You are on page 1of 5

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI

PROGRAM STUDI GEOFISIKA JURUSAN FISIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS GADJAH MADA

MATA KULIAH: MATEMATIKA KONTEKSTUAL

PENERAPAN GEOFISIKA DALAM BIDANG ASURANSI

DISUSUN OLEH :

RIZKI MUHAMMAD SA’BAN
12/331313/PA/14584

YOGYAKARTA
JANUARI
2016

Asuransi dalam Undang-Undang No. aktuaris bekerja di bidang : konsultasi. Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. sistem. yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti. atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. dimana kemampuan analitis diperlukan. Secara umum. khususnya yang berhubungan dengan besar pembayaran pada masa depan dan kapan pembayaran dilakukan pada waktu yang tidak pasti. 2 Th 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih. biaya administratif. dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung. dan badan yang menerima risiko disebut "penanggung". Ini biasanya ditentukan oleh "penanggung" untuk dana yang bisa diklaim di masa depan. pensiun. dengan menerima premi asuransi. Penanggung menggunakan ilmu aktuaria untuk menghitung risiko yang mereka perkirakan. atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa. Aktuaris juga sedang merambah di bidang-bidang lainnya. Perjanjian antara kedua badan ini disebut kebijakan: ini adalah sebuah kontrak legal yang menjelaskan setiap istilah dan kondisi yang dilindungi. yang dapat digunakan untuk melindungi risiko untuk memperkirakan klaim di kemudian hari dengan ketepatan yang dapat diandalkan. kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadiankejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian. kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung. kehilangan. Biaya yang dibayar oleh "tertanggung" kepada "penanggung" untuk risiko yang ditanggung disebut "premi". Fungsi Tujuan Asuransi : . Badan yang menyalurkan risiko disebut "tertanggung". kerusakan atau sakit. Ilmu aktuaria menggunakan matematika.Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan. dan investasi. perusahaan asuransi jiwa. properti. dan keuntungan. Persoalan ini umumnya menyangkut analisis kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial. terutama statistika dan probabilitas. untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian. di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

yaitu mengalihkan resiko dari satu pihak yaitu tertanggung kepada pihak lain yaitu penanggung. Usaha perasuransian merupakan kegiatan usaha yang bergerak di bidang: a. adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian. dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. Penunjang Usaha Asuransi: a. 2. maka tertanggung wajib membayarkan premi dalam jumlah yang relatif kecil bila dibandingkan dengan potensi kerugian yang mungkin akan alaminya. Perusahaan Asuransi Kerugian. adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko yang dikaitkan dengan hidup atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan. Pengalihan resiko ini tidak berarti menghilangkan kemungkinan misfortune. Usaha penunjang usaha asuransi. Perusahaan Pialang Reasuransi. penilaian kerugian asuransi. adalah perusahaan yang memberikan jasa keperantaraan dalam penutupan asuransi dan penanganan penyelesaian ganti rugi asuransi dengan bertindak untuk kepentingan tertanggung. c. dan jasa akturia. Perusahaan Pialang Asuransi. kehilangan manfaat. Perusahaan Asuransi: a. b. Perusahaan Asuransi Jiwa. yaitu usaha jasa keuangan yang dengan menghimpun dana masyarakat melalui pengumpulan premi asuransi memberikan perlindungan kepada anggota masyarakat pemakai jasa asuransi terhadap kemungkinan timbulnya kerugian karena suatu peristiwa yang tidak pasti atau terhadap hidup atau meninggalnya seseorang. yang timbul dari peristiwa yang tidak pasti. adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam pertanggungan ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh Perusahaan Asuransi Kerugian dan atau Perusahaan Asuransi Jiwa. adalah perusahaan yang memberikan jasa keperantaraan dalam penempatan reasuransi dan penanganan . Usaha perasuransian dilaksanakan oleh: 1. melainkan pihak penanggung menyediakan fasilitas pengamanan keuangan atau financial security serta ketenangan atau peace of mind bagi tertanggung. Perusahaan Reasuransi.Fungsi utama dari asuransi adalah sebagai mekanisme pengalihan/transfer resiko atau risk transfer mechanism. yang menyelenggarakan jasa keperantaraan. Sebagai imbalannya. Usaha asuransi. b. b.

