You are on page 1of 18

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami
panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah,
dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang
limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari
berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami
menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam
pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik
dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka
kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah
ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk
masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.

Jakarta, 8 Oktober 2016

1 | Page

DAFTAR ISI Kata Pengantar …………………………………………………………….…………………1 Daftar Isi ………….………………………………………………………………………….2 BAB I Pendahuluan ………………………………………………………………………….3 BAB II Pembahasan a) Arti dan Luang Lingkup Agama Islam ………………………………………………4 b) 2 | Page .

Sehingga. perkembangan agama Islam masih ada sampai sekarang dan berkembang pesat. Oleh karena itu perlunya pemahaman tentang Agama Islam benar-benar diperlukan sehingga kita bisa lebih mudah untuk memahami Islam lebih jauh. perkembangan itu juga masih banyak yang kurang mendalami mengenai agama Islam. dapat diibaratkan seperti jalan raya yang lurus dan mendaki. kiri kananya berpagar Al-Qur’an dan AlHadits. serta penyebaran agama Islam di seluruh penjuru dunia tidak semudah membalikkan telapak tangan. umat Islam tidak secara kaffah memeluk Islam. wajib memperhatikan rambu-rambu. memberi peluang kepada manusia yang melaluinya sampai ke tempat yang dituju. tetapi hanya setengah. Siapa saja yang memasuki gerbang jalan raya itu baik karena keturunan maupun karena mengucapkan dua kalimat syahadat. Proses perkembangan. pertumbuhan. Jalan raya itu lebar. Namun.BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Agama Islam merupakan agama yang paling mulia dan sempurna dihadapan Allah SWT. Kebanyakan orang Islam sekarang mengaku Islam tetapi tidak disertai dengan pengamalannya. tanda-tanda. Pada jalan itu juga terdapat rambu-rambu. Adanya degradasi akhlaq disebabkan karena kurangnya pengetahuan yang mendalam tentang Islam. Semua itu tidak terlepas dari perjuangan Nabi Muhammad SAW. Islam sebagai agama wahyu yang memberi bimbingan kepada manusia mengenai semua aspek hidup dan kehidupanya. tanda-tanda (marka) serta jalur-jalur sebanyak aspek kehidupan manusia. tempat tertinggi dan mulia. Dengan kata lain. BAB II 3 | Page . dan berjalan melalui jalur-jalur yang telah ada.

tunduk. Nabi Sulaiman. yang berarti juga menyerahkan diri. Nabi Musa. Nabi Ibrahim. Ajaran-ajaran yang dibawa oleh Islam merupakan ajaran manusia mengenai berbagai segi dari kehidupan manusia. dan tunduk kepada Allah SWT. sentosa dan damai. Islam juga merupakan agama yang dibawa oleh Nabi Adam. Ibrahim berkata : Sesungguhnya Allah telah memilih agama Islam sebagai agamamu. Islam merupakan ajaran yang lengkap . yaitu kata salima yang berarti selamat. Dan nabi-nabi lainnya. (QS. Sedangkan muslim yaitu orang yang telah menyatakan dirinya taat. b. islaman. Pengertian Agama Islam a. 2:132) Nabi Isa juga membawa agama Islam. demikian pula Nabi Ya’kub. patuh.PEMBAHASAN A. yuslimu. Islam berarti suatu nama bagi agama yang ajaranajarannya diwahyukan Allah kepada manusia melalui seorang rasul. Nabi Isa as. Al-Baqarah. Arti dan Ruang Lingkup Agama Islam 1. Dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 132. Allah berfirman : ‫صىى إبہہا إإبصأرٲإهــتم أبإنيإه أوأيعصتقوتب أيىـأبإنلى إإلن ٱللأ ٱصصأطأفىى لأتكتم ٱلدديأن أفأل أتتموتلن إإلل أوأأنتتم‬ ‫أوأو ل‬ ‫مسصإلتموأن‬ Artinya : ”Nabi Ibrahim telah berwasiat kepada anak-anaknya. seperti dijelaskan dalam ayat yang berbunyi sebagai berikut : ‌‫صاإرىىإإألى ٱللإللل ه ‌ه‬ ‫أفلألما أأأحلس إعيأسىى إمنصہہتم ٱلصتكفصأر أقاأل أمنص أأن أ‬ ‫صاتر ٱللإ أءاأملنا إبٱللإ أوٱشصأهدص إبأألنا تمسصإلتموأن‬ ‫أقاأل ٱلصأحأواإرميوأن أنحصتن أأن أ‬ 4 | Page . Nabi Ya’kub. Secara Etimologi Berdasarkan ilmu bahasa (Etimologi) kata ”Islam” berasal dari bahasa Arab. menyeluruh dan sempurna yang mengatur tata cara kehidupan seorang muslim baik ketika beribadah maupun ketika berinteraksi dengan lingkungannya. dan taat. Secara Terminologi Secara istilah (terminologi). Dari kata itu terbentuk kata aslama. paruh. menyerahkan diri. sebab itu janganlah kamu meninggal melainkan dalam memeluk agama Islam”.

