You are on page 1of 8

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini mencakup Ilmu Penyakit Dalam dan Ilmu
Kesehatan Masyarakat.
3.2 Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat penelitian : Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes
Waktu penelitian : Januari 2016
3.3 Jenis dan Rancangan Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan rancangan
penelitian Cross sectional. Sampel yang digunakan adalah pasien dengan
penderita Hiperurisemia di Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes.
3.4 Populasi dan Sampel
3.4.1 Populasi Target
Populasi target pada penelitian ini adalah pasien yang berusia >30
tahun.
3.4.2 Populasi Terjangkau
Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah pasien berusia >30
tahun di Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes.
3.4.3 Sampel Penelitian
3.4.3.1 Kriteria inklusi
1. Responden yang bersedia dan menyetujui penelitian ini.
2. Responden yang tinggal di daerah Wilayah Kerja Puskesmas
Tanjung Kabupaten Brebes.
3. Responden berusia >30 tahun.
3.4.3.2 Kriteria eksklusi
1. Responden dengan kondisi hamil.
20

1 ) 150 1+150( 0.01) n= 150 2.1) n= n= 150 2 1+150( 0.4 Cara Sampling Metode pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling dengan menggunakan teknik Consecutive sampling. .1 Variabel Bebas Variabel bebas dalam penelitian ini adalah usia.5 Variabel Penelitian 3.21 2. 3. Responden yang sedang mengkonsumsi obat diuretik. Caranya adalah setiap anggota populasi sumber memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi eksklusi akan dipilih sebagai sampel sampai jumlah sampel yang diperlukan terpenuhi.5 Besar Sampel Besar sampel penelitian didapatkan dengan rumus solvin : N n = 1+ N ( d 2) Keterangan : n = Besar sampel N = Besar populasi d = Tingkat kepercayaan (0.4.5 n = 60 ~ 69 Maka besar sampel penelitian adalah 69 orang. Responden dengan gagal ginjal akut atau kronik. dan diabetes melitus tipe 2. 3. 3.5. jenis kelamin.4. 3.

7.22 3. Alat ukur gula darah Nominal Hiperurisemia Responden dengan hasil skrining kadar asam urat pada pria > 7 mg/dl dan wanita > 6 mg/dl Alat ukur asam urat Nominal Pengumpulan Data 3. obesitas. Pemeriksaan : Laboratorium terpadu Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes . gagal ginjal. dislipidemia.5. obat diuretik. Alat ukur kadar asam urat 3. Definisi operasional No 1 Usia 2 3 4 3.1 Instrumen Penelitian Instrumen yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah : 1. 3. 3.7. Lembar Kuesioner 3. dan diet tinggi purin.2 Pengambilan Data Waktu pelaksanaan : 15 Januari 2016 Tempat pelaksanaan : Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes Lab.2 Variabel Terikat Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hiperurisemia.5. suku bangsa. hipertensi. Alat ukur kadar gula darah 2.3 Variabel Perancu Variabel perancu (confounding) adalah faktor risiko genetik.6 Definisi Operasional Tabel 2.7 Variabel Definisi Operasional Penderita hiperurisemia di Puskesmas Tanjung yang berusia > 30 tahun Alat Ukur Kuesioner Skala Nominal Jenis kelamin Penderita hiperurisemia di Puskesmas Tanjung baik pria maupun wanita Kuesioner Nominal Diabetes Melitus tipe 2 Responden dengan hasil skrining kadar GDS >200 mg/dl. alkoholik.

3 Prosedur Penelitian Populasi Consecutive sampling Sampel Jenis kelamin .7. Cecep Riswandi 2.23 Pelaksana : 1. Petugas laboratorium Puskesmas Tanjung 3.

