You are on page 1of 4

STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PROGRAM KERJA FPRB JAWA TENGAH

NO
JANGKA PENDEK
(1-2 th)
1

2
3

4
5

6

7

8
9

10

11

12
13

14

Meningkatkan kapasitas
masyarakat melalui Pendidikan
dan Pembelajaran pengurangan
risiko bencana di daerah rawan
bencana (tingkat provinsi, eks
karesidenan Surakarta,
Kab/Kota)
Diseminasi, Sosialisasi forum
PRB di tingkat daerah
Penataan, Penguatan,
Pengembangan kapasitas
Internal Forum PRB Jawa
Tengah
Melakukan kegiatan koordinasi
Penghimpunan data dan
Informasi dasar Forum PRB
Analisa sistem pengurangan
risiko bencana dan kebijakan
daerah
Mengidentifikasi tren,
kesenjangan, permasalahan
pengurangan risiko bencana
Pembentukan gugus tugas
Memantau, mencatat dan
melaporkan aksi-aksi
pengurangan risiko bencana
ditingkat daerah
Mendorong terwujudnya R A D
Prov. Jateng dan mendorong
BPBD dalam menyusun RPB
Menyusun Rencana Kerja FPRB
yang berorientasi hasil selaras
dengan RAN
Mendorong terbentuknya BPBD
kabupaten/kota
Pengalian sumber dana dari
lembaga donor, dunia usaha dan
pemerintah

PERIODE
JANGKA MENENGAH
(3-5 th)

JANGKA PANJANG
(5-10 th)

Pendokumentasian pengalaman,
pembelajaran kegiatan forum
PRB

Sosialisasi forum PRB di tingkat
kab/kota
Penyusunan Rencana kontijensi
bagi daerah rawan bencana

Melakukan kegiatan koordinasi
Kelembagaan forum PRB tingkat
kab/kota dan peta risiko
bencana
Analisa sistem pengurangan
risiko bencana dan kebijakan
daerah
Pengkaderan pengurus/anggota

Pembentukan gugus tugas
Memantau, mencatat dan
melaporkan aksi-aksi
pengurangan risiko bencana
ditingkat daerah

Pengalian sumber dana dari
lembaga donor, dunia usaha dan
pemerintah
Menetapkan indikator kemajuan

1

Kelembagaan forum
PRB tingkat kab/kota

Memantau, mencatat
dan melaporkan aksi2
pengurangan risiko
bencana ditingkat
daerah

Pengalian sumber
dana dari lembaga
donor, dunia usaha
dan pemerintah
Menetapkan indikator

Regional. Meningkatkan kapasitas masyarakat melalui Pendidikan dan Pembelajaran pengurangan resiko bencana di daerah rawan bencana (tingkat provinsi. Penataan. Pengembangan kapasitas Internal Forum PRB Jawa Tengah c. Regional. Pembentukan gugus tugas b. Analisa sistem pengurangan risiko bencana dan kebijakan daerah 2 . Menetapkan tolok ukur kemajuan yang dicapai Panjang: a. Pembentukan gugus tugas d. Regional. Nasional dan Internasional kemajuan yang dicapai Mendorong Penyusunan rencana aksi daerah Pengurangan Risiko Bencana di Provinsi Jawa Tengah Mendorong terbentuknya forum PRB ditingkat Kabupaten/Kota Penguatan dan Perluasan jejaring penggiat PRB lingkup Lokal. Menetapkan tolok ukur kemajuan yang dicapai Bidang 2 Advokasi dan kebijakan Pendek: a. Mengidentifikasi dan perluasan jejaring penggiat PRB di lingkup Lokal. penguatan dan pengembangan organisasi di tingkat internal 2. Penataan. Penguatan. Nasional dan Internasional Skala Prioritas Program : 1.yang dicapai pada jangka pendek Mendorong penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengurangan Risiko Bencana di Provinsi Jawa Tengah 15 16 17 Mendorong terbentuknya forum PRB ditingkat kabupaten/kota Melaksanakan jejaring penggiat PRB lingkup Lokal. Nasional dan Internasional Penguatan dan Perluasan jejaring penggiat PRB lingkup Lokal. Menghimpun data dan informasi dasar 3. Nasional dan Internasional Program Kerja Bidang-Bidang: Bidang 1 Pengembangan Organisasi dan peningkatan kapasitas Pendek: a. Disimenasi dan sosialisasi forum pengurangan risiko bencana 4. Mendorong kebijakan pengurangan resiko bencana di tingkat daerah 6. eks karesidenan Surakarta. Menyusun Rencana Kerja yang berorientasi hasil selaras dengan RAN Menengah: a. Regional. Kab/Kota) b. Meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pengurangan risiko bencana 5.

Bidang 3 Jejaring dan Kerjasama Pendek: a. Mendorong penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengurangan Risiko Bencana di Provinsi Jawa Tengah c. Mendorong terbentuknya sistem kelembagaan Forum b. Pelembagaan forum PRB Panjang: a. Mengkoordinasikan upaya bersama antar sesama anggota dan lintas daerah (provinsi dan kabupaten/kota) untuk Pengurangan Risiko Bencana b. Penguatan dan Perluasan jejaring penggiat PRB lingkup Lokal. Nasional dan Internasional Bidang 4 pengelolaan data dan diseminasi informasi Pendek: a. Nasional dan Internasional Panjang: a. mencatat dan melaporkan aksi-aksi pengurangan risiko bencana ditingkat daerah Menengah: a. Mendorong penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengurangan Risiko Bencana di Provinsi Jawa Tengah c. Sosialisasi forum PRB di tingkat daerah b. Penguatan dan Perluasan jejaring penggiat PRB lingkup Lokal.b. Pendokumentasian pengalaman. d. Mendorong terwujudnya peta risiko bencana dan informasi Pengurangan Risiko Bencana di Provinsi Jawa Tengah 3 . Memantau. Melaksanakan Identifikasi jejaring penggiat PRB lingkup Lokal. Mendorong terwujudnya R A D Prov. Analisa sistem pengurangan risiko bencana dan kebijakan daerah b. Regional. Mendorong terbentuknya forum PRB ditingkat kabupaten/kota dan Forum tematik. Mengidentifikasi isu strategis Pengurangan Risiko Bencana c. Nasional dan Internasional Menengah: a. Mendorong terbentuknya forum PRB ditingkat Kabupaten/Kota. Diseminasi. Sosialisasi forum PRB di tingkat daerah c. Regional. Jateng dan mendukung BPBD dalam menyusun RPB Menengah: a. Mengkoordinasikan upaya bersama antar sesama anggota dan lintas daerah (provinsi dan kabupaten/kota) untuk Pengurangan Risiko Bencana b. pembelajaran kegiatan forum PRB b. Regional. Penghimpunan data dan Informasi dasar Forum PRB c.

Memantau.d. Memantau. Sosialisasi forum PRB di tingkat daerah b. mencatat dan melaporkan aksi-aksi pengurangan risiko bencana ditingkat daerah Panjang: a. 4 . mencatat dan melaporkan aksi-aksi pengurangan risiko bencana ditingkat daerah.