Islam adalah rahmat. Nasr 1981 : 14). Komitmen tersebut intinya terdapat dalam QS. Nama agama yang disampaikan oleh Nabi Muhammad ini tidak dihubungkan dengan nama orang yang menyampaikan wahyu itu kepada manusia atau nama tempat agama itu mula-mula tumbuh dan berkembang. dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang muslim” (QS. agama Kristen (Christianity). merupakan komitmen umat Islam terhadap Islam. Dibawa secara berantai (estafet) dari satu generasi ke generasi selanjutnya dari satu angkatan ke angkatan berikutnya. Agama-agama selain Islam umumnya diberi nama yang dihubungkan dengan manusia yang mendirikan atau yang menyampaikan agama itu atau dengan tempat lahir agama bersangkutan seperti agama Budha (Budhism). Sekulerisme adalah paham yang percaya Tuhan tetapi hokum-hukum Tuhan dan syariat agama tidak boleh dipergunakan untuk mengatur hidup dan kehidupan manusia dalam masyarakat. Dengan demikian Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada Rasul-rasul-Nya untuk diajarkankan kepada manusia. misalnya dengan Chrisianity yang diajarkan oleh Jesus Kristus atau Budhism yang diajarkan oleh Budha Gautama dan lain-lain. Di dalam bahasa islam tidak ada kata yang semakna dengan kata sekuler. atau agama Yahudi (Judaism). Hal itu sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam yang mengajarkan suatu jalan hidup yang menyeluruh tidak mengecualikan apapun juga (SH. 3:52). Kesalahan ini disebabkan karena para penulis Barat menyamakan agama Islam dengan agama-agama lain. Ali Imran. Al-Asr(103) yang berbunyi : ١) ‫أوٱلصأعصصإر‬ ٢) ‫إإلن ٱلصإإنأسىـأن ألإفى تخسصرر‬ 5 | Page .abad oleh orang Barat. Memahami ajaran Islam dengan sebaik-baiknya. dan petunjuk bagi manusia dan merupakan manifestasi dari sifat rahman dan rahim Allah swt Oleh karena itu penamaan Muhamedanism untuk agama Islam dan Mohammedan untuk orang-orang Islam yang telah dilakukan berabad.Artinya : ”Maka ketika Nabi Isa mengetahui keingkaran dari mereka (Bani Israil) berkata dia : Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk menegakkan agama Allah (Islam)? Para Hawariyin (sahabat beriman kepada Allah. hidayat. terutama oleh para orientalis adalah salah.

