You are on page 1of 26

1.

Wanita Korban KDRT Berisiko Lebih Besar Terkena
Schizophrenia

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selain luka fisik, korban kekerasan dalam rumah tangga juga
memberi risiko yang lebih besar dari masalah kesehatan mental seperti depresi dan gejala
kejiwaan.
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal depresi dan kecemasan menunjukkan, perempuan yang
menjadi korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) memiliki risiko tiga kali lebih tinggi
terkena gejala kejiwaan seperti schizophrenia.
“Kami mempelajari dampak kekerasan dalam rumah tangga pada risiko masalah kesehatan
mental, terutama depresi. Kami juga mempelajari peran faktor-faktor tertentu dari sejarah pribadi
korban, seperti kekerasan masa kanak-kanak dan kemiskinan ekonomi,” kata penulis pertama
Isabelle Ouellet-Morin, profesor di School of Kriminologi di Universitas Montreal di Kanada.

Lebih dari 1.000 ibu berpartisipasi dalam Risiko Lingkungan (E-Risk) Longitudinal Study Twin
lebih dari 10 tahun. Hanya mereka yang tidak memiliki riwayat depresi dianggap untuk
penelitian. Selama dekade ini, para peneliti melakukan beberapa wawancara untuk menentukan
apakah peserta telah mengalami kekerasan dari pasangan mereka dan apakah mereka menderita
gangguan kesehatan mental.
Temuan menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga dari wanita dilaporkan menderita kekerasan
dari pasangan mereka. Hal ini menyebabkan, wanita korban KDRT berisiko lebih besar terkena
schizophrenia. Mereka dua kali lebih mungkin menderita depresi, bahkan ketika mengendalikan
dampak kekerasan masa kanak-kanak.
Kekerasan dalam rumah tangga berdampak bukan hanya pada suasana hati, tetapi pada aspek
kesehatan mental lainnya. Risiko dua kali lipat untuk wanita yang juga menjadi korban
kekerasan pada masa kanak-kanak.

21 Februari 2015 14:50 .2. Sadis! Pria Ini Coba Menggorok Leher Istrinya Sabtu.

Jaksa menambahkan korban berpikir akan mati. Kent. "Dia meletakkan pisau di tenggorokan korban. Ia dipenjara selama tiga tahun delapan bulan dan mengganti biaya percobaan pembunuhan. Polisi yang datang ke lokasi menemukan tersangka di toilet dalam kondisi mabuk.ID -Glenn Mills berusaha menggorok leher istrinya. Mills awalnya didakwa dengan percobaan pembunuhan. dan ancaman pembunuhan."Tolong jangan bunuh saya ".BANJARMASINPOST. Korban lalu melarikan diri ke tetangga. Dikutip dari Express. Insiden dramatis pasangan suami istri dan dilihat tetangga di kebun belakang rumahnya. Mereka lalu memfotonya sebelum menelepon polisi kota Margate.CO. namun pada persidangan dia mengaku bersalah atas serangan. . lalu ke perutnya saat ia memohon. namun dia berhasil merebut pisau dan melemparnya ke luar pagar. Jaksa Dominic Connolly mengatakan Mills muncul membawa pisau dapur. keributan. Susan dengan sebilah pisau. Beruntung. Inggris. korban berhasil merebut pisau dapur itu dan membuangnya ke luar pagar. Sabtu (21/2/2015). namun Mills mengejarnya.

Suami Jerat Leher Istrinya Pakai Tali Tas . Cemburu.3.

Penganiayaan KA diakhiri dengan pencekikan leher dengan menggunakan tali tas sandang. 17 Mei 2015 18:11 WIB TRIBUNNEWS. Tak tanggung-tanggung.COM.Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dialami oleh seorang perempuan berinisial Ly (39) di kediamanya bersama suami yang berlokasi di Jl Sukabangun II SukaramiPalembang beberapa hari yang lalu.Minggu. . Ly yang tercatat sebagai warga Jl Inspektur Marzuki Ilir Barat I Palembangmelaporkan kejadian yang dideritanya ke SPKT Mapolda Sumsel. "Kami ribut soal ekonomi keluarga dan dia juga mengaku cemburusama saya. KA memukul tangan kanan dan kiri sang istri hingga memar. Saya tidak tahu apa yang mendasarinya sehingga ada rasa cemburu dirinya kepada saya. Beberapa hari usai kejadian. Ia pun berharap aparat kepolisian bisa memproses KA sesuai dengan proses hukum yang berlaku. si suami berinisial KA (31) mencekik leher Ly dengan menggunakan tali tas sandang yang terbuat dari kulit." kata Ly. tepatnya Minggu (17/5/2015). PALEMBANG -. seperti tertera di surat laporan.

