You are on page 1of 51

Praktik Kerja Lapangan 6

PROPOSAL

PRAKTIK KERJA LAPANGAN

Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga

LABORATORIUM FORENSIK POLRI CABANG SURABAYA

1

Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga

Praktik Kerja Lapangan 6

2

Praktik Kerja Lapangan 6
DIAJUKAN OLEH :

NIM 081411531063

Dita Fatwa Damayanti

NIM 081411531069

Hady Palgunadi

NIM 081411533003

Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga

Denika Liyan Nor Wibowo

3

Praktik Kerja Lapangan 6

DEPARTEMEN KIMIA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga

UNIVERSITAS AIRLANGGA

4

Pembimbing 1

Praktik Kerja
Lapangan
6
Pembimbing
2

Ahmadi Jaya Permana,

NIP. 19710423 199702 1

S.Si., M.Si.

Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga

Dr. Abdulloh, S.Si., M.Si.

5

Ketua Departemen Kimia 6 . Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Praktik Kerja Lapangan 6 Mengetahui.Departemen Kimia.

Praktik Kerja Lapangan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Departemen Kimia. Purkan. M. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Dr.Si 7 6 .

Latar Belakang 8 6 .1. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 1. 19721116 199702 1 001 PENDAHULUAN Departemen Kimia.Praktik Kerja Lapangan NIP.

memiliki pengetahuan. bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. berbudi pekerti luhur. 9 . Departemen Kimia. keterampilan yang mantap dan mandiri.6 yang Perguruan tinggi merupakan Praktik bagian dariKerja sistemLapangan pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan para mahasiswanya agar menjadi manusia Indonesia yang beriman. serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan Indonesia. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Sekaligus memiliki sikap dan kemampuan akademik yang dapat menerapkan.

Praktik Kerja Lapangan 6 melalui mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi pengembangan sumber daya manusia. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga segenap unsur yang terkait dalam sistem pendidikan nasional. Dunia kerja 10 . Konsekuensi dari hal tersebut adalah tetap diperlukannya partisipasi dari Departemen Kimia. penelitian dan pengkajian untuk menunjang pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga yang telah didapatnya dalam dunia kerja. karena disitulah output dari perguruan tinggi diuji untuk dihadapkan pada dunia nyata. 11 .Praktik Lapangan sebagai bagian integral pendidikan nasionalKerja yang berfungsi sebagai 6 pengguna output dari sistem perguruan tinggi merupakan penunjang utama keberhasilan sistem pendidikan. Namun yang sering ditemui adalah kekurangmampuan lulusan perguruan tinggi untul mengimplementasikan ilmu Departemen Kimia.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Selain itu diperlukan pula kesadaran dari pengguna output perguruan tinggi 12 . yang kemauan dan telah dijelaskan.Praktik Kerja Lapangan 6 Berawal dari hal-hal tersebut. Departemen Kimia. kesadaran dari mahasiswa sebagai pelaku pemberi kontribusi pada sistem pendidikan tinggi. maka diperlukan unsur-unsur penunjang untuk mencapai Diantaranya tujuan adalah pendidikan adanya nasional kesediaan.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga diharapkan mampu dan telah siap untuk mengembangkan bidang yang sesuai 13 . Output dari Universitas Airlangga Departemen Kimia.Praktik Kerja Lapangan 6 untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional. Universitas Airlangga sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan IPTEK guna menunjang pembangunan nasional.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga di Departemen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 14 . kerja praktik. kerjasama Laboratorium Forensik Polri cabang Surabaya perlu untuk ditingkatkan. Sementara itu praktik kerja lapangan yang telah menjadi mata kuliah wajib Departemen Kimia. Seiring Praktik dengan upaya tersebut.Kerja Lapangan 6 dengan dengan spesifikasinya. yang dalam hal ini bisa dilakukan dengan jalan studi ekskursi. joint research dan lain sebagainya.