Berdasarkan dari surat Al-Asr di atas ada 5 (lima) komitmen atau kerikatan seorang muslim dan muslimat terhadap Islam. mengimani kebebaran agama Islam seyakin-yakinnya. Sabar dalam berIslam. 3. Meyakini. keluarga dan masyarakat. 2. 2. menyebarkan ajaran Islam secara bijaksana disertai argumentasi yang meyakinkan dengan bahasa yang baik dan. dalam meyakini mempelajari. Mendakwahkan. Mempelajari. mengilmui ajaran Islam secara baik dan benar.٣) ‫صبصإر‬ ‫صوصا إبٱل ل‬ ‫إإلل ٱللإذيأن أءاأمتنوا أوأعإمتلوا ٱل ل‬ ‫صوصا إبٱلصأحدق أوأتأوا أ‬ ‫صىـإلأحىـإت أوأتأوا أ‬ Artinya : 1. Komitmen tersebut adalah : a. Ketuhanan Yang Maha Esa adalah sila pertama dan terutama Pancasila. Din berarti “agama” Al-Fath : 28 ‫تهأو ٱللإذىى أأرصأسأل أرتسولأته ۥ إبٱلصتهأدىى أوإديإن ٱلصأحدق إلتيظصإهأرته ۥ أعألى ٱلدديإن تكدلإهۦ‌‌ أوأكأفىى إبٱللإ‬ ‫دا‬ ‫أشإهي د د‬ Artinya : 6 | Page . mengamalkan dan mendakwahkan agama Islam. dalam segala bentuknya tersebut di atas perlu ditegaskan bahwa Negara Republik Indonesia bukanlah negara sekuler dan bukan pula negara agama yaitu negara yang didasarkan agama tertentu. c. Ruang Lingkup Agama Islam a. Negara Republik Indonesia menurut Pasal 29 ayat 1 UUD 1945 adalah negara yang berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa. e. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Demi masa. d. b. Berhubungan dengan sekulerisme. Mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan pribadi. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menta’ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang [berbentuk] lain. lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus [2]. d. b. lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Dan cukuplah Allah sebagai saksi. Pencipta Yang Paling Baik. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar. mereka menyeru Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan. Maka Maha Sucilah Allah. Din berarti “kekuatan” surat Luqman 32 ‫أ‬ ‫أوإإأذا أغإشأيہم لمو جصجد أكٱلمظلأإل أدأعتو ا ٱللأ تمخصإل إ أ‬ ‫ٮتهمص إإألى ٱلصأبدر أفإمنصتهم‬ ‫صيأن لته ٱلدديأن أفللما أنلج ى‬ ‫ہ‬ ‫صدجد‌‌ أوأما أيجصأحتد إبـہـاأيىـإتأنا إإلل تكمل أخلتا ررد أكتفو ر در‬ ‫مقصأت إ‬ Artinya : Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung. c. maka sekali-kali tidaklah akan diterima [agama itu] daripadanya. AL-MAIDAH 3 ‫تحدرأمتص أعأليصتكتم ٱلصأميصأتتة أوٱللدتم أوألحصتم ٱلصإخنإزيإر أوأما أتإهلل إلأغيصإر ٱللإ إبإهۦ أوٱلصتمنصأخإنأقتة‬ ‫صإب‬ ‫أوٱلصأموصتقوأذتة أوٱلصتمأتأردأيتة أوٱللنإطيأحتة أوأما أأأكأل ٱللستبتع إإلل أما أذلكيصتمص أوأما تذإبأح أعألى ٱلمن ت‬ 7 | Page . Din berarti “pembalasan hari kiamat” surat as-syuara AL-IMRAN 85 ‫ٱلصأخىـإسإرينأ‬ ‫أوأمن أيبصأتإغ أغيصأر ٱلصإإسصلأىـإم إدين دا أفألن تيقصأبأل إمنصته أوتهأو إفى ٱلصأأإخأرإة إمأن‬ Artinya : Barangsiapa mencari agama selain agama Islam. dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. Din berarti “ibadah” surat Al-Mukminun : 14 ‫ت‬ ‫ـمدا أفأكأسوصأنا ٱلصإعأظىـأم ألح د دصما تثلم‬ ‫ثلم أخلأقصأنا ٱلمنطصأفأة أعلأأقةد أفأخلأقصأنا ٱلصأعلأأقأة تمضصأغةد أفأخلأقصأنا ٱلصتمضصأغأة إعأظ ى د‬ ‫أأنأشأصأنىـته أخلصققا أءاأخہر‌‌ أفأتأباأرأك ٱللت أأحصأستن ٱلصأخىـإلإقيأن‬ Artinya : Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah. dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang.Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama.