Kabid Humas Polda Sumsel. Kombes Pol Djarod Padakova. Ly sempat kesulitan bernafas. . mengatakan sudah menerima laporan Ly." kata Djarod. Saya juga tidak bisa berteriak." kata Ly."Saya sempat kesulitan bernafas karena ia mencekik dengan sekuat tenaga. Jika memang terbukti bersalah. Ia juga menderita luka lebam di kedua tangannya akibat pukulan yang dilayangkan KA. Akibat kejadian ini. Baik Ly selaku korban dan saksi yang ia bawa sudah diambil keterangan oleh penyidik. Ly pun takut untuk bertemui dengan suaminya usai adanya kejadian itu. akan diproses sesuai hukum yang berlaku. "Akan kita panggil si terlapor yang masih suami pelapor untuk dimintai keterangan. Ia akhirnya melepaskan cekikan dan saya pergi meninggalkanya karena takut.

. Kesal Tak Bisa Buka Gaun.Malam pernikahan tentu lah menjadi momen paling membahagiakan bagi pasangan suami istri. 17 Februari 2015 16:30 WIB Laporan Wartawan Tribunnews. INGGRIS . Hanya gara-gara sang istri kesulitan membuka gaun pengantinya di malam pertama. Sementara alisnya ikut terpotong.COM. Samuel Febrianto TRIBUNNEWS.4. Tapi itu tidak dialami Amy Dawson dan Gavin Golightly. Amy harus menerima memar di wajah dan dadanya. sang suami kesal dan langung memukulinya. Suami Habisi Istrinya di Malam Pertama Selasa. pasangan suami istri asal Inggris ini.com.

Mereka menggelar resepsi pernikahan di sebuah hotel yang juga menjadi tempat mereka menginap. dia orang yang baik. "Ketika pertama kali bertemu Gavin. (Kehidupan." kenangnya. ketika kami memiliki bayi. insiden itu terjadi setahun lalu di County Durham. Amy meminta Gavin untuk membantunya melepaskan gaun. Ia malah mengamuk dan membanting istrinya ke lantai dan mulai memukulnya. Dia seperti akan membunuhku.co. Ketika ia menyerang di malam pernikahan. Ia mengatakan. Saya sangat ketakutan. Sarah Trayno. red) seperti berjalan di atas kulit telur. saya tidak bisa menyalahkannya. Ibu seorang anak ini melihat Gavin tidak seperti yang ia kenal sejak kecil.Dikutip dari Metro. "Gavin menjadi orang yang suka mengendalikan dan manipulatif. Namun Gavin menolaknya. saya pikir akan mati. Ketika pasangan suami istri itu kembali ke kamar mereka. mahasiswi akutansi itu menikahi teman semasa kecilnya pada Agustus di County Durham. Dia peduli dan penuh kasih. . Jaksa penuntut dalam kasus ini. Selasa (17/2/2015).uk. Inggris. mendeskripsikan bagaimana penganiayaan itu berlangsung. kami merasa senang." ujarnya.

” kata bapak tiga anak itu. Dia membawa uang kembalian Rp 19.000 untuk membayar angsuran koperasi. Rina Dijambak dan Dipukuli Suami Selasa. Kelurahan Pangkalan Mansyur.Selasa pagi 10 April lalu. Melihat ini. KecamatanMedan Johor.000. Arafat naik pitam. Sisakan Uang Hanya Rp 19.000 sambil berpesan agar uang tersebut jangan dihabiskan semua.000. warga Jalan Karya Bersama.5. Istrinya. Pulang dari warung. Muhamad Arafat (40). baru pulang bekerja sebagai penarik becak bermotor (Parbetor). “Sisakan Rp 21. Dia langsung memaki dan menjambak rambut istrinya. MEDAN. 28 April 2015 08:57 WIB TRIBUNNEWS. .COM. Arafat lalu memberikan uang Rp 50. Sri Rinawati alias Rina (36) meminta uang kepadanya untuk membeli beras. Rina tak memenuhi amanat suaminya. Medan.

