You are on page 1of 24

MAKALAH

Dosen Pembimbing: Zulfikar, S.Kom

SISTEM INFORMASI KESEHATAN
“Pengantar Sistem Informasi Kesehatan”

DISUSUN
OLEH KELOMPOK I:
Aghni jati Krisnawuri
Fatma Sari
Linawati
Novita Sari
Riska Arista
Wa Ode Dian Ekawati

P00312013001
P00312013007
P00312013014
P00312013023
P00312013031
P00312013038

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN KENDARI
JURUSAN KEBIDANAN
PRODI DIV KEBIDANAN
TAHUN 2016

1

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berkembangnya teknologi sistem informasi, maka penyajian
informasi yang cepat dan efisien sangat dibutuhkan oleh setiap orang.
Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini menuntut
diubahnya pencatatan manual menjadi sistem yang terkomputerisasi.
Demikian juga halnya pembayaran pasien pada suatu Rumah Sakit.
Rumah sakit sebagai salah satu institusi pelayanan umum di bidang
kesehatan membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang
akurat,

handal,

serta

cukup

memadai

untuk

meningkatkan

pelayanannya kepada para pasien serta lingkungan yang terkait
lainnya. Sistem informasi rumah sakit digunakan untuk mempermudah
dalam pengelolaan data pada rumah sakit. Sistem ini seharusnya
sudah

menggunakan

metode

komputerisasi.

Karena

dengan

penggunakan metode komputerisasi, proses penginputan data, proses
pengambilan data maupun proses pengupdate-an data menjadi sangat
mudah, cepat dan akurat.
Internet

merupakan

jaringan

komputer

yang

dapat

menghubungkan perusahaan dengan domain publik, seperti individu,
komunitas, institusi, dan organisasi. Jalur ini merupakan jalur termurah
yang dapat digunakan institusi untuk menjalin komunikasi efektif
dengan konsumen. Mulai dari tukar menukar data dan informasi
sampai dengan transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan cepat
dan murah melalui internet.
Kecepatan evolusi teknologi informasi dalam memanfaatkan
internet untuk mengembangkan jaringan dalam manajemen database
sangat ditentukan oleh kesiapan manajemen dan ketersediaan sumber
daya yang memadai. Namun evolusi tersebut bukan pula berarti
bahwa institusi yang bersangkutan harus secara sekuensial mengikuti

Jenis-jenis sistem dan hubungan antar sistem. 6. B. alur pengembangan aplikasi secara bertahap merupakan pilihan yang baik. Bagaimanakah konsep dasar sistem? Bagaimanakah konsep sistem informasi? Apa jenis-jenis sistem dan hubungan antar sistem? Bagaimanakah komposnen sistem informasi kesehatan? Bagaimankah pekerjaan sistem informasi kesehatan (SIK)? Bagaimanakan teknologi informasi? C. 3. Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang: 1. 3. 4. 4. Konsep dasar sitem informasi. Komponen sistem informasi kesehatan.2 tahap demi tahap yang ada. 5. 2. 2. 5. namun bagi mereka yang ingin menerapkan manajemen database dengan “aman” dan “terkendali”. Rumusan Masalah 1 Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: 1. Konsep sistem informasi. Teknologi informasi BAB II PEMBAHASAN . Pekerjaan sistem informasi kesehatan (SIK). 6.

c. James Havery Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. System yang artinya himpunan bagian atau unsur yang saling berhubungan secara teratur untuk mencapai tujuan bersama. L. Pengertian sistem menurut sejumlah para ahli: a. C. Pengertian Sistem Menurut Etimologi istilah sistem berasal dari bahasa Yunani.3 A. John Mc Manama Menurutnya sistem adalah sebuah stuktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.W. Dari pengertian diatas dapat kami simpulkan bahwa pengertian sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas beberapa komponen atau elemen yang saling berhubungan atau saling terikat satu sama lain yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama. Konsep Dasar Sistem 1. b. Churchman Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan. 2. Elemen Sistem 3 .