dan sesungguhnya pahala dari sisi Allah adalah lebih baik. sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu. Dia adalah Pelindungmu. sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. darah[1]. [mengundi nasib dengan anak panah itu] adalah kefasikan. yang jatuh. daging babi. maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. Dan [diharamkan juga] mengundi nasib dengan anak panah[3]. tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. yang tercekik. Dia [Allah] telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu [1] dan [begitu pula] dalam [Al Qur’an] ini. Maka barangsiapa terpaksa[5] karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa. maka dirikanlah sembahyang. AL-BAQARAH 102 ‫أوألوص أألنتهمص أءاأمتنو ا أوٱلتأقوص ا لأأمتثوأب جةد دمنص إعنإد ٱللإ أخي جصرد‌‌ للوص أكاتنو ا أيعصلأتموأن‬ Sesungguhnya kalau mereka beriman dan bertakwa. [niscaya mereka akan mendapat pahala]. dan [diharamkan bagimu] yang disembelih untuk berhala. yang ditanduk. dan yang diterkam binatang buas. AL-BAQARAH 132 ‫صىى إبہہا إإبصأرٲإهــتم أبإنيإه أوأيعصتقوتب أيىـأبإنلى إإلن ٱللأ ٱصصأطأفىى لأتكتم ٱلدديأن أفأل أتتموتلن إإلل أوأأنتتم‬ ‫أوأو ل‬ ‫مسصإلتموأن‬ Artinya : 8 | Page .‫ٮأس ٱللإذيأن أكأفتروا إمن إديإنتكمص أفأل أتخصأشوصتهمص‬ ‫أوأأن أتسصأتقصإستموا إبٱلصأأزصألـ ىهم‌‌ أذٲإلتكمص إفسصجق‌‌ ٱلصأيوصأم أي ه ٮ‬ ‫ضيتت ألتكتم ٱلصإإسصألىـأم إديندا‌‌ أفأمإن‬ ‫أوٱخصأشوصهن‌‌ ٱلصأيوصأم أأكصأملصتت ألتكمص إديأنتكمص أوأأتصأممصتت أعأليصتكمص إنعصأمإتى أوأر إ‬ ‫ٱضصتطلر إفى أمخصأم أ‬ ‫صرة أغيصأر تمأتأجاإن رفد د إ‬ ‫لث رصمد‌‌ أفإإلن ٱللأ أغتفو جرد لرإحي دمج‬ Artinya : Diharamkan bagimu [memakan] bangkai. Pada hari ini [4] orang-orang kafir telah putus asa untuk [mengalahkan] agamamu. kalau mereka mengetahui. supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. [daging hewan] yang disembelih atas nama selain Allah. dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku. yang dipukul. kecuali yang sempat kamu menyembelihnya[2]. AL-HAJJ 78 ‫ل ل‬ ‫ج دمللأة‬ ‌‌‫ٮتكمص أوأما أجأعأل أعأليصتكمص إفى ٱلدديإن إمنص أحأر رد‬ ‫أوأجىـإهتدوا إفى ٱلإ أحق إجأهاإدإهۦ‌‌ تهأو ٱجصأتأب ى‬ ‫أ ت‬ ‫ٮتكتم ٱلصتمسصإلإميأن إمن أقبصتل أوإفى أهىـأذا إلأيتكوأن ٱللرتسوتل أشإهيقدا أعلأيصتكمص‬ ‫أإبيكمص إإبصأرٲإهيہم‌‌ تهأو أسلم ى‬ ‫صتمو ا إبٱللإ تهأو‬ ‫صلأىوأة أوأءاتتو ا ٱللزأكىوأة أوٱعصأت إ‬ ‫أوأتتكوتنو ا تشہہأداأء أعألى ٱللناهس‌‌ أفأأإقيتمو ا ٱل ل‬ ‫أ‬ ‫صيتر‬ ‫ٮتكمص‌‌ أفإنعصأم ٱلصأموصألىى أوإنعصأم ٱللن إ‬ ‫أموصل ى‬ Artinya : Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. [Ikutilah] agama orang tuamu Ibrahim.

9 | Page . Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat. sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia. dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri. Oleh karena itu untuk memahami fungsi-fungsi atau kedudukan Islam dalam kehidupan. maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam" YUSUF 101 ‫أردب أقدص أءاأتيصأتإنى إمأن ٱلصتملصإك أوأعللمصأتإنى إمن أتأصإويإل ٱلصأأأحاإدي ه‬ ‫ض‬ ‫ث‌‌ أفاإطأر ٱللسأمىـأوٲإت أوٱلصأأرص إ‬ ‫صىـإلإحيأن‬ ‫أأنأت أوإلدىۦ إفى ٱلمدنصأيا أوٱلصأأإخأرهة‌‌ أتأولفإنى تمسصإل دمدا أوأألصإحقصإنى إبٱل ل‬ Artinya : Ya Tuhanku. Fungsi Islam sebagai agama Allah dinyatakan dalam predikatnya yaitu dienul haq (agama yang benar). Pencipta langit dan bumi. berikut ini penjelasannya : 1. Kami beriman kepada Allah. (30) Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang berserah diri’". Islam juga dinyatakan sebagai dinul khalis yang berarti kesucian dan kemurnian serta keaslian Islam terjaga sepanjang masa. Terlaksananya tujuan hidup manusia merupakan perwujudan diberlakukan nya fungsifungsi Islam dalam kehidupan manusida dan masyarakat yang beriman dan bertakwa.Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya. dimana kehadiran dan kebenaran agama Islam nyata sepanjang zaman. wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh. [Ibrahim berkata]: "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu. demikian pula Ya’qub. AN-NAML 29 – 31 Artinya : ٢٩) ‫ـب أكإريم‬ ‫أقاألتص أيىىـأأميہہا ٱلصأمألتؤا إإدنىى أتلصإقأى إإأللى إكأت ى ج د‬ ‫إإلنته ۥ إمن تسلأيصأمىـأن أوإإلنته ۥ إبسصم ٱ ل‬ ٣٠) ‫لإ ٱللرحصأمىـإن ٱللرإحيإم‬ ‫إ‬ (٣١) ‫أألل أتعصتلو ا أعلألى أوأصتتوإنى تمسصإلإميأن‬ Berkata ia [Balqis]: "Hai pembesar-pembesar. (29) Sesungguhnya surat itu. [Ya Tuhan]. (31) AL-IMRAN 52 ‫صاتر‬ ‫صاإرىىإإألى ٱللإلللهه‌‌ أقاأل ٱلصأحأواإرميوأن أنحصتن أأن أ‬ ‫أفأللما أأأحلس إعيأسىى إمنصہہتم ٱلصتكفصأر أقاأل أمنص أأن أ‬ ‫ٱللإ أءاأملنا إبٱللإ أوٱشصأهدص إبأألنا تمسصإلتموأن‬ Artinya : Maka tatkala ’Isa mengetahui keingkaran mereka [Bani Israil] berkatalah dia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk [menegakkan agama] Allah?" Para hawariyyin [sahabat-sahabat setia] menjawab: "Kamilah penolong-penolong [agama] Allah. dari Sulaiman dan sesungguhnya [isi] nya: ’Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian takbir mimpi. Islam Sebagai Agama Allah.