Arafat diamankan polisi dan menjadi penghuni sel dingin sambil menunggu proses pemeriksaannya selesai.” ucapnya singkat. "Aku khilaf karena istriku tak pandai mengatur uang belanja. Menurut Arafat. Dulu kami pinjam Rp 700. Dan Rina kembali babak-belur dihajar orang yang dicintainya itu.” kata Sitepu. jadi angsuranya ya Rp 21. Tak terima dengan kejadian ini. Rina berlari keluar rumah sembari berteriak minta tolong. Tak mau jadi bulan-bulanan suaminya. Polisi lalu menyarankan agar Rina melakukan visum. Arafat ditetapkan sebagai tersangka. Mei Leandha) . (Kontributor Medan.Melihat keberingasan suaminya. hari itu juga Rina mendatangi Mapoolsekta Deli Tua membuat laporan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dialaminya. Soalnya angsuran Rp 21. Uangnya dia serahkan ke Arafat.000 itu setiap hari. warga langsung berkumpul melerai perkelahian tak seimbang antara pasutri tersebut.000 itu harus ada setiap hari untuk bayar koperasi. apa yang dilakukan istrinya adalah perbuatan memalukan dan merendahkan harga dirinya. Rina kemudian mengambil beras yang dibelinya tadi lalu menjualnya ke tetangga.00 WIB. Kanit Reskrim Polsekta Deli Tua. Senin (28/4/2015). "Pelaku sudah kita jebloskan ke sel tahanan untuk keperluan penyidikan lebih lanjut. sekitar pukul 15. Setelah mengumpulkan bukti dan meminta keterangan saksi-saksi. pelaku mengaku khilaf. Pada 23 April lalu. Dalam sekejap. Saat ditanyai wartawan.000 untuk biaya kontrak rumah. AKP Martualesi Sitepu menyatakan perbuatan Arafat adalah KDRT. Namun. dia makin tak senang dengan perbuatan istrinya.

Novi Dipukuli Oleh Suami Selasa. Gara-gara Dipindah Tugas Kerja.6. 12 Mei 2015 08:51 WIB .

" ujarnya saat memberikan keterangan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang. karena telah melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang mengakibatkan tubuh Novi lebamlebam. akhirnya sang suami. untuk melaporkan Imam yang tak lain adalah suaminya sendiri. Karena tak diberikan nomor telepon tersebut. . mencoba meminta nomor telpon bos istrinya tersebut untuk dimintai kejelasan mengapa istrinya tersebut dipindahkan ketempat lain. ibu dari empat orang ini mengabarkan kepada suaminya. namun saya tak mempermasalahkan itu. terjadi dikediaman mereka pada minggu (10/5/2015) sore. "Masalahnya memang sepele. "Saya juga tidak tahu kenapa saya dipindahkan. Senin (11/5/2015). Ia datang. Diduga karena cemburu. Saya cuma khawatir nanti dia marah-marah sama bos saya itu. membuat amarah Imam memuncak. akhirnya mendatangi Polresta Palembang.Didampingi oleh ibundanya. Saat itu. bibir Novipun mengeluarkan darah akibat pukulan tersebut. dan memukuli Novi hingga mengalami lebam-lebam ditubuhnya.COM." ungkapnya. Novi Triana (32) yang tercatat sebagai warga Jalan KI Marogan Lorong Sepakat Jaya Kecamatan Kertapati ini. PALEMBANG . Mirisnya perbuatan KDRT itu hanya didasari faktor sepele. Tak hanya itu. Suami saya meminta nomor telepon bos saya namun tak saya kasih.TRIBUNNEWS. bila ia akan dipindah tugaskan ke bagian lain oleh bos dimana ia bekerja. Peristiwa itu.