mekanisme pengendalian dan umpan balik serta lingkungan. Proses Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lbih bernilai. entah hanya satu atau mungkin banyak. Keluaran Keluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan. sistem menjadi tak terarah dan tak terkendali. tetapi juga bisa berupa hal-hal yang tidak berguna. keluaran. Tujuan inilah yang menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem. proses. misalnya saja sisa pembuangan atau limbah. sedangkan contoh yang tidak berwujud adalah informasi (misalnya permintaan jasa pelanggan). yaitu : tujuan. tujuan antara satu sistem dengan sistem yang lain berbeda. proses dapat berupa aktivitas pembedahan pasien. d. e. cetakan laporan. Pada sistem informasi. masukan. dan sebagainya. b. c. Batas . Pada pabrik kimia. Tentu saja. Contoh masukan yang berwujud adalah bahan mentah. Berikut penjelasan mengenai elemen-elemen yang membentuk sebuah sistem : a. Masukan Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses. keluaran bisa berupa suatu informasi. Masukan dapat berupa hal-hal yang berwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak. Pada rumah sakit. batas.4 Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah sistem. Tujuan Setiap sistem memiliki tujuan (Goal). Tanpa tujuan. misalnya berupa informasi dan produk. proses dapat berupa bahan mentah. saran.

Sebagai contoh. yang mencuplik keluaran. Pertumbuhan sebuah toko kelontong dipengaruhi oleh pembelian pelanggan. Tentu saja batas sebuah sistem dapat dikurangi atau dimodifikasi sehingga akan mengubah perilaku sistem. Sebagai contoh. g. tim sepakbola mempunyai aturan permainan dan keterbatasan kemampuan pemain. karena akan memacu terhadap kelangsungan hidup sistem. Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem dalam arti bisa merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri. sebuah perusahaan dapat mengurangi keterbasatan dana.5 Yang disebut batas (boundary) sistem adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). atau kemampuan sistem. . Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback). ruang lingkup. Lingkungan Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada diluar sistem. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. f. dengan menjual saham ke publik. sedangkan yang menguntungkan tetap harus terus dijaga. gerakan pesaing dan keterbatasan dana dari bank. Batas sistem menentukan konfigurasi. Lingkungan yang merugikan tentu saja harus ditahan dan dikendalikan supaya tidak mengganggu kelangsungan operasi sistem. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

Karakteristik Sistem Karakteristik sistem dapatlah digambarkan sebagai berikut : a. Batas Sistem (Boundary) Batas sistem (boundary) merupakan daerah yang membatasi antara suatu system dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. b. Sedang lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan. Lingkungan Luar Sistem (Environments) Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Penghubung (Interface) Sistem Penghubung sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. d. Komponen Sistem (Components) Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke yang lainnya. kalau tidak maka akan menggangu kelangsungan hidup dari sistem. c.6 3. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Keluaran (output) dari satu .

program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi. Pengolah (Process) Sistem Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). sedang informasi adalah keluaran yang dibutuhkan. Misalnya untuk system komputer. Suatu sistem produksi akan mengolah masukan berupa bahan baku dan bahan-bahan yang lain menjadi keluaran berupa barang jadi. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supersistem. Sistem akuntansi akan mengolah data-data transaksi menjadi . Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Keluaran (Output) Sistem Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. g. f. Masukan (Input) Sistem Masukan sistem adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem. panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil sisa pembuangan.7 subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung. Sebagai contoh didalam sistem komputer. e. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.

system akuntansi. Sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. Klasifikasi Sistem Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang. . Sasaran (Objectives) atau Tujuan (Goal) Suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem abstrak (abstract system) dan sistem fisik (physical system) Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. b. h.8 laporan-laporan keuangan dan laporan-laporan lain yang dibutuhkan oleh manajemen. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem alamiah (natural system) dan system buatan manusia (human made system). Misalnya sistem teologia. diantaranya sebagai berikut ini : a. 4. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya. Misalnya sistem komputer. yaitu hubungan sistem antara yang manusia berupa dengan pemikiran-pemikiran Tuhan. maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dari system sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. sistem produksi dan lain sebagainya. Kalau suatu sistem tidak mempnyai sasaran.

. Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin disebut dengan human-machine system atau ada yang menyebut dengan man-machine system. Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. c. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertentu (deterministic system) dan sistem tak tentu (probabilistic system). Sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertutup (closed system) dan system terbuka (open system). Sistem informasi merupakan contoh man-machine system. sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan. Misalnya sistem perputaran bumi. Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup. Sistem komputer adalah contoh dari sistem tertentu yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan programprogram yang dijalankan. Interaksi diantara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti. Secara teoritis sistem tertutup ini ada. d. karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia. tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup.9 Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak diluarnya. tidak dibuat manusia.

analisis masalah dan visualisasi dalam sebuah organisasi. software. koordinasi. hardware. mengubah. pengendalian. Definisi Sistem Informasi Menurut Laudon dan Laudon (2010. menyimpan.10 tidak benar-benar tertutup). hardware. Konsep Sistem Informasi 1. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Aktifitas dasar dari Sistem Informasi menurut Laudon dan Laudon (2010. p46) sistem informasi merupakan komponen mengumpulkan. p46-47) adalah sebagai berikut : . Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah kombinasi seperangkat komponen yang terdiri dari orang. jaringan komunikasi dan sumber daya yang mengumpulkan. B. dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. Sedangkan O’Brien dan Marakas (2008. p4) menyatakan bahwa pengertian sistem informasi merupakan kombinasi teratur dari orang-orang. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar atau subsistem yang lainnya. informasi untuk yang mengolah. analisis masalah dan visualisasi dalam organisasi. saling bekerja menyimpan mendukung sama untuk dan menyebarkan pengambilan keputusan. dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan. pengendalian. software. jaringan telekomunikasi dan data yang saling bekerja sama untuk mengumpulkan. mengolah.

Input Melibatkan pengumpulan data mentah dari dalam organisasi atau dari lingkungan eksternal untuk pengolahan dalam suatu sistem informasi. Komponen Sistem Informasi a. d. Blok Model Blok model ini terdiri dari kombinasi prosedur logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data . c.11 a. Output Mentransfer proses informasi kepada orang yang akan menggunakannya atau kepada aktivitas yang akan digunakan. b. yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar. Blok Masukan Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. 2. Process Melibatkan proses mengkonversi input mentah ke bentuk yang lebih bermakna. b. Feedback Output yang di kembalikan ke anggota organisasi yang sesuai untuk kemudian membantu mengevaluasi atau mengkoreksi tahap Input. Input disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan.

12 yang tersimpan didasar data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan. Data perlu disimpan di dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Blok Basis Data Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. yaitu teknisi (humanware atau brainware). tersimpan diperangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. e. perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). menyimpan menghasilkan dan dan mengakses mengirimkan keluaran dan data. Data didalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa. Blok Keluaran Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem. Blok Teknologi Teknologi merupakan “kotak alat” (toolbox) dari pekerjaan sistem informasi. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Teknologi terdiri dari 3 bagian utama. Basis data diakses atau dimanipulasi dengan . teknologi digunakan untuk menerima input. membantu pengendaliaan dari sistem keseluruhan. Jogiyanto 2008 : 13) c. menjalankan model. supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. d.

Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka . f. Jenis-Jenis Sistem dan Hubungan antara Sistem 1. pengendalian di maka perlu dalamnya. diterapkan Beberapa pengendalian- pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan dapat langsung cepat diatasi. Jogiyanto (2008 : 13) C. tetapi selalu ada sedikit kesalahan atas ramalan terhadap jalannya sistem. Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik Sebuah sistem deterministik beroperasi dengan cara yg dapat diramalkan secara tepat. Contoh stok barang 2. Sistem probabilistik adalah sesuatu yg mungkin. Blok Kendali Supaya sistem informasi dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Interaksi antar bagian diketahui dengan pasti.13 menggunakan perangkat yang disebut dengan DBMS (Data Base Management Sistem). Contoh program komputer.