Dengan demikian Islam merupakan wadah yang mempersatukan orang yang beriman dan bertakwa dalam melaksanakan dan menegakkan agama Allah dalam kehidupan manusia dan masyarakat. karena mereka tahu dan mengerti bahwa Islam itu agama Allah. Allah menjadikan Islam sebagai ”rumah” yang disediakan bagi hamba-Nya yang beriman dan bertakwa agar mereka hidup sebagai keluarga muslim. tetap dalam Islam melaksanakan ajaran Islam. Islam merupakan pengikat yang mempersatukan orang yang beriman dan bertakwa dalam melaksanakan dan menegakkan agama Allah. 3. Islam sebagai Rumah yang Dibangun oleh Allah. 10 | P a g e . Allah memanggil orang yang beriman dan bertakwa kepada Islam dengan mengutus Rasul-Nya membawa Islam agar supaya disampaikan dan diajarkan kepada manusia .2. 4. Merekalah yang sedang berjalan pada jalan Allah yaitu sirathal Mustaqim(jalan yang lurus). Oleh karena itu para rasul dan para pengikut nya yang setia hanya mengajak manusia kepada Islam. Islam Sebagai Jalan yang Lurus. Islam sebagai Panggilan Allah. Islam Sebagai Tali Allah. Orang yang beriman dan bertakwa yang memenuhi panggilan Allah kepada Islam. 5. Sebagai tali Allah.

7. 10. Klasifikasi Agama dan Agama Islam Menurut sumber ajaran suatu agama.kan dengan ukuran dan hakikat kemanusiaan. Agama wahyu menyebut sesuatu tentang alam yang kemudian dibuktikan kebenarannya oleh ilmu pengetahuan(sains) modern. Hal-hal yang disebut agama budaya tentang alam sering dibuktikan kekeliruanya oleh sains 10. agama-agama dapat dibagi menjadi (1) Agama wahyu (revealed religion) atau agama langit dan (2) Agama budaya (cultural religion /natural religion) yang disebut juga agama bumi atau agama alam. ditentu kan sendiri oleh Allah dengan penjelasan lebih lanjut oleh Rasul-Nya.mana yang disebutkan dalam ajaran agama langit itu. tuntunan dan peringatan kepada manusia dalam pembentukan insan kamil. manusia baik yang bersih dari noda dan dosa. Melalui agama wahyu Allah memberi petunjuk.B. Ajaran agama wahyu mutlak benar karena berasal dari Allah yang Maha Benar. 9. Dasar-dasar agama budaya bersifat relative 8. proses pertumbuhan kebudayaan masyarakat Tidak mengenal Utusan atau Rasul Allah Tidak memiliki kitab suci Ajaran agama budaya kebenaranya relative. 4. terikat pada ruang dan waktu tertentu Agama budaya berasal dari pengetahuan serta pengalaman manusia Konsep ketuhanan agama budaya mulai dari dinamisme sampai kepada monoteisme tidak murni atau monoteisme terbatas. 5. Dasar-dasar agama wahyu bersifat mutlak. Maha Mengetahui segala-galanya. Pembentukan manusia disandarkan pada pengalaman dan penghayatan manusia 11 | P a g e . Nilai-nilai agama budaya ditentukan oleh manusia 9. 7. Pada waktu agama wahyu disampaikan malaikat (Jibril) kepada manusia pilihan yang disebut utusan atau Rasul-Nya. Sistem hubungan manusia dengan Allah dalam Agama wahyu. 6. pada waktu itulah agama wahyu lahir. Tidak dapat dipastikan kelahiranya karena mengalami proses pertumbuhan sesuai dengan 2. berlaku bagi seluruh umat manusia. 4. Sistem nilai agama wahyu ditentukan oleh Allah sendiri yang diselaras. 8. Agama tersebut disampaikan kepada manusia melalui Utusan atau Rasul Allah. Memiliki kitab suci yang berisi himpunan wahyu yang diturunkan oleh Allah. 3. pedoman. Konsep ketuhanan agama wahyu adalah monoteisme murni sebagai. 3. Agama budaya memiliki ciri-ciri sebagai berikut 1. Agama wahyu mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : 1. yakni manusia yang sempurna. 2. 6. 5. Agama wahyu dapat dipastikan kelahirannya.

