MAKALAH PKN

NILAI YANG TERKANDUNG DALAM UUD NKRI

Nama kelompok :
-

Ayu syafitri
Dedi rianto
Esti fail rahmayanti
Resti nur amalia
M. Sandy sutrisno
Yesi miranti

Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga
SMK NEGERI 2 KABUPATEN TEBO
Tahun Ajaran 2016/2017
KATA PENGANTAR

1

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya makalah yang berjudul “Nilai Yang Terkandung Dalam UUD NKRI ”. 2.teman yang telah memberikan masukan yang membangun. oleh karena itu demi perbaikan kami terima kritik dan saran yang bersifat membangun. Teman . Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Pelajaran Pendidikan Pancasila. Guru Pembimbing. 2. Kami sadar bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Ucapan terima kasih kami sampaikan pada : 1. Penulis ii . Orang tua yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil.

.....1 Pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia.......1 1...............................................................................................................3 1................................................3 Tujuan.......4 Cara Menjaga Keutuhan dan Kesatuan Kedaulatan NKRI....................................3 Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan masyarakat dalam berbagai bidang............1 Latar Belakang.....................................................................2 Rumusan Masalah.............................................................12 Dftar Pustaka.............................................................................................5 2..............13 ii .....................................................................................4 2...3 Bab II Kajian Teori Dan Pembahasan 2.........................................i Daftar isi..........................................................................DAFTAR ISI Kata pengantar....................................................................ii Bab I Pendahuluan 1...........................................................................1 Kesimpulan........10 Bab III Penutup 3..............6 2.........................................................................................2 Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam NKRI................

disertai kesulitan secara teknis untuk membentuk negara bagian dalam rancangan negara federal Indonesia. melainkan sebaliknya” Konsepsi tentang bentuk Negara Indonesia menganut bentuk negara kesatuan yang menjunjung tinggi otonomi dan kehususan daerah sesuai dengan budaya dan adat istiadatnya. keluasan. yang dapat menopang kebesaran.BAB I PENDAHULUAN 1. dan 94o45’ BT hingga 141o05’ BT (latif 2011: 251. 1 .128 (seribu seratus dua puluh delapan) suku bangsa (data BPS) dan bahasa. yang membentang dari 6o LU hingga 11o LS. Bentuk negara yang oleh sebagian besar pendiri bangsa dipercaya bisa menjamin persatuan yang kuat bagi negara kepulauan Indonesia adalah negara Kesatuan (unitary). kekuasaan pemerintah yang ada di daerah bersifat derivative (tidak langsung) dan sering dalam bentuk otonomi yang luas. dan kemajemukannya. 2003). keluasan. kemauan . Untuk itu di perlukan suatu konsepsi. ragam agama dan budaya di sekitar 17.1 Latar Belakang Salah satu karakteristik Indonesia sebagai negara bangsa adalah kebesaran. dan kemajemukan keindonesiaan. Semangat persatuan yang bulat-mutlak itu dirasa lebih cocok diwadahi dalam bentuk negara kesatuan. Sarangih (1994:207-208) menyatakan: “Disebut negara kesatuan apabila kekuasaan pemerintah Pusat merupakan kekuasaan yang menonjol dalam negara. United nations Ennvirontment program. dengan demikian tidak dikenal adanya badan legislative pusat dan daerah yang sederajat.508 (tujuh belas ribu lima ratus delapan) pulau (citra satelit terakhir menunjukkan 18. Bila suatu negara tidak terjadi karena adanya beberapa negara yang bergabung dan oleh karenanya kedaulatan negara secara utuh dan bulat ada pada tangan pusat. Sebuah negara bangsa yang mengikat lebih dari 1. Selain itu. Bentuk Negara Kesatuan adalah bentuk negara yang terdiri dari satu negara saja betapapun besar maupun kecil. dan kemampuan yang kuat dan adekuat (memenuhi syarat/memadai).108 pulau). kian memperkuat dukungan pada bentuk negara kesatuan. maka Kusnardi dan Bintan R. UNEP. dan kedalam maupun ke luar merupakan kesatuan. pengalaman traumatis pembentukan negara federal sebagai warisan kolonial. dan tidak ada saingan dari badan legislatif pusat dalam membentuk undang-undang.