7. Terlambat Buatkan Kopi. Tubuh Lisnaini Dihempaskan Suami ke Kaca .

COM. 28 Mei 2015 15:46 Laporan Wartawan Tribunsumsel. .Kamis. akhirnya Lisna memutuskan untuk melaporkan kejadian itu ke Polresta Palembang. PALEMBANG . Wajah Lisnaini (30) masih sangat pucat ketika memasuki ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang.Peristiwa Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tampaknya tak pernah berhenti dialami oleh wanita khususnya di kota Palembang.com. Slamet Teguh Rahayu TRIBUNSUMSEL. Didampingi kedua anak dan saudaranya. setelah ia menjadi korban KDRT yang dilakukan oleh suaminya sendiri. Kali ini peristiwa itu dialami oleh Lisnaini (30) yang tercatat sebagai warga Jalan Tembok Baru Gang Bersama Kelurahan 11 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) 1. Jainuri (33) yang bekerja sebagai buruh panggul ikan di pasar Induk. Jakabaring.

peristiwa ini terjadi didepan Yudi. Kepala saya juga sempat dihempaskan ke kaca.Dihadapan petugas. Setelah menganiaya saya. . melihat kejadian itu. Lebih parahnya lagi. peristiwa KDRT ini hanyalah berawal dari masalah sepele. yang masih menggunakan kain. dan melakukan penganiayaan. saya dipukul. hingga kaca tersebut pecah." ujar Lisna saat memberikan keterangan di SPKT. Pagi itu. Kamis (28/5/2015). dan terbaring ditempat tidur. peristiwa KDRT ini. bukanlah hal yang pertama dialaminya. untuk kejadian kali ini. membuat bocah itu ketakutan dan histeris. ia langsung pergi. yang akhirnya membuat Jainuri emosi. Lisna mengatakan. Saya hanya merasa lemas. Lisna menceritakan. dan dihempaskan didinding. Terang saja. anak mereka yang masih berusia 7 tahun. Peristiwa itu membuat Lisna pingsan dan harus menjalani perawatan dirumah sakit Muhammadiyah Palembang. Jainuri hendak dibuatkan kopi oleh sang istri. sehingga kopi tersebut terlambat untuk dibuatkan. merupakan kejadian yang paling parah dialaminya. karena Lisna sedang ada pekerjaan. "Kejadiannya tadi pagi. Namun. Namun.

Karmila Malah Dihajar Suami Senin. Bukannya Disayang. 20 April 2015 16:52 . Hamil 9 Bulan.8.

Pokoknya banyak alasan dia itu. "Saya main ke rumah ibu saya yang dekat rumah saja. Dengan berbagai alasan. perempuan yang tinggal di Jalan Keramasan Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati ini sedang berbadan dua. KDRT yang dialami oleh perempuan yang semestinya masih duduk di kelas 3 SMA ini.Laporan Wartawan Tribunsumsel. Senin (20/4/2015)." ujarnya saat memberikan keterangan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang. PALEMBANG - Karmila Desi (17). mendatangi Polresta Palembang untuk melaporkan suaminya Rofii (21) karena telah melakukan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap dirinya. . Perutnya sudah membesar. Saat datang. sudah kerap kali dialami oleh tubuh kecilnya. Karmila kerap kali mendapatkan perlakukan kasar dari suami yang baru tujuh bulan ia nikahi. Sedang asik menikmati acara tersebut. Karmila menceritakan kejadian yang dialaminya bermula saat ia sedang melihat acara tari india yang diadakan tepat di depan kontakannya. "Sudah masuk sembilan bulan. Kejadian itu. Setelah menampar dia baru bilang kalau ia tidak setuju saya menonton acara tari india itu.com. "Dia langsung menampar saya. karena ia sedang mengandung.". tidak boleh." ujarnya.COM. Minggu (19/4/2015) malam. Ternyata. Dihadapan petugas. bukanlah yang pertama kali. Slamet Teguh Rahayu TRIBUNSUMSEL. tinggal nunggu harilah. dari dalam rumah dan memerintahkan Karmila untuk masuk ke dalam rumah. tiba-tiba Rofii keluar.

" jelasnya. Sekarang keputusan saya sudah bulat untuk melapor. . Tapi sekarang kelakuannya berubah."Waktu pacaran dia tidak seperti itu.

