You are on page 1of 4

Idealisme Pemuda Dalam Berpolitik

:
Antara Harapan dan Kenyataan

Tan Malaka
“ Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda”

Quote dari Tan Malaka sebagaimana tersebut di atas memiliki arti yang mendalam.
Pemuda sebagai salah satu komponen bangsa mempunyai kekuatan dalam hal idealisme.
Tentunya idealisme untuk membangun dan memajukan bangsa. Bayangkan bagaimana idealisme
pemuda mampu merubah roda sejarah bangsa Indonesia melalui beberapa peristiwa seperti
Sumpah Pemuda, Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia, dan Gerakan Reformasi Tahun
1998. Peristiwa-peristiwa tersebut menjadi bukti bahwa pemuda dengan idealismenya mampu
menjadi ujung tombak perubahan bangsa.
Idealisme yang kuat sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang terjun ke dalam dunia
perpolitikan nasional dan tak terkecuali bagi pemuda. Banyak pemuda terlibat dalam sistem
politik nasional saat ini. Sebagian pemuda tersebut adalah orang-orang yang dahulunya menjadi
aktivis dan dengan lantang menyampaikan kebenaran secara terbuka melalui berbagai macam
cara dan aksi. Namun idealisme tersebut tampaknya memudar ketika para pemuda tersebut
berada dalam sistem politik nasional yang sesungguhnya. Mereka seakan terbawa arus oleh
kenyamanan kekuasaan dan lupa bahwa ada misi besar yang harus diperjuangankan.
Menyuarakan nilai-nilai kebenaran demi terwujudnya bangsa Indonesia yang adil, makmur, dan
sejahtera adalah misi besar tersebut.
Munculnya beberapa kasus korupsi yang melibatkan pemuda di negeri ini menjadi
penanda bahwa idealisme belum tentu berbanding lurus dengan aksi ataupun tindakan. Idealisme
seakan tidak berarti dan sekadar hanya menjadi sebuah kata manis untuk menggambarkan sosok
pemuda. Pemuda sebagai perwujudan kaum intelektual dan pelopor perubahan seharusnya
mampu menjaga idealismenya baik di dalam maupun di luar sistem politik yang ada. Dengan
begitu, pemuda bisa memperbaiki sistem politik saat ini melalui sikap kritis dan solutifnya.

kesetiaan itu bukan pada individu tapi kepada ide. pemuda dianggap sebelah mata oleh beberapa pihak dikarenakan belum berpengalaman atau tidak mempunyai kontribusi besar bagi Partai Politik dengan kemampuan “modalnya”. ketika kita bicara kebenaran. Meskipun konsekuensinya cukup besar yaitu dengan diberhentikan dari Partai Politik tempatnya berkarir . Tentunya hal tesebut mengejutkan semua pihak karena hal tersebut tak lazim dilakukan oleh seorang kader Partai Politik yang mana partainya mempunyai keputusan politik berbeda dengan dirinya. Ternyata masih ada politisi muda yang mempunyai idealisme kuat untuk memperjuangan nilai-nilai yang dianggapnya benar. sesuatu yang luhur.” (Wawancara di Metro TV. Kebenaran merupakan hal yang mutlak harus diketahui oleh masyarakat. meskipun dirinya menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Pertahanan dari Partai Gerindra. Pada saat Pilpres tahun 2004 lalu dirinya mendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2014-2019. kita harus ikut menyuarakan yang terbaik menurut hati nurani. sejahtera. sesuatu yang agung yaitu mewujudkan Indonesia yang adil. Berikut ini adalah beberapa penggalan pernyataan dari Muhammad Harris Indra terkait dengan keputusannya untuk mendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia: “Memilih Presiden itu memilih yang terbaik bukan yang terdekat secara personal.Pemuda harus diberikan wadah dan kesempatan lebih oleh Partai Politik untuk menyuarakan nilai-nilai kebenaran dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. 7 Juni 2014) Pernyataan dari Muhammad Harris Indra sebagaimana diungkapkan diatas menyentuh hati kecil dan membuka pikiran banyak orang. Seperti diketahui bahwa Partai Gerindra sendiri mengusung pasangan Prabowo-Hatta sebagai pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2014-2019. Bagi saya. kita tidak bisa menyembunyikan hal itu. cita-cita. Pak Jokowi sudah berbuat hal kecil ketika orang lain masih bermimpi besar. Kita tentu ingat dengan sosok pemuda yang bernama Muhammad Harris Indra. Namun kenyataannya saat ini. dan bermartabat. Hal itulah yang harus menjadi perhatian bersama semua pihak agar mampu memfasilitasi keinginan para pemuda untuk dapat berkontribusi nyata bagi bangsa Indonesia melalui Partai Politik. Sebagai tanggung jawab kita kepada republik ini. Kebenaran itu harus diungkap seberapapun pahitnya.

