You are on page 1of 6

Peta Geologi dan Pengertian peta Geologi

Published on Selasa, 20 Desember 2011 Leave your thoughts »

Pada umumnya ada beberapa macam bagian peta geologi yang sering
digunakan untuk laporan, baik dalam study kelapangan atau dalam misi untuk
mengetahui kandungan mineral di dalamnya.

Peta geologi memberikan petunjuk tentang susunan lapisan batuan dan
pada umumnya memberikan informasi tentang formasi apa saja yang ada di
daerah yang dipetakan. Dasar untuk peta geologi biasanya adalah peta
topografi.
Jadi apa definisi Peta geologi itu sendiri ? Peta geologi adalah bentuk ungkapan
data dan informasi geologi suatu daerah / wilayah / kawasan dengan tingkat
kualitas yang tergantung pada skala peta yang digunakan dan menggambarkan
informasi sebaran, jenis dan sifat batuan, umur, stratigrafi, struktur, tektonika,
fisiografi dan potensi sumber daya mineral serta energi yang disajikan dalam
bentuk gambar dengan warna, simbol dan corak atau gabungan ketiganya.
Sedangkan Pengertian Pemetaan Geologi Adalah suatu pekerjaan atau
kegiatan pengumpulan data geologi, baik darat maupun laut, dengan berbagai
metoda
Adapun jeni-jenis peta Geologi dan peta lainnya yang berkaitan dengan
geologi adalah sebagi berikut:
Peta geologi permukaan (surface geological map), adalah peta yang
memberikan berbagai formasi geologi yang langsung terletak di bawah
permukaan. Skala peta ini bervariasi antara 1 : 50.000 dan lebih besar, berguna
untuk menentukan lokasi bahan bangunan, drainase, pencarian air, pembuatan
lapangan terbang, maupun pembuatan jalan.
Peta singkapan (outcrop map), adalah peta yang umumnya berskala
besar, mencantumkan lokasi ditemukannya batuan padat, yang dapat
memberikan sejumlah keterangan dari pemboran beserta sifat batuan dan
kondisi strukturalnya. Peta ini digunakan untuk menentukan lokasi, misalnya
material yang berupa pecahan batu, dapat ditemukan langsung di bawah
permukaan.
Peta ikhtisar geologis, adalah peta yang memberikan informasi langsung
berupa formasi-formasi yang telah tersingkap, mapun ekstrapolasi terhadap
beberapa lokasi yang formasinya masih tertutup oleh lapisan Holosen. Peta ini
kadang agak skematis, umumnya berskala sedang atau kecil, dengan skala 1 :
100.000 atau lebih kecil.
Peta struktur, adalah peta dengan garis-garis kedalaman yang
dikonstruksikan pada permukaan sebuah lapisan tertentu yang berada di bawah
permukaan. Peta ini memiliki skala sedang hingga besar.

Peta geologi sistematik adalah peta yang menyajikan data geologi pada
peta dasar topografi atau batimetri dengan nama dan nomor lembar peta yang

019. struktur. adalah peta yang dibuat berdasarkan interpretasi foto udara.  Peta fotogeologi. stratigrafi. Peta fotogeologi harus selalu disesuaikan dengan keadaan yang sesungguhnya di lapangan. adalah peta yang menunjukkan kondisi airtanah pada daerah yang dipetakan.  Peta hidrogeologi. adalah peta yang memberikan berbagai formasi geologi yang langsung terletak di bawah permukaan. fisiografi dan potensi sumber daya mineral serta energi yang disajikan dalam bentuk gambar dengan warna. Dasar untuk peta geologi biasanya adalah peta topografi. jenis dan sifat batuan.2. baik dalam study kelapangan atau dalam misi untuk mengetahui kandungan mineral di dalamnya. Gambar 2. Peta ini berskala sedang hingga besar.   mengacu pada SK Ketua Bakosurtanal No. umur. Contoh peta geologi dan beberapa simbol yang digunakan dapat dilihat pada Gambar 1. simbol dan corak atau gabungan ketiganya.. berguna .2/1/1975 atau SK penggantinya Peta geologi tematik adalah peta yang menyajikan informasi geologi dan/atau potensi sumber daya mineral dan/atau energi untuk tujuan tertentu Peta topografi adalah peta ketinggian titik atau kawasan yang dinyatakan dalam bentuk angka ketinggian atau kontur ketinggian yang diukur terhadap permukaan laut rata-rata. baik darat maupun laut.. Sedangkan Pengertian Pemetaan Geologi Adalah suatu pekerjaan atau kegiatan pengumpulan data geologi. 20 Desember 2011 Leave your thoughts » Pada umumnya ada beberapa macam bagian peta geologi yang sering digunakan untuk laporan. yaitu peta yang menggambarkan garis-garis yang menghubungkan titik-titik suatu formasi atau lapisan dengan ketebalan yang sama. Peta isopach. dan Gambar 3 Peta Geologi dan Pengertian peta Geologi Published on Selasa.  Peta geologi memberikan petunjuk tentang susunan lapisan batuan dan pada umumnya memberikan informasi tentang formasi apa saja yang ada di daerah yang dipetakan. Jadi apa definisi Peta geologi itu sendiri ? Peta geologi adalah bentuk ungkapan data dan informasi geologi suatu daerah / wilayah / kawasan dengan tingkat kualitas yang tergantung pada skala peta yang digunakan dan menggambarkan informasi sebaran. dengan berbagai metoda Adapun jeni-jenis peta Geologi dan peta lainnya yang berkaitan dengan geologi adalah sebagi berikut: Peta geologi permukaan (surface geological map). tektonika. Skala peta ini bervariasi antara 1 : 50. Pada peta ini umumnya ditunjukkan formasi yang permeabel dan impermeabel.000 dan lebih besar. Dalam peta ini tidak ditemukan konfigurasi struktural.