Victimologi sebagai bidang ilmu yang lebih menyoroti korban maka victimisasi kriminal terhadap perempuan. Contoh kasus-kasus KDRT dibawah ini setidaknya dapat memberikan gambaran tentang pengalaman perempuan menjadi korban KDRT dan proses penyelesaian kasus kekerasan yang biasanya terjadi di kehidupan perempuan dan anak sehari-hari. Kejahatan tidak mungkin ada tanpa adanya pelaku dan korban. Tingginya angka kekerasan dalam rumah tangga yang menimpa perempuan (isteri) dan anak di Indonesia dan tidak terkecuali di Propinsi Lampung . Buruknya kondisi perempuan dan anak korban kekerasan yang mengalami berbagai bentuk kekerasan baik fisik. Perempuan adalah mahluk yang dianggap mempunyai fisik dan psikis yang lemah sehingga selalu bergantung pada orang lain. KDRT tidak hanya berbahaya bagi perempuan (isteri) yang menjadi korban kekerasan namun juga berbahaya bagi anak-anak yang berada dalam keluarga yang dipenuhi dengan kekerasan. Pemerintah Indonesia dengan dorongan berbagai pihak kemudian mengesahkan UndangUndang No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan kekerasan dalam Rumah Tangga ( UU PKDRT). serta seksual bahkan membuat pemerintah Indonesia dengan dorongan banyak pihak segera merespon kondisi ini .PEMBAHASAN Analisis Sejarah kekerasan sangatlah panjang. namun tetap saja masih banyak perempuan (isteri) dan anak yang menjadi korban KDRT. menjadi perhatian serius banyak pihak.VICTIMISASI KRIMINAL TERHADAP PEREMPUAN). akan lebih menyoroti perempuan sebagai korban suatu kejahatan. Meskipun Undang-Undang PKDRT telah 5 tahun diimplementasikan. dianggap pasti akan kalah jika berhadapan dengan kekuatan dan kekuasaan karena tidak ada yang melindung. . bahkan mungkin sepanjang sejarah manusia itu sendiri. psikis. (Sumber: SAGUNG PUTRI M. dianggap bodoh.E PURWANI.

Pemerintah mengatur hal ini untuk melindungi setiap warga negaranya. yakni faktor eksternal dan faktor internal. Di negara Indonesia telah diatur beberapa peraturan untuk menjaga Hak asasi manusia khususnya pada perempuan agar tidak selalu menjadi korban seperti Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.com 30/03/2010 14:13). serta Undang-undang Nomor 23Tahun 2004 tentang Penghapuan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. PENYEBAB KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN Secara garis besar faktor-faktor yang menjadikan kekerasan dalam rumah tangga dapat dirumuskan menjadi dua. Dampak lain seperti anak-anak yang hidup dalam lingkungan kekerasan berpeluang lebih besar bahwa hidupnya akan dibayangbayangi oleh kekerasan. Seperti kasus yang terjadi di Bondowoso. anak yang menjadi saksi kekerasan akan menjadi trauma termasuk di dalam perilaku anti sosial dan depresi .terutama pada anak-anak yakni dapat berpengaruh terhadap kejiwaan korban dan perkembangan kejiwaan si anak dan juga berdampak pada lingkungan sosial. UU No. Faktor ekternal ini berkaitan . Menurut analisis saya. serta UU tentang perlindungan saksi dan korban. Luka memar itu diduga akibat penganiayaan yang dilakukan Tolak Arif. peristiwa atau kasus yang terjadi mengenai KDRT ini. stres pascatrauma.dari beberapa faktor penyebab terjadi kekerasan terhadap perempuan seperti telah disebutkan di atas. Ini merupakan salah satu contoh kasus dari sekian banyak kasus yang terjadi di negeri ini. Dampak emosional seperti depresi. maka harus dilindungi baik harkat dan martabatnya.dan menimbulkan rendahnya kepercayaan diri. suaminya sendiri (Liputan 6.karena serimg dipukuli oleh suami.Kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga dapat berakibat buruk terutama terhadap si korban. Penulis mengambil judul makalah “Analisis korban pada KDRT” ini karena penulis melihat banyak sekali kejadian. penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM. Esa Rusiana diketahui tewas di dalam kamarnya dengan luka memar di beberapa bagian tubuhnya.Perempuan sebagai korban memang sering terjadi mengingat perempuan pada kodratnya merupakan makhluk yang lemah.Untuk itu perlu adanya perlindungan hukum terhadap perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga. Di samping itu dampak kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga yaitu dampak medis. seperti memerlukan biaya pengobatan.

