You are on page 1of 8

Soal Ekonomi : Manajemen dan Organisasi dan Kunci Jawaban Lengkap

Soal mapel ekonomi yang membahas mengenai bab manajemen dan organisasi atau
perusahaan akan kami bagikan kepada para pembaca. Materi manajemen dan organisasi
biasanya dipelajarai di mata pelajaran Ekonomi SMA/MA. Dalam soal yang kami bagikan
sudah ada kunci jawabannya. Jawaban pada soal atau pertanyaan sudah kami tandai
dengan huruf tebal (bold) sehingga bisa membantu pembaca dalam mengerjakan soal yang
ada di bawah ini.
Silahkan buka juga :
Soal Ekonomi : Koperasi Lengkap dengan Kunci Jawaban
Soal Ekonomi : Bentuk-Bentuk Badan Usaha Lengkap dengan Kunci Jawaban
Jenis soal atau pertanyaan yang kami tawarkan yaitu soal pilihan ganda (multiple choice).
Berikut ini soal mata pelajaran ekonomi bab manajemen dan organisasi atau perusahaan
beserta kunci jawabannya.
Soal Pilihan Ganda : Manajemen dan Organisasi
1. Kata manajemen berasal dari “manage” dari bahasa ... yaitu ...
a. Italia, Maneggio
b. Latin, Maneggio
c. Inggris, Management
d. Italia, Maneggiare
e. Sanskerta, Maneggio
2.

Manajemen adalah .....
a. Ilmu perencanaan, pengaturan dan pelaksanaan hubungan antar manusia dengan
organisasi.
b. Ilmu dan seni tentang penggunaan sumber daya yang terbatas untuk pemenuhan
kebutuhan manusia yang tak terbatas.
c. Ilmu untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal dalam rangka pemenuhan
kabutuhan organisasi untuk mencapai tujuan misi dan visi perusahaan.
d. Ilmu dan seni dalam memimpin orang atau sumber daya manusia.
e. IImu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang
dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

3.

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah ...
a. Planning, Staffing, Reporting, Budgeting, Coordinating, Organizing, Directing
b. Planning, Actuating, Organizing, Controlling
c. Planning, Organizing, Conditioning, Motivating, Controlling
d. Planning, Organizing, Coordinating, Comanding, dan Controlling
e. Planning, Staffing, Directing, Organizing, Controlling

4.

Salah satu tugas Manajemen puncak yaitu ...
a. Bertanggung jawab pada lower management.
b. Menetapkan kebijakan operasional
c. Melakukan semua pekerjaan tingkat operasional.
d. Mengawasi pada pekerja.
e. Bertanggung jawab pada Middle Management.

5.

Aliran manajemen yang pemikirannya fokus pada usaha untuk mencapai kepuasan
pelanggan adalah aliran ...
a. analisis system
b. klasik
c. perilaku

kecuali .. Personalia d. Actuating d..R. Memperlancar tugas sehari-hari b... Maju mundurnya perusahaan tergantung satu orang 12. dan teksnis c. Salah satu kelebihan sistem organisasi garis yaitu . dan teknis 7.. informal. a. Terry yaitu .. kemanusian. Yang termasuk satu fungsi organisasi yaitu .. Planning c. Proses menduduki jabatan kecil d. Actuating d. a. Adanya tanggung jawab yang sinergi antara masing-masing bagian dalam perusahaan. Ibu Ayuningtyas mempunyai keahlian dalam merencananakan bentuk kemasan semua produk. Keuangan e.. dan teknis d. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi manajemen menurut G. Produksi atau Operasional c. konseptual. manajemen ilmiah 6. konseptual. Manajemen mutu e.. a.d. Membagi pekerjaan. Hal tersebut menyebabkan tampilan produk sangat menarik sehingga meningkatkan penjualan produk. Directing 11. Terdapat spesialisasi c. Organizing e. Directing 10. teknis.. formal. Adanya kesatuan komando e. Jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer yaitu . Controlling b. perencanaan. formal. a. Organizing e.. b. Mencapai tujuan organisasi c. Beliau adalah orang yang tepat melakukan aktivitas manajemen di bidang . formal. Studi ilmu manajemen sangat perlukan semua organisasi karena berbagai alasan berikut.. a. a. dan manajerial e. Koordinasi hanya perlu pada pimpinan eselon bawahan b. menetapkan tugas dan tanggung jawab . a. dan evaluasi b. Planning c. Perkantoran b. Menghilangkan potensi konflik dalam organisasi e. Controlling b. Pemasaran 9. Mencapai efektifitas organisasi 8. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan organisasi untuk memotivasi karyawan supaya bekerja keras sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan memberikan suasana kerja yang nyaman termasuk dalam fungsi manajemen .. organisasi. Mencapai efisiensi organisasi d..

