Dinamika Kendaraan Teori dan Aplikasi

1. Fundamental Roda dan Pelek
Pada dasarnya untuk mempelajari lebih jauh mengenai dinamika
kendaraan terlebih dahulu kita harus memahami beberapa fundamental dasar
mengenai Roda dan Pelek.
1.1 Informasi Tire dan Sidewall
Ban pneumatik merupakan komponen kendaraan yang mentranser gaya traksi
antara permukaan jalan dengan kendaraan. Ban merupakan salah satu
komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan
yang mentransfer perputaran mesin melalui ban sehingga ban dapat berjalan.
Selain itu ban juga berfungsi sebagai peredam akibat permukaan jalan yang
tidak rata agar getaran tidak diteruskan ke bodi kendaraan. Secara khusus
fungsi dari ban sendiri terdiri dari beberapa, antara lain:
1. Mendukung beban vertikal kendaraan dan menyerap kejutan, saat roda
melawan goncangan dari permukaan jalan yang tidak rata.
2. Memberikan gaya longitudinal untuk akselerasi dan pengereman.
3. Memberikan gaya lateral saat kendaraan sedang menikung.
Berikut ilutrasi penampang melintang dari roda kendaraan.

Beberapa informasi penting dari spesifikasi kendaraan juga tercetak pada
bagian sidewall ban:

E-Mark. Pembuat. Snow: Salju) 5.Keterangan: 1. Nomor ukuran 2. beban maksimum yang diizinkan (merujuk pada tabel) H : . Negara pembuat 8. B. M&S (Mud: Lumpur. Diagonal 15 : Diameter pelek (inch) 96 : Indeks Load. Light Truck) 215: Lebar ban (mm) 60 : Apsek Rasio. perbandingan tinggi ban dan lebar ban dalam presentase ST = hT x 100 wT . nama brand atau nama komersil Nomor ukuran ban dapat dijelaskan sebagai berikut: P : Penggunaan jenis kendaraan (Passanger. Jenis konstruksi ban 4. D : Radial. 35% untuk kendaraan balap dan 75% untuk kendaraan umum R. Temporary. Bias. Tekanan inflasi maksimum yang diizinkan 3. Special Truck. Nomor Identifikasi Departemen of Transport US 7. nomor dan tanda persetujuan Eropa 6.

Kecepatan Maksimum yang diizinkan (merujuk pada tabel) Tabel Beban Maksimum Ban yang diizinkan: Dan Tabel Kecepatan Maksimum yang diizinkan: Sebagai contoh untuk kode ban kendaraan merek BMW: TD : kendaraan BMW model TD .

Indeks ini menunjukan ketahanan rata-rata umur pakai ban dalam jarak tempuh. angka dan huruf pada produk ban untuk ketahanan traksi basah dan ketahanan panas. Bila kita melihat pada sidewall ban. Dan berikut merupakan tabel dari Thread Wear Index: . Semakin besar angka indeks maka akan semakin lama umur dari ban tersebut. kita juga dapat menentuka seberapa keausan terjadi pada ban tersebut dengan melihat TWI (Thread Wear Indication) berupa gambar segitiga.230 55 Z R 390 : lebar ban (mm) : aspek rasio dalam persen : tingkat kecepatan : ban radial : diameter pelek (mm) Tabel berikut merupakan beberapa kode negara pembuat ban: Beberapa pabrikan pembuat ban juga memasukan beberapa simbol. Karakteristik ini merujuk pada UTQG (Uniform Tire Quality Grading) walaupun ini bukan merupakan sebuah keseragaman dan standar dalam masing-masing pembuat ban.

penggunaan kendaraan beban normal XL : Extra Load. bagian permukaan luar ban TWI : Thread Wear Indicatior. “A” Best “B” Intermediate “C” Acceptable Seperti yang dikutip dari Vehicle Dynamics Theory and Application [Reza N.UTQG (Uniform Tire Quality Grading) juga memberikan tingkatan dengan menggunakan huruf untuk kemampuan traksi pada kondisi jalan basah dan ketahanan panas ban. indikator keausan ban SL : Standard Load. penggunaan kendaraan beban berat rf : Reinforced Tires. bagian permukaan dalam ban SFO : Side Facing Outwards.e. ban dan ban dalam Made in Country : Nama Negara Pembuat C : Commercial Tyre untuk truck i. Jazar]: Beberapa tambahan tanda-tanda yang umum ada di ban kendaraan: TL : Tubeless TT : Tube Type. ban diperkuat bahan tambahan .: 185R14C B : Bias Ply SFI : Side Facing Inwards.

2 Komponen-komponen Ban Ban kendaraan dalam kemajuan bidang teknik dibuat dari rubber dan beragam jenis material sintetis yang dimasak secara bersama-sama. 1. sidewalls dan tread ban. belts. . bead bundle. Fiber. textile dan kawat baja beberapa komponen pembentuk inner linner. body plies.Ban umumnya menerima 95% berat dari beban kendaraan yang didukung oleh tekanan dalam ban dan 5% yang didukung oleh dinding dari ban.