You are on page 1of 4

PEMERINTAH KABUPATEN TEMANGGUNG

DINAS KESEHATAN

PUSKESMAS TRETEP
Jl. Raya TRETEP – Tretep KEC TRETEP Temanggung
email : puskesmasTRETEP1@gmail.com
KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS TRETEP
NOMOR :
/
/2016
TENTANG
PERESAPAN OBAT PSIKOTROPIKA
UPTD PUSKESMAS TRETEP
KEPALA UPTD PUSKESMAS TRETEP

Menimbang

: a.

Bahwa Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan
langsung

dan

bertanggung

jawab

kepada

pasien

yang

berkaitan dengan Sediaan Farmasi dengan maksud mencapai
hasil yang pastii ntuk meningkatkan mutu kesehatan;
b.

bahwa untuk meningkatkan derajat kesehatan sumber daya
manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan kesejahteraan
rakyat

perlu

dilakukan

upaya

peningkatan

di

bidang

pengobatan dan pelayanan kesehatan, antara lain pada satu
sisi dengan mengusahakan ketersediaan psikotripikadan dan
narkotika jenis tertentu yang sangat dibutuhkan sebagai obat
dan
c.

di

sisi

lain

melakukan

tindakan

pencegahan

penyalahgunaan.;
Bahwa sehubungan dengan butir (a) dan (b) tersebut diatas
maka perlu menetapkan Surat Keputusan Kepala Puskesmas

Mengingat

: a.

tretep
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 144,

b.

Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5063);
Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan

:

Kefarmasian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun
2009 Nomor 124, Tambahan Lembaran Negara Republik
c.

Indonesia Nomor 5044);
Peraturan

Menteri

1121/MENKES/SK/XII/2008
: d.
e.

Kesehatan
tentang

Pedoman

Nomor
Teknis

Pengadaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan untuk
Pelayan Kesehatan Dasar);;

: f.

PMK no 30 Th 2014 ttg pedoman layanan farmasi Puskesmas

: g.

UU NO . 5 Tahun 1997 tentang psikotropika
UU NO . 35 Tahun 2009 tentang Narkotika
PERATURAN Bupati Temanggung No 62 Tahun 2013 Tentang

:

Operasional Puskesmas di Kabupaten Temanggung;

Ditetapkan di: TRETEP Pada tanggal: 2016 KEPALA PUSKESMAS TRETEP SAMIDI. SKM NIP. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam penetapannya.Menetapkan Pertama MEMUTUSKAN Pedoman peresepan Obat Psikotropika Kedua Memberlakukan Panduan Peresepan obat Psikotropika dan Narkotika seperti yang terlampir didalam SK ini Ketiga Penggolongan dan macam obat psikotropika yang ada di puskesmas Tretep terlampir dalam surat keputusan ini. . maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

6. TATA LAKSANA 1. 2. Untuk obat racikan apoteker dan atau asisten apoteker menyiapakan obat jadi yang mengandung narkotika. Mendokumentasikan pengeluaran obat narkotika dan psikotripik pada kartu stok. dosis dan cara penggunaan obat) 5. Menulis nama dan cara pemakaian obat pada etiket sesuai permintaan dalam resep. Menyerahkan obat yang disertai pemberian informasi obat (nama obat. Penyiapan Resep 1. kegunaan masing-masing obat. Memberi garis bawah berwarna merah pada obat yang termasuk golongan narkotika. 3.LAMPIRAN SK DEFINISI 1. 3. hilangnya rasa. 4. Kartu stok obat Narkotik dan Psikotropik 3. dan dapat menimbulkan ketergantungan. baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika. Psikotropika adalah suatu zat atau obat. Arsip Resep – Resep Narkotik dan Psikotropik 2. Melakukan pemeriksaan akhir kesesuaian antara penulis etiket dengan resep sebelum dilakukan penyerahan 2. yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. 2. Menutup dan mengembalikan wadah obat pada tempatnya yaitu pada lemari dua pintu dan menguncinya kembali. Menyiapkan obat sesuai dengan permintaan pada resep. Panduan peresepan obat narkotika dan psikotropik diatur secara khusus untuk menghindari terjadinya kemungkinan penyalahgunaan obat tersebut RUANG LINGKUP Ruang lingkup panduan ini mulai dari Semua proses dari skrining resep. Buku pencatatan resep Narkotik dan Psikotropik . Mengkaji pertimbangan klinis. Memanggil nama pasien secara lengkap (minimal 2 suku kata) 3. Mengkonsultasikan ke dokter apabila terdapat masalah dalam resep. 5. mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri. 2. Mengecek identitas dan alamat pasien yang berhak menerima 4. 3. penyiapan resep dan penyerahan resep narkotika dan psikotropika di puskesmas Ciledug.Obat diberi wadah yang sesuai dan diperiksa kembali jenis dan jumlah obat sesuai permintaan dalam resep Penyerahan Resep 1. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran. Melakukan pemeriksaan terhadap kesesuaian farmaseutik. Menanyakan kembali kejelasan pasien terhadap informasi obat dan meminta pasien untuk mengulang penjelasan yang telah disampaikan Menyimpan resep pada tempat penyimpanan khusus resep narkotika dan psikotropika mendokumentasikannya pada buku pencatatan resep narkotika DOKUMENTASI 1.

2 ml Ampul Diazepam tube Rectal 5 mg/2.5 ml / Stesolid Tube rectal Fenobarbital tablet 30 mg Tablet Fluoxetin tablet 10 mg / Antiprestin Tablet Haloperidol tablet 5 mg Tablet Imipramin tablet 25 mg / Tofranil Tablet Karbamazepin tablet 200 mg Tablet Klorpromazin tablet salut 100 mg (HCl) Tablet Kodein tablet 10 mg Tablet Risperidon tablet 2 mg Tablet Sertralin tablet / Nudep Tablet Triheksifenidil tablet 2 mg Tablet DAFTAR OBAT NARKOTIKA NO 1 NAMA OBAT SATUAN CODEIN NIHIL Tablet .DAFTAR OBAT PSIKOTROPIK NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 NAMA OBAT SATUAN Alprazolam 1mg Tablet Amitriptilin tablet salut 25 mg (HCl) Tablet Clobazam tablet 10 mg Tablet Diazepam tablet 2 mg Tablet Diazepam tablet 5 mg Tablet Diazepan injeksi 5 mg /ml .