You are on page 1of 9

UJIAN AKHIR SEMESTER I

TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran

: Biologi

Nama Guru Pengampu : Marcheli Alexandra Talita
Durasi

: 90 menit

Pilihan Ganda

1. Berikut ini yang merupakan manfaat ilmu biologi dalam bidang kesehatan adalah...
a. Pemilihan bibit unggul
b. Pembuatan gas organik
c. Penggunaan Streptococcus lactis pada susu
d. Inseminasi buatan
e. Vaksin
2. Ilmuan yang pertamakali melihat adanya sel-sel dengan mikrioskop adalah ...
a. Robert brown
b. Robert koch
c. Robert hooke
d. Robert dawn
e. Robert moore
3. Berikut ini yang merupakan manfaat ilmu biologi dalam bidang kesehatan adalah...
a. Pemilihan bibit unggul
b. Pembuatan gas organik
c. Penggunaan Streptococcus lactis pada susu
d. Inseminasi buatan
e. Vaksin
4. Ilmuan yang pertamakali melihat adanya sel-sel dengan mikrioskop adalah ...
a. Robert brown
b. Robert koch
c. Robert hooke
d. Robert dawn
e. Robert moore
5. Sitoplasma yang berwujud cairan kental dikenal sebagai ...
a. Protoplasma
b. Sitosol
c. Nukleoplasma
d. Organel
e. Lisosom
6. Kromosom terdapat dalam organel yang berukuran besar yang bernama...
a. Retikulum endoplasma
b. Vakuola
c. Nukleus
d. Badan golgi
e. Sitoplasma
7. Yang bukan merupakan bagian dari transfor pasif adalah ...
a.
Pindahnya sirup ke air
b.
Difusi terfasilitasi
c.
Omosis
d.
Difusi
e.
Eksositosis
8. Peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke
bagian yang berkonsentrasi rendah disebut...
a. Pindahnya sirup ke air
b. Difusi terfasilitasi

.. . Pertumbuhan tanaman pada pucuk atau ujung akar diakibatkan oleh aktivitas . a. Sel-sel muda yang aktif membelah c. Difusi e. Eksositosis 9. Jaringan tua yang telah terdiferensiasi d. Omosis d.. Jaringan muda yang terla terdiferensiasai e. Jaringan muda yang sebagian belum terdiferensiasi 10.c. Sekumpulan sel yang fungsi dan bentuknya sama b.. Jaringan mersitem adalah .

11. .

.a.

Pemilihan bibit unggul b.. a. Jaringan tua yang telah terdiferensiasi d. Nukleus d. Sekumpulan sel yang fungsi dan bentuknya sama b. c. Jaringan muda yang sebagian belum terdiferensiasi 19. Ilmuan yang pertamakali melihat adanya sel-sel dengan mikrioskop adalah . Robert koch c. a.. Kromosom terdapat dalam organel yang berukuran besar yang bernama. Robert moore 14. 12. Difusi terfasilitasi c. Berikut ini yang merupakan manfaat ilmu biologi dalam bidang kesehatan adalah. e. a. Difusi e... Jaringan mersitem adalah . Lisosom 15. Robert brown b. b. a. Nukleoplasma d. Pertumbuhan tanaman pada pucuk atau ujung akar diakibatkan oleh aktivitas . Badan golgi e.. a. Eksositosis 17. Jaringan muda yang terla terdiferensiasai e.. Protoplasma b. d. a. Sel-sel muda yang aktif membelah c. a.. Pindahnya sirup ke air b. Sitoplasma 16. Penggunaan Streptococcus lactis pada susu d. Pembuatan gas organik c. Robert hooke d. Vaksin 13. Sitoplasma yang berwujud cairan kental dikenal sebagai ..b. Eksositosis 18. Omosis d. Difusi e.. Omosis d. Organel e. Retikulum endoplasma b... Peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah disebut. Difusi terfasilitasi c. . Inseminasi buatan e. Yang bukan merupakan bagian dari transfor pasif adalah . Vakuola c. Robert dawn e. Pindahnya sirup ke air b.. Sitosol c.... a..

Meristem apikal Meristem plerom Meristem interkalar Meristem lateral Meristem pirmer . e. d. b. c.a.

a.. Xilem 26. parenkim 24. kolenkim. Nangka 30. a. Sklereid b. Epidermis d.. Plasmodesmata c. Serat c. Terdapat dermatogen di bagian terluar dan plerom di bagian terdalam d. Serong ke atas b. Tegak lurus d. floem. sklerenkim c. a. Salah satu contoh buahh semu yang tangkai bunganya ikut berkembang adalah.. Berbaring e.. Gambar berikut berupakan gambar . Siswa SMK IMT melakukan pengamatan pada sebuah jaringan tumbuhan dan mendapatkan beberapa ciri berikut 1) Selnya hidup 2) Berdinding tipis 3) Banyak ruang antar sel 4) Bentuknya bermacam-macam 25..... Terdapat tunika dan terbentuk kesegala arah dan korpus yang antiklinal b. Parenkim. Mangga d. klorenkim. xilem d. epidermis e. a. a. Sebagai pentup luka e. 27. Jaringan yang diamati siswa adalah . Aerenkim e. Miring c. Kolenkim e. floem. Sebagai penyokong b. a. Sukun c. Nanans e.. Parekim klorenkim. Lisosom e. Sel nest 28.20. yaitu.. Parenkim c. Terdapat dermatogen di bagian terdalam dan plerom di bagian terluar e. Sebagai pengangkut zat 21. Stomata b. a. Mengangguk 29. Parenkim. Xilem. Berikut yang termasuk ke dalam jaringan kompleks adalah . Nangka d. Sklerenkim b. contohnya. Jambu air e.. Teori yang dikemukakan oleh schmidt mengenai pucuk. Jambu mete b. Yang bukan merupakan fungsi jaringan parenkim adalah. sklerenkim b. Ciplukan c.. Arah tumbuh batang singkong dalah.. Delima b. Jaringan parenkim yang sering ditemukan pada sayatan tempurung Cocos nucifera adalah.. Terdapat tunika dan terbentuk antiklinal dan korpus yang membelah kesegala arah c. Serabut d. Xilem.. a.. Sebagai penyimpan udara dan air c.. Buah tunggal terdiri dari satu bakal bunga.. Nukleus d. Terdapat periblem di bagian terluar dan plerom di bagian terdalam 23. a. Sebagai penyimpan cadangan makanan d. Aerokim 22. Mangga .