ataupun mahasiswa saja. sumber hukum. kedaulatan merupakan konsep mengenai kekuasaan tertinggi dalam penyelenggaraan suatu negara. kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi untuk menentukan hukum dalam suatu negara. secara otomatis sejak saat itu Indonesia telah resmi memiliki kadaulatannya berupa wilayah. bukan berarti menghilangkan ancaman terhadap negara. Maka. Hal ini menjadi pekerjaan bagi rakyat Indonesia untuk lebih menghargai budaya dan kekayaan yang telah dimiliki. lembaga kemasyarakatan. pemerintah yang berdaulat. Keutuhan ideologi negara menjadi penting untuk dipertahankan oleh segenap rakyat Indonesia. gerakan pemuda. Secara teknis.Dalam kaitannya terhadap Negara Kesatuan. Indonesia sebagai negara merdeka dan menetapkan kedaulatannya pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan disahkannya UUD 1945 sebagai dasar hukum negara dan juga dipilihnya Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai presiden dan wakil presiden. adalah dengan menjadikan Bangsa Indonesia menjadi beberapa daerah dengan sistem otonomi daerahnya. Bukan hanya seorang politikus. Kata “daulat” dalam pemerintahan berasal dari kata Arab (daulah). Otonomi daerah berarti pelimpahan wewenang untuk mengatur daerahnya masing-masing sesuai dengan kemampuan daerahnya. terhadap kekayaan budaya Indonesia yaitu batik. serta rakyat sebagai warga negara yang sah. contohnya seperti berpengetahuan tentang ideologi yang dianut oleh bangsa Indonesia. namun keteguhan akan ideologi bangsa perlu ditanamkan diseluruh hati rakyat. Ancaman tersebut dapat berupa ancaman dalam negeri maupun ancaman dari luar negeri. Hal ini berarti bahwa daerah menyelenggarakan seluruh tugas yang telah diserahkan menjadi urusan rumah tangga daerah dan mengelola seluruh pendapatan daerah. Pelimpahan wewenang oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Contoh ancaman dari luar yang terjadi sepanjang sejarah adalah klaim yang dilakukan oleh negara tetangga. Menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. yaitu Malaysia. Jean Bodin (1500-1596). Peranan pemerintah dalam menjaga kedaulatan Bangsa Indonesia yang merupakan negara besar dengan ribuan pulau dan diapit oleh beberapa samudra serta memiliki beragam budaya. isi proklamasi kemerdekaan itu sendiri barulah bersifat simbolik. Akan tetapi. 2 . Menurut seorang ahli pikir Prancis. yang berarti rezim politik atau kekuasaan. Ancaman dalam negeri biasanya dapat berupa usaha sekelompok ideologi yang menginginkan perubahan bentuk negara. Indonesia sebagai negara merdeka telah memiliki kedaulatan dari hasil perjuangan revolusi kemerdekaan yang berpuncak pada proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Bagaimana menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI? 1. Untuk mengetahui cara menjaga keutuhan NKRI 3 .2 Tujuan 1.1. Bagaimana Perwujudan Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan masyarakat dalam berbagai bidang. Untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam NKRI 3.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimana pengertian dari NKRI? 2. 4. Bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam NKRI? 3. Untuk mengetahui pengertian dari NKRI 2.