24 P L Skrining kadar GDS ≤ 200 mg/dl Skrining kadar asam urat > 200 mg/dl L = ≤ 7 mg/dl P = ≤ 6 mg/dl L = > 7 mg/dl P = > 6 mg/dl Mengisi kuesioner Input ke tabel data Menganalisis data Skema 3. Prosedur Penelitian Keterangan : L : Laki P : Perempuan 3.8 Alur Penelitian Persiapan Penelitian       Pengumpulan teori Perumusan masalah penelitian Membuat metode dan rancangan penelitian Membuat hipotesis penelitian Membuat perizinan penelitian Membuat etika penelitian Pelaksanaan Penelitian    Sidang Proposal   Etika clearance Mengurus perizinan penelitian Persiapan sampel penelitian Melakukan prosedur penelitian Mencatat hasil penelitian .

9 Pengolahan dan Analisa Data 3. 3.25 Akhir Penelitian     Melakukan analisis dan pengolahan data hasil penelitian Pembuatan hasil penelitian Melakukan pembahasan penelitian Membuat kesimpulan dan saran penelitian Skema 4. Cleaning Mengecek kembali data yang sudah diproses apakah ada kesalahan atau tidak ada masing-masing variabel yang sudah diproses sehingga dapat diperbaiki dan dinilai.9.1 Pengolahan Data Data yang terkumpul akan diolah melalui beberapa tahapan. 2 Coding Setiap lembar kuesioner yang telah diisi oleh responden diberi kode 3 yang dilakukan oleh peneliti agar lebih mudah dan sederhana.2 Analisis Data .9. yaitu : 1 Editing Editing adalah pengecekan kembali apakah isian pada lembar kuesioner sudah sesuai dan lengkap dengan absen jawaban yang telah disediakan. Alur Penelitian 3. Processing Processing adalah memproses data dengan menggunakan komputer 4 atau secara manual agar dapat dianalisis.

c. Mencari Ratio Prevalence (RP) untuk mengetahui hubungan 3. . 2. 3. Analisis Bivariat. prosedur penelitian dan jaminan terhadap kerahasiaan semua informasi dan data diri responden. Analisis Univariat Analisis menggunakan uji Descriptive statistic. oleh karena itu sebelum melakukan penelitian ini diminta persetujuan etik terlebih dahulu dari Komite Etika Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati. Analisis dengan uji chi square dengan syarat : a) Data kategorik tidak berpasangan. Kemudian surat permohonan dan persetujuan juga dimintakan kepada kepala Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes untuk melakukan penelitian di Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes terkait yang intinya berisi : 1. Analisis Multivariat Analisis menggunakan uji Regresi logistik dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara tiga variabel atau lebih. manfaat. Pemberitahuan dan rekomendasi kepada penulis untuk melakukan penelitian terhadap pasien hiperurisemia. b. Tujuan analisis ini untuk mengetahui distribusi rata-rata kadar GDS dan asam urat. b) Sel yang mempunyai nilai expected < 5 maksimal 20% dari jumlah sel. antara kedua faktor resiko dengan penyakit. Seluruh pasien diberi penjelasan mengenai penelitian yang akan dilakukan yaitu tujuan. Kemudian responden .10 Etika Penelitian Penelitian yang akan dilakukan menggunakan subyek manusia. Izin dan persetujuan untuk melakukan penelitian di Puskesmas Tanjung Kabupaten Brebes terkait. 2. a. Uji hipotesis komparatif dilakukan untuk mengetahui faktor resiko dengan efek yang terjadi. Uji Fisher dilakukan apabila uji chi sqare tidak memenuhi syarat. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut : 1.26 Analisis data diolah menggunakan program komputer.

27 yang bersedia secara sukarela ikut dalam penelitian ini diminta persetujuan secara tertulis dengan mengisi surat persetujuan (informed consent). Persiapan ke lapangan 4. Revisi Proposal 2.11 Jadwal Penelitian Tabel 3 Jadwal Penelitian No Kegiatan Bulan Nov 1. Penyusunan KTI 7. Penyusunan Instrumen 3. 3. Ujian KTI Des Jan Feb Maret April . Analisis data 6. Pengumpulan data 5.