Itulah bentuk keistimewaan pemuda sesungguhnya. Padahal setiap aspek penting bangsa ini seperti persoalan kesejahteraan. Pemuda dengan idealismenya diharapkan bisa . Para Pemuda Indonesia harus berinisiatif untuk terlibat dan masuk ke dalam Partai Politik sehingga dapat berkontribusi secara nyata dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat banyak. Perjuangan politik itu dapat dilakukan salah satunya melalui jalur Partai Politik. Namun lebih besar dari itu. Bentuk idealisme pemuda diharapkan bukan hanya sebatas dalam hal mendukung Presiden dan Wakil Presiden ataupun wakil rakyat lainnya di pemerintahan. Wajah perpolitikan negeri ini ini hanya dapat dirubah jika sistem politik yang ada semakin banyak diisi oleh orang-orang baik. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak siap untuk menerima konsekuensi yang akan dihadapi. namun tidak berani untuk bersuara. Citra dunia politik yang sudah dipersepsikan buruk menjadi alasan keengganan kaum muda terjun ke dunia politik. Hal yang dilakukan oleh Muhammad Haris Indra merupakan bentuk idealisme pemuda yang sesungguhnya. pendidikan. bagaimana setiap keputusan politik yang dirasakan hanya menguntungkan kepentingan kelompok tertentu serta merugikan kepentingan masyarakat banyak harus dilawan atau ditentang melalui suatu perjuangan politik juga. maka kondisi bangsa ini akan semakin terpuruk. Bayangkan apabila sistem politik di negeri ini dikuasai oleh orangorang jahat yang hanya ingin memperjuangkan kepentingan pribadi atau kelompoknya. Politisi muda dengan idealismenya seharusnya mampu memperjuangkan pemikirannya apabila dirasakan benar dan berarti banyak bagi masyarakat. Hal tersebut sudah terlihat dalam kondisi nyata saat ini. Berani untuk menyatakan nilai-nilai yang menurutnya benar dan tidak takut terhadap konsekuensi yang akan diterimanya. Mereka lebih memilih untuk berada pada zona nyaman dan terkesan pasif walaupun mempunyai pemikiran yang berbeda. Keputusan politik yang adil hanya dapat tercipta apabila sistem politiknya dijalankan dan diisi oleh orang-orang baik. para politisi busuk menggunakan kekuasaannya untuk mencapai kemakmuran pribadi dengan cara korupsi. kesehatan dan hal penting lainnya sangat dipengaruhi oleh keputusan politik.secara politik dan tentunya akan mengancam perjalanan karier politiknya untuk kedepan. Sebenarnya banyak politisi muda di negeri ini yang mempunyai pemikiran-pemikiran kritis dan mempunyai idealisme tersendiri.

menjadi bagian dari orang-orang baik tersebut. #LombaEsaiPolitik . misi besar untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang adil. Dengan begitu. dan sejahtera dapat terus diperjuangkan. makmur.