bagian dan anggotanya berhubungan erat dan merupakan persatuan masyarakat yang organis. daerah kabupaten dan kota mengatur dengan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan. Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republic. dan kebahagiaan bersama. yang tiap-tiap provinsi. 2. daerah kabupaten dan kota memiliki DPRD yang 4) anggotanya dipilih melalui pemilihan umum. kabupaten dan kota dipilih secara demokrasi.  Negara tidak memihak atau menjamin kepentingan golongan atau perseorangan. 6) Pemerintahan daerah berhak menetapkan peraturan daerah dan peraturan-peraturan 7) lain untuk melaksanakan otonomi dan tugas pembantuan. Sesuatu yang bernilai apabila memiliki guna (memiliki keindahan) kebenaran atau kebaikan.  Perhimpunan bangsa merupakan hal terpenting dalam kehidupan bersama.Negara Indonesia dikenal dengan nama Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 3) Pemerintahan daerah provinsi.1 Pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia Menurut UUD 1945 pasal 1 ayat 1. Selanjutnya. setiap unsur merasa berkewajiban untuk menciptakan keselamatan. di mana pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya di luar bidang pemerintahan yang oleh undangundang ditentukan sebagai urusan pemerintah pusat Pasal 18 UUD 45 menyebutkan : 1) Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi atas daerah profinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota. Lebih jelasnya adalah sebagai berikut:  Negara merupakan suatu susunan masyarakat yang integral.BAB II KAJIAN TEORI DAN PEMBAHASAN 2. Bupati dan Walikota masing-masing sebagai kepala pemerintahan daerah 5) provinsi.  Negara tidak menganggap kepentingan seseorangan sebagai pusat. Susunan dan tata cara penyelenggaran pemerintahan daerah diatur dalam undang- undang. yaitu: 4 . kesejahteraan . Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya kecuali urusan pemerintahan yang oleh undang-undang ditentukan sebagai urusan pemerintah pusat.  Semua golongan bagian. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara kesatuan berbentuk republik dengan sistem desentralisasi (pasal 18 UUD 1945). Gubernur. Berdasarkan paham integralistik.2 Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam NKRI Nilai atau value mengandung pengertian sesuatu yang berharga. Nilai-nilai Kebangsaan yang terkandung dalam pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945. kabupaten dan kota itu 2) mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang Pemerintahan Daerah Provinsi.

nilai estetis. 3) Nilai ketaatan hukum. karsa. 2. berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. setiap warga negara memiliki hak. rasa. baik nilai material. Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bersifat objektif dan subjektif Nilai – nilai Pancasila bersifat objektif maksudnya 5 . dan karya serta cita cita manusia yang berdasar atas rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri. nilai etis maupun nilai religius. kewajiban dan kedudukan yang sama di depan hukum. sesama manusia. yaitu tentang kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. negara. serta terhadap Tuhan Yang Maha Esa. nilai kebenaran(kenyataan) . setiap warga negara tanpa pandang bulu wajib mentaati setiap hukum dan peraturan yang belaku. Nilai ini merupakan nilai dasar bagi kehidupan kenegaraan . 4) Nilai Pancasila Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia merupakan kristalisasi nilai yang dimiliki bangsa Indonesia yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad untuk mewujudkannya. Kemanusiaan . Kerayakyatan dan Keadilan. kebangsaan dan kemasyarakatan. bangsa. nilai vital. Nilai Pancasila tergolong nilai kerohanian yang didalamnya terkandung nilai lainnya secara lengkap dan harmonis . 1) Nilai – nilai Pancasila sebagai Ideologi Nilai-nilai Pancasila merupakan nilai Ketuhanan . 3) Nilai Adat Istiadat dan Budaya Budaya / kebudayaan merupakan hasil pikir. 2) Nilai kesamaan derajat. mengandung makna bahwa kedaulatan berada ditangan rakyat.1) Nilai demokrasi.3 Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan masyarakat dalam berbagai bidang. 2) Nilai Hati Nurani Manusia Hati nurani manusia (batin manusia) merupakan perasaan yang paling dalam dan secara kodrat mendapat cahaya kebaikan-kebaikan dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga manusia memiliki moral dan mampu membedakan hal-hal yang baik atau buruk. Persatuan. setiap warga negara memiliki kebebasan yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaran pemerintahan. Ada beberapa nilai yang dijunjung tinggi serta berkembang dalam kehidupan masyarakat yaitu : 1) Nilai Agama Setiap agama mengajarkan kebaikan. Sehingga diharapkan nilai-nilai tersebut untuk dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.