Cenderung memiliki sifat adaptasi. Komponen Sistem Informasi Kesehatan Menurut WHO. Service delivery (pelaksanaan pelayanan kesehatan) . Contoh reaksi kimia dalam sebuah tabung. berarti sistem lingkungannya organisasi dapat dan bisnis. informasi. menyesuaikan dapat meneruskan adaptasi diperlukan terhadap perubahan eksistensinya untuk Dalam menghadapi persaingan dan pasar yg berubah. Sistem Manusia/ Mesin Sebuah sistem yg baik biasanya memiliki sifat deterministik yg relatif tertutup. unsur mesin seperti komputer dan program komputer relatif tertutup dan deterministik. Sistem terbuka mengadakan pertukaran informasi. Pemakaian manusia dan mesin membentuk sebuah sistem manusia/ mesin. materi atau energi dengan lingkungannya. Keenam komponen (building block) sistem kesehatan tersebut adalah: 1. Dalam sistem informasi. Sistem ini tidak bertukar materi. sistem informasi kesehatan merupakan salah satu dari 6 “building block” atau komponen utama dalam sistem kesehatan di suatu Negara. Sistem perlu merancang kemampuan untuk beradapasi. sistem penawaran 3. Sehingga sistem dapat diduga yg selalu berjalan tepat seperti seharusnya. Sistem manusia/ mesin dapat mengandalkan mesin dan memakai manusia hanya sebagai suatu pengawas atas operasi mesin. Contoh sistem organisasi. D. atau energi dengan lingkungannya. Pertukaran dapat meliputi masukan yg acak dan tak tentu.14 Sistem tertutup dalam fisika didefinisikan sebagai sebuah sistem yg mandiri ( self contained ). Sedang unsur manusia adalah sistem terbuka dan probabilistik.

5. Aturan-aturan organisasi. Medical product. vaccine. vaksin. ahli epidemiologi. uraian tugas petugas. Penyajian informasi Pemantauan dan penilaian proses tersebut memungkinkan gabungan masukan yang benar menghasilkan tipe keluaran yang benar pada waktu yang tepat. Analisis data e. manajer. Proses informasi. misalnya penggunaan standar diagnosa dan penanganan. 6. Manajemen sistem informasi. yang terdiri dari: a. and technologies (produk medis.15 2. sistem informasi kesehatan terdiri dar komponen yang saling berhubungan yang dapat dikelompokkan dalam dua bagian yaitu: 1. b. dan teknologi kesehatan) Health worksforce (tenaga medis) Health system financing (system pembiayaan kesehatan) Health information system (sistem informasi kesehatan) Leadership and governance (kepemimpinan dan pemerintah) Seperti sistem lainnya. prosedur manajemen yang distribusi prosedur memungkinkan pemeliharaan komputer efisiensi penggunaan sumber daya sistem informasi kesehatan. perangkat keras (register. Pengolahan data d. perangkat lunak (kertas karbon. Oleh kembali karena itu sistem informasi dalam merancang kesehatan atau merancang dibutuhkan penekanan . komputer). yang terdiri dari: a. format laporan. telepon. Sistem informasi dapat menyediakan informasi yang tepat dan relevan hanya jika setiap komponen proses informasi terstruktur dengan baik. ahli meliputi statistik. Pengiriman data c. 3. program pengolah data) dan sumber dana. Pengumpulan data b. 2. Sumber daya sistem informasi kesehatan orang-orang (perencana. 4. pengumpul data).

E. informasi. dapat disimpulkan bahwa sistem informasi kesehatan merupakan sebuah sarana sebagai penunjang pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. akurat. dan mendukung penyelenggaraan ke-6 subsistem lain di dalam SKN sebagai satu kesatuan yang terpadu. bahkan di puskesmas atau rumah sakit kecil sekalipun. 2. namun juga informasi yang lengkap. SIK merupakan bagian dari sub sistem ke 6 yaitu pada sub sistem manajemen. administrasi kesehatan. Pekerjaan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Dalam tatanan Sistem Kesehatan Nasional. yaitu: 1. Sistem informasi kesehatan yang efektif memberikan dukungan informasi bagi proses pengambilan keputusan di semua jenjang. 6. Dengan demikian. 7. Bukan hanya data. alat kesehatan dan makanan Manajemen. dan regulasi kesehatan Pemberdayaan masyarakat. Sub sistem manajemen dan informasi kesehatan merupakan subsistem yang mengelola fungsifungsi kebijakan kesehatan. . informasi dan regulasi kesehatan. informasi kesehatan dan hokum kesehatan yang memadai dan mampu menunjang penyelenggaraan upaya kesehatan nasional agar berhasil guna. berdaya guna.16 pada pengaturan yang sistematis setiap komponen baik proses informasi maupun manajemen sistem informasi tersebut. Upaya kesehatan Penelitian dan pengembangan kesehatan Pembiayaan kesehatan Sumber daya manusia (SDM) kesehatan Sediaan farmasi. 5. dan cepat yang dapat disajikan dengan adanya sistem informasi kesehatan yang tertata dan terlaksana dengan baik. Adapun sub sistem dalam Sistem Kesehatan Nasional Indonesia. 4. 3. tepat.

