You are on page 1of 12

LAPORAN HASIL SOSIALISASI BAHAYA MEROKOK DI SMA N 1 PEGANDON KENDAL

BAB 1

PENDAHULUAN

Sosialisasi adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan guna pemantauan berbasis lingkungan sekolah untuk membimbing siswa kedalam perubahan hidup yang lebih baik.

Seks bebas merupakan penyimpangan yang dilakukan oleh seorang remaja yang dapat menyebabkan HIV/AIDS. Dari sosialisasi ini diharapkan siswa dapat lebih mengetahui tentang bahaya seks bebas di sekitar mereka.

Bahaya merokok merupakan salah satu dampak kesehatan manusia yang sangat berbahaya bagi tubuh perokok. Dari sosialisasi ini diharapkan para siswa mengetahiu akan bahaya kesadaran bahaya merokok dan jika sudah ada yang terlanjur merokok dapat berhenti merokok berlahan lahan.

Tujuan

  • 1. Mensosialisasikan bahaya merokok di kalangan pelajar

  • 2. Menumbuhkan akan bahaya merokok

Bab 2

I.

Pembahasan

A.Identitas sekolah

Nama sekolah

  • 1. : SMA NEGERI 1 PEGANDON

  • 2. Kepala sekolah

: Drs. BAGIYO SANTOSO

  • 3. : NEGERI

Status

  • 4. : Jl. Raya Putat Pegandon-Kendal

Alamat

Kabupaten

  • 5. : KENDAL

Provinsi

  • 6. : JAWA TENGAH

B.

Kelas yang disosialisasi

Kelas X-1

Wali kelas

: Agung Hermawan S.Pd

Jumlah siswa

: 33 siswa

Laki-laki : 12 siswa

Perempuan : 21 siswa

C.

Pelaksanaan Sosialisasi

1.Moderator : Muh Daviq Nur

  • 2. Penyaji 1 : Teguh Rizaliyani Penyaji 2

  • 3. : A. Zumar

  • 4. penyaji 3 : Taoufik Hidayahtulloh Notulen

  • 5. : A. Zumar

    • D. Penyampaian Materi

Menampilkan Power Point dan pembahasan tentang materi

E. Sesi Tanya dan Jawab

KINANTIARYA absen 21

PERTANYAAN :

Hubungan merokok dengan bayi yang mati mendadak dalam kandungan

JAWAB :

Ibu hamil yang suaminya perokok tidak sengaja terhirup asap rokoknya sehingga mengganggu janin yang di kandung sehinngga bayi bisa terancam cacat dan terancam mati dalam kandungan karena zat kimia yang terkandung dalam rokok sangat berbahaya. (dijawab oleh Teguh Rizaliani)

GILANG TATA ARDANA absen 10

PERTANYAAN :

Bagaimana cara berhenti merokok

JAWAB:

Melakukan hal yang positif dan mengarahkan pada hobi olahraga yang digemari, kalau timbul keinginan untuk merokok bisa diganti dengan memakan permen, bergaul dengan teman yang tidak merokok, dan menjauhkan hal-hal yang berbau rokok. (dijawab oleh A. Zumar)

Menambahkan jawaban dari mas A. Zumar tentang bagaimana cara berhenti merokok? Ya saya akan memberi contoh pengalaman pribadi dulu pada saat SMA saya tidak merokok tetapi setelah masuk kuliah saya terbawa teman-teman yang merokok, saya merokok sudah 1 tahun lebih tetapi setelah mempunyai pacar baru pacar saya tidak suka apabila aku merokok, kemudian pacar saya memotifasi terus menerus dengan membuat kesibukan seperti belajar/membuat tugas dikampus sehingga dengan sendirinya saya lupa dengan yang namanya rokok!!!! (dijawab oleh Taufik Hidayahtulloh)

Muzakki absen 23

PERTANYAAN

Merokok itu dapat menenangkan pikiran kata perokok ,apa benar.

Emang itu benar karena dalam kandungan rokok terdapat salah satu zat nekotin, yang setau aku itu bisa dapat menenangkan, tetapi dalam zat tersebut terkangdung zat yang sangat berbahaya yang bisa mengakibatkan penumpukan bermacam- macam penyakit, yang lebih ekstrim bisa mengakibatkan kematiaan. (dijawab oleh muh daviq nur)

Candra Ulum absen 5

PERTANYAAN

Mengapa dalam olahraga bulutangkis rokok dijadikan sponsor, bukankan itu juga termasuk iklan bagaimana pendapat kaka?

JAWAB:

Karena rokok dalam bulu tangkis rokok merupakan sponsor utama dan didalam seponsor tersebut PT. rokok menyediakan beasiswa dan hadiah bagi para juara sehingga rokok tidak dapat dipisahkan oleh bulu tangkis. Mungkin jika ada PT lain seperti minuman isotonik yang bisa masuk kedalam bulu tangkis ini mungkin seponsor rokok bisa diganti dengan seponsor ini. (dijawab oleh Teguh Rizaliani)

Menambahkan Tentang iklan: para pelatih melarang jika para atletnya merokok karena akan menggangu performa permainan dilapangan maupun pada saat latihan dan dalam seponsor rokok tersebut tertera bahanyanya. (Taufik Hidayahtulloh)

BAB 3 PENUTUP

Kesimpulan:

bahwa merokok sangatlah berbahaya karena terdapat zat-zat kimia yang terkandung didalamnya yang dapat merusak organ tubuh baik perokok aktif dan perokok pasif.

Dengan sosialisai diharapkan para siswa dapat mengetahui akan bahaya merokok dan para siswa dapat menghindari rokok.

Saran:

Diharapkan para siswa yang sudah terlanjur merokok dapat berhenti merokok dan dan yang belum merokok jagan coba-coba buat merokok.

Lampiran:

Bukti Sosialisasi:

  • 1. Surat keterangan dari sekolah

  • 2. Bukti foto