Suami merasa berkuasa. Campur tangan anggota keluarga dari pihak suami. Karena suami terbakar api cemburu. keluarga. maka suami berhak memukul dan istri dilaknat malaikat.ketika melihat istrinya dengan pria lain. Di antaranya: a. Faktor-faktor lain yang menyebabkan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga antara lain: a. Karena kebiasaan istri. yang tidak sesuai dengan universal agama. 1. maupun seksual. Akibat dari labeling ini.erat hubunganya dengan kekuasaan suami dan diskriminasi dikalangan masyarakat. 2.di mana suami melakukan kekerasan terhadap istri secara berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan. c. misalnya seperti Nusyuz.minum-minuman keras dll. sering kali laki-laki memanfaatkan kekuatannya untuk melakukan kekerasan terhadap perempuan baik secara fisik. Interpretasi agama. seolah-olah itulah kodrati. 3. Budaya patriarkhi yang menempatkan pada posisi laki-laki dianggap lebih unggul dari pada perempuan dan berlaku tanpa perubahan.sehingga dengan seenaknya melakukan tindak kekerasan terhadap istri. Labelisasi perempuan dengan kondisi fisik yang lemah cenderung menjadi anggapan objek pelaku kekerasan sehingga pengkondisianlemah ini dianggap sebagai pihak yang kalah dan dikalahkan.Misalnya. terutama ibu mertua yang kurang suka dengan si istri dapat menyebabkan suami melakukan kekerasan terhadap istri. Perselingkuhan istri. 6. 5. Perselingkuhan suami dengan perempuan lain atau suami menikah lagi dapat memicu timbulnya kekerasan terhadap istri.main judi. . Kekerasan berlangsung justru tumpang tindih dengan legitimasi dan menjadi bagian dari budaya. Karena suami suka melakukan hal-hal yang kurang baik bagi keluarganya. b. yakni suami boleh memukul istri dengan alasan mendidik atau istri tidak mau melayani kebutuhan seksual suami. Hal ini sering kali dimanfaatkan laki-laki untuk mendiskriminasikan perempuan sehingga perempuan tidak dilibatkan dalam berbagai peran strategis. psikis. negara dan praktik di masyarakat sehingga menjadi bagian kehidupan. 4. Campur tangan pihak ketiga.

perubahan situasi dan kondisi. sesuatu yang tabu atau tidak pantas dibicarakan korban. maka memanfaatkan perempuan sebagai alat dan tujuan ekonomi akan menciptakan pola eksploitasi terhadap perempuan dan berbagai perangkat tubuhnya. citra diri yang rendah. pecandu alkohol. penerimaan masyarakat terhadap kekerasan. Salah satu indikasi permasalahan sosial yang berdampak negatifpada keluarga adalah kekerasan yang terjadi dalam lembaga keluarga.b. Para korban biasanya malu bahkan tidak berani menceritakan keadaanya kepada orang lain. kekerasan sebagai sumber daya untuk menyelesaikan masalah (pola kebiasaan keturunan dari keluarga atau orang tua). Oleh karena itu perempuan menjadi komoditas yang dapat diberi gaji rendah atau murah. frustasi. c.dari berbagai bentuk kekerasan yang umumnya adalah perempuan lebih khususnya lagi adalah istri cenderung diam karena merasa sia-sia. Kekuasaan yang berlindung dibawah kekuatan jabatan juga menjadi sarana untuk penguasa sering kali melakukan kekerasan terhadap warga atau bawahannya. hampir semua bentuk kekerasan dalam keluarga oleh laki-laki misalnya pemukulan terhadap istri pemerkosaan dalam keluarga dan lain sebagainya semua itu jarang menjadi bahan pemberitaan masyarakat karena dianggap tidak ada masalah. Sedangkan faktor internal timbulnya kekerasan terhadap istri adalah kondisi psikis dan kepribadian suami sebagai pelaku tindak kekerasan yaitu: a) b) c) d) e) f) g) h) i) sakit mental. Dalam sistem ekonomi kapitalis dengan prinsi ekonomi cara mengeluarkan modal sedikit untuk mencapai keuntungan sebanyak-banyaknya. penyelewengan seks. DAMPAK FISIK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN . kurangnya komunikasi. Sistem Ekonomi kapitalis juga menjadi sebab terjadinya kekerasan terhadap perempuan. Dalam kontek ini misalnya negara terhadap rakyat dalam berbagai bentuk kebijakan yang tidak sensitif pada kebutuhan rakyat kecil.