Disampaikan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad sebagai utusan Allah. yaitu Allah SWT. esa dalam sifat . Meimiliki kitab suci Alquran yang memuat asli semua wahyu yang diterima oleh RasulNyaselama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Sedangkan kelompok agama budaya contohnya adalah Kong Hu Cu. hasilnya adalah sebagai berikut : 1. Yahudi dan Nasrani. 3. pedoman dan tuntunan serta peringatan agama Islam dilaksanakan dengan baik dan benar akan terbentuk insan kamil. Dasar-dasar agama Islam bersifat fundamental dan mutlak. Bila petunjuk. bertepatan dengan tanggal 6 Agustus 610 M. Agama Islam dilahirkan pada tanggal 17 Ramadhan tahun Gajah. Sistem hubungan manusia dengan Allah disebutkan dalam Alquran. 2. berlaku untuk seluruh umat manusia di manpun dia berada. Islam berarti penerimaan dari dan penundukan kepada Tuhan. mula-mula di Mekah dan kemudian di Madinah. Muhammadur Rasulullah" — yang berarti "Tiada 12 | P a g e . Konsep Ketuhanan Islam adalah tauhid. Agama ini termasuk agama Samawi (agama-agama yang dipercaya oleh para pengikutnya diturunkan dari langit) dan termasuk dalam golongan agama Ibrahim. 9. tentunya jika kesepuluh tolok ukur di atas diterapkan kepada agama Islam. menuruti perintah-Nya. manusia sempurna. Islam (Arab: al-islām.Sebagai contoh agama yang masuk ke dalam kelompok agama wahyu adalah : Islam." Dengan demikian. esa dalam perbutan dan seterusnya. monoteisme murni. 6. dijelaskan dan dicontohkan pelaksanaannya oleh Rasul-Nya. Islam sebagai agama wahyu. dan penganutnya harus menunjukkan ini dengan menyembah-Nya. yaitu bermaksud "untuk menerima. yaitu "Laa ilaha illallah. Ajaran Islam mutlak benar karena berasal dari Allah yang Maha Benar dan Maha Mengetahui segala sesuatu. dan menghindari politheisme. 10. menyerah atau tunduk. 8. 7. 5.: "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan. Kepercayaan dasar Islam dapat ditemukan pada dua kalimah shahādatāin ("dua kalimat persaksian"). dan didapat dari tata bahasa bahasa Arab Aslama. Nilai-nilai terutama nilai-nilai etika (akhlak) dan estetika (keindahan) yang ditentukan oleh Agama Islam sesuai dengan fitrah manusia dan kemanu siaan. Kata Islam merupakan penyataan kata nama yang berasal dari akar triliteral s-l-m. 4. kini telah banyak dibuktikan kebenarannya oleh sains modern. Budha dan Hindhu. esa dalam Zat. ke Esaan Allah. Soal-soal alam (semesta) yang disebutkan dalam Agama Islam yang dahulu diterima dengan keyakinan saja.