Kerja Lapangan 6 dipandang sebagai manifestasiPraktik terjalin hubungan antara dunia perguruan tinggi dengan unsur dunia kerja sebagai pengguna output yang dihasilkannya. Bertolak dari keadaan sistem pendidikan nasional dan keterkaitannya dengan dunia kerja. 15 . Sistem kerja praktek dan pelatihan merupakan alternatif pemecahan yang konkret sebagai suatu Departemen Kimia. maka diperlukan suatu solusi yang tepat. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga kepedulian dunia usaha terhadap kemajuan pendidikan nasional.

Dengan syarat kelulusan yang ditetapkan. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga lapangan menjadi salah satu pendorong utama bagi tiap-tiap mahasiswa 16 .Praktik Kerja Lapangan 6 Pemahaman tentang permasalahan yang memerlukan ilmu pengetahuan diharapkan dapat menunjang pengetahuan secara teoritis yang di dapat dari materi perkuliahan. mata kuliah praktik kerja Departemen Kimia. sehingga mahasiswa dapat menjadi salah satu sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan era globalosasi.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga praktis di dunia kerja. 17 .Praktik Kerja Lapangan 6 untuk mengenal kondisi di lapangan kerja dan untuk melihat keselarasan antara ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah dengan aplikasi Departemen Kimia.

2. tangguh. Tujuan Pendidikan Nasional. Dasar Pemikiran 1. kreatif. Departemen Kimia. maju. berdisiplin. 18 beretos kerja. berbudi pekerti luhur. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga cerdas. yaitu untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. . terampil. mandiri. berkepribadian. profesional.Praktik Kerja Lapangan 6 1.

Tri Dharma Perguruan Tinggi. yaitu Departemen Kimia. 1993) 2. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 3. Tujuan Pendidikan Universitas Airlangga.Praktik Kerjajasmani Lapangan 6 (GBHN bertanggungjawab dan produktif serta sehat dan rohani. yaitu : Pendidikan. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu 19 .

Diperlukan keselarasan antara sistem pendidikan tinggi dan dunia kerja. humaniora dan seni.Praktik Kerja Lapangan pengetahuan. 4. Diperlukan sarana untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat di perkuliahan pada dunia kerja. 5. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 1.3 Tujuan 20 . serta dapat bersaing6di pasar internasional berdasarkan moral agama. teknologi. Departemen Kimia.

A. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga memberikan kontribusi pada sistem pendidikan nasional. Terwujudnya pola hubungan yang jelas dan terarah antara dunia perguruan tinggi dan pengguna outputnya. 2. Dunia usaha mampu mewujudkan kepedulian dan partisipasinya dalam ikut Departemen Kimia. 21 . Umum Praktik Kerja Lapangan 6 1.

penyerapan dan pemecahan masalah yang berasosiasi dengan dunia kerja secara utuh. sekaligus mampu mengadakan pendekatan. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga berwawasan bagi mahasiswa dan dunia kerja.Praktik Kerja Lapangan 6 3. Membuka wawasan mahasiswa agar dapat mengetahui dan memahami sistem kerja. Menumbuhkan dan menciptakan pola berpikir yang konstruktif yang Departemen Kimia. 4. 22 .

Khusus Praktik Kerja Lapangan 6 1.B. Untuk memenuhi satuan kredit semester (SKS) yang harus ditempuh sebagai persyaratan akademis di Departemen Kimia. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Teknologi Universitas Airlangga. Fakultas Sains dan Departemen Kimia. 23 .