c. Planning c.. a. Actuating b. Keuangan b. 13. a... Koordinasi bagi karyawan pada fungsi yang sama mudah karena terdapat persamaan tugas d.. Adanya pembagian wewenang pada tiap departemen. menetapkan tugas. Pengendalian b. Adanya pelimpahan wewenang dari manajemen atas kepada manajemen pelaksana. Di bawah ini yang bukan merupakan kelebihan organisasi fungsional adalah . Controlling e. Perkantoran e. Directing b. Organizasing e. Dewan komisaris c. Forcasting c. jabatan direktur utama termasuk dalam tingkatan . Produksi c. Membentuk susunan jabatan dan peranan d. Fungsi manajemen yang pertama kali harus dilakukan untuk menjalankan organisasi secara efektif dan effisien yaitu . dan tanggung jawab masingmasing individu.. Pengorganisasian c. beliau melakukan kegiatankegiatan mulai dari menetukan panitia. b. Produktivitas tinggi e. Manajemen puncak e. a. Planning d. Dalam perusahanaan. Dalam rangka merealisasikan rencananya. Pengarahan 14. Fungsi manajemen untuk menggerakkan orang agar bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan yaitu . Aktivitas yang dilakukan oleh Pak Agus sesuai dengan fungsi manajemen. Controlling 16. Pemasaran . Semua level manajemen b. serta pelimpahan wewenang kepada bawahan. e. Organizing 18. Koordinasi secara menyeluruh sulit dilakukan 15.. Pak Agus berrkedudukan sebagai manajer personalia dan merencanakan perekrutan pegawai baru.. Actuating d.. Koordinasi terus menerus pada hanya di jenjang atas. yaitu .. Pengawasan e. a. Manajemen menengah d. Tugas karyawan dapat dibagi secara tegas c.. Manajemen tingkat bawah 17. Sumber daya manusia d. Perencanaan d. a. Pengendalian mutu merupakan salah satu bagian dari manajemen a.

Controlling e. Konsumsi. Pricing.. kecuali . a. Proses indentifikasi sekelompok konsumen yang sifatnya homogen dan akan dilayani organisasi atau perusahaan yaitu .3 dan 4 e.2 dan 3 c. Promosi dan Harga c. Tata tertib c. distribusi b. a. Dalam sistem persediaan pada manajemen produksi penanganan yang terbaik adalah dengan penghitungan jumlah persediaan yang disebut dengan . Otoritas dan tanggung jawab e.. maka karyawan tersebut akan bingung dan kesulitan dalam memutuskan apa yang harus dilaksanakan. Sales.19.. a. Planning. Otoritas atau wewenang . Dalam hal ini... a. 1. 2. jika bawahan mendapat berbagai tugas yang berbeda dari banyak atasan. Distribution d. Positioning d. Publisitas. Discount. a. prinsip umum yang seharusnya diterapkan dalam organisasi yaitu . Place. 2. Periklanan. Dipindahkan ke pekerjaan yang lebih sempit d. Segmenting e. Dipindah ke perusahaan lain c. Sentralisasi dan desentralisasi 25.4 dan 5 d. Menurut pendapat Henry Fayol. Pertimbangan untuk memberhantikan e. Yang dimaksud dengan Marketing Mix adalah . Berikut yang bukan merupakan prinsip manajemen menurut Hanry Fayol adalah . Economic Order Quantity e. 3.. 1. QualityControl b. Controlling b. Product.. yang perlu diperhatikan yaitu . Segmenting d. Price .4 dan 5 b... Perhatikan pernyataan berikut ini : 1) Kualitas produk atau barang 2) Bentuk fisik barang 3) Mudah dalam mencari dan mendapatkan barang 4) Adanya pelayanan purna jual 5) Tidak ada barang substitusi Dalam kepuasan jangka panjang. a. produksi. Kesatuan komando d.3 dan 4 23. Lay out produksi c. Kesatuan pengarahan b. Targeting c. Promotion 22. Promotion. Promosi b.. Direct sales. a. Dipindah ke jabatan lain 24.. Ada beberapa akibat dari penilaian karyawan diperusahaan.. Planning 21.. Pengendalian mutu 20..