 Gangguan alat reproduksi. tindakan kekerasan bisa berupa seranagn ke tubuh korban termasuk alat kelamin. ketegangan hubungan sosial dengan pihak kesehatan maupun dengan pekerjaannya dan dibatasi dalam mengakses jaringan sosial lainnya. akibatnya adalah memar ringan. Dampak Sosial yang dialami korban kekerasan oleh pasangan intimnya adalah dibatasi atau dilarang untuk memperoleh pelayanan sosial. infeksi. Kekerasan terhadap istri. patah tulang maupun cacat fisik secara permanen. korban juga harus mengeluarkan biaya yang relatif besar untuk memulihkan kesehatan . Dampak jangka pendek.  Gangguan pada sistem saraf pusat. luka parah. 3. berakibat pada fisik korban seperti luka-luka . karena selain biaya pengobatan secara medis akibat dampak fisik yang dialami. gangguan kehamilan  penyakit menular seksual termasuk HIV-AIDS  Respon fisik yang menyertai pnyerangan seksual  Kehilangan nafsu makan  Gangguan tidur (insomnia. Biaya yang dikeluarkan oleh korban kekerasan rumah tangga lebih besar dari biaya kesehatan lainnya. dan kerusakan organ reproduksi. memar pada bagian tubuh tertentu. mimpi buruk. Dampak fisik dan seksual. apapun bentuknya akan mengakibatkan korban mengalami dampak jangka pendek dan jangka panjang. Dampak ekonomi. sulit tidur)  Gangguan kecemasan 2.Dampak adalah pengaruh kuat yang mendatangkan akibat (baik negatif maupun positif). disfungsi bagian tubuh dan bahkan membawa kematian.  Benturan berakibat memar luar /dalam. Dampak yang dimaksud adalah sebagai berikut : 1.

Bahkan ada keluarga korban yang harus pindah tempat tinggal karena dianggap telah membuat cemar lingkungan tempat tinggalnya. Sebagai cara untuk menghadapi situasi kekerasan. mempunyai banyak pasangan atau upaya bunuh diri. Trauma ini tergantung dari usia korban serta bentuk kekerasan yang dialami korban. Dampak psikologis. perilaku bunuh diri.  Gangguan emosional. Akibatnya. perasaan tidak berdaya. sulit tidur atau makan. Dampak lebih besar terjadi apabila lingkungan korban tidak mendukung korban. perempuan dapat menunjukkan perilaku seperti minum alcohol. Dampak lebih lanjutan perilaku anti sosial.mentalnya dari gangguan-gangguan psikologis yang muncul. kecemasan. mimpi buruk atau ketakutan saat sendiri. Di samping itu korban juga mengalami kerugian kehilangan pekerjaannya karena kekerasan yang dialami. penyalahgunaan obat-obatan. ingat kembali kejadian lampau  Ketidakpercayaan terhadap laki-laki  Ketakutan pada hubungan intim  Perasaan sangat marah  Perasaan bersalah  Malu dan terhina. berupa trauma yang dialami sebagian besar korban. 4. mimpi buruk. Banyak korban yang akhirnya harus pindah dari sekolah karena selalu menjadi bahan perbincangan guru dan teman di sekolahnya. merokok. Bentuk trauma berbeda antara satu korban dengan korban lainnya. korban menjadi malu dan rendah diri. depresi. misal munculnya sikap atau persepsi negatif terhadap laki-laki atau terhadap seks. Dampak jangka panjang terjadi jika korban kekerasan tidak mendapat penanganan dan bantuan (konseling psikologis) yang memadai. Trauma dapat berupa ketakutan bertemu dengan orang lain. harga diri rendah. gangguan tidur atau makan. .