Presiden. MK. Bangsa Indonesia menghargai hak asasi manusia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Inti dari nilai Pancasila akan tetap ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia c. MA. dan hukum. tumbuh dan berkembang dari budaya bangsa Indonesia . dan BPK sebagai sesuatu yang baru dalam sistem pemerintahan Indonesia. DPD. atau mencontoh lembaga negara dari negara lain.nilai kerohanian . menciptakan lembaga baru.Nilai – nilai Pancasila didalamnya merupakan nilai yang digali .Hal itu dapat dijelaskan karena .Nilai –nilai Pancasila itu timbul dari bang sa Indonesia . penyelenggara negara termasuk pengurus partai dan golongan fungsional untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dang memegang cita-cita moral rakyat yang luhur 2) Nilai-nilai Pancasila di bidang Politik Perkembangan bidang politik antara lain meliputi persoalan lembaga negara. Rumusan dari sila-sila Pancasila itu sendiri memiliki makna yang terdalam b.Nilai-nilai Pancasila didalamnya terkandung nilai.a. Bukan hak asasi manusia yang mengutamakan kebebasan individu atau sebaliknya mengutamakan kewajiban tanpa menghargai hak individu. demokrasi. bahwa keberadaan nilai-nilai Pancasila itu bergantung atau terlekat pada bangsa Indonesia itu sendiri. hak asasi manusia. Namun lembaga baru ini haruslah sesuai dengan sistem pemerintahan yang berdasarkan nilainilai Pancasila. Lembaga negara dikembangkan sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan masyarakat dan negara.nilai Pancasila merupakan oandanga hidup bangsa Indonesia . KY. persatuan 6 . kemanusiaan yang adil dan beradab.Nilai. Kita memiliki lembaga negara MPR. Pengembangan lembaga negara dapat berdasarkan pada lembaga yang sudah ada dalam masyarakat. Sedangkan nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif. Hak asasi manusia yang dijiwai oleh nilai ketuhanan yang maha esa. Pancasila yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah negara yang mendasar d. DPR. Namun hak asasi manusia yang menjaga keseimbangan hak dan kewajiban. Pembangunan negara Indonesia sebagai negara modern salah satunya adalah membangun sistem pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Pancasila sebagai sumber nilai mengharuskan Undang – Undang dasar mengandung isi yang mewajibkan pemerintah .

Namun pemilihan umum yang terjadi harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Peraturan perundangan dapat disusun berdasarkan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat Indonesia maupun dari luar. Hukum nasional yang bersumber pada nilai-nilai Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum. Demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat dan kekeluargaan. bukan sistem oposisi yang saling menjatuhkan dan mengutamakan kepentingan individu dan golongan. Demokrasi yang tidak berdasarkan dominasi mayoritas maupun tirani minoritas. dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan bidang hukum diarahkan pada terciptanya sistem hukum nasional yang berdasarkan Pancasia. Peraturan perundangan yang berlaku tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. dan sebagainya. Demokrasi yang kita kembangkan adalah demokrasi Pancasila. kampanye. Suatu demokrasi yang tumbuh dari tradisi nilai-nilai budaya bangsa selama ini. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. namun tetap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sistem yang mengutamakan kekeluargaan. 2) Nilai-nilai Pancasila di bidang Ekonomi Sistem perekonomian yang dikembangkan adalah sistem ekonomi yang dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila. Sistem pemilihan umum dalam demokrasi merupakan salah satu contoh perwujudan yang demokrasi yang dikembangkan di Indonesia. Bentuk ini dapat dikembangkan dengan menerima cara pemilihan umum di negara lain. b. seperti partai politik. Landasan operasional sistem ekonomi yang berdasarkan nilainilai Pancasila ditegaskan dalam UUD 1945 pasal 33. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hiduporang banyak dikuasai oleh negara c. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasasioleh 7 .Indonesia. yang menegaskan : a. Pemilihan umum untuk memilih pemimpin sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sejak dahulu.

Kita sudah mengenal dalam masyarakat saat ini seperti bank. efisien. berwawawasan lingkungan. Semua lembaga perekonomian tersebut kita terima selama sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. bentuk perusahaan. Nilai-nilai sosial yang sudah ada dalam masyarakat yang sesuai dengan Pancasila. Kita menghendaki terwujudanya masyarakat yang berdasarkan Pancasila. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi (Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan. 3) Nilai-nilai Pancasila di bidang Sosial Budaya Tujuan pembangunan nasional adalah terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Oleh karena itu proses modernisasi perlu terus dikembangkan. Masyarakat di sekitar kita selalu mengalami perubahan sosial dan budaya. Modernisasi tidak berarti “westernisasi”. ilmiah dapat diterima sesuai nilai-nilai Pancasila. namun lebih diartikan sebagai proses perubahan menuju ke arah kemajuan. Pengembangan kebudayaan nasional yang berakar pada kebudayaan daerah yang luhur dan beradab. dapat dikembangkan selama sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sikap feodal. serta menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatan ekonomi nasional. dan sebagainya. musyawarah. Berbagai wujud sistem ekonomi baik yang sudah ada dalam masyarakat Indonesia maupun sebagai pengaruh dari asing.negara dn dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat d. sikap eksklusif. mall.) dengan prinsip kebersamaan. Agar perubahan tersebut tetap terarah pada terwujudanya masyarakat berdasarkan Pancasila. Sistem nilai sosial yang ada dalam masyarakat Indonesia terus dikembangkan agar lebih maju dan modern. gotong royong terus dipelihara dan diwariskan kepada generasi muda. seperti kekeluargaan. serta menyerap nilai budaya asing yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila untuk memperkaya budaya bangsa. keadilan. maka sistem nilai sosial dan budaya dalam masyarakat dikembangkan sesuai dengan nilai-nilia Pancasila. supermarket. kedisiplinan. Demikian juga nilai-nilai sosial dari luar seperti etos kerja. berkelanjutan. dan 8 . kemandirian. bursa saham.