seperti banjir. selama. Perusahaan Penilai Kerugian Asuransi. dapat berupa prediksi dalam kaitannya dengan keadaan alam. salah satunya adalah bencana alam. Bencana alam merupakan resiko fundamental yaitu resiko yang bukan berasal dari individu dan dampaknya luas. Dalam hal ini memperkirakan dan mengupayakan kerugian ketika bencana alam muncul. Dalam hal ini pada kasus bencana alam yaitu bencana tanah longsor. Agen Asuransi. kita tidak dapat menghentikan bencana alam. e. asuransi jiwa. tanah longsor. d. Penerapan Geofisika Dalam Bidang Asuransi Penerapan geofisika dalam bidang asuransi. adalah seseorang atau badan hukum yang kegiatannya memberikan jasa dalam memasarkan jasa asuransi untuk dan atas nama penanggung. adalah perusahaan yang memberikan jasa penilaian terhadap kerugian pada obyek asuransi yang dipertanggungkan. dan tsunami. menanggulangi bencana alam baik sebelum. gempabumi. beberapa jenis asuransi bisa memberikan ganti rugi. . Yang paling sering adalah asuransi harta benda. Ada banyak hal yang dapat dipertimbangkan dalam pembuatan produk asuransi. atau bahkan kerusuhan sosial. Dalam kasus bencana alam. Juga tersedia asuransi bencana. Perusahaan Konsultan Akturia.penyelesaian ganti rugi reasuransi dengan bertindak untuk kepentingan perusahaan asuransi. dan sesudahnya. asuransi kendaraan bermotor. namun dapat memprediksi. rusaknya bangunan akibat gempa bumi atau tsunami bisa mendapatkan penggantian dari perusahaan asuransi. salah satunya adalah jenis resiko dan kerugian. letusan gunung berapi. Asuransi kecelakaan diri bisa memberikan penggantian biaya pengobatan atau memberi santunan cacat. adalah perusahaan yang memberikan jasa akturia kepada perusahaan asuransi dan dana pensiun dalam rangka pembentukan dan pengelolaan suatu program asuransi dan atau program pensiun. asuransi kecelakaan diri. gunung meletus. atau asuransi kesehatan. karena ilmu geofisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang situasi atau kondisi alam dahulu. c. Yang selalu inheren dengan bencana adalah korban manusia. Dengan asuransi harta benda yang diperluas dengan jaminan risiko gempa bumi. saat ini dan kedepannya.

Tujuan Asuransi”. gunung meletus. 2011. Rusaknya bangunan akibat gempabumi atau tsunami bisa mendapatkan penggantian dari perusahaan asuransi. atau tsunami. Fungsi. Dapat dikatakan peran geofisika hampir sama dengan aktuaris yakni menganalisa data-data yang berhubungan dengan geofisika berupa data gempa atau data pemantauan gununapi dengan secara statistik yang dapat mengimplementasikan dampak-dampak serta kerugian yang akan diperoleh akibat bencana tersebut. Daftar Pustaka Musjab. dapat memperkirakan keadaan dimana bencana alam tersebut akan terjadi dan memprediksi berapa kerugian yang akan diperoleh. Adra.biz/ekonomi/ekonomi-keuangan-manajemen-keuangan/pengertianfungsi-tujuan-asuransi/ . Diakses pada 2 Januari 2016 pukul 07. Dengan asuransi harta benda yang diperluas dengan jaminan resiko gempabumi. Tersedia pada http://ardra. “Pengertian. yang digunakan oleh perusahaan asuransi.com/tag/asuransi-bencana-alam/. Diakses pada 2 Januari 2016 pukul 07. Tersedia pada http://ahliasuransi. . Imam.00. 2008.Peran geofisika dalam perusahaan asuransi khususnya.00. Kesimpulan Penerapan geofisika dalam bidang asuransi yakni dapat berupa prediksi waktu dan besarnya bencana tersebut muncul dengan data-data geofisika secara statistik yang dihubungkan dengan dampak serta kerugian yang akan diperoleh akibat bencana tersebut sehingga dapat digunakan oleh perusahaan asuransi dalam penentuan biaya serta waktu yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. “Asuransi Bencana Alam”.