Utsman bin Affan kemudian mengirimkan duplikat dari versi kompilasi ini ke seluruh penjuru kekuasaan Islam pada masa itu dan memerintahkan agar semua versi selain 13 | P a g e . ummat Islam merujuk Al-Qur'an sendiri lebih pada kata-kata atau kalimat di dalamnya. Umat Islam juga percaya bahwa selain al-Qur'an. umat Islam juga diwajibkan untuk mengimani kitab suci dan firman-Nya yang diturunkan sebelum al-Qur'an (Zabur. hal ini dilarang karena dapat berujung pada pemberhalaan dan justru penghinaan. dan suhuf atau lembaran Ibrahim) melalui nabi dan rasul terdahulu adalah benar adanya. berarti ia sudah dapat dianggap sebagai seorang Muslim atau mualaf (orang yang baru masuk Islam dari kepercayaan lamanya). Secara umum para ulama menyepakati bahwa versi Al-Qur'an yang ada saat ini. Umat Islam juga meyakini Al-Qur'an sebagai kitab suci dan pedoman hidup mereka yang disampaikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW. pertama kali dikompilasi pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan (khalifah Islam ke-3) yang berkisar antara 650 hingga 656 Masehi. dan menganggap bahwa al-Qur'an dan Sunnah (kata dan amalan Nabi Muhammad SAW) sebagai sumber fundamental Islam. Penutup segala Nabi Allah (khataman-nabiyyin). Injil. Dalam Islam. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur'an yang ada saat ini persis sama dengan yang disampaikan kepada Muhammad SAW. 42 : 11). melalui perantara Malaikat Jibril yang sempurna dan tidak ada keraguan di dalamnya (QS al-Baqarah:2). Mengacu pada kalimat di atas. Adapun bila seseorang meyakini dan kemudian mengucapkan dua kalimat persaksian ini. yang kemudian menghapalkan dan menulis isi Al Qur'an tersebut. Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diwahyukan Allah kepada Muhammad melalui perantaraan Malaikat Jibril.Tuhan selain Allah. Sebagai gantinya. karena Tuhan tidak serupa dengan apapun (Asy-Syuraa QS. Kaum Muslim percaya bahwa Allah mewahyukan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. Taurat. seluruh firman Allah terdahulu telah mengalami perubahan oleh manusia. bukan pada bentuk fisiknya sebagai hasil cetakan. maka umat Islam meyakini bahwa al-Qur'an adalah satu-satunya kitab Allah yang benar-benar asli dan sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya. Allah juga telah berjanji akan menjaga keotentikan Al-Qur'an hingga akhir zaman. kemudian disampaikan lagi kepada pengikutnya. visualisasi atau penggambaran Tuhan tidak dapat dibenarkan. Muhammad adalah utusan Allah". Penurunannya sendiri terjadi secara bertahap antara tahun 610 hingga hingga wafatnya beliau 632 M. Islam menggambarkan Tuhan dalam 99 nama/gelar/julukan Tuhan (asma'ul husna) yang menggambarkan sifat ketuhananNya sebagaimana terdapat pada al-Qur'an. Adapun sebagaimana dinyatakan dalam al-Qur'an. Namun walau terdengar merujuk ke sebuah buku/kitab. Secara harfiah Qur'an berarti bacaan.

syari’ah dan akhlak a. Aqidah Aqidah arti bahasanya ikatan atau sangkutan. Islam bermula pada tahun 611 ketika wahyu pertama diturunkan kepada rasul yang terakhir yaitu Muhammad bin Abdullah di Gua Hira'. sehingga semakin kuatlah umat Islam. dan sesudahnya selama beberapa waktu mulai mengajarkan ajaran Islam secara tertutup kepada para sahabatnya. Peristiwa ini disebut Hijrah. Ruang Lingkup Ajaran Islam Ruang lingkup ajaran islam meliputi tiga bidang yaitu aqidah. Muhammad dan pengikutnya berpindah ke Madinah. filsafat. Arti aqidah 14 | P a g e . ia mulai mendapatkan wahyu yang disampaikan Malaikat Jibril. Ketika Muhammad berusia 40 tahun. Arab Saudi. Banyak ahli-ahli ilmu pengetahuan bermunculan dari berbagai negeri-negeri Islam. Muhammad dapat menyatukan orang-orang anshar (kaum muslimin dari Madinah) dan muhajirin (kaum muslimin dari Mekkah).itu dimusnahkan untuk keseragaman. Bentuk jamaknya ialah aqa’id. sains. Di Madinah. C. Pada tahun 622 masehi. terutamanya pada zaman keemasan Islam sekitar abad ke-7 sampai abad ke-13 masehi. dan semenjak peristiwa itulah dasar permulaan perhitungan kalender Islam. Timbulnya tempat-tempat pembelajaran ilmu-ilmu agama. dan tata bahasa Arab di berbagai wilayah dunia Islam telah mewujudkan satu kontinuitas kebudayaan Islam yang agung. Muhammad dilahirkan di Mekkah pada tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah (571-632 masehi).

