You are on page 1of 22

LAPORAN KEGIATAN

FASILITASI PASAR MURAH

KECAMATAN SUNGAI SELAN
KABUPATEN BANGKA TENGAH
2016

1

SATUAN KERJA
DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
BANGKA BELITUNG (309144)
TAHUN ANGGARAN 2016

2

masukan dan kritik yang membangun sangat diharapkan sehingga kedepannya laporan ini dapat disusun dengan lebih baik. KATA PENGANTAR Puji dan Syukur penyusun panjatkan kehadirat ALLAH SWT karena atas perkenanNya jualah laporan kegiatan fasiltasi pasar murah ini dapat diselesaikan. Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih belum sempurna. Laporan ini merupakan laporan pelaksanaan kegiatan Fasilitasi Pasar Murah yang bersumber dari Dana Dekonsentrasi Program Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Daerah yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangka Belitung (309144). Pangkalpinang. Selain itu laporan ini merupakan sarana untuk menginformasikan kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan. Juni 2016 Penyusun 1 . Laporan ini sebagai bentuk informasi dan pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan fasilitasi pasar murah tahun 2016. Demikianlah laporan ini disusun agar dapat dipergunakan sesuai dengan peruntukannya. oleh karena itu saran.

4 Output&Outcome ...........4 2......2 BAB II MEKANISME PELAKSANAAN ......................8 2 .......7 BAB IV PENUTUP .4 BAB III KENDALA DAN HAMBATAN ...4 Peserta Pasar Murah ..5 Pelaksanaan Kegiatan .........i DAFTAR ISI ................3 Petugas Pelaksana ...............................3 2........ DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ............................3 Sasaran ......2 Lokasi Pelaksanaan ....1 1........................2 Tujuan ...ii DAFTAR LAMPIRAN .......................................1 1...............................3 2....1 1..1 Waktu Pelaksanaan .................iii BAB I PENDAHULUAN ..3 2..2 1.................1 Latar Belakang ........................3 2......................................

SK Petugas Penjaga Stand 3. SK Petugas Kebersihan 5. Foto-foto Kegiatan Pasar Murah 3 . SK Tim Panitia Pasar Murah 2. DAFTAR LAMPIRAN 1. SK Petugas Keamanan 4.

4 .

kenaikan harga yang terjadi menjelang hari-hari besar keagamaan yang memungkinkan memunculkan gejolak di masyarakat. Kegiatan Pasar murah dapat menekan terjadinya lonjakan harga di pasar dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan barang khususnya kebutuhan pokok dengan harga yang leibih murah. karena menyangkut kebutuhan dasar masyarakat.1 Latar Belakang Komoditi bahan pokok seperti: beras. BAB I PENDAHULUAN 1. Kebutuhan akan bahan pokok dan harganya cenderung meningkat pada hari-hari besar keagamaan nasional.2 Tujuan Penyelenggaraan Pasar Murah bertujuan untuk: 1 . 1. Selain itu. Untuk itu . gula. Pasar murah merupakan salah satu kegiatan yang dapat menyetuh langsung masyarakat dan dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggunakan alokasi Dana Dekonsentrasi Program Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Tahun 2015. Pemerintah melalui instansi teknis terkait berupaya untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat ekonomi menengah kebawah agar dapat membeli barang kebutuhan pokok tersebut dengan harga yang relatif murah. minyak goreng merupakan barang yang termasuk dalam kategori bahan pokok. Bahan pokok sangat penting untuk dijamin ketersedian dan harganya. Kebijakan penyelenggaraan pasar murah adalah salah satu solusi jangka pendek yang paling tepat untuk yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah.