24 . Mengenal lebih jauh tentang teknologi yang sesuai dengan bidang yang dipelajari di Departemen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Departemen Kimia. sehingga memudahkan kami dalam mengerjakan tugas akhir nanti. 3.2. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Airlangga. Sebagai sarana untuk Praktik Kerja 6 mendapatkan dan Lapangan mengembangkan ilmu pengetahuan yang lebih luas yang belum didapatkan di perkuliahan.

yaitu: Departemen Kimia. Bagi Perguruan Tinggi : 25 . Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 1. Manfaat Dengan adanya praktek kerja lapangan ini diharapkan dapat mencapai beberapa manfaat.4.Praktik Kerja Lapangan 6 1.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Departemen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga.  Meningkatkan wawasan keilmuan mahasiswa dalam dunia kerja. 26 .  Menciptakan pola pikir dan perilaku ilmiah bagi mahasiswa di lingkungan Departemen Kimia.Praktik Kerja Lapangan 6  Meningkatkan dan menumbuhkembangkan semangat kerja.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 2. dan dapat digunakan oleh pihak-pihak yang memerlukan. Praktik Kerja Lapangan 6 Sebagai tambahan referensi khususnya mengenai perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia maupun proses dan teknologi yang terbaru. Departemen Kimia. Bagi Instansi : 27 .

 Instansi dapat terbantu oleh mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan Departemen Kimia. Instansi dapat Praktik Kerja Lapangan 6 sharing dengan mahasiswa mengenai melakukan perkembangan teori terbaru berkaitan dengan bidang yang diambil mahasiswa dalam hal ini adalah ilmu kimia. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga operasional sehari-hari. 28 .

Bagi Universitas Airlangga : 29 . Departemen Kimia. Praktik Kerja Lapangan 6 Hasil analisis dan penelitian yang dilakukan selama praktik kerja lapangan dapat menjadi bahan masukan bagi instansi untuk menentukan kebijakan di masa yang akan datang. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 3.

Kerja Lapangan 6 sarjana Praktik Kerja Lapangan ini Praktik nantinya akan mampu menghasilkan Departemen Kimia. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga yang handal. berpengalaman dan lebih berkompetensi dalam dunia kerja 30 .

31 . Surabaya. yang beralamat di Departemen Kimia.1 Lapangan 6 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan dilakukan di Laboratorium Forensik Polri cabang Surabaya selama 4 minggu pada bulan Januari – Februari 2017. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur. Jalan Jenderal Ahmad Yani 116.Praktik Kerja PELAKSANAAN 2.

Praktik Kerja Lapangan 6 2.2 Materi Kegiatan Kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan dalam praktik kerja lapangan ini meliputi hal-hal berikut: 1. Sejarah Instansi b. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga a. Susunan dan Budaya Organisasi 32 . Pengenalan Instansi : Departemen Kimia.

Keselamatan dan Keamanan Kerja 2. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Praktik c. Manfaat d. Peralatan yang digunakan b. Fungsi c. Sistem Kerja d.Departemen Kimia. Observasi Lapangan :  Instrumentasi laboratorium a. Proses kerja instrumen 33 Kerja Lapangan 6 .

3.  Penyelesaian masalah terkait dengan analisis kimia di bidang forensik. Pengumpulan Data Departemen Kimia. Penyusunan Laporan 34 . Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 4.Praktik Kerjaanalisis Lapangan 6 dan  Identifikasi dan analisis masalah terkait dengan kimia kualitatif kuantitatif.

4 Peserta 35 .3 Rencana Metoda Pelaksanaan Kerja Lapangan 6 1. 3.Praktik 2. 2. Departemen Kimia. Diskusi dengan pembimbing yang ditunjuk oleh Laboratorium Forensik Polri cabang Surabaya. Penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan. Pengamatan dan praktik kerja lapangan langsung terhadap kegiatan-kegiatan di Laboratorium Forensik Polri cabang Surabaya. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 2.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 1. 36 II III IV . Observasi Lapangan Departemen Kimia. MINGGU KEGIATAN I Pengenalan Instansi 2.Praktik Kerja Lapangan 6 NO .

