You are on page 1of 5

MECK Insurance

*

Organization Development and Change
Case : The Transformation of MECK Insurance

Kelompok
Anggota:
Muhamad Alfian
Sylvia Rumikawati
Suryaningsih
Yessi Argina
Cathelya Angelyn

(041514353005)
(041514353032)
(041514353035)
(041514353038)
(041514353039)

PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2016

The Transformation of MECK Insurance*
1

Perubahan ini mungkin melibatkan perubahan dalam strategi perusahaan. MECK Insurance telah melakukan proses transformasi dengan cara membaginya melalui tiga tahap untuk masing-masing divisi yaitu pertama memastikan bahwa para leader sudah memahami dengan benar mengenai strategi bisnis yang akan dijalankan. Transformasi yang dilakukan adalah mengarah kepada semua divisi. teknologi. mempersepsikan dan berperilaku dalam bekerja.MECK Insurance* The OD team must design the CSO launch 2 phase activities with an eye toward Launch 3 of the transformation process. yang.What is your analysis of the MECK transformation to date? What has worked. Selain itu. dapat menyebabkan perubahan desain dan budaya. and do the OD team's learnings seem complete? Transformasional change merupakan bagian dari pengembangan perusahaan. namun tetap align dengan tujuan dari bisnis secara keseluruhan. Transformasi dalam sebuah organisasi merefleksikan perubahan secara radikal dalam bagaimana anggota organisasi berpikir. biasanya terjadi dalam menanggapi atau dalam mengantisipasi perubahan lingkungan. berikutnya adalah dengan cara mengarahkan strategi tersebut untuk dapat dipahami oleh keseluruhan anggota dalam organisasi. memastikan bahwa program yang sudah dijalankan tersebut memang dapat dijalankan secara 2 . atau perubahan internal yang signifikan. dan Customer Service Organization (CSO). proses transformasi pada teknologi. seperti Customer and Enterprise Services (CES). kemudian melakukan evaluasi terhadap yang sudah dijalankan serta memberikan feedback. 1. pada gilirannya. Pada ketiga divisi tersebut proses transformasi dilakukan masing-masing dengan mengarah dan disesuaikan dengan tugas dan fungsi yang dijalankan oleh masing-masing divisi. what has not worked. Pada MECK Insurance ini proses transformasi yang dilakukan sudah cukup baik. Perubahan ini dapat membuat organisasi menjadi lebih baik.

roles. Selain itu masih banyak personel frontline (petugas yang melayani konsumen secara langsung ) yang belum engaged dengan proses perubahan yang terjadi dalam perusahaan. and rewards.Keeping in mind the lesson learned to date. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya data historis tentang konsumennya yang dimiliki perusahaan. and responsibilities. bisa berupa coaching atau survey readiness to change untuk 3 . Terdapat beberapa langkah yang belum berjalan dengan baik yaitu pada proses transformasi teknologi dimana belum sepenuhnya tercapai dan belum sepenuhnya mendapatkan hasil yang optimal. Kendala masih banyaknya personel frontline (petugas yang melayani konsumen secara langsung ) yang belum engaged dengan proses perubahan yang terjadi dalam perusahaan dapat diselesaikan antara lain dengan pemberian informasi tentang perubahan yang terjadi mengkomunikasikannya di secara organisasi continue secara baik intens dalam dan kegiatan briefing rutin. and other aspects) for Launch 2. structures. to align behavior The Compass.MECK Insurance* berkelanjutan oleh keseluruhan anggota. such as systems. sehingga para praktisi OD perlu melakukan desain transformasi dengan lebih baik dan mengaplikasikan desain tersebut dengan benar. agendas. 2. pemberian diklat tentang perubahan tersebut serta kegiatan evaluasi terhadap resistensi personel atas perubahan yang terjadi. Be sure to include or consider the following:  Continued work with leadership team  Building capability of leaders  Starting to engage rest of organization using core principles  Continuing to leverage organization design features. propose a design (interventions. timing.

MECK Insurance* seluruh karyawan. buletin. 9. Membangun inisiatif para leader untuk dapat memberikan kontribusi bagi timnya dan dapat memberikan arahan dan masukan bagi timnya untuk berkontribusi lebih pada organisasi dengan cara coaching terhadap para setiap anggotanya. 8. Melakukan implementasi terhadap perubahan dengan melibatkan leader dari setiap divisi untuk dapat berperan aktif membantu mengarahkan para anggota di bawahnya. bisa berupa coaching dengan atasan langsung atau melakukan survey Readiness to change untuk melihat kesiapan personel organisasi dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Melakukan evaluasi terhadap kapabilitas terhadap para leader sebelum benar-benar terjun dalam pengimplementasian strategi baru. 4. Menerapkan strategi baru tersebut secara bertahap dengan awalnya melakukan memberikan pengenalan pemahaman terlebih tentang dahulu pentingnya dan perubahan terhadap setiap anggota organisasi. Melakukan proses monitoring dan evalusi terhadap strategi yang 4 . dan lain sebagainya supaya secara perlahan prinsip utama perubahan dapat benar-benar dipahami. kapabilitas mentoring para maupun leader baik dengan melalui melakukan proses training sebelum melakukan implementasi terhadap strategi baru. Melakukan seleksi terhadap leader yang dianggap kurang mendukung implementasi strategi baru. Membangun awareness terhadap perubahan melalui mediamedia di dalam organisasi seperti email. 6. Launch 2 yang direkomendasikan yaitu mengidentifikasi kegiatan dan Engaged the organization in the change adalah sebagai berikut: 1. Melakukan evaluasi dengan memberikan reward kepada para anggota yang memang benar dengan baik melakukan implementasi strategi perubahan yang baru. Membangun coaching. 3. 7. 5. 2.

4. Peran pemimpin sebagai Role Model sangat dibutuhkan dalam mendukung kelancaran proses perubahan dalam organisasi. 2. 3. Peneliti mengidentifikasi empat peran kunci kepemimpinan dalam proses perubahan tranformasional 1. Proses pemberlajaran ini harus terjadi di semua tingkatan organisasi. Pada proses perubahan transformasional dibutuhkan banyak pembelajaran dan membutuhkan banyak inovasi dalam organisasi. Anggota Organisasi harus mau belajar bagaimana untuk menyesuaikan diri dengan perilaku yang baru yang diperlukan untuk implementasi strategi atau sistem yang baru. 5 . Envisioning Enabling Energizing Engaging Pada MECK Insurance peran serta pemimpin dalam transformasi perubahan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan dari perubahan tersebut. dari eksekutif senior kepada karyawan tingkat bawah sehingga terjadi tujuan organisasi bisa align dengan tujuan individu dalam organisasi tersebut.MECK Insurance* dijalankan serta melakukakan feedback Para manajer senior dan line manajer pada umumnya menginisiasikan perubahan. Selain itu kejelasan informasi terkait perubahan yang tengah terjadi dalam organisasi juga harus disampaikan ke seluruh personel perusahaan. Mereka bertanggung jawab mengelola karakter dan performa organisasi.