitrogen. . Nitrogen bisa diperbaiki diudara melalui petir. Pertumbuhan tanaman kacang-kacangan oleh petani. Faktor-faktor ini meliputi: 1. . 2. 3. 7. Kacang-kacangan dapat mengubah nitrogen menjadi nitrat dan nitrit.Pertumbuhan kerdil. Rayap dan pasangan shipworms dengan bakteri untuk mengubah bentuk nitrogen itu. .Fase pertumbuhan terhenti. Mikroba dalam tanah dan air yang mengubah amonia menjadi nitrit. Bakteri yang disebut Nitrobacter mengubah nitrit menjadi nitrat.Kematian. Penggunaan nitrat oleh bakteri dalam tanah. Fiksasi industri dapat digunakan untuk mengkonversi nitrogen untuk amonia pada suhu 600 derajat dan seterusnya dengan menggunakan katalis. Efek dari kelebihan unsur N bagi tanaman. .Daun lebat dan pertumbuhan vegetative yang cepat.

BAB III PENUTUP 3.NO3 kemudian menjadi nitrogen anorganik lagi. amonifikasi. asimilasi. nitrifikasi. denitrifikasi dan oksidasi amonia anerobik. 2. Siklus nitrogen dapat terjadi melalui rangkaian proses yang saling berhubungan. yakni fiksasi. NO2.1 Simpulan: Adapun kesimpulan yang dapat di ambil dari makalah siklus nitrogen adalah sebagai berikut: 1.2 Saran . 3. Siklus nitrogen adalah proses di mana nitrogen dari atmosfer diubah menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh tanaman dan hewan atau merupakan proses perubahan nitrogen anorganik menjadi nitrogen organik yaitu amonia (NH3).

B Thoene and H Rennenberg. Soil Biol.App. T. and NO Production in Exponentially Growing Cultures. Biochem. No. RJ.Bioeng. Müller. Environ. J. Physiol. . The ecology of nitriteoxidizing bacteria in grassland soils. Stevens.Nitrite oxidation by heterotrophic bacteria under various nutritional and aerobic conditions. Sakai. Institute for EcologicalResearch. Autotrophic nitrificationin bacteria. 2002. M. 1989. GJ. Chiba & Z. RJ.Ekologi Manusia dan Lingkungannya. T. Laughlin. Ikehata. JI. Adv.. Effects of organic acids on heterotrophic nitrification by Alcaligenes faecalis OKK17. Evidence of carbon stimulated N transformations in grasslandsoil after slurry applications.N2O. Ikenaga. Heterotrophic Nitrification byAlcaligenes faecalis: NO2-. Regina von Berg. Prosser.1987. NO3. 58(9):1574-1578. Ferment. 8: 2068-2072. Dwidjoseputro.. Heteren. Microb. Biotech. I Hinkel. Biochem. Moriguchi.. Jakarta:Erlangga.Inouye. Y.DAFTAR PUSTAKA Both.30:125–181. 55. K. Mic. Yoshikura.Wakayama & M. 1996. 1989. Y. C. 82(6): 613-617. 1990. : 1-9. Biosci. Hans P. 1994. Nishio. K.