Coba amati di lingkungan masyarakat kalian. Di beberapa daerah juga terdapat lembaga masyarakat atau adat yang bertugas menjaga keamanan masyarakat. Dengan demikian kedua pasal ini menegaskan perlunya partisipasi seluruh rakyat dalam pembelaan negara. Tugas kita sebagai generasi muda untuk tetap mempertahankan Pancasila sebagai 9 . merupakan salah satu keunggulan Pancasila sehingga tetap dipertahankan oleh bangsa Indonesia. yang tidak dapat menyesuaikan dengan perkembangan dan bersifat kaku. apakah ada lembaga adat yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan atau sejenisnya. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan contoh budaya asing yang dapat memperkaya budaya bangsa. 4) Nilai-nilai Pancasila di bidang Pertahanan dan Keamanan Pembangunan bidang pertahanan dan keamanan secara tegas ditegaskan dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3 yang mengaskan bahwa pembelaan negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Keterbukaan Pancasila sebagai ideologi. Pada saat ini. Pancasila bukanlah ideolog tertutup. dan sebagainya. Uraian di atas memperjelas dan membuktikan kepada kita bahwa Pancasila mampu menampung dinamika perkembangan masyarakat. terdapat bentuk organisasi keamanan yang dibentuk secara sengaja dan terorganisasi secara modern seperti pertahanan sipil. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta. Demikian juga pasal 30 menegaskan setiap warga negara berhak dan wajib ikur serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. seperti Pecalang di Bali. Bentuk partisipasi rakyat dalam pembelaan negara yang sudah ada dalam masyarakat seperti sistem “ronda” atau sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang melibatkan masyarakat secara bergantian. Namun tidak perlu ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. satuan pengaman lingkungan. Lembaga ini dibentuk oleh dan dari masyarakat sekitar untuk menjada keamanan lingkungan masyarakat.paham kedaerahan yang sempit serta budaya asing yang bertentangan dengan nilainilai Pancasila perlu dicegah perkembangannya dalam proses pembangunan.

Tugas bangsa Indonesia dalam mewujudkan Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah memastikan bahwa perwujudan nilai-nilai instrumental dan nilai praksis dalam kehidupan bermasyarakat. artinya setiap warga negara menjaga keutuhan. b. Nilai dasar ini diwujudkan dalam nilai instrumental dan nilai praksis yang disesuikan dengan perkembangan masyarakat. Upaya mempertahankan tidak hanya dengan tetap menjadikan Pancasila sebagai dasar negara dan tidak merubahnya. e. artinya menjaga seluruh 2) kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Kebersamaan dapat diwujudkan dalam bentuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945. Namun yang paling utama dengan menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. bahkan menjadi sebuah kebanggaan karena 4) merupakan salah satu kekayaan bangsa. c.dasar negara dan ideologi nasional. Pancasila telah mampu membuktikan selalu menjadi dasar negara dan ideologi nasional bangsa Indonesia. serta memiliki pancasila. dan Sang Saka Merah putih. 10 . d. budaya. Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan. Perbedaan yang ada akan menjadi indah jika terjadi kerukunan. dan mempererat persatuan bangsa. Sebagai ideologi terbuka. 2. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI : 1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia. berbangsa dan bernegara tidak menyimpang dari nilai-nilai dasar Pancasila. kedaulatan negara.4 Cara Menjaga Keutuhan dan Kesatuan Kedaulatan NKRI Sebagai sebuah bangsa yang besar. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa telah mengalami berbagai pengalaman sejarah yang memiliki tujuan akhir merubah Pancasila sebagai dasar negara. dan warna kulit. Pancasia sebagai ideologi terbuka memiliki makna bahwa Pancasila memiliki nilai-nilai dasar yang tetap dan tidak dapat berubah. yaitu kesamaan memiliki bangsa. dan tanah air Indonesia. Menciptakan ketahanan nasional. Undang-Undang Dasar 1945. Berbagai tantangan saat ini dan masa depan juga dapat mengancam kedudukan Pancasilaa sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa apabila kita tidak mewaspadainya. agama. keutuhan dan kesatuan negara harus bisa dijaga oleh segenap rakyat indonesia. bahasa persatuan. Intisari Materi a. 3) Menghormati perbedaan suku.

