Lalat bunga (bahasa Inggeris: hoverfly) adalah sejenis serangga dalam

keluarga Syrphidae. Seperti namanya, lalat bunga sering dilihat di bunga; lalat bunga
dewasa dalam banyak spesies makan nektar dan debunga, sementara berenga lalat
bunga makan pelbagai jenis makanan. Kira-kira 6,000 spesies dalam 200 genus telah
dikenalpasti. Lalat bunga dapat dijumpai di seluruh benua kecuali Antartika

Kalasifikasi Syrphidae :




Kingdom : Animalia
Filum : Anthropoda
Kelas : Insekta
Ordo : Diptera
Family: Syrphidae

 Ciri –ciri lalat Syrphidae :
Family Syrphidae mempunyai ukuran, warna dan kenampakan
yang bervariasi. Beberapa warna cerah, kuning, coklat dan hitam,
ada

juga

yang

hitam

semua;

umumnya

bertubuh

ramping.

Proboscis pendek dan berdaging. Family ini merupakan lalat yang
mirip denga lebah madu, tawon besar dan tabuhan. Umumya
serangga ini berperan sebagai predator aphids pada tanaman
cabai, jagung, tebu, kapas, tembakau dan tanaman leguminosa
lainya.

Lalat merupakan media berbagai kuman penyakit (carier pathogen) mulai bekteri pathogen sampai virus penyebab berbagai penyakit serta protozoa dan telur . Selain itu. lalat mata bertangkai dapat dijumpai pada tempattempat yang relatif basah dan banyak rerumputan. Cara Penularan Timbunan sampah yang terkumpul dan tidak tertangani akan menimbulkan masalah estetika. sampah dan benda-benda buangan yang banyak terdapat di lingkungan kita perlu ditanggapi secara serius dan dicari cara yang tepat untuk menanggulanginya. Oleh karena itu. diare. yaitu spesies Cyrtodiopsis dalmanni Wiederman. dan pada tanaman talas yang tumbuh secara liar. Lalat biasanya datang dan memakan hidangan yang telah disajikan dengan paksa (merampas makanan) dan meninggalkan pathogen yang dapat menyebabkan penyakit (merampas kesehatan) manusia. Ciri-ciri morfologi : Ukuran tubuh 8 mm. betina biasanya hidup secara berkelompok di dekat akar sedangkan jantan biasanya tersebar pada tanaman talas dan ganyong Secara umum. Spesies lalat mata bertangkai juga dapat hidup ditumpukan sampah. bewarna kuning dan hitam. Lalat dapat menyebarkan berbagai jenis penyakit seperti kolera. Bentuk abdomen bulat memanjang dengan ujung abdomen lancip. memiliki warna seperti lebah madu yaitu bergaris hitam dan kuning. . Bentuk sayap oval. thypus dan TBC. Habitat dan Siklus Hidup Lalat mata bertangkai merupa-kan salah satu serangga yang mampu hidup pada berbagai wilayah dengan ketinggian yang berbeda Lalat mata bertangkai sering ditemukan pada semak-semak di sepanjang pinggiran aliran sungai kecil. Hal ini menimbulkan pencemaran yang akan merusak lingkungan. disentri. bau dan mengundang lalat yang membawa berbagai penyakit. Teleopsis sp dan menjadi vektor penularan penyakit. thorax bewarna hitam hingga kecoklatan. sering ditemukan pula pada tumpukan sampah organik atau daun yang telah membusuk.

dan panjang kurang lebih 7 mm. . Selain itu larva akan mencari tempat-tempat yang lebih dingin dan kering. larva. pupa memiliki ketahanan yang tinggi dibandingkan dengan larva. Bentuk pupa lonjong. yaitu stadium larva.Siklus hidup lalat yaitu di mulai dari telur. maka akan memasuki stadium selanjutnya. Dan telur-telur itu akan menetas dalam waktu 12-24 jam. Selanjutnya adalah memasuki stadium pupa. Telur-telur yang dihasilkan di letakkan di tempat-tempat yang hangat sehingga akan membantu proses penetasan . Setelah telur-telur itu menetas. Pada umumnya tempat-tempat yang di gunakan larva untuk berkembang adalah kotoran yang basah dan tumbuhan yang busuk. dan di atas makanan yang terbuka. berwarna cokelat tua. biasanya pupa berada dalam tanah dalam waktu 4-5 hari dan bertahan lebih lama pada suhu yang lebih rendah. seperti diatas timbunan sampah. hal ini disebabkan karena pupa memiliki cangkang yang berfungsi sebagai pelindung. Dan dalam waktu 4-7 hari akan memasuki stadium pupa. Pada umumnya siklus hidup lalat dewasa adalah 21 hari. pupa dan lalat dewasa.

org/wiki/Lalat_bunga https://lutfiafifah.DAFTAR PUSTAKA http://wisbenbae.com/2011/02/03/pengendalianterpadu-hama-dan-penyakit-tanaman-pada-tanaman-jagungdi-kelurahan-situ-gede-bogor-barat/ .com/2013/02/12-jenis-lalat-yangada-di-indonesia.blogspot.wordpress.html https://ms.wikipedia.