Martin (1999): Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses mencaku teknologi dan menyimpan komunikasi menyebarluaskan informasi. c. Pengertian Teknologi Informasi adalah fasilitasfasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas. terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer). dan video. Oxford English Dictonary (OED): Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha. dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer. Williams dan Sawyer (2003): Menurut williams dan sawyer. Pengertian Teknologi Informasi Teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan. 2. untuk melainkan mengirim atau . pengembangan. Secara sederhana. Pengertian Teknologi Informasi (IT) Menurut Para Ahli a. Haag dan Keen (1996): Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. informasi.17 F. implementasi. d. b. Teknologi Informasi 1. suara. bahwa pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data.

d. a. penggabungan (sintetis). Menyimpan (Store) Merekam atau menyimpan data dan informasi ke dalam suatu media untuk keperluan lainnya. contohnya spplier yang sudah lunas.18 3. dan sebagainya. tabel dan sebagainya. dan sebagainya. . tape. f. Mengolah (Processing) Mengolah/memproses data masukkan yang diterima untuk menjadi suatu informasi. Menangkap (Capture) b. Contohnya laporan. compact disk dan sebagainya. grafik. hardisk. perhitungan (kalkulasi). Menghasilkan (Generating) Menghasilkan atau mengorganisasi informasi dengan bentuk yang berguna. Fungsi Teknologi Informasi Ada enam fungsi Teknologi Informasi antara lain sebagai berikut. segalah bentuk data dan informasi. c. Mencari kembali (Retrival) Menelusuri mendapatkan kembali informasi atau menyalin (copy) data dan informasi yang telah tersimpan. Contohnya mengirimkan data penjualan ke user A ke user lainnya. e. Contohnya disket. Pengolahan atau pemrosesan dapat berupa pengubahan data ke bentuk lain (konversi). Transmisi (Transmission) Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain dengan melalui jaringan komputer. analisis kondisi (analisis).

tepat.19 BAB III PENUTUP A. Kesimpulan SIK adalah suatu sistem yang menyediakan dukungan informasi bagi proses pengambilan keputusan di setiap jenjang administrasi kesehatan. maupun di tingkat pusat. di tingkat kabupaten/kota. dapat disimpulkan bahwa sistem informasi kesehatan merupakan sebuah sarana sebagai penunjang pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. SIK bukan saja berperan dalam memastikan data mengenai kasus kesehatan dilaporkan tetapi juga mempunyai potensi untuk membantu dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi proses kerja. Sistem informasi harus dijadikan sebagai alat yang efektif bagi manajemen. SIK disebut sebagai salah satu dari 7 komponen yang mendukung suatu sistem kesehatan. baik di tingkat unit pelaksana upaya kesehatan. bahkan di puskesmas atau rumah sakit kecil sekalipun. di tingkat provinsi. namun juga informasi yang lengkap. WHO juga menyebutkan bahwa SIK merupakan salah satu dari 6 “building blocks” atau komponen utama dalam suatu sistem kesehatan. Sistem informasi kesehatan yang efektif memberikan dukungan informasi bagi proses pengambilan keputusan disemua jenjang. Menurut World Health Organization (WHO) dalam buku “Design and Implementaiton of Health Information System” (2000) bahwa suatu sistem informasi kesehatan tidak dapat berdiri sendiri. akurat. Dengan demikian. dimana sistem kesehatan tidak bisa berfungsi tanpa satu dari komponen tersebut. dan cepat yang dapat disajikan dengan . melainkan sebagai bagian dari suatu sistem kesehatan. Bukan hanya data. Sistem informasi kesehatan yang efektif memberikan dukungan informasi bagi proses pengambilan keputusan semua jenjang.

