You are on page 1of 12

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP

)
PIJAT BAYI

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas Praktik Klinik Keperawatan Anak

Disusun oleh:
Kelompok 4
1. Marsyidan
2. Muhammad Fiqri S
3. Riduan Efendi
4. Robert Saputra
5. Uswatun Khasanah
6. Winda Melsiana
7. Yuliana Rosa
8. Edi Supriadi
9. Resa Septi W.
10. Suci Rizki
11. Nurul Hasanah

PROGRAM STUDI PROFESI NERS
SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN PPNI
JAWA BARAT
2017
SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP)

Mengetahui manfaat pijat bayi c. Indikasi pijat bayi 4. Mengetahui indikasi pijat bayi d. Mengetahui prosedur pelaksanaan pemijatan bayi B.PIJAT BAYI Poko bahasan : Perawatan bayi Sub pokok bahasan : Pijat bayi Sasaran : Keluarga (Ibu yang mempunyai bayi usia 0 sampai 12 bulan) Hari/tanggal : Kamis. Manfaat pijat bayai 3. Prosedur pelaksanaan pemijatan bayi . Pengertian pijat bayi 2. Hasan Sadikin Bandung dan di rumah. 05 Januari 2017 Waktu : 30 Menit Tempat : Ruang Anturium RSUP Dr. 2. TUJUAN 1. Hasan Sadikin Bandung A. Hal-hal yang perlu dilakukan selama pemijatan 5. Tujuan Instruksional Umum (TIU) Setelah dilakukan pendidikan kesehatan mengenai pijat bayi diharapkan keluarga dapat memahami manfaat dari pijat bayi dan dapat melakukan tekhnik pijat bayi secara baik dan benar di ruang Anturium RSUP Dr. MATERI 1. Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Setelah dilakukan pendidikan kesehatan keluarga mampu memahami: a. Mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan selama pemijatan e. Mengetahui pengertian pijat bayi b.

Mempersiapkan materi 2. METODE PENYULUHAN 1. Tanya jawab 3. Melakukan apersepsi dengan keluarga tentang pijat bayi . Ceramah / diskusi 2. Mempersiapkan tempat 2. Menjelaskan tujuan materi yang akan tanggapan disampaikan 5. Memperkenalkan diri Mendengarkan 3. Pembukaan : 5 menit 3. Demonstrasi D. Pembukaan 5 menit Pendahuluan : 1. Mempersiapkan media 3. STRATEGI PENYULUHAN 1.C. Memberi salam Menjawab salam 2. Kegiatan/Waktu Kegiatan Penyuluhan Persiapan Kegiatan Pra Pembelajaran 5 menit Kegiatan Peserta 1. KEGIATAN PEMBELAJARAN No 1. Pelaksanaan : 15 menit 4. Persiapan : 5 menit 2. Kontrak waktu Memberikan 4. Evaluasi : 5 menit E.

Memperhatikan dengan seksama.2009. Pengertian pijat bayi Manfaat pijat bayai Indikasi pijat bayi Hal-hal yang perlu dilakukan selama pemijatan 5. Menjelaskan hal-hal yang ditanyakan 3. Memperhatikan halhal yang ditanyakan. Leaflet 2. Powerpoint G. . F. Evaluasi 1. Memeberikan kesempatan kepada keluarga pasien untuk melakukan demonstrasi. 4. 3. Jogjakarta: Kata Hati. Mendemonstrasikan tahapan dalam pertanyaan melakukan pemijatan bayi. Pijat dan Senam Sehat Untuk bayi. Pelaksanaan 15 menit Kegiatan Inti :  Mendengarkan dan Memberikan penjelaskan tentang pijat bayi yang memperhatikan meliputi : 1. SUMBER Maharani. Memberikan kesempatan bertanya Memberikan 5 menit 2. 4. Mengulangi sesuai dengan petunjuk petugas peyuluh.3. Prosedur pelaksanaan pemijatan bayi 4. Sabrina. MEDIA 1. 2.

Berikut beberapa pertanyaan yang akan diberikan : 1.Putri. Evaluasi Struktur  Persiapan Media Media yang digunakan dalam penyuluhan semua lengkap dan dapat digunakan dalam penyuluhan yaitu : 2. Kehadiran peserta diharapkan 80% dan tidak ada peserta yang meninggalkan tempat penyuluhan selama kegiatan berlangsung. Evaluasi Hasil Peserta penyuluhan mengerti 80 % dari apa yang telah disampaikan dengan kriteria mampu menjawab pertanyaan dalam bentuk lisan yang akan diberikan oleh penyuluh.Buku Pintar Pijat Bayi. Prasetyono. 2009. Peserta penyuluhan memperhatikan materi yang diberikan. Pijat dan Senam Untuk Bayi dan Balita Panduan Praktis Memijat Bayi dan Balita. Apa pengertian pijat bayi? . d. Jogjakarta: BukuBiru H. Yogyakarta: Brilliant Offset. Selama proses penyuluhan diharapkan terjadi interaksi antara penyuluh dengan sasaran. Proses penyuluhan dapat berlangsung dengan lancar dan peserta penyuluhan memahami materi penyuluhan yang diberikan. c. Alissa. 3. EVALUASI 1.2013. b.  Leaflet  Powerpoint Evaluasi Proses a.