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Praktik Kerja Lapangan 6 37 .Departemen Kimia.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Polri cabang Surabaya. Besar harapan kami akan bantuan dari Bapak / Ibu 38 .Praktik PENUTUP Kerja Lapangan 6 Demikianlah proposal permohonan ini kami susun dam ajukan sebagai acuan dalam pelaksanaan kerja praktik lapangan di Laboratorium Forensik Departemen Kimia.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga perhatian dan bantuan Bapak / Ibu. 39 . kami mengucapkan terima kasih. Atas kerja Departemen Kimia.Praktik Lapangan 6 sama. untuk terlaksanakannya praktik kerja Kerja lapangan ini.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 1.Lampiran 1 Praktik Kerja Lapangan 6 CURRICULUM VITAE Pelaksana Praktik Kerja Lapangan (PKL) : Nama : Denika Liyan Nor Wibowo Departemen Kimia. 40 .

Surabaya Telepon : 082330547996 Departemen Kimia. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Jenis Kelamin 41 . 17 September 1996 : Perempuan Agama : Islam Alamat : Jalan Mulyorejo Utara 123. Tanggal Lahir : Ngawi.NIM Kerja :Praktik 081411531063 Lapangan 6 Tempat.

com Riwayat Pendidikan : 1. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Fakultas Sains dan Teknologi 42 6 . SMPN 2 Ngawi (2008-2011) 3. Program Studi S1 Kimia. SMAN 2 Ngawi (2011-2014) 4. SDN Dawu II (2002-2008) 2. Departemen Kimia.Email Praktik Kerja Lapangan : denikaliyannw@gmail.

Praktik Kerja Universitas Airlangga Lapangan 6 (2014-sekarang) Riwayat Organisasi : 1. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 4. Pendidikan dan Penalaran Himaki Unair (2016) 43 . Organisasi Bidikmisi Unair (AUBMO) (2014 – 2015) 2. Staf Dep. Mapanza Unair (2014-2015) 3. Keilmuan BEM FST Unair (2016) Departemen Kimia. Dep.

Nama Praktik Kerja : Dita Fatwa Damayanti Lapangan 6 NIM : 081411531069 Tempat. Benowo Surabaya Departemen Kimia. 44 . 17 Mei 1996 Jenis Kelamin : Perempuan Agama : Islam Alamat : Jalan Kauman Asri III 19. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 2. Tanggal Lahir : Surabaya.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 4. SMPN 14 Surabaya (2008-2011) 3. SDN Benowo II Surabaya (2002-2008) 2. SMAN 11 Surabaya (2011-2014) Departemen Kimia.Telepon Praktik : 081553600674 Kerja Lapangan 6 Email : ditafatwa@gmail. 45 .com Riwayat Pendidikan : 1. Program Studi S1 Kimia.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 3.Praktik Lapangan Fakultas Sains Kerja dan Teknologi Universitas Airlangga Riwayat Organisasi 6 (2014-sekarang) : 1. Staf Divisi HRD BSO Bursa Eksakta (2016) 46 . Sera BEM FST Unair (2015) 2. Staf Dep. Staf Muda Dep. Kesma BEM FST Unair (2016) Departemen Kimia.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Praktik Kerja Lapangan 6 47 .Departemen Kimia.

25 Juni 1996 Jenis Kelamin : Laki-laki Agama : Islam Alamat : Griya Benowo Indah Blok I nomor 3. 48 . Surabaya Departemen Kimia.Nama : HadyPraktik Palgunadi Kerja Lapangan 6 Nomor Induk Mahasiswa : 081411533003 Tempat. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 3. Tanggal Lahir : Surabaya.

SMPN 26 Surabaya 49 . SMAN 13 Surabaya (2011-2014) Departemen Kimia. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 2.Telepon Praktik : 082139104873 Kerja Lapangan 6 Email : hady. SDN Kandangan I / 121 Surabaya (2002- 2008) (2008-2011) 3.ac.id Riwayat Pendidikan : 1.unair.palgunadi-2014@fst.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga 2. Staf Komisi B (Representatif) DPM Kimia (2016) 50 . 6 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Riwayat Organisasi (2014-sekarang) : 1. Staf Komisi A (Representatif) DPM Kimia (2015) Departemen Kimia.Praktik Lapangan 4. Program StudiKerja S1 Kimia.

Departemen Kimia. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Praktik Kerja Lapangan 6 51 .