. misalnya material yang berupa pecahan batu. pembuatan lapangan terbang. adalah peta dengan garis-garis kedalaman yang dikonstruksikan pada permukaan sebuah lapisan tertentu yang berada di bawah permukaan. drainase.  Peta hidrogeologi. adalah peta yang umumnya berskala besar. Peta ikhtisar geologis. maupun pembuatan jalan. Contoh peta geologi dan beberapa simbol yang digunakan dapat dilihat pada Gambar 1. Dalam peta ini tidak ditemukan konfigurasi struktural. mencantumkan lokasi ditemukannya batuan padat. adalah peta yang dibuat berdasarkan interpretasi foto udara. Peta fotogeologi harus selalu disesuaikan dengan keadaan yang sesungguhnya di lapangan. Peta isopach.2/1/1975 atau SK penggantinya Peta geologi tematik adalah peta yang menyajikan informasi geologi dan/atau potensi sumber daya mineral dan/atau energi untuk tujuan tertentu Peta topografi adalah peta ketinggian titik atau kawasan yang dinyatakan dalam bentuk angka ketinggian atau kontur ketinggian yang diukur terhadap permukaan laut rata-rata. mapun ekstrapolasi terhadap beberapa lokasi yang formasinya masih tertutup oleh lapisan Holosen. Gambar 2.000 atau lebih kecil. pencarian air. 019. Peta ini kadang agak skematis. adalah peta yang menunjukkan kondisi airtanah pada daerah yang dipetakan.. dengan skala 1 : 100. yaitu peta yang menggambarkan garis-garis yang menghubungkan titik-titik suatu formasi atau lapisan dengan ketebalan yang sama. Peta ini digunakan untuk menentukan lokasi. Peta geologi sistematik adalah peta yang menyajikan data geologi pada peta dasar topografi atau batimetri dengan nama dan nomor lembar peta yang mengacu pada SK Ketua Bakosurtanal No. Peta struktur. Pada peta ini umumnya ditunjukkan formasi yang permeabel dan impermeabel.2.untuk menentukan lokasi bahan bangunan. adalah peta yang memberikan informasi langsung berupa formasi-formasi yang telah tersingkap. dapat ditemukan langsung di bawah permukaan. Peta ini berskala sedang hingga besar. dan Gambar 3 .  Peta fotogeologi. Peta ini memiliki skala sedang hingga besar.        Peta singkapan (outcrop map). umumnya berskala sedang atau kecil. yang dapat memberikan sejumlah keterangan dari pemboran beserta sifat batuan dan kondisi strukturalnya.

Peta Geologi 1 Gambar struktur Geologi di daerah lipatan : Gambar 1 .

Peta Geologi 2 Gambar 2 : Peta Struktur Geologi dengan Penampang Melintang .

Peta Geologi 3 Gambar :3 Simbol -simbol yang sering digunakan dalam Peta Geologi Dalam membuat peta kita harus memakai skala peta apakah skala peta itu? Skala peta adalah perbandingan jarak yang tercantum pada peta dengan jarak sebenarnya yang dinyatakan dengan angka atau garis atau gabungan keduanya. Jangan lupa menentukan titik koordinat peta. dan selalu teliti karena dalam mebuat peta memang di butuhkan ketelitian. .