. Ernest Dale d. 2. Otoriter c. Peter Drucker 29. Personal 28.. 5 d. Perhatikan tujuan dari fungsi-fungsi manajemen berikut! 1) Mengetahui jalannya program 2) Mengetahui hasil pekerjaan 3) Memberikan motivasi kerja 4) Membagi pekerjaan . Aliran manajemen berdasarkan hasil diperkenalkan pertama-tama oleh . Aliran manajemen mutu 27. 1. 3 c. 3. 4 31. Aliran klasik c.. Aliran analisis sistem d. 4. Demokratis e. Geroge Terry e. Planning 30. Teori tersebut merupakan teori . Bebas d. 2... Pemimpin yang mengambil keputusan tanpa melibatkan bawahan disebut . Teori manajemen yang memusatkan studinya pada aspek manusia dan perlunya memahami manusia merupakan aliran aliran yang memakai disiplin ilmu sosiologi dan psikologi dalam menerapkan teori-teorinya. yang termasuk ruang lingkup manajemen keuangan yaitu . 3. Adil b. Actuating e. 1.. a. Hal tersebut merupakan aktivitas dari fungsi . 4 b. c. a. Perhatkan uraian di bawah ini! 1) sumber dana 2) penerimaan pegawai 3) penggunaan dana 4) pengawasan penggunaan dana 5) mutasi dan promosi Berdasarkan uraian di atas. Motivating c.. 4 e. Henry Fayol c. e. Aliran perilaku b. Controlling d. Organizing b. 1. Penonjolan diri Kesatuan perintah Pembagian kerja Remunerasi 26. a. d. Aliran manajemen ilmiah e. 3. William Newman b.. 2.b.. a.. Prinsip the right man on the right place digunakan dalam memutuskan seseorang ketika akan menduduki suatu jabatan dalam perusahaan atau organisasi. a.