B. efisien serta akurat. pengaksesan terhadap data atau informasi yang tersedia dapat berlangsung dengan cepat . Olehnya itu perlu adanya pengembangan Sistem Informasi Kesehatan 18 (SIK) yang berbasis komputer dengan memperhatikan konsep-konsep dasar pengembangan sistem informasi. Dengan kemajuan teknologi informasi. . Saran Teknologi informasi merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang dengan pesat saat ini.20 adanya sistem informasi kesehatan yang tertata dan terlaksana dengan baik.

html [31 Juli 2016] Dudung.me/bab-ii/2-1-konsep-dasar-sistem/ [30 Juli 2016] Randi. Pengantar Teknologi Informasi.id/2014/11/makalah-konsep-dasarsistem. 2012.me/kkp-bab-ii/2-3-konsep-dasar-sisteminformasi/ [31 Juli 2016] Dewi. Pengertian Konsep Dasar Sistem Informasi.ilearning.dosenpendidikan.21 DAFTAR PUSTAKA Amiruddin. Makalah Konsep Dasar Sistem. Adnan. Tersedia pada: https://www.id/2015/06/pengertiansistem-informasi-kesehatan.blogspot.academia. Ni Kadek Badaci. Tersedia pada: http://erni92. 2016.wordpress. Tersedia pada:http://badacidewi.html [31 Juli 2016] Purwati.blogspot. 2016.ilearning. 2013. Siti. Konsep Sistem Informasi. Konsep Dasar Sistem Informasi. 2016. Pengertian Sistem. 2014. Erni. Tersedia pada: http://sitipurwati. Konsep Dasar Sistem.com/pengertian-konsep-dasarsistem-informasi-lengkap/ [30 Juli 2016] Pramana. Definisi sistem dan Subsistem. Tersedia pada: https://randidwi. Tersedia pada: http://restisanggraini. Pengertian Sistem Informasi Kesehatan. Elemen Sistem dan Karakteristik Sistem. Resti. Dwi. 2015. 2015. 2009.edu/6511607/Semester_3__Konsep_Sistem_Informasi [31 Juli 2016] Astuti. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.html [30 Juli 2016] Sutarman.com/2013/06/pengertian-sistem-menurutpara-ahli. . Tersedia pada: http://www. Jaka.co. Tersedia Pada: http://www.com/difinisi-sistem-dan-subsistem/ [31 Juli 2016] Sanggraini.jakapramana.co.

22 KATA PENGANTAR Dengan mengucap Puji Syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa. kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengantar Sinstem Informasi Kesehatan” ini dengan baik tanpa hambatan. Kendari. 31 Juli 2016 Penulis ii . Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada pembimbing dan semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas ini atas semua bantuan. namun kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi. dan kemudahan yang telah diberikan kepada kami dalam menyelesaikan makalah. Meskipun kami telah berusaha dengan segenap kemampuan. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini yang selanjutnya akan kami terima dengan tangan terbuka. mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan dalam Mata Kuliah Sistem Informasi Kesehatan. bimbingan.

B. Konsep Dasar Sitem Informasi……………………………… 3 Konsep Sistem Informasi…………………………………….. E. Latar Belakang ………………………………………………. ………………………………………… 2 BAB II PEMBAHASAN A. Saran …………………………………………………………. F. 18 B.. 12 Komponen Sistem Informasi Kesehatan…………………… 13 Pekerjaan Sistem Informasi Kesehatan (SIK)…………….. C.. 19 DAFTAR PUSTAKA iii . Tujuan Penulisan…. iii BAB I PENDAHULUAN A. D. Rumusan Masalah …………………………………………… 2 C. 15 Teknologi Informasi……………………………………………16 BAB III PENUTUP A... ii DAFTAR ISI …………………………………………………………………....23 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR ………………………………………………………. 9 Jenis-Jenis Sistem dan Hubungan antar Sistem…………. 1 B. Kesimpulan ………………………………………………….