dan dalam konteks tertentu terkait dengan berbagai organisasi atau lembaga yang memiliki yurisdiksi hukum sendiri. Nilai atau value mengandung pengertian sesuatu yang berharga. Jika peraturan saling dila ar.1 Kesimpulan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara kesatuan berbentuk republik dengan sistem desentralisasi (pasal 18 UUD 1945). NKRI dapat dinamakan dengan predikat sebagai sistem kenegaraan Pancasila. tujuan yang sama. dan dipelihara oleh semua komponen masyarakat. Ketentuanketentuan itu. ditaati. Penentuan apakah suatu entitas merupakan suatu entitas yang berdaulat 11 . solidaritas. Wawasan nusantara meliputi kepentingan yang sama. akan terjadi kekacauan yang dapat menimbulkan perpecahan. Memiliki wawasan nusantara berarti memiliki ketentuan-ketentuan dasar yang harus dipatuhi. antara lain Pancasila sebagai landasan dan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional. Kedaulatan merupakan suatu hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan dan masyarakat. NKRI sebagai nation state membuktikan bagaimana potensi dan kualitas dari integritas wawasan nasional Indonesia raya yang diwarisi. konsep kedaulatan terkait dengan suatu pemerintahan yang memiliki kendali penuh urusan dalam negerinya sendiri dalam suatu wilayah atau batas teritorial atau geografisnya. Sistem kenegaraan ini terjabar secara konstitusional dalam UUD 1945.5) Memiliki semangat persatuan yang berwawasan nusantara. kerjasama. di mana pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya di luar bidang pemerintahan yang oleh undangundang ditentukan sebagai urusan pemerintah pusat. 6) Mentaati peraturan. Dalam hukum konstitusi dan internasional. agar kehidupan berbangsa dan bernegara berjalan dengan tertib dan aman. BAB III PENUTUP 3. yaitu semangat mewujudkan persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan sosial. dan kesetiakawanan terhadap ikrar bersama. dan teruji dalam berbagai tantangan nasional dan global. Sesuatu yang bernilai apabila memiliki guna (memiliki keindahan) kebenaran atau kebaikan. keadilan. Ketentuan lainnya dapat berupa peraturan-peraturan yang berlaku di daerah yang mengatur kehidupan bermasyarakat. baik alamiah maupun aspek sosial yang menyangkut kehidupan bermasyarakat. tumbuh.

blogspot. Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi. DAFTAR PUSTAKA - http://panduansoal. maka kekuasaan dapat disebut sebagai kedaulatan. Sebagai sebuah bangsa yang besar. Dapat dilakukan dengan cara yang paling sederhana yaitu menghargai kebudayaan dan sejarah NKRI.html http://www.co. Tentang pengertian kedaulatan ini terdapat perbedaan pendapat oleh beberapa para sarjana karena kedaulatan sering ditinjau menurut sejarahnya. Kansil. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi.indonesia184.id/2015/12/perwujudan-nilai-nilaipancasila-dalam.html Setiadai. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Elly M.bukanlah sesuatu yang pasti. jika kekuasaan diartikan secara yuridis. Jakarta: Inti Prima Promosindo. Dengan demikian. Surajiyo dan Agus Wiyanto. keutuhan dan kesatuan negara sebagai syarat mutlak dalam kedaulatan kebangsaan harus bisa dijaga oleh segenap rakyat indonesia. melainkan seringkali merupakan masalah sengketa diplomatik. 2007. dkk. 2009. 2005. Jakarta: PT Bumi Aksara 12 .ga/2015/06/nilai-dalam-perjuangan-nkri.