a... Calon akar 37. Kutikula. Pelekat b. Parenkim klorenkim. Ujung akar b. a. a. Jaringan yang bertungas mengangukut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan adalah . . kloroplas b.. Sklereid c. Xilem. Bikonsentris e. tangkai daun dan helaian daun b. Lengkuas c. Epidermis e. Kutikula. Tangkai daun dan helaian daun c. Berikut yang termasuk kedalam epidermis daun adalah. Serabut e.. Kolenkim c. stomata... floem. Ubi jalar 36. Akar pada tumbuhan besar Ficus benjamina yang bentuknya besar seperti papan disebut akar . a. Parenkim b. a. a. Berkas konsentris .... spons c. Upih saja 38. merupakan bagian akar yang letaknya paling ujung. Radial b. Ditinjau dari morfologinya daun berupih memliki bagian yang meliputi. floem d. Upih dan tangakai daun e.. Parenkim. a. parenkim 39.. Banir e.. Bawang putih b. Perigonium b.31. Xilem. Bikolateral d. Pangkal akar 32. kloroplas. terlihat pada.. Biji merupakan alat perkembangan yang utama. Sel yang terdapat pada sklerenkim dan sering disebut sel batu adalah sel. berguna untuk melindungi ujung akar yang masih muda. a. floem. Umbi merupakan hasil modifikasi dari daun dan batang. Enggerek d. Upih. Tempat menempelnya perhiasan bunga dan kelamin bunga adalah. Kutikula. Kolateral c.. Akar lembaga e. a..kloroplas. Daun lembaga c. Tipe jaringan pembuluh yang letak xilemnya diapit oleh dua floem disebut. Tudung akar c. Stomata. klorenkim... Epidermis 41. Batang akar d. Cabang akar e. karena biji mengandung calon tubuhan baru yang dinamakan. Batang lembaga d. a.. Perhiasan Napas 34. Receptakulum d. palisade e.. Pembelit c. sklerenkim b. Pengangkut 40. Calyx e. xylem. spons 33. Lembaga b. Upih dan helaian daun d. Corolla 35. Kentang d. Parenkim. kolenkim.. Stomata.. Stomata b. Sklerenkim d. Gadung e. a. Pistilum c.. epidermis e. Serat d. Berikt ini yang termasuk kedalam jaringan sederhana adalah. xilem d. palisade. sklerenkim c.

e. c. Inti sel e. Biologi 80. b. nukleus 48. b. c. Kromoplas c. perisikel 76.. 59. Peroksisom c.42. lisosom 56. Organel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan tapi tidak pada sel hewan adalah a. Ilmu yang mempelajari tentang jaringan disebut… 77. Flavon e. Leukloplas b. Kloroplas d. a. 47. d. b. mesofil 74. b. leukoplas 51. xylem 64. c. e. epidermis 72. Batang akar c. Sitosol 52. Parenkim 68. Badan golgi d. sitoplasma 49. a. meristem 69. Tanin 45. 53. Epidermis 67. sitoplasma 55. korteks 66. Sitologi 81. Cabang akar d. e.. d. c. Bagian pada akar yang merupakan akar yang sebenarnya. plastida 57. perisikel 70. b. a. e. Meristem dasar d. 71. d. silinder pusat 61. d. e. d. Organel sel yang mengandung pigmen hijau. Mersitem yang lletaknya terdapat pada pucuk atau ujung akar disebut a. merupkan penonjolan sel-sel kulit (epidermis) akar yang berfungsi untuk memperluas area penyerapan air dan mineral disebut. b. Meristem lateral c. Prokambium 43. Retikulum endoplasma 44. Leher akar b. Serabut akar e. Rambut akar 46.. Meristem apikal b. parenkim 62. endodermis 73.e. Histologi 79. Organel di bawah ini yang hanya dijumpai pada sel hewan ialah …. Dinding sel b. ribosom 50. floem 60. endodermis 63. a. Morfologi . Neurologi 78. Organel pada sel tumbuhan yang merupakan tempat penimbunan zat makanan adalah …. a. Sistem jaringan dasar pada organ daun akan membentuk …. dinding sel 54. Stomata berasal dari modifikasi… 65. c. Kromosom 58.. a. a. berfungsi untuk membantu foto sintesis disebut. stomata 75. a. Jaringan yang berfungsi menyebarkan hasil fotosintesis adalah …. Meristem primer e. d. c.