Diskon dan pelayanan purna jual c. 1. place. Kemampuan yang harus dimiliki oleh manajemen tingkat menengah adalah . Segmentasi. teknis dan konseptual dibawah lower management b. Keempat unsur tersebut yang biasanya disebut 4P yaitu . person. integrasi. Konseptual melebihi top management 33.. a. Positioning. kompensasi. promotion. Targeting.. Targeting.. Positioning. yang termasuk tujuan dari fungsi manajemen controlling ditunjukan nomor . 2. person. person.. power. Mudah mendapatkan produk dan kualitas produk 35. kecuali . place. Lokasi dan tata letak b. price. Kualitas produk dan kemudahan mendapatkan produk e.. Ketika merancang sistem produksi. Segmentasi 36. Perencanaan. 1. Kemampuan personalia. Penilaian pegawai d. product b. 4. Positioning d.. Segmentasi. Diskon dan keuntungan b. pemeliharaan. price. a. pengembangan.. Positioning. dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja. promotion.. place. Berikut urutan proses pemilihan pasar yang benar adalah .. 4 d.. Pelayanan purna jual dan keuntungan d. a. dan PHK (pemutusan hubungan kerja) dengan SDN untuk mencapai sasaran perusahaan merupakan aspek . place 34. price e. 2. manajemen harus mempertimbangkan.. Kepuasan jangka panjang dapat terpenuhi dengan memperhatikan hal-hal berikut. Segmentasi b. Targeting e. promotion d. kecuali . a. pengorganisasian. product.5) Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan pegawai 6) Memperbaiki kesalahan yang dilakukan pegawai Berdasarkan uraian di atas. Rancangan jasa 37. product. 2. Targeting. Konseptual melebihi lower management dan menekankan pada ketrampilan manusiawi e. a. power. Positioning c. 3 c. pengarahan. Teknis melebihi lower management dan top management dan tidak ada ketrampilan manusiawi d. promotion c. Segmentasi. product. Ada 4 unsur penting yang perlu diperhatikan oleh suatu perusahaan ketika memasarkan produknya. 4 e.. 2. 6 b. Manajemen Produk . 1. a. Manajemen Administrasi b. Kemampuan teknis melebihi lower management c. 6 32. a. Targeting.. 5.. Rancangan produk c. 3. Proses produksi e.

Menentukan sumber dana yang dibutuhkan. d. Personalia 43.. Tingkat manajemen yang bertugas memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional adalah . C c.. Motivating. serta melakukan pengawasan terhadap penggunaan keuangan. A. F b. serta tindakan mengadakan perbaikan. Middle management e. Interpersonal e. a. C. Perhatikan profesi di bawah ini! a) Mandor b) Direktur utama c) Kepala bagian d) Pengawas lapangan e) Dewan direksi f) Supervisor Yang merupakan bagian dari lower manajemen yaitu . Konseptual b. Sondang P. penyusunan anggaran pengeluaran.. Comunication 41. Actuating d. F d. Manajemen Keuangan Manajemen Pemasaran Manajemen Personalia 38. D..... Produksi c. Pemasaran e. Controlling. Keahlian untuk berkomunikasi. Teknis d. Lower management c. a. a. E. Siagian . F 42. Organizing b. a. C. merupakan proses yang dijalani oleh manajemen . Administrasi 40. Top management d.. Keuangan d. D.. B. bekerjasama dan memotivasi orang lain disebut . serta penafsiran umpan balik kinerja sebagai dasar tindakan konstruktif dan perbaikan jika dipandang perlu.. Personalia b. Organizing b. Tindakan memantau kinerja atau membandingkan hasil-hasil dengan tujuan. Controlling e.. Evaluating merupakan fungsi manajemen menurut . D e. B.. Planning 39. Planning. adalah pengertian dari fungsi manajemen . B.c. A. a. a. Coordinating c. e. Simpati c. Organizing.

. Perkembangan terakhir yang relatif baru dalam manajemen adalah konsep 7S dari . struktur anggota dapat mengetahui tugas. Henry Fayol b. Newman e... Coordinating Demikian soal mata pelajaran ekonomi bab manajemen dan organisasi beserta dan kunci jawabannya. kecuali .. pelimpahan wewenang. spesialisasi dalam melakukan tugas. a. Henry Fayol M. Penentuan tujuan yang jelas. William H. rentangan kekuasaan merupakan prinsip-prinsip dari . kesatuan komando. Prof. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Integrasi d. Simplifikasi b. Eiji Ogawa 47. Organizing b. Actuating d. c. Terry d. Dapat menjalani hubungan baik antar anggota organisasi. Actuating d.. Gullick Harlod Koontz George R.. a. Planning c. Sinkronisasi 45. Koordinasi e. . e. Organizing e. a. a. Terry 44. Controlling e. Kegiatan pengkoordinasian perlu memperhatikan hal-hal berikut. Evaluasi c. pembagian kerja. Planning c..b. Directing b. kewajiban dan tanggung jawabnya. d. Controlling 46.. McKinsey c. Merupakan manfaat . George R.