c..3 Sasaran Adapun sasaran dari kegiatan pemantauan. Tersedianya Barang Kebutuhan Pokok dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (keluarga pra-sejahtera) pada saat menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional. 1. meningkatkan dan menggugah rasa kebanggaan masyarakat dalam menggunakan produk dalam negeri d. meningkatkan hubungan kemitraan antara usaha besar dengan UMKM dan koperasi. menyediakan Barang Kebutuhan Pokok dengan harga yang terjangkau terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (keluarga pra-sejahtera) pada saat-saat menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Tersedianya barang kebutuhan pokok dengan harga murah untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah. a. 1.4 Outuput dan Outcome Sedangkan output dan outcome yang diharapkan melalui kegiatan ini antara lain: a. b. 2 . merupakan sarana untuk memperkenalkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi setempat. pengumpulan dan pelaporan harga tersebut antara lain: a.

3 .

b.3 Petugas Pelaksana Kegiatan Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari Tim Panitia. Kecamataan Sungai Selan.1 Waktu Pelaksanaan Kegiatan Pelaksanaan kegiatan Fasilitasi Pasar Murah ini dilaksanakan menyambut bulan Ramahan dan juga pada saat itu terjadi kenaikan harga yang sangat signifikan pada kebutuhan bahan pokok seperti: gula. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan ini pada hari Kamis tanggal 2 Juni 2016. maka dipilihlah desa selan. Oleh karena itu. Petugas Keamanan dan Petugas Kebersihan adalah orang perorangan yang berpartisipasi 4 . 2. Kabupaten Bangka Tengah sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan pasar murah. BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN Kegiatan Fasilitasi Pasar Murah dilaksanakan mengacu pada Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman gedung serba guna Kecamatan Sungai Selan. Setelah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UMKN Kabupaten Bangka Tengah. Petugas Keamanan dan Petugas Kebersihan. Petugas Penjaga Stand. 2. a. Tim Panitia terdiri dari Pegawai di Bidang Perdangan Dalam Negeri dan atau Kabupaten/Kota Dinas yang membidangi perdagangan. beras dan minyak goreng. Petugas Penjaga Stand. 2.2 Lokasi/Tempat Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan pasar murah ini dilakukan di wilayah pemukiman padat penduduk yang merupakan tempat bermukimnya keluarga pra-sejahtera.

Panitia juga memberikan dan membagikan leafleat (terlampir) kepada pihak desa untuk disebarluaskan kepada masyarakat yang ada diwilayahnya sehingga dapat mengetahui dengan jelas mengenai pelaksanaan kegiatan ini. Selain itu. turut berpartisipasi PPI (Pusat Perdagangan Indoenesia) Bangka Belitug dengan membawa komoditi gula pasir. 2.1 Tahap Persiapan a. turut berpartisipasi beberapa retail yaitu: Ramayana Departemen Store Pangkalpinang. Dari sisi pemasok. panitia juga mengidentifikasi harga dan barang yang akan dijual ketika pelaksanaan pasar murah.4 Peserta Pasar Murah Kegiatan Peserta pasar murah merupakan warga desa di sekitar selan dan kecamatan Sungai Selan dan sekitarnya yang berjumlah kurang lebih 1000 kepala keluarga. Penyediaan sarana dan prasarana . Berdasarkan data warga yang ada di desa. Identifikasi Waktu dan Tempat Pelaksanaan Panitia kegiatan mengadakan rapat persiapan untuk memastikan waktu.5 Pelaksanaan Kegiatan 2. b. Hypermart jl. tempat dan peserta kegiatan fasilatasi pasar murah. maka panitia berkoordinasi dengan peserta dari retail ntuk menyiapkan barang/ komiditi untuk pelaksanaan pasar murah. Hypermart Pangkalpinang. 2. Petugas tersebut merupakan perwakilan dari pihak desa dan atau kecamatan dimana kegiatan pasar murah ini dilakukan. Berikut ini 5 . dikarenakan tingginya harga gula pada saat itu. dan berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya yang ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu. Koba dan Giant Pangkalpinang.5.