 Hudud dan jinayat keduanya merupakan hukum pidana islam Hudud ialah hukum bagi tindak kejahatan zina. Dalam Islam selain akhlak dikenal juga istilah etika. sedang arti istilahnya ialah peraturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan tiga pihak Tuhan. menyatakan tujuan yang harus dituju oleh manusia di dalam perbuatan mereka dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang harus diperbuat (Amin. kepada Rasul-rasul-Nya.menurut istilah ialah keyakinan hidup atau lebih khas lagi iman. yaitu ibadah dalam artinya yang khusus yang materi dan tata caranya telah ditentukan secara parmanen dan rinci dalam al-Qur’an dan sunnah Rasululah Saw. Akhlak Akhlak adalah berasal dari bahasa Arab jamat dari “khuluq” yang artinya perangai atau tabiat. menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia kepada lainnya. merampok. sesama manusia dan alam seluruhnya. tuduhan zina. utang-piutang. kepada sesama muslim. Sedangkan jinayat adalah hukum bagi tindakan kejahatan pembunuhan. Akhlak ini meliputi akhlak manusia kepada tuhan. 1975 : 3) 15 | P a g e . Sesuai dengan maknanya ini yang disebut aqidah ialah bidang keimanan dalam islam dengan meliputi semua hal yang harus diyakini oleh seorang muslim/mukmin. shalat. kepada non muslim. termasuk di dalamnya soal harta waris (faraidh) dan wasiat  Tijarah (hukum niaga) termasuk di dalamnya soal sewa-menyewa. puasa dan haji termasuk ibadah. dalam tinayat berlaku qishas yaitu “hukum balas”  Khilafat (pemerintahan/politik islam)  Jihad (perang). Terutama sekali yang termasuk bidang aqidah ialah rukun iman yang enam. kepada kitab-kitab-Nya. Selanjutnya muamalah dapat dirinci lagi. zakat. mencuri dan minum-minuman keras. Rukun Islam yang lima yaitu syahadat. kepada keluarga. kepada diri sendiri. peraturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan tuhan disebut ibadah. kepada malaikat-malaikat-Nya. termasuk juga soal ghanimah (harta rampasan perang) dan tawanan). sehingga terdiri dari  Munakahat (perkawinan). kepada nabi/rasul. dan menghilangkan manfaat badan. yaitu iman kepada Allah. kepada hari Akhir dan kepada qada’dan qadar. Ibnu Maskawaih mendefenisikan akhlak dengan “keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan fikiran”. kepada tetangga. dan yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dan alam seluruhnya disebut Muamalah. Etika adalah suatu ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk.  Akhlak/etika C. Syari’ah Syari’ah arti bahasanya jalan. Sesuai dengan arti bahasa ini. memotong anggota. wakaf. melukai orang. maka akhlak adalah bagian ajaran islam yang mengatur tingkahlaku perangai manusia. b.

Etika harus dibiasakan sejak dini. etika adalah perbuatan baik yang timbul dari orang yang melakukannya dengan sengaja dan berdasarkan kesadarannya sendiri serta dalam melakukan perbuatan itu dia tau bahwa itu termasuk perbuatan baik atau buruk. seperti anak kecil ketika makan dan minum dibiasakan bagaimana etika makan atau etika minum. Islam sangat memperhatikan etika berpakai sebagaimana yang tercantum dalam surat al-Ahsab di atas. Sama halnya dengan etika berpakaian. 16 | P a g e .Jadi. pembiasaan etika makan dan minum sejak kecil akan berdampak setelah dewasa. anak perempuan dibiasakan menggunakan berpakaian berciri khas perempuan seperti jilbab sedangkan lakilaki memakai kopya dan sebagainya.

Kesimpulan Arti yang terkandung dalam perkataan Islam adalah kedamaian. yakni jalan yang harus ditempuh oleh setiap umat Islam 3. dan kepatuhan dengan sepenuh hati kepada kehendak Illahi. yakni sikap yang menimbulkan kelakuan baik atau buruk Sebagai agama wahyu terakhir. yakni iman atau keyakinan 2.BAB III PENUTUP A. manfaatnya bukanlah untuk Allah sendiri tetapi untuk kemaslahatan atau kebaikan manusia dan lingkungan hidupnya. agama Islam merupakan suatu sitem akidah dan syari’ah serta akhlaq yang mengatur hidup dan kehidupan manusia dalam berbagai hubungan. Aqidah. Menurut sumber ajaran suatu agama. ketaatan. keselamatan. agama-agama dapat dibagi menjadi (1) Agama wahyu (revealed religion) atau agama langit dan (2) Agama budaya (cultural religion /natural religion) yang disebut juga agama bumi atau agama alam. penyerahan (diri). Syari’ah. Kerangka dasar agama Islam meliputi : 1. kesejahteraan. Kehendak Illahi yang wajib ditaati dengan sepenuh hati oleh manusia itu. REFERENSI 17 | P a g e . Akhlaq.

Diunduh dari http://fitriarahmana. Ruang Lingkup Ajaran Islam.a) Fitriarahmana.blogspot.html pada tanggal 06 Oktober 2016 c) Noname. Pengertian Agama Islam dan Ruang Lingkup Ajaranya.html pada tanggal 06 Oktober 2016 18 | P a g e .com/2011/03/pengertian-agama-islam-danruang. Diunduh dari http://fitriarahmana.blogspot. Diunduh dari http://soleha-okee. 2013. 2011.co.com/2011/03/pengertian-agama-islam-danruang. Kelasifikasi Agama dan Agama Islam.id/2013/01/ruang-lingkup-ajaran-islam. 2011.html pada tanggal 06 Oktober 2016 b) Fitriarahmana.blogspot.