h. Meningkatkan kenaikan berat badan. b) Lakukan gerakan memijat diata perut seperti mengayuh sepeda. Bagaimana tehnik pemijatan bayi pada bagian perut? Jawaban : Perut a) Ingat jangan memijat diatas tulang rusuk atau diatas ulu hati. Pijat bayi pada dasarnya sangat diperlukan untuk merangsang pertumbuhan otot dan saraf tubuh. Mengurangi kembung dan sakit perut. Dengan pijat bayi. Senam dan pijat membuat tubuh bayi rileks sehingga tidurnya jadi nyenyak dan menyusunya juga banyak. Merangsang fungsi pencernaan dan pembuangan sisa-sisa f. Mampu meningkatan daya taha tubuh bayi. makanan. Meningkatkan kesiagaan untuk mudah balajar sesuatu. Membuat bayi tidur lebih nyenyak dan lelap. c) Angkat kedua kaki bayi dan leatkkan lututnya perlahan-lahan kearah perut. Memperbaiki sirkulasi darah dan pernapasan. d. b. d) Buat gerakkan melingkar dengan kedua tangan secara bergantian. Meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan bayi. ibu dapat menenagkan dan menyamankan bayi serta mengomunikasikan cinta. 3.Jawaban: Pijat bayi merupakan bahasa sentuhan. Pijat pada bayi dapat memperlancar aliran darah sehingga membuat bayi lebih santai. dari atas kearah bawah perut. e. Searah jarum jam dimulai dari sebelah kanan ibu/perawat . Membuat bayi lebih tenang. g. 2. c. Apa manfaat pijat bayi? Jawaban: a. i.

1) “I” pijatlah sisi kiri perut bayi kearah bawah perut dengan menggunakan jari-jari tengah kanan ibu membentuk huruf “I”. Pemijatan “I love u” terdiri dari 3 gerakkan. 04 Januari 2017 Dosen Pembimbing Penyuluh Kelompok 4 CI Ruang Anturium . 3) “U” gerakkan memijat membentuk huruf “U” terbalik. 2) “Love” membentuk huruf “L” terbalik pijatlah dari sebelah kanan kesebelah kiri perut bayi kemudian dari atas ke bawah perut.e) Gerakkan “I love u”. kebawah dan berakhir diperut kiri bawah. I. f) Rasakan gelembung angina dengan jemari anda dorong searah jarum jam untuk mengakhiri pijatan. PENGESAHAN Bandung. Pijat dari kanan bawah keatas kemudian ke kiri.

ibu dapat menenagkan dan menyamankan bayi serta mengomunikasikan cinta. Senam dan pijat membuat tubuh bayi rileks sehingga tidurnya jadi nyenyak dan menyusunya juga banyak. Pengertian Menurut Roesli (dalam Prasetyono. . Pijat pada bayi dapat memperlancar aliran darah sehingga membuat bayi lebih santai. LAMPIRAN : Materi Penyuluhan TEKNIK PEMIJATAN BAYI 1.J. Dengan pijat bayi.2013) menyatakan bahwa pijat bayi adalah seni perawatan kesehatan dan pengobatan yang dikenal sejak awal manusia diciptakan di dunia serta telah dipraktikkan sejak berabadabad tahun silam secara turun-menurun oleh dukun bayi. Pijat bayi pada dasarnya sangat diperlukan untuk merangsang pertumbuhan otot dan saraf tubuh. Pijat bayi merupakan bahasa sentuhan.