kursi serta spanduk sebagai sarana untuk membantu kelancaran pelaksanaan 6 .5.000 1.000 4.000 4 Mie Instan 1 bks 2. 2.000 45.2 Pelaksanaan Panitia menyiapkan tenda.000 5.1 Jumlah Barang Tersedia untuk Pasar Murah No.000 0 2 Minyak Goreng 1 liter 12.000 11.2 Perbandingan Harga Jual Barang Harga Selisi Harga Pasar h No. Komoditi Satuan Kuantitas Total 200 1 Beras 5 kg 1000 kg karung 10 kg 50 karung 500 kg 2 Minyak Goreng 1 liter 20 karton 400 bks 2 liter 20 karton 400 bks 3 Gula 1 kg 30 karton 600 bks 4 Mie Instan 1 bks 40 karton 1600 bks Untuk memastikan bahwa harga barang yang dijual di pasar murah lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran.00 10 kg 100. meja. Komoditi Satuan Pasar Murah Harga (Rp) (Rp) (Rp) 1 Beras 5 kg 50. maka panitia melakukan survery harga pasar. detergen dll.000 110. minuman ringan. ditampilkan barang kebutuhan pokok secara keseluruhan yang dibawa oleh pihak retail.000 18. Tabel 3.000 3 Gula 1 kg 12.500 500 Selain komditi bahan pokok pihak retail juga membawa beberapa barang yang harga jualnya lebih murah dibandingkan dengan harga pasar atau barang yang termasuk dalam kategori promosi seperti: buah-buahan.000 10. kue. cairan pencuci piring. Maka didapatkan perbandingan harga barang sebagai berikut: Tabel 3.000 2 liter 22.000 2.000 1.000 10.

7 . tanggal 22 April 2015. Kegiatan dilanjutkan dengan menjual barang kepada masyarakat. Komoditi Tersedia Terjual e 1 Beras 1000 kg 500 kg 50. Antusiasme warga cukup tinggi untuk membeli barang yang disediakan di pasar murah. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel 3.00% 2. Kegiatan pasar murah dimulai pada pukul 08. Fakta ini terlihat dari jumlah penjualan pada kegiatan tersebut. Tabel 3.50% 400 bks 250 bks 62.67% 4 Mie Instan 1600 bks 800 bks 50.3 Pelaporan Laporan penyelenggaraan Pasar Murah secara tertulis dikirimkan kepada Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri cq.50% 3 Gula 1200 bks 500 bks 41. Hari Jumat.5. Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis dan kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.kegiatan ini.00% 2 Minyak Goreng 400 bks 150 bks 37.4.00 WIB.00% 500 kg 150 kg 30. .3 Jumlah Barang Terjual Kuantitas Kuantitas Persentas No.

Belum adanya alokasi anggaran untuk mendukung subsidi barang untuk pelaksanaan Pasar Murah Tidak tersedianya alokasi anggaran untuk subsidi terhadap barang yang dijual di pasar murah membuat harga beli oleh masyarakat selisihnya tidak terlalu besar dengah harga barang yang dijual di pasar. BAB III KENDALA DAN HAMBATAN Ada beberapa kendala dalam pelaksanaan kegiatan fasilitasi Pasar Murah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu: a. 8 .

9 .

Kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan secara berkelanjutan. Koordinasi dengan pihak terkait perlu ditingkatkan khususnya peserta yang berpartisipasi. 5. b. c. b.2 Saran a. Harga barang yang dijual di pasar murah merupakan harga distributor sehingga relatif lebih murah dibandingkan harga di pasaran.1 Kesimpulan a. c. BAB IV PENUTUP 5. Perlu dialokasikan anggaran untuk subsidi barang yang dijual dijual di pasar murah. Sambutan masyarakat cukup baik terhadap kegiatan ini yang ditunjukan dengan sebagian produk yang disediakan habis lebih dari 80%. Kegiatan Fasilitasi Pasar Murah telah dapat dilaksanakan dengan baik. 10 .

11 .

L A M P I R A N 12 .

13 .

14 .

15 .

16 .