Merangsang fungsi pencernaan dan pembuangan sisa-sisa makanan. b. Bila bayi sedikit menangis tenangkan dahulu. Pemijatan setiap hari selama 15 menit dalam 6 hingga 7 bulan pertama hidupnya akan sangat bermanfaat bagi bayi. Mulai dengan sentuhan lembut dan secara bertahap tambahkan pada pijatan. Prosedur Pelaksanaan Pemijatan Bayi a. Mampu meningkatan daya taha tubuh bayi. hentikan pijatan. Mengurangi kembung dan sakit perut. Jika menggunakan baby oil. buat kontak mata dengan bayi. e. k. g. m. l. q. Meningkatkan kenaikan berat badan. d. p. 5. r. Bila bayi dibawah usia 2 bulan. n. 4. 3. Pemijatan dapat dilakukan hingga usia 3 tahun. Membuat bayi lebih tenang. Ajarkan bayi bicara atau bersenda gurau/bernyanyi. f. pemijatan dilakukan dengan lembut. o. Kuku dan perhiasan jangan sampai menggores kulit bayi. c.2. d. Bila menangis lebih keras. Membuat bayi tidur lebih nyenyak dan lelap. Indikasi Pemijatan boleh dilakukan sejak: a. Selama pemijatan. b. . Bayi dapat dipijat sejak lahir. Manfaat Pijat Bayi j. mandikan bayi setelah dipijat. Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Selama Pemijatan a. Jangan bangunkan bayi tidur untuk dipijat. Memperbaiki sirkulasi darah dan pernapasan. Meningkatkan kesiagaan untuk mudah balajar sesuatu. Jangan memijat bayi langsung sehabis makan. b. Bersihkan dan hangatkan tangan ibu/perawat. c. Meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan bayi.

tarik sehingga ia tersenyum. b) Lakukan gerakan sebaliknya. d. 3. pijat tangan bayi dari bahu kepergelangannya dengan irama perlahan india. 2. dari tengah ke samping seolah membuat bayi tersenyum. Ruangan hangat dan tidak pengap. Wajah a) Tekan jari-jari ibu/perawat pada tengah kening bayi. gerakan ke atas lalu ke sisi dan kembali ke tengah tanpa mengangkat tangan seperti membentuk hati. tarik garis dengan ibu jari dari hidung bayi kea rah pipi. Bayi tidak sedang lapar atau setelah makan e. e) Pijat lembutrahang bawah bayi. Dada a) Letakkan kedua tangan ibu/perawat di tengah dada bayi. dan pijat daerah belakang telinga. memerah tangan dari arah pergelangan tangan ke pangkal lengan bayi dengan irama perlahan swedia. Gosok tangan ibu/perawat dengan baby oil atau baby lotion.c. Tangan a) Peganglah lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul soft ball. b) Gunakan kedua ibu jari untuk memijat daerah atas alis. g. Baringkan bayi diatas permukaan rata dan lembut dan lepaskan pakaian. d) Gunakan kedua ibu jari untuk memijat sekitar mulutnya. Dengan gerakan memerah. turunkan ke pelipis dan pipi. b) Dari tengah dada bayi. c) Dengan tekanan lembut. . Lakukan pemijatan dengan lembut dan bertahap 1. pijat menyilang dengan telapak tangan kea rah bahu maju mundur. f.

h) Lakukan gerakan memijat diata perut seperti mengayuh sepeda. pijat seluruh permukaan telapak tangan dan punggung tangan. 5) “Love” membentuk huruf “L” terbalik pijatlah dari sebelah kanan kesebelah kiri perut bayi kemudian dari atas ke bawah perut. i) Angkat kedua kaki bayi dan leatkkan lututnya perlahan-lahan kearah perut. e) Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakkan seperti menggulung. 6) “U” gerakkan memijat membentuk huruf “U” terbalik. l) Rasakan gelembung angina dengan jemari anda dorong searah jarum jam untuk mengakhiri pijatan. d) Dengan kedua ibu jari secara bergantian. Searah jarum jam dimulai dari sebelah kanan ibu/perawat k) Gerakkan “I love u”. 5. kebawah dan berakhir diperut kiri bawah. Kaki .c) Tarik lembut jari-jari bayi dengan gerakkan memutar. 4) “I” pijatlah sisi kiri perut bayi kearah bawah perut dengan menggunakan jari-jari tengah kanan ibu membentuk huruf “I”. Pemijatan “I love u” terdiri dari 3 gerakkan. Perut g) Ingat jangan memijat diatas tulang rusuk atau diatas ulu hati. 4. dari atas kearah bawah perut. j) Buat gerakkan melingkar dengan kedua tangan secara bergantian. Pijat dari kanan bawah keatas kemudian ke kiri.

c) Luncurkan salah satu telapak tangan ibu dari leher sampai kepantat bayi dengan sedikit tekanan. menggunakan kedua telapak tangan di sepanjang punggungnya. b) Pijat dengan gerakkan maju mundur. .Pijat telapak kaki dari arah tumit ke jari. kembali ke atas dengan gerakan yang sama 7. d) Dengan jari-jari ibu. 6. e) Buat pijatan memanjang dengan telapak tangan dari leher ke kaki untuk mengakhiri pijatan. Punggung a) Tengkurapkan bayi diatas bantalan lembut atau paha ibu. buatlah gerakkan melingkar terutama pada otot disebelah tulang punggung. Putar dari dalam keluar sambil bergerak turun menuju betis. Paha dan betis Pegang kedua paha bayi dengan kedua tangan ibu. Pijat punggung kaki dari mata kaki sampai ke jari. remas-remas jari satu persatu.